News
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d384c92349d0f67c71dcc81/dilanda-kekeringan-warga-gali-tanah-cari-sumber-air
JAVANEWS.TV I CIANJUR – Dampak kekeringan yang cukup parah, membuat Warga Kampung Cisalak, Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, terpaksa mencari sumber air baru dengan menggali tanah di dasar kolam yang telah mengering. Pasalnya, saat ini sumber air yang selama ini digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sungai, sumur dan kolam mengering sejak dua bulan terakh
Lapor Hansip
24-07-2019 19:18

Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air



Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air

JAVANEWS.TV I CIANJUR – Dampak kekeringan yang cukup parah, membuat
Warga Kampung Cisalak, Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, terpaksa mencari sumber air baru dengan menggali tanah di dasar kolam yang telah mengering.

Pasalnya, saat ini sumber air yang selama ini digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sungai, sumur dan kolam mengering sejak dua bulan terakhir.

“Mau bagaimana lagi, sungai sudah kering, kolam juga kering, jadi terpaksa harus menggali, mudah-mudahan saja ada airnya,” tutur seorang warga sekitar.

Ia mengatakan, terpaksa menggali kolam di belakang rumahnya itu agar bisa mendapatkan sumber air baru.

“Kalau warga yang dekat sungai pakai sisa air (sungai) yang ada. Kalau saya kan agak jauh, jadi gali kolam ini saja,” ucapnya.

Ketua RW setempat, Yusup Cucun menyebutkan, sejak bendungan irigasi Sungai Cikondang, Cibeber jebol Januari lalu, debit air di kolam dan empang di wilayahnya terus menyusut.

“Puncaknya dalam sebulan terakhir ini, karena musim kemarau juga jadi kolam dan empang sekarang sudah benar-benar kering,” katanya.

Selain menggali tanah, warga juga berinisiatif membuat kubangan dengan cara membendung aliran air sungai yang tersisa dengan karung-karung pasir.
“Termasuk buat lobang-lobang (cerukan) di sungai ini. Airnya keluar tapi memang kurang bagus,” ujarnya.

Agar warga bisa tetap mendapatkan persediaan air, warga pun patungan menyewa mesin pompa agar air di salahsatu kubangan di Kali Cisalak itu bisa disedot atau dialirkan ke kolam penampungan.

“Kita swadaya untuk sewa dan beli bahan bakarnya. Air kita sedot ke kolam mesjid, dan warga MCK nya di sana. Jadi kubangan ini untuk sumber saja,” katanya.

https://www.javanews.tv/read/5515/di...ari-sumber-air
profile-picture
jokoariyanto memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:19
Berak susah pastinya ituemoticon-Smilie
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:25
Kasian banget... harusnya dikirim aja drmana gitu. Dlu jaman gw d priuk ya gitu deh... air aja kudu beli. Dan itu belinya pake truk air gitu.
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:28
Terus yang jebol udah diperbaiki? Itu dari Pemda gak ada bantuan air apa gimana sih? Sedih amat
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:30
hmmmmm...
tempat saiya masih aman


semoga musim hujan segera tiba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:32
Kasihan... Semoga lekas diberi air
0 0
0
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:50
Woghh.. Iya juga sih..
0 0
0
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:53
kemarau lumayan panjang

tp kl keseringan hujan,banjir juga ngk bagus2 amat

jadi enaknya gimana nih?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 19:57
wah tragis..
wilayah lumbung padi air melimpah sekarang kering kerontang..

Pemanasan global sudah membuat perubahan iklim yang semakin tak menentu emoticon-norose
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 20:38
emang g ada sumur bor ya d sana? bikin swadaya dr pemokot setempat... ??
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
24-07-2019 23:33
paling tdk dlm 10tahun ini, ane lum prnh liat sungai sekering skrg ini di jakarta
ditambah sampah di sungai...
makin bau
jalo jaman ahok ada masalah dikit langaung jd berita nasional
aparat langsung cari solusi
meskipun pake ribut2 tp kelar jg

beda ma skrg... pegawai pemda gaji udah gede, jkt58 (mayoritas) kagak protes... buat apa peres keringat emoticon-Big Grin ada masalah? dibikin adem, ditutupi, dibumbui kata2 manis... ngulur2 waktu, sampe semua lupa dan anggap ini masalah biasa
0 0
0
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
25-07-2019 00:45
duh kasihan. yang di kota mah enak air listrik 24/7

giliran subsidi dipotong dikit aja buat bantu sodara kita dipelosok congornya udah kaya taik berisiknya. kadung nyaman sih
profile-picture
suralia memberi reputasi
1 0
1
Dilanda Kekeringan, Warga Gali Tanah Cari Sumber Air
25-07-2019 00:51
Desperate movement. Kasihan jg para villagers itu. Pemda setempat bjimane nih. emoticon-Mad
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia