alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2edd652f568d34e60e241f/meskipun-buruk-masih-ada-hal-baik-yang-bisa-diambil-dari-kisah-hamil-di-luar-nikah
Lapor Hansip
17-07-2019 15:33
Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!
Past Hot Thread
Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!

Sista pasti tau kan kalau sekarang lagi ada sebuah film layar lebar yang cukup banyak menuai kontrofersi karena ceritanya? Film dengan judul Dua Garis Biru kini sedang tayang di bioskop-bioskop Sis, tapi ternyata sebelum tayang film ini banyak kontrofersinya loh. Hal ini dikarenakan ceritanya yang dianggap tabu oleh banyak masyarakat Indonesia, yaitu kisah tentang sepasang anak SMA yang salah mengambil “jalan” sehingga ia harus hamil di luar nikah.

Ada orang yang menganggap bahwa film ini buruk karena mengajarkan anak untuk sesuatu yang buruk, tapi ada juga yang menganggap bahwa film ini tujuannya baik, untuk menginngatkan anak akan batas-batas yang harus di ingat. Kalau menurut ane sih, gausah banyak nge judge dulu deh sebelum nonton filmnya.

Tapi kalau dipikir-pikir, ini bukan pertama kalinya ada kisah anak muda hamil di luar nikah, loh. Dulu ada sinetron pernikahan dini, selain itu ada juga kisah hamil di luar nikah yang diceritakan di webtoon yang berjudul Young Mom. Sista ada yang ngikutin webtoonnya ga?

Young Mom merupakan webtoon asli nadi negara Thailand, Sis. Karya dari komikus Theterm ini ternyata berasal dari kehidupan nyata, loh. Young Mom menceritakan tentang seorang siswi perempuan bernama Lani yang harus memikul tanggung jawab besar karena suatu kesalahan yang dilakukannya. Ia hamil di luar nikah. Berbeda dengan Dua Garis Biru yang hidup bersama memikul tanggung jawab, Lani pada kisah Young Mom tanpa malah memilih untuk tidak memberitahu pacarnya.

Memang kalau urusannya udah tentang hamil-hamil di luar nikah itu merupakan suatu hal yang buruk, kesalahan yang amat sangat fatal. Tapi dibalik keburukan dan kesalahan tersebut, ternyata ada hal baik yang bisa diambil loh, khususnya dari kisah yang ada dalam webtoon Young Mom.



Quote:Berani Bertanggung Jawab Atas Perbuatanya

Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!

Mendapati jika dirinya hamil saat masih berstatus siswi sekolah adalah hal yang membuat stress. Terlebih kita hidup di negara Asia yang menjunjung tinggi nilai adat ketimuran, di mana seorang perempuan yang hamil sebelum melakukan pernikahan adalah sebuah hal yang memalukan. Lani yang bingung harus melakukan apa, pada akhirnya memilih bahwa ia harus bertanggung jawab. Ia tak ingin janin yang tidak bersalah digugurkan begitu saja. Jalan satu-satunya adalah menerima semua hal tersebut.



Quote:Mandiri dan Tidak Ingin Merepotkan Orang Lain

Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!

Lani yang pada awalnya tidak ingin ada yg tahu akan kehamilannya termasuk kedua orang tuanya, memilih untuk memberanikan diri merantau di Ibu Kota dengan alasan ia akan bersekolah di sana. Di tempat barunya ia hidup menjadi pribadi yang mandiri dan tidak merepotkan orang lain. Semuanya ia lakukan sendiri termasuk belajar bagaimana cara membuat agar bayi yang dikandungnya merasa tenang, bahagia dan sehat. Ia pun melakukan hal-hal baru layaknya calon ibu muda yang akan memiliki seorang anak.



Quote:Tidak Hanya Memikirkan Diri Sendiri

Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!

Tahu jika dirinya hamil, rupanya membuat Lani tidak ingin memberitahukan hal tersebut terhadap pacar yang selama ini ia sayangi. Ia menyembunyikanya, takut kalau ia memberitahu kehidupan study pacarnya di tempat baru akan menghalanginya dan tidak konsen dalam belajar. Terlebih saat itu pacarnya masih berstatus sebagai mahasiswa baru yang mengambil jurusan kedokteran.



Quote:Jujur Terhadap Orang Tua Meskipun Pahit

Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!

Setelah berbulan-bulan merahasiakan kehamilannya dari kedua orang tua, pada akhirnya Lani memberitahukan kepada ibunya jika ia baru saja melahirkan. Takut dimarahin dan membuat kecewa kedua orang tua merupakan hal yang wajar. Namun, seberat apapun masalah yang kita hadapi terbukalah terhadap orang tua. Sebab orang yang akan tetap menerima kita dengan banyaknya kekurangan kita adalah orang tua.



Quote:Berpikir Panjang dalam Setiap Melakukan Perbuatan

Meskipun Buruk, Masih Ada Hal Baik yang Bisa Diambil dari Kisah Hamil di Luar Nikah!

Menjalani hubungan pacaran boleh-boleh saja dilakukan asal tahu akan batasan. Webtoon Young Mom ini mengajarkan pada kita, sebelum melakukan hal apapun itu baiknya kita berpikir panjang dan ke depan. Akibat apa yang akan terjadi jika hal tersebut masih tetap dilakukan.




Itu dia Sis beberapa hal positif yang bisa diambil dari Lani pada webtoon Thailand yang berjudul Young Mom. Walaupun ada hal positif yang bisa diambil, tapi kalian harus ingat ya kalau itu merupakan hal buruk. Jangan sampai kalian ada yang terjerumus seperti itu ya. Ingat segala tindakan ada konsekuensinya!



SUMBER
profile-picture
profile-picture
tukangwarn3t dan qoni77 memberi reputasi
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
20-07-2019 00:06
Kalau salah ya salah aja, jangan mencari pembenaran. Meskipun (mungkin) ada manfaatnya, tapi hamil luar nikah jelas lebih banyak mudhoratnya.
0
20-07-2019 00:13
Berpikir panjang dalam setiap perbuatan?

Kalo memang iya berpikir panjang, seharusnya tidak ada kejadian hamil diluar nikah. Karena seks before married ya resikonya memang hamil.

Jangan mencari pembenaran yang cenderung dibenar-benarkan sendiri.
profile-picture
tukangwarn3t memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
20-07-2019 04:59
berani bertanggung jawab itu kalo married by accident
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
20-07-2019 06:33
Ada benernya juga tapi ya yg pasti ga perlu lah dilakuin... Masalah sikap mandiri, jujur ke ortu, berani bertanggung jawab ga harus dengan hamil pranikah... Sikap2 itu emang udah harus diterapkan sih
0
20-07-2019 10:20
berpikir panjang sebelum bertindak, tp setelah hamil di luar nikah ya percuma, ttep salah mnurut agama juga
0
20-07-2019 19:38
bukan masih ada hal baik dari hamil di luar nikah sih, lebih tepatnya harus berani bertanggung jawab sama apa yang udah diperbuat. lagian menurut ane hamil di luar nikah lebih banyak no nya. tapi kalo udah kejadian maka harus bertindak kaya yang ada di trit, tanggung jawab.
0
20-07-2019 23:24
berani tanggung jawab sih poin yg paling bisa diambil hikmahnya dari hamil di luar nikah. apalagi klo yg lakuin masih dibawah umur atau msh usia pelajar. secara ga langsung pasti ngelatih pendewasaan diri lebih awal dibanding sm orang sebayanya. dan bisa belajar ga egois dan ga mikirin diri sendiri karena prioritas udh anak
0
21-07-2019 06:06
waaa ini webtoon favorit ane!!! ane setuju, tapi emang lebih banyak buruknya atau mudharatnya bagi kaum wanita. seperti karakter Lani yang digambarkan dalam webtoon, ngecewain keluarga, cita-cita dan keinginan terbengkalai, masa muda waktu buat nikmatin sama temen jadi berkurang, belum lagi kalau cowonya belum mapan baik mental maupun finansial, dan sedihnya juga kalo mertuanya jahara emoticon-Frown naudzubillahimindalik..
0
21-07-2019 15:03
mudah berkomentar sulit menjalaninya. Baiknya ini jadi motivasi. Itu memang berdosa "tapi nikamat" makanya banyak yang masih melakukannya. Namun akan lebih buruk lagi jika hasil dari dosa yang tidak berdosa (anak) menjadi korbannya.
0
21-07-2019 15:43
JADIKAN PELAJARAN SEBAGAI GURUMU
Manusia Yang Baik Bukan Berarti Tidak Pernah Berbuat Kesalahan. Melainkan Menyadari Kesalahannya Dan Memperbaikinya Untuk Kedepan Jadi Lebih Baik
0
21-07-2019 16:23
Quote:Original Posted By vitawulandari
Kalau salah ya salah aja, jangan mencari pembenaran. Meskipun (mungkin) ada manfaatnya, tapi hamil luar nikah jelas lebih banyak mudhoratnya.


Betul sekali sis, tapi mungkin disini lebih ke salah judul aja kali ya. Karena isinya cenderung memberikan pandangan terhadap cerita yg ada sisi baiknya. Cmiiw
0
21-07-2019 16:31
setuju gannnn... biar jd pengalaman buat banyak org jg dan inspiratif buat semuanya... lanjutkan...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
0
22-07-2019 07:52
Masing2 pada sibuk menyalahkan.
Toh urusan mereka2 yg MBA.
Terlepas dari norma agama.

Setuju juga sama ts, selalu ada pesan moral dalam segala tindakan bahkan sesuatu yg kita angga "buruk".
Balik lagi, buruknya saya, kamu, mereka standar nya berbeda.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.