alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d25297faf7e935788400827/idealnya-berapa-sih-mahar-untuk-pernikahan
Lapor Hansip
10-07-2019 06:55
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?
Past Hot Thread
Menikah merupakan sesuatu momen yang berkesan dan diinginkan oleh banyak orang. Bagi mereka yang sudah cukup umur tentunya sebauh pernikahan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti hingga mereka memantaskan dirinya mulai dari sikap pribadinya, mental diri dalam meghadapi pernikahan hingga persiapan secara finansial agar siap saat memasuki masa-masa pernikahan dengan calon pasangan yang menjadi idaman.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : apollo-singapore.akamaized.net

Bicara tentang pernikahan selalu berkaitan dengan biaya yang besar, benarkah selalu demikian? Nyatanya tak selamanya seperti begitu. Banyak orang yang melaksanakan pernikahan dari pernikahan yang sederhana hingga pernikahan yang mewah dan menghabiskan banyak biaya. Namun pada umumnya pernikahan selalu meriah dan menghabiskan banyak biaya yang tak sedikit, hal ini tercermin dari kebiasaan di masyarakat yang seringkali mengadakan pesta pernikahan yang meriah. Begitu juga dengan mahar pernikahannya pun cukup besar dan biasanya menggunakan emas atau uang tunai.

Tentang mahar pernikahan sendiri memang beragam, tapi biasanya mahar pernikahan itu besar atau sesuai dengan standar yang biasa di masyarakat itu sendiri. Namun ada juga yang terkadang maharnya anti mainstream seperti dengan mahar yang sederhana seperti mahar sendal jepit yang viral di dunia maya beberapa waktu yang lalu. Bicara mahar pernikahan memang sah-sah saja selama ada kerelaan satu sama lainnya.

Lantas yang paling ideal mahar pernikahan itu seperti apa? Sedikit atau banyak? Jawabannya kembali ke standar masing-masing karena setiap orang punya standarnya masing-masing tentang mahar pernikahan. Meskipun begitu, kita harus bisa mempertimbangkan untuk menentukan mahar pernikahan dengan sebaik-baiknya. Sebagai laki-laki tentunya harus bisa memberi mahar pernikahan yang terbaik dengan catatan tidak memberatkan dirinya dan tidak lewat dari batas kemampuannya. Sedangkan bagi perempuan baiknya tidak terlalu berlebihan dalam meminta mahar terlebih jika orangtua ikut campur soal mahar pernikahan sebaiknya dihindari.

Sedikit atau tidaknya mahar kembali lagi kepada kerelaan masing-masing, jika di masyarakat standar maharnya begitu tak salahnya ikut kebiasaan di masyarakat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan jelas dari laki-laki kepada perempuan tentang mahar pernikahan yang diberikan agar tidak ada miss komunikasi atau salah paham karena kejadian kesalah pahaman seperti ini ada dan terjadi di masyarakat.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : kebumenekpres.com

Jangan terlalu pelit dalam memberikan mahar dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan mahar jika memang memiliki batas kemampuan finansial. Idealnya jumlah mahar pernikahan kembali ke setiap orang yang akan menikah, yang penting siapkan mahar terbaik untuk calon pasangan dan jangan sampai "hadiah" mahar pernikahan terlalu sederhana dan seakan tak ada nilai. Berilah yang terbaik untuk calon pasangan karena dia adalah sosok yang akan menemani sepanjang usia. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boby008 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
17-07-2019 22:07
Yang penting mah pantas dan jangan berlebihan yang memberatkan pihak laki-lakinya
0
Lapor Hansip
16-07-2019 14:18
Balasan post bintang.kupu
Quote:Original Posted By bintang.kupu
Idealnya mahar itu gak boleh ada. Apalagi kalo mahar terhadap negara, bisa-bisa kena UU makar. hehehehehe.... Oke fine serius, idealnya mahar itu tidak diminta oleh sang calon istri dan tidak dianggap remeh oleh calon suami. Dalam bahasa lainnya calon istri jangan mematok harga tinggi, sebaliknya sang calon suami jangan memberikan yang remeh temeh seperti sendal jepit bolong bolong. Mahar itu syarat, tapi jangan dijadikan bisnis. Yang penting samawa emoticon-Angkat Beer


betul sekali makannya alat shotal saja itu cukup karna kita tidak mungkin menganggap remeh sebuah perlengkapan yang digunakan untuk ibadah. sebuah tiang agama, pondasi kehidupan
0
15-07-2019 18:26
Nggak ada patokan sih untuk besaran maharnya, namun disesuaikan saja dengan kondisi nya. Pada dasarnya mempelai lelaki tentunya ingin memberikan sesuatu yag terbaik dan berkesan kepada mempelai wanita, maklum itu merupakan moment istimewa selama hidup, tapi semua juga tergantung dari kemampuannya.
0
15-07-2019 11:24
berapa tu
0
15-07-2019 09:45
Kalo mau mahar murah bahkan gratis.....

Ambil dulu keperawanan ceweknya...sebelum nikah....pasti kebelet minta dikimpoiin gak usah pake mahar gpp lah...yg penting aib terselamatkan..


Nah cara ini jangan ditiru....ini buat yang no hope aja...
0
14-07-2019 05:49
Tergantung kemauan dan kemampuan utamanya
Diubah oleh trifatoyah
0
13-07-2019 19:41
Mahar menurut ane sih sesuai dengan kemampuan ajalah, jangan terlalu dipaksakan. Karna sesuatu yg dipaksakan ndak baik. Kalo ngikutin orang, sebenernya itu adalah sebuah realita yang dikonstruksikan oleh masyarakat. Jadi lebih baik sesuai dengan kemampuan, lalu dikomunikasikan dgn baik
0
Lapor Hansip
13-07-2019 16:17
Balasan post .hades
ada ni cewe kenalan gua cinta ama 1 cowo...uda dipacarin 4 tahun ga nikah2. masi 20 sih si cewe......tapi si cewe pernah bilang mahar 10 juta aja gpp asal halal.....tapi si cowo bilang ga ada uang terus....pernah 1 hari ga sengaja ter celetuk....1 hari abis uang roko 40 rebu. dalam hati gua mengutukin kegoblokan si cewe (atau karena uda kepalang tanggung kena tusuk lontong ya ga tau lagi hahaha....)

kalo si cowo beneran serius mau menikahi tu cwe.....
dia puasa roko an 1 tahun kenapa sih....
40x30 = 1200 per bulan
1 tahun ud dapat la uang mahar.
tinggal cari uang buat pesta....yg inshaallah ga perlu bbesar yg penting sah.

dalam hati gua....aduhhhhhh sayang si cwe ga mau ama gua (atau ya faktor uda kena kontelo itu makanya langsung takluk wkwkwk. krn dia pernah cerita ,,,kalo gua putus ama si S pacar gua...gua mau single aja sampe tua wkwkwk ---- keluarga dia sangat tradisional dan kalo ketauan ga perawan bisa dihajar mungkin)
0
Lapor Hansip
13-07-2019 16:13
Balasan post monkeydfarly
wuiihh enak banget gan!!!!! gimana caranya kok sampe mau digituin aja ya
0
13-07-2019 04:46
Sesuai isi dompet saja lah tapi ya jarang jaman sekarang ada yang mau sederhana
0
13-07-2019 02:35
Quote:Original Posted By 8319801
mahar berapapun asal tidak memberatkan..
dan sudah disepakati kedua belah pihak..


Sepakat gan! Jangan sampai memberatkan, dan yang penting sama-sama ikhlas dengan jumlah yang sudah ditentukan emoticon-shakehandemoticon-present
profile-picture
8319801 memberi reputasi
1
13-07-2019 00:28
seperangkat alat sholat aja bangg
0
12-07-2019 23:00
Quote:Original Posted By .hades
Ya kalo si cewenya kekeuh mau segitu, cowonya kekeuh ga mau, ya berarti ga jadi nikahnya emoticon-Big Grin


ga jodoh berarti harus cari lagi yaaakk? wkwkwkwk
0
12-07-2019 22:52
Quote:Original Posted By citrachoirunisa
ane baruu tau gan kalo mahar itu besarannya ditentukan oleh pengantin wanita.. kalo si cowok keberatan dengan permintaan si wanita, jadinya gimana itu


Ya kalo si cewenya kekeuh mau segitu, cowonya kekeuh ga mau, ya berarti ga jadi nikahnya emoticon-Big Grin
0
12-07-2019 22:35
Quote:Original Posted By .hades
Gimana sih ini. Mahar tuh haknya pengantin wanita, jadi dia yg berhak menentukan besarannya.
Tentunya kembali lagi, kalo sudah ada kesepakan akan menikah, mestinya si wanita paham permintaannya tidak memberatkan calon suaminya.


ane baruu tau gan kalo mahar itu besarannya ditentukan oleh pengantin wanita.. kalo si cowok keberatan dengan permintaan si wanita, jadinya gimana itu
0
12-07-2019 22:33
menurut ane, berapapun maharnya yg penting gaada yg keberatan diantara kedua belah pihak. menikah bukan hanya perkara mahar, tapi banyak hal lain yang harus dipertimbangkan
0
12-07-2019 18:51
Quote:Original Posted By bintang.kupu
Idealnya mahar itu gak boleh ada. Apalagi kalo mahar terhadap negara, bisa-bisa kena UU makar. hehehehehe.... Oke fine serius, idealnya mahar itu tidak diminta oleh sang calon istri dan tidak dianggap remeh oleh calon suami. Dalam bahasa lainnya calon istri jangan mematok harga tinggi, sebaliknya sang calon suami jangan memberikan yang remeh temeh seperti sendal jepit bolong bolong. Mahar itu syarat, tapi jangan dijadikan bisnis. Yang penting samawa emoticon-Angkat Beer


Gimana sih ini. Mahar tuh haknya pengantin wanita, jadi dia yg berhak menentukan besarannya.
Tentunya kembali lagi, kalo sudah ada kesepakan akan menikah, mestinya si wanita paham permintaannya tidak memberatkan calon suaminya.
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
12-07-2019 18:45
Balasan post yugeel
Quote:Original Posted By yugeel
Setuju gan! Balik lg ke pribadi masing-masing dan ingat sebaik baiknya wanita yang maharnya tidak memberatkan.


Benar gan, mahar pernikahan yang terpenting tidak memberatkan dan tentunya juga yang bermanfaat, karena hal ini juga sudah diajarkan dalam agama. Kalau masalah standar/idealnya ya kembali ke masing-masing orang.
profile-picture
yugeel memberi reputasi
1
12-07-2019 18:21
permisi nanya....mahar itu apa si gan? secara filosofi dan hakikat aja
0
12-07-2019 16:59
Setuju gan! Balik lg ke pribadi masing-masing dan ingat sebaik baiknya wanita yang maharnya tidak memberatkan.
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.