alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d27080dc0cad7260471aa78/ratna-sarumpaet-divonis-2-tahun-penjara
Lapor Hansip
11-07-2019 16:57
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara
Past Hot Thread
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada aktivis Ratna Sarumpaet dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Ratna dianggap bersalah telah menyebarkan hoaks yang mengakibatkan keonaran seperti diatur dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Ratna Sarumpaet dengan pidana penjara selama 2 tahun," ujar hakim Jony dari PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7).

Hakim menyatakan masa hukuman pidana Ratna tersebut akan dikurangi masa tahanan selama dia menjalani proses hukum.


Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya menuntut Ratna pidana bui enam tahun. Jaksa menilai Ratna tidak memenuhi unsur Pasal 44 KUHP terkait penyakit kejiwaannya. Bahkan, permintaan maaf Ratna dinilai tidak dapat menghapus tindakan pidana.

Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin sempat menyebut tuntutan enam tahun kepada kliennya lebih berat daripada tuntutan kepada pelaku kasus korupsi. Insank mengatakan tuntutan kepada Ratna terbilang berat, terlebih usia Ratna yang sudah menginjak 70 tahun.

Lihat juga: Mengeluh Tekanan Darah Tinggi, Ratna Diminta Hakim Jaga Emosi
Sebelum menjalani sidang, Ratna Sarumpaet berharap dirinya bebas. Ratna mengatakan tidak ada bukti yang memberatkannya bahwa kebohongan yang dilakukan telah membuat keonaran.

"(Harapannya) bebas, aku kan sudah bilang enggak ada fakta yang menunjukkan aku bersalah secara hukum. Harapannya ya bebas dong, enggak ada faktanya," ujar Ratna.

Berita bohong pemukulan Ratna bermula pada Oktober 2018. Ketika itu, sejumlah politikus mengabarkan Ratna Sarumpaet dipukul sekelompok orang di Bandung, Jawa Barat. Foto-foto Ratna lebam beredar di media sosial.

Ratna Sarumpaet. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Sejumlah politikus mengaku mendapat kabar penganiayaan dari Ratna. Namun, Ratna akhirnya mengaku luka lebam itu bukan disebabkan karena pemukulan melainkan operasi kecantikan.

Ratna yang tergabung dalam anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mundur setelah polisi mengungkap kebohongannya. Sebagian pihak menduga ada motif politik dalam kebohongan yang dibuat Ratna.

Namun dalam pembelaannya depan majelis hakim, Ratna mengklaim keterangan-keterangan saksi dan ahli mampu membuktikan tidak ada motif politik dalam kasus kebohongannya.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...-tahun-penjara

Lebih rendah dari tuntutan jpu
Diubah oleh lanank.jagad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
11-07-2019 17:52
we want more!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
morone dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 17:52
wahhh hakim gak adil...harusnya bebas dan kirim ke korea utara...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 17:53
we want more!!!!
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
11-07-2019 17:55
menyimak aje ane gan soal kasus ini
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
11-07-2019 17:58
Quote:Original Posted By youdoyouknow
Harusnya lebihin lah.
Salah satu faktor Wowo kalah presiden ya karena hoax nasional ini yang bikin calon pemilih merasa dibodohi dan trauma, jadi jijik mau milih Wowo.


ente terindikasi kampret karna membela wowo subitaemoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coldblacksnow dan 4 lainnya memberi reputasi
5
11-07-2019 17:59
Jonru, dhani, mak lampir, mbib bahar udah dilempar ke bui. Antrian berikutnya: ayah naen, fahri, fadli zonk. Tunggu tanggal mainnya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonek.kamar dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 18:05
pada akhirnya, sang pionir hanya sebagai tumbal.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:07
Quote:Original Posted By adek_adm
we want more!!!!


WE WANT MORE!!
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:07

blangsak ........... knapa cuma 2 thn, harusnya sesuain aja ma tuntutan jpu .............. emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:09
Quote:Original Posted By BlueJupieZ
cuma di indonesia..
VALAK kena penjara emoticon-Leh Uga


Tuhan saja disuruh suruh sama umat Nya waktu kampanye,apalagi valakemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
11-07-2019 18:11
semoga kejadian ini bisa dijadikan pelajaran dan tidak akan terulang kembali. ane juga heran apa gunanya membuat hoax demi mengadu warga bangsanya sendiri. gk ada sama sekali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 18:11
yah cuman 2. duitnya kenceng si. kesian nasbung kampret klo kena bs 3-6 tahun
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:17
cuma 2thn ah ga mampusin nenek peot mah...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
11-07-2019 18:17
Quote:Original Posted By gledexzz
apakabar sang legenda,
kiprahmu dalam dunia lawak politik akhirnya kini telah berlabuh, berlabuh ke dalam bui.
emoticon-Hammer2
Selamat menikmati masa tua didalam bui, apa yang kau tanam itu yang kau tuai


Setuju emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:20
Coba dong mama ratna jadi whistleblower gitu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:22
ahahahaii.. ngakak online by Kaskus ajalah.. TAKBIIIRRRR...emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan manbrotheking memberi reputasi
2
11-07-2019 18:33
kadang memberikan cendol dan bata( bagi bata collector) lebih asik dr pada komeng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11-07-2019 18:35
mampuz
profile-picture
profile-picture
aliftriadi dan kakekane.cell memberi reputasi
2
11-07-2019 18:36
Quote:Original Posted By ba4567qa
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aliftriadi dan kakekane.cell memberi reputasi
2
11-07-2019 18:38
Keputusan hukum harus dihormati
profile-picture
profile-picture
smersh64 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.