alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d25297faf7e935788400827/idealnya-berapa-sih-mahar-untuk-pernikahan
Lapor Hansip
10-07-2019 06:55
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?
Past Hot Thread
Menikah merupakan sesuatu momen yang berkesan dan diinginkan oleh banyak orang. Bagi mereka yang sudah cukup umur tentunya sebauh pernikahan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti hingga mereka memantaskan dirinya mulai dari sikap pribadinya, mental diri dalam meghadapi pernikahan hingga persiapan secara finansial agar siap saat memasuki masa-masa pernikahan dengan calon pasangan yang menjadi idaman.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : apollo-singapore.akamaized.net

Bicara tentang pernikahan selalu berkaitan dengan biaya yang besar, benarkah selalu demikian? Nyatanya tak selamanya seperti begitu. Banyak orang yang melaksanakan pernikahan dari pernikahan yang sederhana hingga pernikahan yang mewah dan menghabiskan banyak biaya. Namun pada umumnya pernikahan selalu meriah dan menghabiskan banyak biaya yang tak sedikit, hal ini tercermin dari kebiasaan di masyarakat yang seringkali mengadakan pesta pernikahan yang meriah. Begitu juga dengan mahar pernikahannya pun cukup besar dan biasanya menggunakan emas atau uang tunai.

Tentang mahar pernikahan sendiri memang beragam, tapi biasanya mahar pernikahan itu besar atau sesuai dengan standar yang biasa di masyarakat itu sendiri. Namun ada juga yang terkadang maharnya anti mainstream seperti dengan mahar yang sederhana seperti mahar sendal jepit yang viral di dunia maya beberapa waktu yang lalu. Bicara mahar pernikahan memang sah-sah saja selama ada kerelaan satu sama lainnya.

Lantas yang paling ideal mahar pernikahan itu seperti apa? Sedikit atau banyak? Jawabannya kembali ke standar masing-masing karena setiap orang punya standarnya masing-masing tentang mahar pernikahan. Meskipun begitu, kita harus bisa mempertimbangkan untuk menentukan mahar pernikahan dengan sebaik-baiknya. Sebagai laki-laki tentunya harus bisa memberi mahar pernikahan yang terbaik dengan catatan tidak memberatkan dirinya dan tidak lewat dari batas kemampuannya. Sedangkan bagi perempuan baiknya tidak terlalu berlebihan dalam meminta mahar terlebih jika orangtua ikut campur soal mahar pernikahan sebaiknya dihindari.

Sedikit atau tidaknya mahar kembali lagi kepada kerelaan masing-masing, jika di masyarakat standar maharnya begitu tak salahnya ikut kebiasaan di masyarakat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan jelas dari laki-laki kepada perempuan tentang mahar pernikahan yang diberikan agar tidak ada miss komunikasi atau salah paham karena kejadian kesalah pahaman seperti ini ada dan terjadi di masyarakat.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : kebumenekpres.com

Jangan terlalu pelit dalam memberikan mahar dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan mahar jika memang memiliki batas kemampuan finansial. Idealnya jumlah mahar pernikahan kembali ke setiap orang yang akan menikah, yang penting siapkan mahar terbaik untuk calon pasangan dan jangan sampai "hadiah" mahar pernikahan terlalu sederhana dan seakan tak ada nilai. Berilah yang terbaik untuk calon pasangan karena dia adalah sosok yang akan menemani sepanjang usia. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boby008 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
12-07-2019 06:09
menurut ane, sebaik mahar adalah harta (ya iyalah).
ane lebih milih kasih mahar emas daripada uang.
karena nanti klo emas disimpan bisa jadi investasi jangka panjang.
0
12-07-2019 06:10
mahar itu sakral..... masa dikasih mainan
idelnya menurut ane besaran biaya idup sebulan
0
12-07-2019 06:18
Belies bray : gading gajah. emoticon-Selamat
0
12-07-2019 06:34
Merujuk hadis nabi,,,

Sebaik-Baiknya Wanita Adalah Yang Paling Murah Maharnya, Sebaik-Baiknya Lelaki Adalah Yang Memberi Mahar Paling Banyak (HR. Ahmad, ibnu Hibban, Hakim & Baihaqi)

Dan merujuk ke Al-Qur'an

“Berikanlah mahar (mas kimpoi) pada wanita yang kamu nikahi sebagai sebuah pemberian dengan penuh kerelaan …..…” (QS. An-Nissaa : 4)

Udah cukup saya kira itu untuk referensi,,, jadi jangam menurut adat yg berlaku di daerah yg jadi patokan,,, apa lagi ikut ikut yang viral,,,
Yang jadi patokan itu Al-Qur'an dan hadis...

Ingat menikah itu termasuk ibadah,
Bukan hanya soal hidup bersama, tapi nilai ibadahnya yg harus di perhatikan...
profile-picture
dxstarz memberi reputasi
1
12-07-2019 06:35
sesuai kemampuan aja
0
12-07-2019 06:36
Quote:Original Posted By FalianAridua
koplak banget ini sendal jepit buat maharnya..
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?


Ini mungkin sekedar buat lucu lucuan dalam mengingat moment seumur hidup mereka
profile-picture
FalianAridua memberi reputasi
1
12-07-2019 06:37
jaman skrg kyknya udh gk ada lg yg ngmg
seperangkat alat sholat dibayar kontan
0
12-07-2019 06:38
mahar ma dibicarakan aja gan....percuma mahar gede gede tapi kelangsungan hidup setelah menikah tak seindah maharnya.....kwkwkwwkwk
0
12-07-2019 06:45
Kalo adat ane pake sinamot 😭

Faktor pendidikan si calon pun menentukan maharnya 😩
0
12-07-2019 06:48
semamunya aja jika memberi mahar tapi jgn pekit jua kyk tuh fotonya sandal jepit jd mahar 😂😂
0
12-07-2019 06:58
Sesuai kemampuan aja sih gak usah maksain emoticon-Big Grin
0
12-07-2019 06:59
Semampunya dan hasil kesepakatan bersama. terutama agan ma calon agan.

Besar kecilnya tergantung bagaimana agan menghargai pasangan agan..emoticon-2 Jempol
0
12-07-2019 07:04
Sebenernya tuh kalo mahar itu, kata Nabi Muhammad, sebaik-baiknya mahar adalah mahar yang sederhana dan tidak membebani pihak lelaki. Cuma nggak salah juga dengan mahar yang emang lebih atau keliatan mewah sekalipun selama kedua belah pihak emang menyetujui dan emang mampu, jangan dibayar hutang emoticon-Ngakak
0
12-07-2019 07:06
sesuai kemampuan sama kesepakatan kedua keluarga menurut ane gan, sama menyesuaikan resepsi jadi jangan mahal2 emoticon-Big Grin
0
12-07-2019 07:12
sesuai kemampuan , jangan terlalu dipaksakan . kalodipaksakan ujungujungnya bisa menyesal , jadi ikhlas dan bisa menjalanai rumah tangga yang samawa
0
12-07-2019 07:25
semampunya aja om, dulu ane di atas 15jt om
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1
12-07-2019 07:25
untungnya di tempat gw nikahnya ga ada maharnya.
0
12-07-2019 07:35
Ya emang gk ada takarannya. Tp kebanyakan calon sekarang menyalah artikan. Menurut ane pernikahan itu sekali seumur hidup. Mahar jg di berikan sekali seumur hidup. Ya walaupun gk mahal paling gk ya berkesan gt lo. Gk harus berupa barang. Hafalan salah satu surat dr Al quran kan ya berkesan. Ada perjuangan tersendiri lah dr seorg laki. Jd kesannya seorg laki itu bener" memperjuangkan perempuannya. Niat untuk menjadi perempuan pujaannya sebagai seorg istri itu bener" ada. Dan ada kebanggaan tersendiri menjadi istri dia.
Lh sekarang? Mahar dan pernikahan seakan" dijadikan mainan biar viral atau apa ya? Yg sandal jepit lah. Telur lah. Mbok ya o kalo memang bener" gk punya uang ya tinggal menyajikan hafalan surat yg merdu kan bisa? Atau Al quran yg kecil seharga ya paling hk 25rb lah. Masak nyari 25rb aja gk bisa? Buat beli pulsa beli rokok aja gk sayang kok.
Diubah oleh pinknam00
0
12-07-2019 07:49
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?
0
12-07-2019 07:56
lah ternyata curhat emoticon-Leh Uga
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.