alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2c44a48d9b170d3007ad0f/zaman-sekarang-apakah-filateli-masih-eksis
Lapor Hansip
15-07-2019 16:17
Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?
Past Hot Thread

Salah satu pertanyaan yang muncul dari kepala ane, di zaman sekarang ini, masih ada nggak sih Gan Sis filateli tuh? Sebenarnya beberapa tahun lalu, masih ada sih salah seorang teman kuliah ane yang punya hobi ini dan dengan bangganya ia memamerkan koleksinya yang dibawa ke kampus. Tapi kurang tahu juga sih apakah hobinya tersebut masih eksis sampai saat ini atau tidak.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Buat anak zaman sekarang yang bingung dengan istilah tersebut, filateli adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan benda-benda pos, terutama perangko. Biasanya benda-benda yang dikumpulkan tersebut mengutamakan edisi lama, meskipun ada pula edisi baru yang turut dikumpulkan. Namun semakin tua edisi benda tersebut, akan semakin tinggi pula harganya.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Mungkin sekarang udah jarang banget ya orang menggunakan surat sebagai media berkomunikasi, terlebih menggunakan perangko. Karena sekarang alat komunikasi sudah semakin canggih dan keberadaan surat pun semakin tergeserkan. Dan semuanya perlahan-lahan beralih ke digital. Namun saat pertama kali ditemukan, perangko menjadi sebuah penemuan yang seolah mengubah jalannya komunikasi yang lain. Hingga kemudian mengumpulkan perangko ini menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan bagi beberapa orang. 

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Untuk Agan Sista yang kangen dengan hobi ini, yuk mending kita sedikit nostalgia dengan filateli!

Jujur sebenarnya ane bukan termasuk filateli ataupun orang yang hobi mengoleksi perangko. Namun ane selalu kagum dengan orang-orang yang selalu konsisten dan sabar untuk mengumpulkan barang-barang yang disukainya hingga menjadi sebuah koleksi. Terutama perangko ini Gan Sis.

Filateli merupakan kegiatan mengoleksi perangko, dan konon juga dianggap sebagai hobi terbesar di dunia. Sebelum digemari oleh orang-orang di seluruh dunia, awalnya hobi ini dimulai di Inggris. Istilah filateli sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang dimaknai sebagai menyenangi perangko yang sudah dibayar oleh si pengirim.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa klub filateli lho Gan Sis. Perangko pertama kali beredar di Indonesia pada tahun 1864 dan Pada tanggal 29 Maret 1922 sebuah klub filateli yang berskala nasional didirikan di Jakarta, namanya adalah Postzegelverzamelaars Club Batavia. Kemudian nama dan bentuk dari organisasi tersebut mengalami perubahan beberapa kali dan hingga kini dikenal sebagai Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) yang juga dianggap sebagai hobi yang bersifat nasional. Gokil!

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Lalu, sebenarnya, apa sih yang dicari oleh para kolektor perangko ini?

Bisa dibilang jika jumlah dan variasi perangko di seluruh dunia jumlahnya sangat banyak. Biasanya beberapa kolektor mengumpulkan perangko berdasarkan tema atau seri tertentu. Misalnya mereka mengambil seri tentang alam, tokoh, budaya, geografi, musik, fotografi, dan lain sebagainya. Selain itu ada pula para kolektor yang mengumpulkan perangko dari negara tertentu dalam sebuah album khusus untuk setiap negara.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Sebenarnya bebas-bebas aja Gan Sis dan nggak ada patokan khusus untuk apa yang ingin kalian koleksi. Misalnya aja ada kolektor yang mengoleksi perangko dengan bentuk desain khusus, edisi tua, ataupun perangko yang memiliki kesalahan cetak atau desain. Semuanya sah-sah aja.

Ane selalu suka melihat koleksi-koleksi perangko tua yang dikumpulkan dalam sebuah buku. Rasanya pun menarik banget untuk bisa mengetahui lebih lanjut bagaimana cerita di balik perangko-perangko tersebut ataupun di balik kegiatan mengoleksinya. Nah kalau Agan Sista sendiri apakah kalian juga punya cerita unik tentang filateli ini? Boleh dong cerita di kolom komeng ane hihi, sekalian buat memperkenalkan Agan Sista anak zaman sekarang yang mungkin masih asing dengan hobi mengumpulkan perangko ini.


 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
15-07-2019 17:13
Ane masih punya koleksi perangko.
Diubah oleh saya.kira
0
16-07-2019 16:01
Sekarang di pos masih banyak surat sih gan, cuman yah perangko sudah berganti jadi no.resi emoticon-Malu
profile-picture
blunar memberi reputasi
1
16-07-2019 16:03
inget bgt jaman dulu kalo tiap dpet surat dari pos yang diselamatkan dahulu yaitu perangkonya untuk dikoleksi wkwj
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1
16-07-2019 16:36
kalo koleksi perangko yang jaman dulu masih adaaaa cuma dah ngga nambah-nambahin lagi koleksinya
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
16-07-2019 17:02
#6
ya ampunnnnn!!!
ane jadi inget jaman SD masih ngoleksi perangko..tapi kini tinggal kenangan banget...huhuuhuh...
trasformasi jaman deh
dari merpati putih-kurir po-amplop dan perangko- no resi dan the last new techmology gadget!!

apa kabar ya perangko di jaman sekarang?
dulu sering muncul pertanyaan orang yang suka mengkoleksi perangko disebut... (jawabannya filateli)

tapi kalau jaman now gimana ya?
untung ane termasuk generasi yang lengkap bisa icip sana sini dalam hal perngiriman surat..

rindu deh masa lalu...
hahhaa
selamat datang di era digital
0
Lapor Hansip
16-07-2019 17:04
Balasan post japarina
Quote:Original Posted By japarina
kalo koleksi perangko yang jaman dulu masih adaaaa cuma dah ngga nambah-nambahin lagi koleksinya


#p3
aw aw aw mbaknya aktivis filateli juga ta??
asek dong, udah punya koleksi lengkap propinsi indonesia belum nih?
tuker dong kakkkkemoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
0
16-07-2019 17:36
Quote:Original Posted By b4perman
#p3
aw aw aw mbaknya aktivis filateli juga ta??
asek dong, udah punya koleksi lengkap propinsi indonesia belum nih?
tuker dong kakkkkemoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh


wkwkw ngga segiat orang-orang sih gan, mana beberapa udah dihibahin ke sodara yang sampe sekarang masih cari perangko lawas emoticon-Frown terus ane kangen nih ane minta lagi aja apa yak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
16-07-2019 18:52
Quote:Original Posted By cicitegu
Salah satu pertanyaan yang muncul dari kepala ane, di zaman sekarang ini, masih ada nggak sih Gan Sis filateli tuh? Sebenarnya beberapa tahun lalu, masih ada sih salah seorang teman kuliah ane yang punya hobi ini dan dengan bangganya ia memamerkan koleksinya yang dibawa ke kampus. Tapi kurang tahu juga sih apakah hobinya tersebut masih eksis sampai saat ini atau tidak.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Buat anak zaman sekarang yang bingung dengan istilah tersebut, filateli adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan benda-benda pos, terutama perangko. Biasanya benda-benda yang dikumpulkan tersebut mengutamakan edisi lama, meskipun ada pula edisi baru yang turut dikumpulkan. Namun semakin tua edisi benda tersebut, akan semakin tinggi pula harganya.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Mungkin sekarang udah jarang banget ya orang menggunakan surat sebagai media berkomunikasi, terlebih menggunakan perangko. Karena sekarang alat komunikasi sudah semakin canggih dan keberadaan surat pun semakin tergeserkan. Dan semuanya perlahan-lahan beralih ke digital. Namun saat pertama kali ditemukan, perangko menjadi sebuah penemuan yang seolah mengubah jalannya komunikasi yang lain. Hingga kemudian mengumpulkan perangko ini menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan bagi beberapa orang. 

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Untuk Agan Sista yang kangen dengan hobi ini, yuk mending kita sedikit nostalgia dengan filateli!

Jujur sebenarnya ane bukan termasuk filateli ataupun orang yang hobi mengoleksi perangko. Namun ane selalu kagum dengan orang-orang yang selalu konsisten dan sabar untuk mengumpulkan barang-barang yang disukainya hingga menjadi sebuah koleksi. Terutama perangko ini Gan Sis.

Filateli merupakan kegiatan mengoleksi perangko, dan konon juga dianggap sebagai hobi terbesar di dunia. Sebelum digemari oleh orang-orang di seluruh dunia, awalnya hobi ini dimulai di Inggris. Istilah filateli sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang dimaknai sebagai menyenangi perangko yang sudah dibayar oleh si pengirim.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa klub filateli lho Gan Sis. Perangko pertama kali beredar di Indonesia pada tahun 1864 dan Pada tanggal 29 Maret 1922 sebuah klub filateli yang berskala nasional didirikan di Jakarta, namanya adalah Postzegelverzamelaars Club Batavia. Kemudian nama dan bentuk dari organisasi tersebut mengalami perubahan beberapa kali dan hingga kini dikenal sebagai Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) yang juga dianggap sebagai hobi yang bersifat nasional. Gokil!

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Lalu, sebenarnya, apa sih yang dicari oleh para kolektor perangko ini?

Bisa dibilang jika jumlah dan variasi perangko di seluruh dunia jumlahnya sangat banyak. Biasanya beberapa kolektor mengumpulkan perangko berdasarkan tema atau seri tertentu. Misalnya mereka mengambil seri tentang alam, tokoh, budaya, geografi, musik, fotografi, dan lain sebagainya. Selain itu ada pula para kolektor yang mengumpulkan perangko dari negara tertentu dalam sebuah album khusus untuk setiap negara.

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Zaman Sekarang, Apakah Filateli Masih Eksis?

Sebenarnya bebas-bebas aja Gan Sis dan nggak ada patokan khusus untuk apa yang ingin kalian koleksi. Misalnya aja ada kolektor yang mengoleksi perangko dengan bentuk desain khusus, edisi tua, ataupun perangko yang memiliki kesalahan cetak atau desain. Semuanya sah-sah aja.

Ane selalu suka melihat koleksi-koleksi perangko tua yang dikumpulkan dalam sebuah buku. Rasanya pun menarik banget untuk bisa mengetahui lebih lanjut bagaimana cerita di balik perangko-perangko tersebut ataupun di balik kegiatan mengoleksinya. Nah kalau Agan Sista sendiri apakah kalian juga punya cerita unik tentang filateli ini? Boleh dong cerita di kolom komeng ane hihi, sekalian buat memperkenalkan Agan Sista anak zaman sekarang yang mungkin masih asing dengan hobi mengumpulkan perangko ini.


 


bener banget gan... jaman now dah ga bgitu populer dgn hobi ini... dan mgkn mostly dah ga tertarik buat ngelakuin hobi gini ini... tp kalo ane, ane masih seneng liat2 koleksi gini... apalagi prangko2 yg kuno2... rasanya seru dan seneng aja liatnya... meskipun ane bkn filatelist, tp menarik sih gambar2 di prangko itu
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
0
16-07-2019 19:04
baru tau istilah filateli, nggak pernah surat-suratan sih emoticon-Smilie
0
16-07-2019 20:26
Ane msh punya temen yg bapak nya koleksi ini. Emg udh jarang bgt sih klo skg mah. Mungkin skg orang2 koleksi nya sepatu atau tas buat cewe. Yg gini gini udh tergerus waktu. Tp gapapa makin dikit yg punya makin langka barangnya, nnti klo dijual makin tinggi harganya
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
16-07-2019 20:59
mantap nih gannn... kayanya udah gaada yg tertarik yee sama hobi ini skrg..
lanjutkan thread2 yg berfaedah gini dan memberi inspirasi buat yg lain...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
0
16-07-2019 21:31
keren nih kalo punya Hobby bgini, tunggu 20thn lagi pasti harga nya selangit emoticon-Cool
0
16-07-2019 21:40
Dengan berkurangnya minat orang kirim mengirim surat kayanya filates juga mulai sedikit ya... padahal seru juga ngumpulin perangko
0
16-07-2019 21:42

Quote:Original Posted By Kaskus3010
Ane msh punya temen yg bapak nya koleksi ini. Emg udh jarang bgt sih klo skg mah. Mungkin skg orang2 koleksi nya sepatu atau tas buat cewe. Yg gini gini udh tergerus waktu. Tp gapapa makin dikit yg punya makin langka barangnya, nnti klo dijual makin tinggi harganya

Wah mantap omnya emoticon-Ngakak
Iya gan bisa bisa kalau dapet perangko yg langka dijual ke sesama kolektor jadi mahal banget pasti...
0
16-07-2019 21:44
Jarang deh gan ane temui filateli.apalagi udah ada smartphone dan email buat berkirim-kirim pesan ya kan?apalagi merpati pos apakabar deh wkwkw
0
16-07-2019 22:08
tadi ane abis dari pasar kangen di jogja terus banyak yang jual perangko-perangko lawas gitu... sebiji dijual seribu jadi pengen koleksi lagi de
0
16-07-2019 22:12
belum pernah nulis surat, gan. jadi belum pernah ngoleksi perangko satupun emoticon-Mewek
0
16-07-2019 22:26
Kayanya udah pada sepi ya gan hobi ini padahal dulu om sama kakek ane ngumpulin kaya beginian nih. Apalagi pas kemaren ane ke taman mini museum ttg ini kayanya udah ngga ke sepi banget gan. Sedih aja kaya terlupakan padahal bersejarah.
0
17-07-2019 09:47
keren nih gan, klasik, dan seni nya dapet, art bgt lah
0
17-07-2019 19:43
lah iyaya ane aja udah lupa ada yg namanya prangko, posisi surat menyurat emang udah digantikan sih sama aplikasi chat, sms trus untuk dokumen juga udah ada jasa pengiriman yg biasanya juga ngga make prangko. Kayaknya emang menuju tinggal sejarahemoticon-Frown
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.