alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2c55882f568d0d453e4cae/nama-nama-kawasan-di-jakarta-ini-diambil-dari-nama-buah-begini-penampakannya
Lapor Hansip
15-07-2019 17:29
Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!
Past Hot Thread
Siang-siang gini paling enak makan rujak biar seger. Paling nikmat sih rujak buah-buahan ya Gan Sis. Nah tapi, kalau ngomongin soal buah-buahan, ternyata di nama-nama tempat di kawasan Jakarta ini diambil dari nama buah-buahan lho. Sudahkah kalian tahu? Mungkin nama-nama di bawah ini udah nggak asing lagi ya untuk Agan Sista sebagai nama tempat, tapi apakah kalian pernah melihat wujud aslinya atau bahkan pernah mencicipinya? Kalau belum, cekidot Gan Sis!


Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!
Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!
Kemang

Apa yang pertama kali muncul di benak Agan Sista saat mendengar kata kemang? Para penghuni kota Jakarta pasti langsung merujuk pada tempat nongkrong anak muda yang gaul. Tapi apakah kalian pernah pernah tahu darimana asal usul nama tempat tersebut? Ternyata kemang diambil dari nama buah Gan Sis, dan dulunya kemang merupakan nama pohon yang banyak tumbuh di kawasan tersebut. 

Buah kemang atau Mangifera Caesiaini merupakan tanaman sejenis mangga. Buah kemang yang sudah matang biasanya berwarna cokelat dan memiliki aroma harum yang menusuk dengan rasa yang manis. Nggak hanya daging buahnya aja Gan Sis yang bisa dinikmati, ternyata biji serta pucuk daun buah kemang pun juga bisa dikonsumsi. Namun sayangnya kini buah kemang semakin sulit ditemukan. Apakah Agan Sista pernah melihat buah ini secara langsung? 

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Menteng

Menteng dikenal sebagai kawasan elit pejabat. Namun ternyata nama Menteng pun diadaptasi dari sebuah nama buah, yup buah menteng. Selain dikenal dengan nama menteng (Baccaurea Dulcis), buah satu ini bernama lain buah kepudung. Bentuknya mirip sekali dengan duku dengan kulit tebal yang berwarna kuning. Rasanya pun manis asam Gan Sis. Kabarnya, di daerah Bogor, daging buah ini sering dijadikan sirup dan kulitnya dibuat menjadi manisan. Buah menteng memiliki banyak kandungan vitamin C yang baik untuk pencernaan dan kesehatan kulit. Hmmm, sepertinya segar ya Gan Sis makan menteng di siang hari.

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Gandaria

Gandaria merupakan nama sebuah kelurahan di kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, yang memiliki penduduk yang cukup padat. Ternyata nama Gandaria pun diambil dari nama buah lho Gan Sis. Apakah kalian sudah pernah melihat atau mencoba buah satu ini? Gandaria merupakan buah yang berbentuk bulat kecil seperti tomat dan memiliki warna kuning. Daging buah ini berair kental dan memiliki rasa asam dan manis. Gandaria yang bernama latin Bouea Macrophyllaini pun memiliki bau yang khas. Nggak hanya daging buahnya aja yang bisa dimanfaatkan, batang dan daun Gandaria pun juga bisa dimanfaatkan lho Gan Sis. Buah yang khas dari Indonesia ini tumbuh subur di wilayah Jawa dan Sumatera dengan masa panen pada bulan Maret-Juni.

 Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Bintaro

Jika mendengar nama Bintaro, di benak Agan Sista pasti langsung tertuju pada sebuah nama kelurahan di kawasan Jakarta. Selain merupakan sebuah nama daerah, Bintaro sebenarnya adalah nama buah lho Gan Sis. Buah bintaro (Cerbera Manghas)merupakan tumbuhan pantai yang berupa pohon dengan ketinggian yang dapat mencapai 12 meter. Nggak seperti buah-buahan yang lainnya, bintaro nggak bisa dikonsumsi Gan Sis karena mengandung getah yang beracun. Meski demikian, getah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai biopestisida untuk membunuh hama. Mungkin nggak sadar sebenarnya pohon bintaro sering banget di tanam di pinggir jalan sebagai ornamen peneduh. Sekilas tampilannya mirip dengan tanaman mangga. Coba dicek, mungkin Agan Sista pernah berteduh di bawah bintaro?

Gimana Gan Sis, apakah kalian cukup familiar dengan nama-nama daerah juga  buah tersebut? Hmmm kira-kira, selain nama tanaman, kerajaan, ataupun tokoh-tokoh pahlawan nasional, apa lagi ya nama buah yang dijadikan sebagai nama jalan di beberapa wilayah di Indonesia?

 








profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
15-07-2019 17:46
mangga..
mangga dua = kawasan toko elektronik
mangga besar = hmmm ... emoticon-Leh Uga
0
15-07-2019 17:46
kwowkwowowko... baru tau ada nama buahnya gan.Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!
profile-picture
yashiroshiro memberi reputasi
1
15-07-2019 19:52
sawah besar tapi tidak ada sawah yang besar
0
15-07-2019 19:59
kp rambutan
0
15-07-2019 20:30
pesing emoticon-Ngakak
0
15-07-2019 23:30
Sup
Jeykertaa...



emoticon-Peluk
0
15-07-2019 23:35
Ane masih ada semua
Enak itu yg gandaria di pake buat sambel
Bedeh seger rasanya

Yg menteng masih ada pohonnnya deket rumah
Yg kemang masih ada di dekat rumah mertua, di daerah kemang parung
Wkkw
0
15-07-2019 23:45
Ane baru tau gan ada buah gandaria. Serius. Tapi kalo dari potonya kaya mangga ya? apa rasanya hampir sama gitu gan ?emoticon-Hammer2 emoticon-Salam Kenal
0
15-07-2019 23:51
Pinang ranti
Lebak bulus
Manggarai
profile-picture
panjang.kaki memberi reputasi
1
16-07-2019 00:41
20taun hidup di sekitar jakarta, ane baru tau semua gan kalo itu nama buah emoticon-Ngakak
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
1
16-07-2019 05:37
buahnya gak pernah coba
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
16-07-2019 13:33
wkakaka iya juga emoticon-Leh Uga
0
16-07-2019 13:36
Rambutan? emoticon-Bingung
0
16-07-2019 13:48
Ya jelas lah.. Nama kotanya aja diambil dari nama buah.

Zakarta
0
16-07-2019 14:15
enak makan buah siang siang gini
0
16-07-2019 14:26
Belum pernah nyobain buah itu semua emoticon-Matabelo
0
16-07-2019 14:43
Wah baru tau ane gan.. makasih infonya gan.. walaupun ane bukan orang Jakarta tapi bisa nambah info lah ya gan. Kalau di tempat ane menteng tu disebut buah pundung, rasanya enaak banget, manis asem seger..
0
16-07-2019 17:45
Quote:Original Posted By silviaaa444
Siang-siang gini paling enak makan rujak biar seger. Paling nikmat sih rujak buah-buahan ya Gan Sis. Nah tapi, kalau ngomongin soal buah-buahan, ternyata di nama-nama tempat di kawasan Jakarta ini diambil dari nama buah-buahan lho. Sudahkah kalian tahu? Mungkin nama-nama di bawah ini udah nggak asing lagi ya untuk Agan Sista sebagai nama tempat, tapi apakah kalian pernah melihat wujud aslinya atau bahkan pernah mencicipinya? Kalau belum, cekidot Gan Sis!


Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!
Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!
Kemang

Apa yang pertama kali muncul di benak Agan Sista saat mendengar kata kemang? Para penghuni kota Jakarta pasti langsung merujuk pada tempat nongkrong anak muda yang gaul. Tapi apakah kalian pernah pernah tahu darimana asal usul nama tempat tersebut? Ternyata kemang diambil dari nama buah Gan Sis, dan dulunya kemang merupakan nama pohon yang banyak tumbuh di kawasan tersebut. 

Buah kemang atau Mangifera Caesiaini merupakan tanaman sejenis mangga. Buah kemang yang sudah matang biasanya berwarna cokelat dan memiliki aroma harum yang menusuk dengan rasa yang manis. Nggak hanya daging buahnya aja Gan Sis yang bisa dinikmati, ternyata biji serta pucuk daun buah kemang pun juga bisa dikonsumsi. Namun sayangnya kini buah kemang semakin sulit ditemukan. Apakah Agan Sista pernah melihat buah ini secara langsung? 

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Menteng

Menteng dikenal sebagai kawasan elit pejabat. Namun ternyata nama Menteng pun diadaptasi dari sebuah nama buah, yup buah menteng. Selain dikenal dengan nama menteng (Baccaurea Dulcis), buah satu ini bernama lain buah kepudung. Bentuknya mirip sekali dengan duku dengan kulit tebal yang berwarna kuning. Rasanya pun manis asam Gan Sis. Kabarnya, di daerah Bogor, daging buah ini sering dijadikan sirup dan kulitnya dibuat menjadi manisan. Buah menteng memiliki banyak kandungan vitamin C yang baik untuk pencernaan dan kesehatan kulit. Hmmm, sepertinya segar ya Gan Sis makan menteng di siang hari.

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Gandaria

Gandaria merupakan nama sebuah kelurahan di kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, yang memiliki penduduk yang cukup padat. Ternyata nama Gandaria pun diambil dari nama buah lho Gan Sis. Apakah kalian sudah pernah melihat atau mencoba buah satu ini? Gandaria merupakan buah yang berbentuk bulat kecil seperti tomat dan memiliki warna kuning. Daging buah ini berair kental dan memiliki rasa asam dan manis. Gandaria yang bernama latin Bouea Macrophyllaini pun memiliki bau yang khas. Nggak hanya daging buahnya aja yang bisa dimanfaatkan, batang dan daun Gandaria pun juga bisa dimanfaatkan lho Gan Sis. Buah yang khas dari Indonesia ini tumbuh subur di wilayah Jawa dan Sumatera dengan masa panen pada bulan Maret-Juni.

 Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Nama-nama Kawasan di Jakarta Ini Diambil dari Nama Buah, Begini Penampakannya!

Bintaro

Jika mendengar nama Bintaro, di benak Agan Sista pasti langsung tertuju pada sebuah nama kelurahan di kawasan Jakarta. Selain merupakan sebuah nama daerah, Bintaro sebenarnya adalah nama buah lho Gan Sis. Buah bintaro (Cerbera Manghas)merupakan tumbuhan pantai yang berupa pohon dengan ketinggian yang dapat mencapai 12 meter. Nggak seperti buah-buahan yang lainnya, bintaro nggak bisa dikonsumsi Gan Sis karena mengandung getah yang beracun. Meski demikian, getah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai biopestisida untuk membunuh hama. Mungkin nggak sadar sebenarnya pohon bintaro sering banget di tanam di pinggir jalan sebagai ornamen peneduh. Sekilas tampilannya mirip dengan tanaman mangga. Coba dicek, mungkin Agan Sista pernah berteduh di bawah bintaro?

Gimana Gan Sis, apakah kalian cukup familiar dengan nama-nama daerah juga  buah tersebut? Hmmm kira-kira, selain nama tanaman, kerajaan, ataupun tokoh-tokoh pahlawan nasional, apa lagi ya nama buah yang dijadikan sebagai nama jalan di beberapa wilayah di Indonesia?

 








wahhh buaah apaan tuh gan... ane blm pernah tau dan lihat buah2 ini tuh... mgkn udah jarang di tanam ama orang jg kali yaaa... tp menarik jg gan info nyaaa... ini smcm kita pake nama2 pahlawa di nama jalan ye kan.. buat melestarikan buah2 lokal... bagus jg ternyata... ane pikir2 nama2 itu karna dr sononya
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
16-07-2019 18:42
*3
uwwowwwww!
menarik banget gan..
ternyata ini historynya, arti sebuah nama daerah yang diilhami dari nama-nama buah. Padahal ane sering denger nama daerahnya tapi tanpa tahu artinya..gokil juga ya ada buah menteng wkwkkw..buah gandaria..
belinya dimana ya gan sis?pengen nyoba deh,,, hahaha kali-kali di sekitar gandaria jual deh gan sis wkwkw
cuzzz serbu
thanks ya gan-sis yang udah share thread, semoga bisa bermanfaat buat agan dan sista yang lain..ayok baca ya gan thread ini!
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.