News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48e08309b5ca6e204fb6e1/tpsa-cikundul-segera-diperluas-usia-teknis-tinggal-beberapa-bulan
JAVANEWS.TV I SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan segera memperluas areal Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cikundul. Pasalnya, usia penampungan TPSA tersebut hanya tinggal beberapa bulan lagi. "Kalau tidak ada perluasan lahan mungkin usianya hanya sampai akhir tahun," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Adil Budiman, Selasa (6/8/2019). Adil mengaku,
Lapor Hansip
06-08-2019 09:05

TPSA Cikundul Segera Diperluas, Usia Teknis Tinggal Beberapa Bulan



TPSA Cikundul Segera Diperluas, Usia Teknis Tinggal Beberapa Bulan

JAVANEWS.TV I SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan segera memperluas areal Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cikundul. Pasalnya, usia penampungan TPSA tersebut hanya tinggal beberapa bulan lagi.

"Kalau tidak ada perluasan lahan mungkin usianya hanya sampai akhir tahun," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Adil Budiman, Selasa (6/8/2019).

Adil mengaku, akan segera mendatangkan tim apprasial (penaksir) untuk menghitung luas lahan yang dibutuhkan, aset yang ada atas lahan, dan menentukan nilai untuk harga lahan yang dijadikan dasar penawaran kepada pemilik lahan. Termasuk jumlah anggaran yang dibutuhkan.

"Lokasinya sudah ada sekitar 30 hektare. Bersebelahan dengan lokasi TPSA. Lahan tersebut milik swasta yang di atasnya terdapat peternakan ayam," akunya.
https://www.javanews.tv/read/5790/tp...beberapa-bulan
Menurut Adil, dengan sisa waktu yang tinggal beberapa bulan lagi, kemungkinan pembelian lahan tersebut tidak dapat diselesaikan tahun ini. Artinya, pembelian lahan harus dilakukan dalam dua tahap.

"Kalau anggarannya besar tidak mungkin bisa tahun ini, mungkin dua kali. Sebagian tahun ini, sebagian lagi tahun depan," terangnya.

Adil mengungkapkan, sebelum ada lahan baru langkah yang bisa diambil saat ini adalah dengan memaksimalkan lahan yang tersisa. Ditambah dengan menggunakan teknologi pemilahan atau pengolahan sampah dengan menggunakan alat pengurai sampah yang bisa dijadikan kompos dan TPS3R yang ada di beberapa wilayah.

"Tapi yang penting dalam penanganan sampah adalah sinkronisasi dengan SKPD dan masyarakat. Kalau ini tidak terjadi, sulit untuk meminimalkan sampah yang terbuang ke TPSA. Sebab, dari 171 ton sampah yang terbuang setiap hari, sebanyak 110 ton masuk TPSA yang masih campur organik," pungkasnya. (Ricky)
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia