alexa-tracking
Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0c330b9a972e2c3654226f/5-hal-yang-harus-diketahui-tentang-robert-moreno-penerus-luis-enrique-di-spanyol
Lapor Hansip
21-06-2019 08:29
5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Robert Moreno Penerus Luis Enrique Di Spanyol
Past Hot Thread
Baru semusim ditunjuk sebagai pengganti Fernando Hierro seusai Piala Dunia di Rusia, Luis Enrique secara tiba-tiba mengumumkan kepergiannya sebagai bos Spanyol pada hari Rabu waktu setempat. Robert Moreno ditunjuk sebagai penerus dan akan menjadi manajer ke-56 dalam sejarah timnas Spanyol.

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Robert Moreno Penerus Luis Enrique Di Spanyol
Gambar: sport-english.com


Mantan manajer Barcelona yang memenangkan treble winner itu sempat tidak hadir di tiga pertandingan terakhir La Roja melawan Malta, Kepulauan Faroe dan Swedia karena alasan pribadi. Kini secara mengejutkan federasi sepakbola Spanyol telah resmi mengumumkan dalam konferensi pers bahwa Luis Enrique Martinez secara permanen meninggalkan jabatannya.

Enrique digantikan oleh asistennya yang sudah lama bersama dia, Robert Moreno yang juga mengisi kekosongan Enrique pada tiga pertandingan terakhir dan dia memenangkan ketiganya. 

Meskipun ia tidak akan bertugas atas pertandingan pertamanya sebagai manajer permanen Spanyol hingga September, konfirmasi Robert sebagai bos Spayol membuatnya menjadi manajer keempat La Roja hanya dalam waktu satu tahun terakhir dan ia adalah nama yang paling tidak dikenali oleh publik sepakbola dunia.

Namun, Robert tetap tenang dan hadir dalam konferensi pers pada hari Rabu dan mereka mengenalnya sebagai pelukis dan perencana yang siap mengambil gambar sejarah bagi Spanyol di masa depan.

Berikut lima hal yang perlu diketahui tentang Robert Moreno yang baru di tunjuk sebagai kepala ruang ganti untuk La Roja.

Seperti Enrique, Dia Catalan

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Robert Moreno Penerus Luis Enrique Di Spanyol

Gambar: theindependent.com

Seperti pendahulu dan mantan bosnya, Robert adalah seorang Catalan. Lahir dan besar di Barcelona pada tahun 1977 kemudian melanjutkan pendidikannya di bidang Perdagangan Internasional di Universitas Barcelona sebelum pindah haluan menjadi pelatih sepakbola.

Robert memulai karir kepelatihannya di Catalonia dengan menahkodai pasukan Catalan, Penya Blaugrana Collblanc pada tahun 2003 sebelum bekerja dengan tim regional lainnya yakni L'Hospitalet Castelldeferls and Damm.

Meskipun wilayah kelahirnya diabaikan, namun ia diharapkan dapat memberikan dampak kecil pada gaya manajemennya sehingga mampu melewati persaingan yang sulit. Publik Spanyol mengharapkan Robert dapat menganalisa pemain Barcelona dan Real Madrid yang dipilihnya tepat untuk kejayaan Spanyol nantinya.

Melatih sejak usia muda

Meskipun tidak pernah menjadi pemain profesional, Robert telah mulai melatih pada saat berusia 14 tahun. Dia akan jadi contoh berikutnya manajer sepakbola yang tidak pernah berkecimpung sebagai pemain layaknya Avram Grant, Andre Villas Boas maupun manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger.

Pria asal Catalan itu berusia 41 tahun yang artinya ia adalah manajer termuda Spanyol diurutan ketiga dibawah Guillermo Eizaguirre sejak tahu 1948. Itu juga berarti selama 71 tahun ia adalah yang termuda.

Bersahabat dengan Luis Enrique

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Robert Moreno Penerus Luis Enrique Di Spanyol

Gambar: zimbio.com

Hubungan erat antara Robert Moreno dan Luis Enrique dimulai ketika mereka bekerja bersama di Barcelona B di bawah Sekretaris Teknis, Txiki Begiristain. Sejak itu, keduanya tak terpisahkan kecuali untuk satu musim di Celta.

Enrique kemudian juga membawa pelatih anyar Spanyol itu ke AS Roma, Celta Vigo dan kemudian saat ia kembali ke tim utama Barca pada 2014 silam.

Selama pertandingan Spanyol sebelumnya, Robert menggambarkan bosnya yang absen itu dengan mengisyaratkan mereka "kehilangan bintang 10 anda".

Peran-Nya Sejauh Ini

Dalam karir kepelatihanya, ia hanya berhasil menangani beberapa klub kecil. Perannya selama beberapa dekade terakhir lebih sering berkutat dengan fokus pada analisis dan scouting.

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Robert Moreno Penerus Luis Enrique Di Spanyol

Gambar: Marca.com

Rober Moreno merupakan salah satu kunci Enrique bisa membawa Barcelona meraih treble pada musim 2014/2015. Robert terkenal sebagai pelopor dalam menggunakan analisis video dan teknologi lainnya dalam persiapan pra pertandingan. Dian juga seorang pencari bakat yang teliti, siapa yang tahu tentangnya lebih dalan setelah menjadi penasihat bagi Enrique selama sembilan tahun.

Robert bisa didefinisikan sebagai kutu bukunya sepakbola karena ia belajar menganalisa dan manajerial dari buku-buku. Dia bahkan telah menulis sebuat buku berjudul "My Recipe of the 4-2-2" yang menampilkan kata pengantar dari mentor sekaligus gurunya, tentu dapat ditebakkan, Luis Enrique.

Semua pemain tidak aman terutama David de Gea

Mendengar komentarnya baru-baru ini tampaknya Robert telah mengisyaratkan tidak akan tunduk pada nama-nama besar dan kepribadian egois dari para pemain di bawah komandonya nanti. Ia bersikeras bahwa tidak ada yang memiliki tempat yang tetap di dalam pasukannya.

Menilik kembali ke bulan Mei menjelang pertandingan melawan Swedia dan Kepulauan Faroe, Robert pernah berkata, "tidak ada yang memiliki tempat aman di tim dan memang harus seperti itu. Ini adalah keputusan saya siapa yang dapat masuk dan keluar. Hal ini akan baik dalam persaingan kompetisi yang sehat antar pemain."

Untuk kemenangan saat melawan Malta, Kepulauan Faroe dan Swedia, Kepa Arrizabalaga memulai ketiganya sebagai starting line up meninggalkan de Gea di bangku cadangan. Namun itu semua belum pasti karena waktu akan memberi tahu apakah itu preferensi Robert atau Enrique.

Sumber Referensi:

90Min.com

Thesun.co.uk

Mirror.co.uk, dll.

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.