Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d277330c82084497729dbe0/mengenal-macam-dan-cara-penyeduhan-kopi
Mungkin di forum ini masih ada yang awam seputar kopi dan ane sharing supaya kita bukan saja penikmat kopi tapi kita sedikit tau tentang apa itu kopi kuy cekidot
Lapor Hansip
12-07-2019 00:34

BERBAGAI JENIS & KARAKTER KOPI, ESPRESSO BASED & MANUAL BREW.

Past Hot Thread
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

Mungkin di forum ini masih ada yang awam seputar kopi dan ane sharing supaya kita bukan saja penikmat kopi tapi kita sedikit tau tentang apa itu kopi kuy cekidot

Jenis kopi berdasarkan spesiesnya dan dikonsumsi orang-orang di penjuru dunia adalah:

1.Arabika
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

Kopi Arabika (Coffea arabica) berasal dari hutan pegunungan di Etiopia, Afrika. Di habitat asalnya, tanaman ini tumbuh dibawah kanopi hutan tropis yang rimbun. Kopi jenis ini banyak ditumbuh di ketinggian di atas 500 meter dpl.
Kopi arabika akan tumbuh maksimal bila ditanam diketinggian 1000-2000 meter dpl. Untuk berbunga dan menghasilkan buah,

tanaman kopi arabika membutuhkan periode kering selama 4-5 bulan dalam setahun. Biasanya pohon arabika akan berbunga diakhir musim hujan. Bila bunga yang baru mekar tertimpa hujan yang deras akan menyebabkan kegagalan berbuah.

Kopi arabika menyukai tanah yang kaya dengan kandungan bahan organik. Material organik tersebut digunakan tanaman untuk sumber nutrisi dan mejaga kelembaban. Tingkat keasaman atau pH tanah yang cocok berkisar 5,5-6.

Karakteristik tanaman

Tanaman kopi arabika pendek menyerupai perdu dengan ketinggian 2-3 meter. Batang berdiri tegak dengan bentuk membulat. Pohonnya memiliki percabangan yang banyak.

Warna daun kopi arabika hijau mengkilap seperti memiliki lapisan lilin. Daun yang telah tua berwarna hijau gelap. Bentuk daun memanjang atau lonjong dengan ujung daun meruncing. Pangkal daun tumpul dan memiliki tangkai yang pendek. Struktur tulang daun menyirip.
Kopi arabika mulai berbunga setelah musim hujan. Bunga tumbuh pada ketiak daun. Bunga kopi berwarna putih dan bisa melakukan penyerbukan sendiri, tidak ada perbedaan bunga jantan dan betina. Dari bentuk kuncup hingga menjadi buah yang siap panen membutuhkan waktu 8-11 bulan.

Karakteristik produk akhir

Secara umum kopi arabika dihargai lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Dari segi rasa, arabika mempunyai jangkauan yang luas dn bermacam macam. Setiap varietas kopi yang ditanam ditempat berbeda akan memiliki perbedaan citarasa yang signifikan.

Kopi arabika memiliki aroma yang kuat, sifat kekentalan (body) ringan hingga sedang dan tingkat keasaman tinggi. Kandungan kafeinnya lebih rendah dibanding robusta yaitu sekitar 0,8-1,5%.


PERBEDAAN GREEN BEAN
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

2.Robusta
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang artinya kuat, sesuai dengan gambaran postur (body) atau tingkat kekentalannya yang kuat. Kopi robusta bukan merupakan spesies karena jenis ini turunan dari spesies Coffea canephora.
Robusta dapat tumbuh di dataran rendah, namun lokasi paling baik untuk membudidayakan tanaman ini pada ketinggian 400-800 meter dpl. Suhu optimal pertumbuhan kopi robusta berkisar 24-30oC

Kopi robusta sangat cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Dengan budidaya intensif akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Agar berbuah dengan baik, tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan

Tanaman kopi robusta menghendaki tanah yang gembur dan kaya bahan organik. Tingkat keasaman tanah (pH) yang ideal untuk tanaman ini 5,5-6,5. Kopi robusta dianjurkan dibudidayakan dibawah naungan pohon lain.

Tanaman kopi robusta sudah mulai berbunga pada umur 2 tahun. Bunga tumbuh pada ketiak cabang primer. Setiap ketiak terdapat 3-4 kelompok bunga. Bunga biasanya mekar diawal musim kemarau. Berbeda dengan arabika, bunga robusta melakukan penyerbukan secara silang.

Buah yang masih muda berwarna hijau, setelah masak berubah menjadi merah. Meski telah matang penuh, buah robusta menempel dengan kuat pada tangkainya. Jangka waktu dari mulai berbunga hingga buah siap panen berkisar 10-11 bulan.

Tanaman kopi robusta memiliki perakaran yang dangkal. Oleh karena itu membutuhkan tanah yang subur dan kaya kandungan organik. Tanaman ini juga cukup sensitif terhadap kekeringan.

Karakteristik produk

Dipasaran, kopi robusta dijual dengan harga lebih rendah dibanding arabika. Hal ini menyebabkan disinsentif terhadap petani. Sehingga untuk menghemat biaya produksi petani robusta cenderung mengabaikan penanganan pasca panen. Pada gilirannya akan membuat mutu kopi yang dihasilkan rendah.

Aroma robusta tidak sekuat arabika, dengan tingkat kekentalan (body) sedang hingga berat dan citarasa pahit. Kandungan kafein robusta lebih dari dua kali lipat arabika, yaitu berkisar 1,7-4%.


3.LIBERIKA
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

Salah satu varian tanaman kopi yang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia adalah Kopi Liberika.
Bagaimana dengan kopi Liberika? Aromanya yang menyengat seperti buah nangka membuat kopi Liberika sulit memperoleh pangsa pasar lokal.
Selain juga karena hasil komoditasnya yang termasuk jarang, dan boleh dibilang langka. 

Asal dan Varian Kopi Liberika
Kopi Liberika adalah tanaman kopi endemik dari Afrika, tepatnya berasal dari Liberia. Awalnya, tanaman kopi ini digolongkan dalam kelompok kopi Robusta dengan nama ilmiah Coffea canefora var.Liberica.



Ciri-ciri Kopi Liberika

Aroma yang didapat dari kopi Liberika atau excelsa sangat khas dan mudah untuk membedakannya dari kopi Robusta atau Arabika. Menyengat tajam, dengan rasa pahit yang lebih kental. Biasanya, kopi Liberika dicampuri susu untuk menutupi aroma tajamnya dan rasa pahit kopinya. Juga sering digunakan sebagai campuran bagi kopi Robusta untuk memberi tambahan aroma kopi.

Oleh masyarakat lokal, kopi Liberika dikenal pula sebagai kopi Nangka. Selain karena aromanya yang menyengat, juga karena bijinya yang besar, hampir 2 kali lipat dari biji kopi robusta atau arabika. Juga bisa dikenali dari pohon kopinya yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 9 meter, mirip dengan pohon nangka.

4.EXCELSA
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

Kopi excelsa ditemukan pertama kali pada tahun 1905 oleh August Chevalier, seorang botanis dan ahli taxonomi asal Perancis. Dia menemukan kopi ini di sekitar aliran Sungai Chari tidak jauh dari Danau Chad di Afrika Barat.

Warna daunnya hijau tua dengan bagian belakang berwarna hijau terang. Ukuran daun lebar dan luas. Bunganya berwarna putih dan besar, tumbuh berkelompok terdiri dari satu sampai lima bunga dalam satu kelompok. Buah kopi excelsa pendek dan lebar. Bijinya lebih kecil dari robusta, warnanya kuning cerah seperti liberika

Tanaman kopi excelsa cocok dikembangkan pada ketinggian lahan mulai 0-750 meter di atas permukaan laut. Idealnya di daerah beriklim tropis dengan curah hujan sedang. Pada tingkat curah hujan tinggi tanaman ini akan lebih mengembangkan kayunya dibanding buahnya.
Di Indonesia kopi excelsa dibudidayakan secara terbatas di daerah Tajung Jabung Barat, Jambi. Tanaman ini bisa tumbuh di tanah gambut yang memiliki tingkat keasaman tinggi. Kopi excelsa termasuk tanaman kopi yang cepat menghasilkan, dalam kurun 3,5 tahun buahnya sudah bisa dipanen.

Selain ketiga jenis tersebut, kopi juga dibedakan menurut daerah di mana tempatnya tumbuh. Sebagai contoh, berikut kopi-kopi dari berbagai daerah di Indonesia:

SINGLE ORIGINS INDONESIA


1.KOPI ACEH GAYO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

Rasa kopi aceh gayo yang kuat namun tidak pahit membuatnya sangat digemari, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Karakter yang clean membuatnya laku sebagai campuran house blend.
Q grader yang sudah mencicipinya rata-rata menilai bahwa rasa kopi aceh gayo cenderung nutty dan buttery. Aromanya sangat kuat dengan
aksen nutty dan spice. 

2.KOPI KERINCI
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Q grader menilai karakter kopi kerinci adalah gabungan dari lima varietas yang ada di Sumatera. Karena rasanya, kopi arabika kerinci dinobatkan sebagai kopi specialty Indonesia terbaik di tahun 2017.Q grader menggambarkan rasa kopi ini sebagai gabungan karakter dari lima varietas, yaitu sigarar utang, gayo, andung sari, sidikalang, dan P88. Kombinasi rasa tersebut membuatnya mendapatkan skor yang tinggi dan layak mendapat predikatspecialty coffee.Karakter kopi kerinci adalah rasanya yang asam seperti lemon, namun meninggalkan rasa manis yang bertahan lama di mulut. Body-nya tebal dan aroma yang dihasilkan didominasi oleh rempah-rempah dengan sedikit aroma cokelat.

3.KOPI MANDAILING
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Body-nya penuh sehingga teksturnya cenderung kental. Perpaduan rasa manis dan asam yang tidak terlalu tinggi menjadi favorit orang-orang yang suka ngopi tapi punya lambung sensitif.
Kelebihan kopi mandailing yang lain adalah pada aroma floralnya yang wangi Semerbak .

4.KOPI JAVA PREANGER
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Kopi ini juga dikenal sebagai kopi malabar karena diambil dari salah satu nama gunung di daerah perkebunan kopi tersebut. Alasan lainnya adalah karena berasal dari bibit yang dibawa oleh Belanda dari Malabar, India.
Karakter kopi java preanger terletak pada aroma dan rasanya yang sangat kuat. Aroma yang menjadikannya unik adalah wangi bunga. Membuat peminumnya merasakan relaksasi tubuh saat menghirup aromanya.
Rasa manis juga ditemukan saat menyesap kopinya. Jika ingin lebih spesifik dalam merasakan rasa aslinya, dianjurkan untuk tidak menambahkannya dengan gula. Dengan begitu Anda akan bisa merasakan cita rasa aslinya.
Selain itu, java preanger coffee ini memiliki body dan acitity yang sedang. Tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi

5.KOPI KINTAMANI
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Rasa kopi bali kintamani yang unik ini dipengaruhi oleh kebiasaan petani lokal yang menanam jeruk dan sayur di lahan yang sama. Green bean dari daerah ini ukurannya lebih besar dari arabika pada umumnya.
Ciri khas perkebunan kopi di Bali adalah adanya tanaman selain kopi di satu lahan yang sama, biasanya sayur dan jeruk.
Kopi dari Bali menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia, terutama ke Eropa, Jepang, dan Australia. Tidak hanya dijual sebagai komoditas ekspor, tapi juga oleh-oleh khas Pulau Dewata.
Karakter rasa kopi bali kintamani yang unik adalah rasa asam segar seperti buahjeruk (citrusy) tanpa meninggalkanaftertaste di mulut. Body-nya medium dan aroma yang dihasilkan sangat kuat dan manis. Tidak ada rasa rempah (spice) seperti pada kebanyakan kopi di Indonesia. Kopi ini sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai rasa yang pahit.

6.KOPI TORAJA
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Rasa kopi toraja yang sangat kuat membuatnya menjadi favorit dan dijual dengan harga tinggi di negara-negara Eropa Utara. Bahkan, minuman ini dianggap sebagai minuman mewah
Karakter khas dari kopi yang dihasilkan di daerah ini adalah body-nya yang tebal dan keasaman yang rendah. Ketika meminumnya, mulut akan mendapat sensasi rasa yang menempel di langit-langit.
Selain itu, flavor note yang terasa saat menyicipi rasa kopi toraja adalah beri dan rempah yang sangat kaya. Aroma didominasi oleh wangi rempah dan kayu manis. Sementara aftertaste yang terasa dari kopinya adalah rasa dark chocolate.

Rasa ini sangat disukai terutama di negara-negara di Eropa Utara seperti Denmark dan Islandia. Green bean dari Sulawesi Selatan menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia terutama ke Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

7.KOPI FLORES BAJAWA
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Body-nya tebal dengan acidity yang seimbang menciptakan kenikmatan tersendiri. Keunikan cita rasa ini juga dipengaruhi oleh cara budidaya yang organik dan ditanam di tanah yang mengandung abu gunung berapi.
Selayaknya bunga, keindahan Pulau Flores memang tidak bisa ditawar lagi. Pulau ini memiliki segudang kekayaan alam yang tidak hanya bisa memanjakan mata, tapi juga membuat takjub akan kebesaran Tuhan. Selain itu, Flores juga terkenal dengan kopinya yang khas dan menjadi primadona dunia.
Pulau indah ini mengandung tanah dari abu gunung berapi (andosol) yang sangat ideal untuk ditanami kopi organik. Ini pula yang menjadi ciri khas kopi-kopi di daerah ini, pembudidayaannya dilakukan menggunakan pupuk alami dan tanpa pestisida. Cara organik yang demikian membuat cita rasa kopinya unik dan mengandung aroma-aroma yang alami.

8.KOPI PAPUA WAMENA
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Banyak pendapat di kalangan penikmat kopi bahwa aroma floral yang jarang ditemui ini disebabkan oleh ketinggian tanah dan cara penanaman tanpa menggunakan pestisida.
menu
Kopi papua wamena terkenal memiliki rasa yang balance dan smooth. Aroma yang dihasilkan bernuansa cokelat dan floral yang cukup harum, body medium, sweetness yang sedang, dan keasaman yang rendah. Selain itu, jenis ini pun menghasilkan flavor note yang cenderung earthy dengan sensasi herbal dan aftertaste yang terasa smokey.

Rasa kopi papua wamena tergolong sangat unik karena jarang sekali kopi Indonesia memiliki sensasi floral. Banyak q grader yang berpendapat, bahwa munculnya aroma tersebut dipengaruhi oleh kondisi penanaman yang tidak menggunakan pestisida dan senyawa kimia apapun.

ESPRESSO BASED


Espresso lahir di Eropa ketika orang-orang menginginkan kopinya disiapkan dengan cepat. Untuk itu, lahirlah mesin espresso yang memudahkan coffee shop dalam melayani para pelanggan. Espresso juga merupakan pondasi atau bahan dasar dari minuman-minuman lainnya seperti yang akan disebutkan berikut ini.

1.ESPRESSO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Espresso adalah minuman hitam pekat dengan ciri khas buih berwarna cokelat kental di permukaannya yang disebut dengan crema. Pembuatannya menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi. Umumnya, secangkir espresso hanya berisi sebanyak 30-45 ml saja.

2.AMERICANO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Americano adalah espresso dengan tambahan air panas. Konon, americano lahir dari kebiasaan orang Amerika meminum espresso yang lebih encer.
HAMPIR MIRIP
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI

3.LONG BLACK
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Long black adalah minuman dengan komposisi yang sama dengan americano, yaitu terdiri atas espresso dan air panas. Hanya saja, cara penuangannya berbeda. Americano dibuat dengan espresso yang disiram air panas, sedangkan long black dibuat dengan menuangkan espresso pada air panas.

4.CAPPUCCINO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Cappuccino adalah minuman yang dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 foam. Beberapa orang menaburkan bubuk cokelat di atas foam-nya agar tampilannya lebih manis.

5.LATTE
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Secara kasat mata, latte mirip dengan cappuccino. Komposisi latte terdiri atas 1/3 espresso dan 2/3 susu steamed 55-60°. Foam yang digunakan untuk membuat latte tidak setebal cappuccino. Beberapa barista handal membuat lukisan saat menuangkan susu dan menyebutnya dengan latte art.

6.MACCHIATO

MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Sama seperti latte dan cappuccino, macchiato adalah campuran espresso dan susu. Nama macchiato berasal dari bahasa Italia yang berarti tanda atau bercak. Maksud dari penamaan ini mungkin adalah espresso yang diberi sedikit bercak susu steamed atau bisa pula susu yang diberi bercak espresso.

7.MOCHACCINO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Mochaccino adalah campuran dari espresso, cokelat, dan susu steamed. Minuman ini punya banyak nama lain, di antaranya ada moka, mocha, dan café mocha. Nama mochaccino berasal dari kota yang punya sejarah besar bagi dunia perkopian, yaitu Mocha, Yaman.

8.BLACK EYE
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Berbeda dengan americano dan long black, black eye adalah espresso yang ditambahkan dengan kopi hitam. Perlu diingat bahwa kopi hitam di sini berbeda dengan espresso yang dibuat dengan tekanan. Sementara kopi hitam dibuat dengan menyeduh dengan manual brew, atau bisa dengan perkolator.

9.CON PANNA
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Con panna adalah minuman yang terbuat dari espresso yang diberi topping whipped cream. Krim ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa pahit pada espresso.

10.AFFOGATO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Tahukah Anda apa itu gelato? Ya, gelato adalah es krim khas Italia. Satu atau dua sendok gelato jika disiram espresso akan menjadi satu minuman yang bernama affogato.

MANUAL BREW


Sementara minuman kopi yang dibuat dengan mengandalkan tangan dan tenaga manusia disebut dengan manual brew. Berikut adalah beberapa metode seduh kopi manual brew yang populer.

1.MOKA POT
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Moka pot adalah alat untuk membuat espresso secara manual. Alat pembuat kopi tradisional ini berasal dari Italia, diciptakan oleh Alfonso Bialetti pada tahun 1933.

Cara menggunakan alat ini adalah dengan memanaskannya di atas tungku atau kompor. Oleh karena dibuat dengan cara manual, cita rasanya pun berbeda dengan espresso-espresso pada umumnya.

2.ROK PRESSO
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Sama seperti moka pot, Rok Presso juga menjadi alat alternatif untuk membuat espresso. Berbeda dengan mesin, tekanan yang dihasilkan dari alat ini berasal dari tenaga manusia. Caranya adalah dengan menekan kedua tuas yang ada pada Rok Presso dengan tangan.

3.KOPI TUBRUK
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Kopi tubruk adalah metode seduh yang paling gampang dan sederhana. Cara ini berasal dari budaya ngopi masyarakat Indonesia. Seperti namanya, cara membuatnya pun hanya perlu menubruk bubuk kopi dengan air panas.

4.POUR OVER
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Beberapa orang ketika menyebut manual brew, akan merujuk pada teknik pour over. Metode seduh ini meskipun terlihat sederhana, sebetulnya gampang-gampang susah. Perlu rasio, ketrampilan tangan, dan insting yang tepat.

Teknik penyeduhan pour over dilakukan dengan mengalirkan air pada bubuk kopi pada filter dan dripper. Aliran air yang telah melewati bubuk kopi kemudian turun ke dalam gelas saji. Alat-alat penunjang teknik pour over yang terkenal di antaranya ada V60, Chemex, dan Kalita Wave.

5.VIETNAM DRIP
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
Vietnam drip adalah sebutan lain dari sajian kopi susu khas Vietnam Penyebutan itu dikarenakan pembuatannya menggunakan saringan atau dripper
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 00:36
makasiy agan/sista sudah Mampir emoticon-Smilie semoga bermanfaat trit ane hehe
silakan share dan curhat dibawah yah
Oh iya bagi yang punya info lowongan kerja bisa di comment dibawah yah
Referensi ane LOKER untuk agan sista yang ingin menggeluti dunia F&B via IG KEPOIN.. (karierstarbucksindonesia) siapa tau membantu sesama kaskuser terimakasiy agan sista ,mimin momod emoticon-Swedia emoticon-I Love Indonesia emoticon-Jempol emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
adriol43 memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:15
Pangjangnyaaa hihihihihi.
Keren keren ini, informatif sekali. Akj kurang paham soal kopi jd tau deh jenis jenis kopi. Apalah aku yg taunya gud-dey doang emoticon-Angel
profile-picture
sevenfiveseven memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:19
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:21
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:23
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Pangjangnyaaa hihihihihi.
Keren keren ini, informatif sekali. Akj kurang paham soal kopi jd tau deh jenis jenis kopi. Apalah aku yg taunya gud-dey doang emoticon-Angel


Masaaa sii informatiff makasiy loh emoticon-Jempolemoticon-Swedia
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:23
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Pagii michelle... lagi apa skrng...?
Mmmm tapi alhamdulillah pas 20k huruf.. masih ada yg kurang kopi LUWAK
Mm buat belajar aja iseng2 emoticon-Angelemoticon-Requestemoticon-Kaskus Radio


20K huruf lowh, bukan kata. Wkwkwkwk.
Ohiya bener luwak belom yak.
Pagi jugaaa, lagi mikir mau sarapan apa emoticon-Angel
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:24
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:25
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Kebanyakan minum sachet ga sehatt bisa ginjal dn diabetes


Aku gasuka minum kopi malah, lebih enak jus.
Jauh yak emoticon-Ngakak
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:25
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:25
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Mmm kebetulan pagi ini aku masaak nasi goreng special untuk mamah dan nenek.


Wiiih kereeen. Enak tuh pasti emoticon-Genit
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:26
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:26
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Kaan ntuh aku bukannya nulis huruf heheee coba cek lagi mungkin akibat kamu lapar.


Ahahahaha sepertinya memang lafar
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:27
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Jus juga oke aku suka jus alpukat,sirsak,blueberry semua dicampur susu mmm enak beut


Wah samaaa, aku juga suka alpukat emoticon-Belo
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:38
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:44
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI biasa aja
Nasi sisa aku taro kulkas #gercep


Telor setengah mateng. My fave emoticon-Genit
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:45
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 07:48
emoticon-Spanyol
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 08:10
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Main api kecil ,kecil banget jadi tengahnya syantik


Ooooooooooh. Pantesan aku gagal mulu, apinya berkobar
0 0
0
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 08:11
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
Tapi itu aku balik tadi jadi ga syantik


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
sevenfiveseven memberi reputasi
1 0
1
MENGENAL MACAM DAN CARA PENYEDUHAN KOPI
12-07-2019 08:21
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Ooooooooooh. Pantesan aku gagal mulu, apinya berkobar


GIF

emoticon-Mewek gaapapa jangan sampai gosong
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
rekomendasi-rice-bowl-ala-korea-untuk-menu-sahur
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia