alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2734dd8d9b1762654e0391/minta-maaf-ini-pengakuan-guru-les-pembuat-status-tak-pajang-foto-presiden
Lapor Hansip
11-07-2019 20:08
Minta Maaf, Ini Pengakuan Guru Les Pembuat Status 'Tak Pajang Foto Presiden'
Minta Maaf, Ini Pengakuan Guru Les Pembuat Status 'Tak Pajang Foto Presiden'

Jakarta - Guru les berinisial AF meminta maaf karena membuat status yang berisi seruan agar tidak memajang foto presiden dan wakil presiden di sekolah. AF mengaku membuat status tersebut tanpa pertimbangan yang matang.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas postingan saya per tanggal 26 Juni 2019 yang membuat keresahan di masyarakat," kata AF di Mapolres Jakarta Utara, Jalan Laksamana Yos Sudarso, Koja, Jakarta Utara, Kamis (11/7/2019).

"Saya sangat menyesal, karena saya pun kaget dampaknya sampai seperti itu. Saya tidak ada niat sama sekali untuk menghasut atau mengajak orang melakukan sesuatu yang seperti disangkakan masyarakat," sambung dia.


Baca juga: Guru Les Buat Status 'Tak Pajang Foto Presiden' karena Emosi Usai Pilpres


AF mengatakan tidak berniat menyebarkan ujaran kebencian dan membuat keresahan di masyarakat. Dia menyesal tidak bijak dalam bermedia sosial.

"Saya tidak ada niat melempar ujaran kebencian sebagaimana pasal yang dikenakan kepada saya. Mungkin orang akan melihat postingan saya, orang akan melihat seperti itu karena saya pun dikenakan pasal seperti itu. Saya tidak ada niat sama sekali," ujarnya.

Baca juga: Pembuat Status 'Tak Usah Pajang Foto Presiden' Guru Les di Koja


Ia mengaku emosi saat membuat status berisi seruan agar tidak memajang foto presiden dan wakil presiden di sekolah. AF mengaku terbawa suasana sebab melihat sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB)

"Itu hanya, pada saat itu mungkin emosi sesaat ya. Saya juga baru melakukan pendaftaran anak saya, di mana saya melihat sistem PPDB di DKI menurut saya menganut sistem berasas keadilan yang baik sehingga mungkin judul di postingan saya seperti itu. Jadi tidak ada niat sama sekali untuk membuat kericuhan atau apapun lainnya. Itu saja," kata AF.

Kasus ini bermula saat AF memposting status di Facebook pada 26 Juni 2019. Selain Facebook, AF juga memposting status tersebut di media sosial lain. Berikut ini bunyi statusnya:

kalo boleh usul...di sekolah2 tidak usah lagi memajang foto Presiden & Wakil presiden...turunin aja foto2nya..
kita srbagai guru ngga mau kan mengajarkan anak2 didik kita tunduk, mengikuti dan membiarkan kecurangan dan ketidakadilan?
Cukup pajang foto GOODBENER kita ajaa...GUBERNUR INDONESIA ANIES BASWEDAN.

Setelah itu, seorang warga berinisial TCS mengcapture status tersebut dan melaporkan pemilik akun ke Polres Jakarta Utara. Tim Polres Jakarta Utara pun langsung menindaklanjuti laporan itu dan menilai status yang diunggah AF termasuk dalam kategori hate speech.

"Bahwa postingan yang disampaikan itu masuk kategori menyiarkan berita bohong yang dapat menyebabkan keonaran, atau menyebarkan ujaran kebencian, atau menghasut jangan menurut peraturan undang undang atau perintah yang sah menurut peraturan perundang undangan atau menghina sesuatu kekuasaan yang ada di negara Indonesia," ujarKapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi.

AF ditangkap di tempat les di kawasan Koja, Jakarta Utara, Selasa (9/7) lalu. AF kini ditahan polisi.

Atas perbuatannya, AF dijerat pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 huruf a ayat 2 UU RI no 19 tahun 2016 sesuai perubahan UU RI no 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto pasal 14 ayat 1 atau ayat 2 atau pasal 15 UU RI no 1 tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana atau pasal 160 KUHP atau pasal 207 KUHP. AF terancam hukuman pidana paling lama 6 tahun penjara.

https://m.detik.com/news/berita/d-46...145.1562125096

Komen TS:

Permintaan maaf diterima proses hukum jalan terus.

Ada pepatah "kalau meminta maaf berarti mengaku salah"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
11-07-2019 20:15
cengo

emoticon-Cape d...
profile-picture
ustad.syam memberi reputasi
1
11-07-2019 20:16
nebeng komen ts ajah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 20:17
Quote:"Saya sangat menyesal, karena saya pun kaget dampaknya sampai seperti itu. Saya tidak ada niat sama sekali untuk menghasut atau mengajak orang melakukan sesuatu yang seperti disangkakan masyarakat," sambung dia.


Minta Maaf, Ini Pengakuan Guru Les Pembuat Status 'Tak Pajang Foto Presiden'
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 4 lainnya memberi reputasi
5
11-07-2019 20:20
Gw bingung kalau ada nasbung yg terlalu over memuja si Anies busukedan.... Semua layanan masyarakat belum ada satupun hasil gagasan si Anies busukedan

Tapi kok di puja2 banget ya?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Lihat 3 balasan
11-07-2019 20:21
penyesalan datangnya belakangan emoticon-Traveller
profile-picture
ustad.syam memberi reputasi
1
11-07-2019 20:24
klo semua hal bs diselesaikan dgn permintaan maaf, semua org bs berbuat seenak udelnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 20:25
ane sering liat status yg lebih parah di bp malem2 emoticon-Bingung

tp mreka aman-aman aja.. emoticon-Shakehand2
profile-picture
itkgid memberi reputasi
1
11-07-2019 20:29
emang kaum begini harus dibasmi, digenosida cukup lah, tolol
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1
11-07-2019 20:33
sok usul sih emak2, makan tuh sel emoticon-2 Jempol
0
11-07-2019 20:35
Tipikal pendukung 02 pada umumnya
Galak dimedsos
Diciduk mewek
emoticon-Leh Uga

Tp seperti ada yg kurang gitu, apa ya?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 20:38
makam tuh gabener
0
11-07-2019 20:40
Berani berbuat tapi mau ngelak dr tanggung jawab, persis si bibib junjungan nasbung yg maha suci dan pengecut..
Diubah oleh mewtwo68d
0
11-07-2019 20:42
goodbener wakaka
0
11-07-2019 20:44
penak lek ngunu tok, lanjut bui
0
11-07-2019 20:44
proses hukum lanjutemoticon-Ngakak
0
11-07-2019 20:44
Dah kena ama polkis kan
0
11-07-2019 20:50
Quote:Original Posted By jessepinkman16
ane sering liat status yg lebih parah di bp malem2 emoticon-Bingung

tp mreka aman-aman aja.. emoticon-Shakehand2


Beda dong gan.... emoticon-Ngakak
Kaskus itu ada aturan dan moderasi yg mengikat 24 jam {walau sabtu/minggu momodnya ikutan libur juga} emoticon-Ngakak (S)

Jadi... mereka yg nilai... dan bisa hapus pula... emoticon-Ngakak (S)
Nah... di FB itu rada liar... semua bisa komen apa saja..karena momod FB gk ada emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
nta.gt memberi reputasi
-1
Lihat 3 balasan
11-07-2019 20:50
kelakuan betina hasil ternak kampret wowok
0
11-07-2019 20:55
Quote:Original Posted By r3tfl4g
Beda dong gan.... emoticon-Ngakak
Kaskus itu ada aturan dan moderasi yg mengikat 24 jam {walau sabtu/minggu momodnya ikutan libur juga} emoticon-Ngakak (S)

Jadi... mereka yg nilai... dan bisa hapus pula... emoticon-Ngakak (S)
Nah... di FB itu rada liar... semua bisa komen apa saja..karena momod FB gk ada emoticon-Ngakak (S)


momod fb ada
orangnya pada kena PTSD
profile-picture
itkgid memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
11-07-2019 20:55
Kalo ngk ada niat, bearti ada kesempatan donk,,, waspadalah waspadalah...emoticon-Blue Guy Smile (S)





Bagi emoticon-Bata (S) donk
profile-picture
profile-picture
snoopze dan c4rizma memberi reputasi
-2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.