alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d09d28768cc95391740fef8/hakim-mk-ingatkan-saksi-jangan-berikan-kesaksian-palsu
Lapor Hansip
19-06-2019 13:13

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan peringatan kepada saksi yang dihadirkan kubu Prabowo-Sandi dalam sidang lanjutan perkara sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) pilpres agar tidak memberikan keterangan palsu. Peringatan itu pun berlaku bagi semua saksi yang akan dihadirkan dari pihak lain.

Peringatan ini disampaikan hakim Mahkamah Konstitusi (MK),  Aswanto, kepada salah satu saksi kubu 02, bernama Agus Maksum. Dalam persidangan, Agus menjelaskan bahwa dia merupakan tim pemenangan paslom capres-cawapres 02 yang bertugas meneliti Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilu 2019.

"Kalau anda berikan keterangan tidak sebenarnya bisa kena pasal 242 KUHP, diancam maksimal 7 tahun penjara. Penyampaian ini juga untuk saksi-saksi lain," ujar Aswanto, di Gedung MK, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6).

Aswanto juga mengingatkan saksi Agus Maksum sudah disumpah untuk memberikan keterangan sehingga harus memberikan keterangan yang benar. Apalagi keterangan yang tidak benar bisa membuat mahkamah keliru dalam mengambil keputusan.

"Saya ingatkan Pak Agus bisa jelaskan dan menerangkan apa yang anda ketahui, alami dengar, dengan sebenar-benarnya. Kalau memberikan tidak sebenarnya, mahkamah bisa keliru ambil keputusan," tegas Aswanto.

Kejadian ini bermula saat Aswanto menanyakan kepada Agus soal ada tidaknya ancaman atau tekanan. Kemudian Agus menjawab ada ancaman berupa pembunuhan terjadi saat April. Namun, ancaman tersebut tidak terkait dengan dirinya yang akan memberikan keterangan di MK sebagai saksi.

Sikap Agus berulang kali ditegur Hakim Aswanto karena enggan menyebutkan pihak mana saja yang mengetahui ancaman tersebut, pun saat ditanya siapa pengancam kepada dirinya.

"Siapa saja yang tahu anda diancam?" tanya Aswanto.

"Saya tidak bisa menyebutkan tetapi salah satunya Hashim Djojohadikusumo," jawab Agus.

Kemudian, Agus tak mau membeberkan pihak-pihak yang mengetahui ancaman tersebut. Berkukuh dengan sikap seperti itu, Hakim Aswanto mengingatkan Agus agar memberikan kesaksian secara benar.

Dalam sidang pada Rabu, pihak Prabowo-Sandiaga Uno menghadirkan 15 orang saksi dan dua orang ahli. Sidang pada Rabu mengagendakan mendengarkan keterangan dari para saksi dan ahli tersebut.


Komen TS
kena pasal 242 KUHP, itu maks 7 tahun. itu lumayan lama lho...  emoticon-Big Grin
makanya kalau bersaksi, yang bener, jangan cuma pakai asumsi dan terutama jangan mengarang bebas. emoticon-Mad 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apollion dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
19-06-2019 13:14
Ternyata bukan cuma alamat palsu aja yang tenar, saksi palsu jugak tenar emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
simsol... dan cabekriting21 memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:14
Pret.....

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crackertaste dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
19-06-2019 13:16
Ga disumpah di atas Al-Quran kah itu saksinya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
19-06-2019 13:18
diancem trus diem aja
profile-picture
profile-picture
simsol... dan cabekriting21 memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:18
Quote:Original Posted By doronpa31
Ternyata bukan cuma alamat palsu aja yang tenar, saksi palsu jugak tenar emoticon-Leh Uga


kan si BeWe berpengalaman membawa SAKSI PALSU tuh .. emoticon-Ngakak
Makanya gak heran kalo Hakim MK minta para saksi jangn sampe bikin kesaksian palsu.
Mampusluh nyett.. ketauan ngebohong bisa di pordeo 7 taon
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
19-06-2019 13:19
Buka saja, ayo ngomong sebebasnya kan sudah diberikan izin perihal ancaman.
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:27
Ancaman palsu emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:28
lah, jadi nyindir si bambang..

emang dah, loe bambang bener..
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:31
cm 7 tahun bray... saksi bs jadi udah dijanjian jaminan hidup 7 tahun selama di penjara buat keluarganya..
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:35
GUUUUSSSS AGUSSSSS....


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:39
diancam diciduk tim mawar kale
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
1 0
1
19-06-2019 13:39
njir ni gmn nih..
klo ketawan d penjara..
g jd saksi d karungin..
emoticon-Takut
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
1 0
1
19-06-2019 13:42
kalo bener pake saksi palsu, berarti sama aja dgn wowok pake tytyd palsu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gembalatitid13 dan cabekriting21 memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 13:47
Quote:Original Posted By areszzjay
Ga disumpah di atas Al-Quran kah itu saksinya?


Ane rasa sumpah tersebut tidak akan berpengaruh pada orang yang pekerjaan utamanya MLM jus mengkudu sebotol 300 ribu.

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu

Ga terbayang berapa banyak korbannya sampai dia bisa dapet bonus jalan2 ke Jepang dan Hawaii.

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
1 0
1
19-06-2019 14:01
Quote:Original Posted By mendadakranger


Ane rasa sumpah tersebut tidak akan berpengaruh pada orang yang pekerjaan utamanya MLM jus mengkudu sebotol 300 ribu.

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu

Ga terbayang berapa banyak korbannya sampai dia bisa dapet bonus jalan2 ke Jepang dan Hawaii.

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu


Anjjiirrr.. Cuman Jus Mengkudu dihargain 350rebu .. bener2 lvcknut emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan liee memberi reputasi
2 0
2
19-06-2019 14:02
Quote:Original Posted By mendadakranger
Ane rasa sumpah tersebut tidak akan berpengaruh pada orang yang pekerjaan utamanya MLM jus mengkudu sebotol 300 ribu.

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu

Ga terbayang berapa banyak korbannya sampai dia bisa dapet bonus jalan2 ke Jepang dan Hawaii.

Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu


Tampilan jus mengkudu nya si agus mana..

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
19-06-2019 14:06
bambang demen banget ama saksi2 palsu ye gan ye
0 0
0
19-06-2019 14:07
status ahli IT tapi main business jus mengkudu
kayanya BPN salah rekrut orang
0 0
0
19-06-2019 14:12
Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu

gus agus kasihan yang ortu elu
0 0
0
19-06-2019 14:19
Hakim MK Ingatkan Saksi Jangan Berikan Kesaksian Palsu
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.