alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d063cf70577a958911685b3/intip-yuk-buah-apa-sih-ini
Lapor Hansip
16-06-2019 19:58
Intip Yuk, Buah Apa Sih Ini?
Past Hot Thread
Quote:Intip Yuk, Buah Apa Sih Ini?


Selamat datang di thread Irum kembali. Terima kasih untuk para agan-sista yang tak pernah bosan dan selalu nyempetin mampir di tritku.


Kali ini aku pingin bahas tentang buah unik yang bentuknya mungil ini. Mungkin kalian masih ada yang benar-benar baru lihat dan mengira kalo ini adalah kelapa mini. Tenang ... agan gak sendirian, karna emang banyak yang mengira buah ini kelapa berukuran kecil.
Bukan hanya bentuknya, tapi rasa buah dan pohonnya pun punya kemiripan dengan buah kelapa.

Quote:Ya ... namanya buah siwalan atau lontar. Pohon berjenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara ini sering juga disebut taal, juntal sesuai daerah tumbuhnya.


Di Indonesia sendiri, buah siwalan hanya bisa ditemui di bagian timur Jawa, Madura, Bali, NTB, dan NTT.
Memiliki tinggi pohon sekitar 15-30 m, tumbuh berkelompok, daunnya besar serupa kipas bundar, dan kedua sisi tangkainya berduri tajam.

Pada zaman dahulu, daun ini digunakan sebagai media menulis naskah. Selain itu daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan seperti tikar, topi, tas, atau kipas, karena sifat daun yang kuat.

Akar dan batangnya pun juga memiliki manfaat, selengkapnya bisa baca di sini

Saat ini banyak penjual menggunakan gerobak mangkal di pinggir jalan menjajakan buah dan air siwalan atau yang biasa disebut legen yang diletakkan pada botol-botol bekas air mineral.

Airnya yang segar juga bisa sebagai penambah energi dan pengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Namun, jangan sampai salah beli, ya gan ... karena saat ini banyak penjual nakal yang telah mencampur air hasil sadapan dari nira ini dengan beberapa bahan tambahan sehingga manfaatnya tak lagi terasa.

Air yang murni dari penyadapan getah nira biasanya masih berbusa, jika dicium aromanya sangat khas, dan rasanya pun asam, manis, segar. Jika masih asli, saat dibuka tutup botolnya maka akan terdengar suara letupan.

Legen dibuat dari bunga pohon siwalan melalui proses penyadapan getahnya. Tabung-tabung yang terbuat dari potongan bambu satu ruas atau biasa kita kenal dengan bumbung, digunakan sebagai tempat penyimpanan atau penampungan

Air legen yang asli akan mengalami fermentasi dan berubah menjadi tuak yang bisa memabukkan jika dibiarkan dalam botol lebih dari enam jam. Aromanya pun menyengat tajam.


Intip Yuk, Buah Apa Sih Ini?
kredit: google.com

Buahnya berwarna putih bening mirip kolang-kaling, tapi saat dimakan rasanya mirip kelapa muda. Lembut saat di mulut. Buahnya yang tua pun bisa diolah sebagai campuran es ataupun kudapan.

Quote:Selain itu, buah siwalan juga memiliki manfaat sebagai berikut :

~ Penahan lapar
Buah siwalan mengandung karbohidrat sehingga sangat baik untuk pencernaan. Buah ini juga rendah lemak, serat, dan protein yang bagus dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

~ Membantu memperbaiki fungsi ginjal
Air legen dipercaya mampu membantu fungsi ginjal.

~ obat kulit/ Dermatitis
Biasanya buah siwalan tua yang digunakan untuk pengobatan kulit.

~ Mengobati stres
Rasa segar dan kandungan Vit C dalam legen mampu menciptakan ketenangan dan kesejukan dalam tubuh sehingga bisa mengurangi stres kita.


Nahh ... tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi buah dan air dari buah dan getah bunga lontar ini kan gan?


Begitu banyak kekayaan negri ini, rugi kalau kita tak bisa mencicipi dan menikmati apa yang telah Tuhan sediakan melalui kekayaan alamnya.


Silakan mampir di threadku yang lain gan-sis

Quote:


https://www.kaskus.co.id/show_post/5...c9910621750452

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...12ae7e3270cc2b

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...cc9512543bc1a4

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...27683f67509558

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...c991597432415c

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...518b0b00477542

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...42bb322e206748

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...cad70b2b7c6f57

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...972e24fd6641db

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...bdb22cc62f050d

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...3c72134a001de0

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...c991445d018e26

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...7513432a3ce797

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...c99103914c3122

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...3a727deb43f90b
Diubah oleh irummm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slametgentho dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 14
16-06-2019 19:59
ada yang pernah incip buah ini gan?
0
Lihat 1 balasan
16-06-2019 20:18
Dapet oleh oleh dari tetangga yang kemarin mudik,
Air legen rasanya seger, manis campur asam.
profile-picture
irummm memberi reputasi
1
16-06-2019 20:20
Quote:Original Posted By junaedi1982new
Dapet oleh oleh dari tetangga yang kemarin mudik,
Air legen rasanya seger, manis campur asam.


Masih asli berarti itu gan. Kalo dah ada campurannya rasanya gak enak
profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
1
16-06-2019 20:39
Quote:Original Posted By irummm
Masih asli berarti itu gan. Kalo dah ada campurannya rasanya gak enak


Justru katanya udah dicampur air sama gula.
Itu aja masih kecium aroma khas alkohol nya, sama seperti waktu makan tape.

Kalo yang murni,
Nyampe sini udah jadi tuak katanya..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
16-06-2019 21:10
Aku baru tau sekarang Bundaa
0
16-06-2019 22:08
Quote:Original Posted By irummm
ada yang pernah incip buah ini gan?


dah pernah bray
buahnya kayak kelapa rasanya
klo niranya ya mirip2 nira kelapa juga

klo di pante deket rumah ada tuh poonnya
tp dah gag sebanyak dulu
profile-picture
irummm memberi reputasi
1
16-06-2019 22:31
Daunnya dipke buat nulis jaman dulu
profile-picture
dimas.bagus.p memberi reputasi
1
17-06-2019 06:51
Quote:Original Posted By masmomon
dah pernah bray
buahnya kayak kelapa rasanya
klo niranya ya mirip2 nira kelapa juga

klo di pante deket rumah ada tuh poonnya
tp dah gag sebanyak dulu


Agak langka y gan.
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
17-06-2019 07:20
Quote:Original Posted By junaedi1982new
Justru katanya udah dicampur air sama gula.
Itu aja masih kecium aroma khas alkohol nya, sama seperti waktu makan tape.

Kalo yang murni,
Nyampe sini udah jadi tuak katanya..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kalo asli gak tahan lama gan tapi khasitnya bagus buat tubuh. Kl udah campuran kurang enak biasanya.

Saya bawa asli dr Madura ke Jember yang asli masih bisa tahan gan
0
17-06-2019 07:21
Quote:Original Posted By brina313
Aku baru tau sekarang Bundaa


Enak banget loh Brin. Manfaatnya juga banyak
0
17-06-2019 07:21
Quote:Original Posted By brutuz.
Daunnya dipke buat nulis jaman dulu


Betul banget gan.
0
Lapor Hansip
17-06-2019 07:35
Balasan post irummm
kalau ditempat saiya memang agag langka
tapi kurang tau klo ditempat lain
profile-picture
irummm memberi reputasi
1
17-06-2019 11:10
Quote:Original Posted By masmomon
kalau ditempat saiya memang agag langka
tapi kurang tau klo ditempat lain


Keknya sama gan karena hanya di daerah tertentu ia ditanam
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
17-06-2019 15:06
baru tau saya nih sist
0
17-06-2019 18:04
Seger nih air nya emoticon-Toast
0
17-06-2019 18:05
belom pernah cobain nih gan..penasaran sih..suka lewat yang jual
0
17-06-2019 18:06
Di tempat ane namanya badeg kayaknya..
0
17-06-2019 18:07
Pernah denger tentang nira, tapi jaman dulu emoticon-Goyang
0
17-06-2019 18:08
namanya legen,simpanlah dikulkas biar awet.disimpan tempat lembab beresiko jadi miras
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
17-06-2019 18:14
ucapan itu akhirnya ter lontar kan

emoticon-Ngakak (S)
0
Halaman 1 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.