alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d27080dc0cad7260471aa78/ratna-sarumpaet-divonis-2-tahun-penjara
Lapor Hansip
11-07-2019 16:57
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara
Past Hot Thread
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada aktivis Ratna Sarumpaet dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Ratna dianggap bersalah telah menyebarkan hoaks yang mengakibatkan keonaran seperti diatur dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Ratna Sarumpaet dengan pidana penjara selama 2 tahun," ujar hakim Jony dari PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7).

Hakim menyatakan masa hukuman pidana Ratna tersebut akan dikurangi masa tahanan selama dia menjalani proses hukum.


Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya menuntut Ratna pidana bui enam tahun. Jaksa menilai Ratna tidak memenuhi unsur Pasal 44 KUHP terkait penyakit kejiwaannya. Bahkan, permintaan maaf Ratna dinilai tidak dapat menghapus tindakan pidana.

Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin sempat menyebut tuntutan enam tahun kepada kliennya lebih berat daripada tuntutan kepada pelaku kasus korupsi. Insank mengatakan tuntutan kepada Ratna terbilang berat, terlebih usia Ratna yang sudah menginjak 70 tahun.

Lihat juga: Mengeluh Tekanan Darah Tinggi, Ratna Diminta Hakim Jaga Emosi
Sebelum menjalani sidang, Ratna Sarumpaet berharap dirinya bebas. Ratna mengatakan tidak ada bukti yang memberatkannya bahwa kebohongan yang dilakukan telah membuat keonaran.

"(Harapannya) bebas, aku kan sudah bilang enggak ada fakta yang menunjukkan aku bersalah secara hukum. Harapannya ya bebas dong, enggak ada faktanya," ujar Ratna.

Berita bohong pemukulan Ratna bermula pada Oktober 2018. Ketika itu, sejumlah politikus mengabarkan Ratna Sarumpaet dipukul sekelompok orang di Bandung, Jawa Barat. Foto-foto Ratna lebam beredar di media sosial.

Ratna Sarumpaet. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Sejumlah politikus mengaku mendapat kabar penganiayaan dari Ratna. Namun, Ratna akhirnya mengaku luka lebam itu bukan disebabkan karena pemukulan melainkan operasi kecantikan.

Ratna yang tergabung dalam anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mundur setelah polisi mengungkap kebohongannya. Sebagian pihak menduga ada motif politik dalam kebohongan yang dibuat Ratna.

Namun dalam pembelaannya depan majelis hakim, Ratna mengklaim keterangan-keterangan saksi dan ahli mampu membuktikan tidak ada motif politik dalam kasus kebohongannya.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...-tahun-penjara

Lebih rendah dari tuntutan jpu
Diubah oleh lanank.jagad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
12-07-2019 08:41
Quote:Original Posted By BlueJupieZ
cuma di indonesia..
VALAK kena penjara emoticon-Leh Uga


Berarti negara kita hebat

Di pelem aja mati"an basmi itu valak

Lah ini modal ketok palu udah masuk bui itu valak
0
12-07-2019 08:44
udah junjungan kalah,
eh masuk BUI..
nasib nasib..
emoticon-Malu (S)
0
12-07-2019 08:50
Sebuah perbuatan haruslah dipertanggung jawabkan. Ngapain juga waktu itu dia melakukan tindakan konyol dengan membuat sandiwara agar masyarakat menyalahkan pemerintahan yang sedang berkuasa. Sayang kan reputasi yang sudah dimiliki selama ini harus hancur akibat perbuatan sembrononya.
0
12-07-2019 09:02
yang kepingin banget pulang tapi ga berani...
di tunggu tanggal mainnya.
0
12-07-2019 09:36
lucu sih, harusnya dia dapet hukuman lebih dari ini..
korban fitnahnya ini pemerintah lho, coba misalkan polisi ga gercep dan sampe kebawa berhari2 atau bahkan fitnah itu masih berlangsung sampe sekarang? udah ga tau deh chaos nya kaya gimana, bahkan mungkin joko ga jd periode 2 skrg..

tolonglah para hakim terhormat, kalau ngasih vonis itu juga sesuai sm kerusakan yg dibuat pelaku, kalau udah tingkat nasional harusnya diatas 5 tahun lah minimal
0
12-07-2019 10:38
Quote:Original Posted By ba4567qa
selanjutnya penyebar live di tv ini diciduk rame2

Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara


gw sujud sukur di monas siang bolong klo bener ini gembongnya bisa diciduk rame2 emoticon-Mad
0
12-07-2019 10:57
Kapok ora?
0
12-07-2019 13:35
Seberapa greget lo?

Bisa membohongi sebagian bangsa Indonesia, khususon bani kampret al monaslimin yang hobi demo
emoticon-Hoax
0
12-07-2019 14:05
Cukup sesuai, mengingat timing hoax-nya ketika suhu politik sedang panas malah disulut sama dia emoticon-Ngacir
0
12-07-2019 14:47
terima aja lagian emank sudah terbukti bersalah
yg penting fokus berkelakuan baik biar dapat ptongan tahanan



Terima BATA only emoticon-Bata (S)
0
12-07-2019 23:03
hadeuh gak bisa molor sambil santai dong didalem bui.
0
12-07-2019 23:56
mampus kau nenek gayung
0
13-07-2019 10:18
doa orang yg dizalimi akan didengarkan oleh Tuhan..
Tuhan asli lo bukan Tuhan mu yg lu suruh2 jadi pembantu sama lu ancam emoticon-Ngakak
sayang masih kurang lama cok
0
13-07-2019 14:52
capres aja sukses ditipuemoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.