alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d43b251e83c723cbc4f402a/sejarah-zebra-cross-di-dunia-amp-di-indonesia
Lapor Hansip
02-08-2019 10:47
Sejarah Zebra Cross di Dunia & di Indonesia
Past Hot Thread
emoticon-Hot News emoticon-Salam Kenal Halo agan-agan, selamat datang di Thread ane emoticon-Shakehand2 emoticon-Hot News


Selamat Datang


Pertamax, ane kasih dulu bukti no repost:
no repost


Quote:Keduax, ane kasih link tulisan ane lainnya, barangkali agan-agan mau baca:
Konspirasi Arwah Pemikiran
Proposisi Euklides I.47, Segitiga Freemasonry yang Sebenarnya (Dijamin bukan Cocoklogi!!!)
Bapak Geometri Euklides yang Misterius & Karyanya yang Berpengaruh Euclid’s Elements


Ketigax, kita ke topik Thread:
Quote:
Sejarah Zebra Cross di Dunia & di Indonesia


Sejarah zebra cross pertama kali di Dunia, pertama sejak tahun 1951

pic zebra cross


Para pengguna jalan raya hampir pasti tahu fungsi zebra cross ini. Garis belang-belang mirip warna kulit zebra (hitam-putih) yang biasanya di temukan di perempatan atau pertigaan jalan ini berfungsi sebagai tempat penyeberangan jalan. Namun sedikit yang tahu dari mana sejarah dan asal usul zebra cross.

Zebra cross pertama kali diperkenalkan di Slough, Berkshire, Inggris, pada 31 Oktober 1951. Jalur belang-belang ini dibuat untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dengan korban pejalan kaki pada waktu itu. Sejarah mencatat, sebelum zebra cross diperkenalkan, kecelakaan lalu lintas di Provinsi Berkshire tinggi sekali, sehingga dibutuhkan terobosan untuk menguranginya.

Adalah Jim Callagan, Anggota Parlemen Inggris dari Partai Buruh, yang kemudian terpilih menjadi perdana menteri Inggris mendatangi Laboratorium Penelitian Transportasi Inggris untuk membicarakan rambu penyeberangan. Setelah itu pada 1949, laboratorium melakukan percobaan dengan membuat berbagai rambu penyeberang jalan, misalnya garis kuning-hitam dan putih-hitam, lantas diujicoba di beberapa lokasi.

Hasil penelitian menyimpulkan, di antara sekian rambu yang paling efektif mengurangi angka kecelakaan pejalan kaki ternyata rambu garis putih-hitam.

Lalu dari mana istilah zebra cross ini muncul? Konon saat percobaan, kementerian Inggris menamakan masing-masing percobaan rambu tadi dengan nama-nama binatang. Nah, karena yang dipilih itu rambu hitam-putih (mirip zebra), maka dinamakan zebra cross. Rambu ini pertama kali diperkenalkan pada 1951 dan dibuat di Perempatan Jalan Slough.

Zebra cross ternyata efektif mengurangi angka kecelakaan. Dianggap efektif mengurangi angka kecelakaan, akhirnya beberapa negara lain pun ikut membuatnya.

Rambu-rambu ini konon semakin populer ketika muncul di cover album band legendaris asal Inggris, "The Beatles: Abbey Road". Album ini dirilis pada 1969. Dalam cover itu, keempat personel The Beatles sedang menyeberang zebra cross di Road Abbey.
The Beatles menyebrang zebra cross di Road Abbey


Dalam aturan lalu lintas, zebra cross didefinisikan sebagai tempat penyeberangan di jalan diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang jalan. Marka putih-hitam ini berbentuk garis dengan tebal garisnya 300 mili meter. Menjelang zebra cross masih ditambah lagi dengan larangan parkir agar pejalan kaki yang akan menyeberang dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan di jalan. Pejalan kaki yang berjalan di atas zebra cross mendapatkan prioritas terlebih dahulu.

Sekarang hampir semua negara memakai rambu zebra cross ini, salah satunya di Indonesia. Berikut bagaimana sejarah zebra cross di Indonesia


Sejarah zebra cross di Indonesia, sejak tahun 1960an

Sejarah zebra cross di Indonesia dimulai dengan adanya pelican cross dan tak ada laginya beberapa Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di sudut-sudut kota besar.
pic pelican crossing


JPO ini kemudian diganti dengan pelican cross, yakni sejenis zebra cross dengan tombol dan lampu pengatur lalu lintas. Pada pelican cross terdapat empat petugas dinas perhubungan yang berjaga unuk mengatur penyeberangan orang.

Pelican Crossing menandakan cara orang menyeberang di Jakarta telah masuk era baru. Orang menyeberang semakin perlu panduan petugas dan alat. Pada awal abad ke-20, orang bisa menyeberang dengan mudah tanpa panduan.

Jalanan masih lengang. Tak ada marka jalan dan zebra cross. Kendaraan paling banyak hilir-mudik di jalan adalah sado dan sepeda. Mobil tampak satu-dua saja. Trem melintas sesekali.

Kendaraan bermotor kemudian baru mulai mencapai penambahan pada dekade 1930-an. Pada waktu itu belum ada lampu isyarat petunjuk lalu-lintas di Batavia. Namun di Kota Malang, lampu pengatur lalu lintas lebih dulu ada.

Batavia, atau yang kini kita kenal dengan Kota Jakarta, hanya mengenal alat petunjuk lalu-lintas berupa tiang putar bertuliskan vrij (bebas atau isyarat berjalan bagi kendaraan) dan stop (berhenti).

Polisi lalu-lintas memutarnya secara manual. Jika terbaca tanda stop, kendaraan harus berhenti untuk memberi pejalan kaki atau pengendara dari arah lain kesempatan menyeberang.

Memasuki era awal kemerdekaan, pertambahan kendaraan kian signifikan. Lalu lintas tambah ramai dan menyulitkan pejalan kaki untuk menyeberang.

Kepadatan di jalan melahirkan cara baru pengaturan lalu-lintas. Pemerintah Kotapraja Jakarta kemudian menaruh alat petunjuk lalu-lintas di persimpangan ramai untuk kelancaran kendaraan dan menghindari kecelakaan.


Pemerintah juga memperkenalkan zebra cross, yakni tanda hitam-putih yang melintang di jalan bagi becak, sepeda dan orang jalan. Pamor zebra cross sebagai rambu untuk memandu orang menyeberang meluas pada 1960-an. Saat itu Jakarta bersiap menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962.

Pemerintah melebarkan jalan utama seperti Jalan Sudirman dan Thamrin. Bersama itu pula pengecatan zebra cross berlangsung di persimpangan-persimpangan ramai sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin.



Quote:Pelican crossing sendiri memang lebih sedikit digunakan dibanding zebra cross. Berikut ini beberapa video tentang zebra cross & pelican cross:




 







Sumber-sumber:
-merdeka.com
-phinemo.com
-youtube

Silakan agan-agan, rate, komen, share, & cendolnya emoticon-Toast
Diubah oleh kreator.9.ES
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucingkampung97 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
02-08-2019 10:52
-reserved-
0
02-08-2019 13:33
salam kenal juga gan.. zebra zebra apa yang warna ijo? zebra abis minum cendol emoticon-Ngakak:
0
Lihat 1 balasan
02-08-2019 19:16
Quote:Original Posted By rizkyfhidi
salam kenal juga gan.. zebra zebra apa yang warna ijo? zebra abis minum cendol emoticon-Ngakak:


kalau zebra habis minum cendol warnanya hijau, maka kalau zebra habis minum jus jeruk warnanya kuning dong emoticon-Ngakak
0
06-08-2019 15:10
thread nya bagus krn tampilan, informatif juga...ijin save gbr yg selamat datangnya bolehkah ?...sukses terus
0
Lihat 1 balasan
06-08-2019 16:46
hah, br ada zebra cross pd 1951?? seabad lbh stlh munculnya mobil2 di jalanan publik ??
0
Lapor Hansip
06-08-2019 20:06
Balasan post wulaniyati
Silakan gan emoticon-Shakehand2
0
06-08-2019 20:21
Quote:Original Posted By yoseful
hah, br ada zebra cross pd 1951?? seabad lbh stlh munculnya mobil2 di jalanan publik ??


mungkin karena pengaruh kecepatan mobil juga.
ane kutip dari halaman ini: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Hist...the_automobile
Quote:
Throughout the 1950s, engine power and vehicle speeds rose, designs became more integrated and artful, and automobiles were marketed internationally.
profile-picture
yoseful memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
08-08-2019 07:08
Balasan post kreator.9.ES
Quote:Original Posted By kreator.9.ES


mungkin karena pengaruh kecepatan mobil juga.
ane kutip dari halaman ini: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Hist...the_automobile


hmm, sblm ada zebra cross, apa berarti ada bnyk korban tewas akibat menyebarng jalanan semabrangan lalu ketabrak mobil ya, gan ??
0
14-08-2019 06:03
trit yg menarik
0
14-08-2019 06:03
Quote:Original Posted By wulaniyati
thread nya bagus krn tampilan, informatif juga...ijin save gbr yg selamat datangnya bolehkah ?...sukses terus


Oke deh gan emoticon-Ngakak
0
14-08-2019 06:20
zebra cross disini mah buat hiasan doank. waktu lampu merah nyala, mana ada kendaraan yang berhenti di belakang garis zebra cross. mana ada pengendara yang mau berhenti ngasih kesempatan orang yang nyebrang di zebra cross.
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
14-08-2019 06:20
Ada zebra cross juga percuma di negara berfloweremoticon-Ngakak
Nyebrang dimana2 semuaemoticon-EEK!
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Lapor Hansip
14-08-2019 06:21
Balasan post rizkyfhidi
Quote:Original Posted By rizkyfhidi
salam kenal juga gan.. zebra zebra apa yang warna ijo? zebra abis minum cendol emoticon-Ngakak:


zebra zebra apa yang gagal nyalon mulu?
zebrawok emoticon-Ngakak
profile-picture
nazkamal memberi reputasi
1
14-08-2019 06:30
Gini hari gan, pengendara tuh udah tinggal dikit yang hati. Emak-emak, anak-anak pada nyebrang di zebra cross nggak keliatan, mobil/motor pade nyelonong aje. Kalo di kampung ane nyang slonong boy begene, bannye sring kempessss
0
14-08-2019 06:35
informatif,,, thanks bre,,,
emoticon-Shakehand2
0
14-08-2019 06:36
Menurut saya untuk di Indonesia lebih cocok dipake pelican crossing emoticon-Big Grin
Karna kalo zebra cross kan pejalan kaki memegang dominasi utama. Mestinya begitu pengendara melihat ada pejalan kaki menginjak zebra cross, mereka harus berhenti, ga diatur lagi oleh lampu lalu lintas. Nah pengendara di sini mana mau begitu emoticon-Big Grin
Jadi mending pake pelican crossing. Kalo mo nyebrang harus tunggu dulu lampu lalu lintas jadi merah dan lampu menyeberang jadi hijau emoticon-Big Grin
profile-picture
blunar memberi reputasi
1
14-08-2019 06:44
Mantap nih threadnya...
Semoga makin banyak orang yang sadar dan tidak mengabaikan zebra cross ya... Jika berkendara harus berhenti sebelum zebra cross, kan bingung yang mau nyebrang kalau zebra cross ketutupan kendaraan
0
14-08-2019 06:45


Quote:Original Posted By sonisme
zebra cross disini mah buat hiasan doank. waktu lampu merah nyala, mana ada kendaraan yang berhenti di belakang garis zebra cross. mana ada pengendara yang mau berhenti ngasih kesempatan orang yang nyebrang di zebra cross.

Ini nih yang masih kurang kesadaran ya gan...
Miris sih sebenernya... Sebagai pejalan kaki juga ga nyaman
Tapi ane selama di jogja beberapa lampu merah rata rata pada tertib kok gan... Patut dicontoh kota kota lain
0
14-08-2019 06:57
Nice infonya gan
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.