alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
4.56 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d04a30fe83c724c8e2e74c9/keren-3-mahasiswi-ini-sukses-ciptakan-papan-penyerap-polusi-pakai-quotlidah-mertuaquot
Lapor Hansip
15-06-2019 14:49
Keren! 3 Mahasiswi Ini Sukses Ciptakan Papan Penyerap Polusi Pakai "Lidah Mertua"
Past Hot Thread
Keren! 3 Mahasiswi Ini Sukses Ciptakan Papan Penyerap Polusi Pakai Lidah Mertua

Keren! 3 Mahasiswi Ini Sukses Ciptakan Papan Penyerap Polusi Pakai "Lidah Mertua"
Tiga mahasiswi Universitas Hasanuddin Ainun Ade Putri K, Miftahul Jannah, dan Bulkis berhasil menciptakan alat penyerap polusi.


RIAUSKY.COM - Tiga mahasiswi Universitas Hasanuddin berhasil menciptakan alat penyerap polusi. Mereka memanfaatkan lidah mertua.

Berawal dari keresahan mereka terkait munculnya sumber polusi baru. Selama ini polusi udara hanya diketahui berasal dari asap kendaraan, asap rokok, dan hasil pembakaran lainnya.

Ternyata perkembangan zaman juga membuat sumber polusi itu bertambah. Kini di luar negeri, sedang marak dilakukan penelitian mengenai polusi dalam ruangan.

Sumbernya antara lain pemakaian mesin pendingin ruangan (AC), pengharum ruangan dan lantai, asap rokok, dan formaldehyde yang berasal dari mebel dan masih banyak lagi.

Tiga mahasiswi Unhas, yakni Ainun Ade Putri K dan Miftahul Jannah dari Fakultas Kehutanan serta dan Bulkis dari Fakultas Farmasi berkolaborasi melakukan penelitian.

Hasilnya, lahir lah inovasi menciptakan papan penyerap polusi. Mereka dibantu dosen pembimbing, Dr Suhasman SHut, MSi.

Penelitian mereka dibiayai Tanoto melalui program Tanoto Student Research Award (TSRA) 2018.

Papan penyerap polusi ini adalah papan partikel yang dikombinasikan dengan ekstrak lidah mertua. Tanaman lidah mertua adalah salah satu tanaman yang paling baik menyerap polusi.

Kelebihan dari papan ini adalah mampu menyerap polusi. Papan ini dibuat tanpa perekat sintesis atau alami sehingga tidak ada polusi yang dihasilkan langsung.

"Dari sisi bahan, tambahannya yaitu ekstrak lidah mertua juga pertama kalinya diaplikasikan di papan partikel. Biasanya ekstrak ini dijadikan pengharum ruangan atau tanamannya langsung yang diletakkan di dalam ruangan," urai Ainun seperti dilansir dari Rakyatku.com.

Papan ini dibuat dengan tiga tahap utama yaitu preparasi bahan baku serbuk kayu. Bahan ini dijamin kualitas dan keasliannga karena ditebang langsung saat ingin digunakan.

Kedua adalah preparasi daun lidah mertua dan dijadikan ekstrak melalui metode maserasi. Selanjutnya tahap terakhir adalah pembuatan papan tanpa perekat menggunakan cara oksidasi dengan tambahan ektrak lidah mertua.

"Saya berharap, penelitian ini akan menjadi inovasi utama dan optimal untuk masalah polusi ke depannya atau paling tidak menyadarkan seluruh pihak bahwa kita harus selalu membuat inovasi demi menjaga kelangsungan bumi," lanjut dia.

https://riausky.com/mobile/detailber...ah-mertua.html


ilat morotuo bro . jenenge kok yo aneh emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
15-06-2019 19:02
Woh papan penyerap polusi cocok buat jadi bahan komponen mobil atau rumah yang deket jalan umum
emoticon-Recommended Selleremoticon-cystg
Quote:Original Posted By madpunn
gembok

Eits gagal bray
emoticon-Ngakakemoticon-Recommended Selleremoticon-cystg
Quote:Original Posted By kbeniadip
Bukannya Jepang sudah ada? Solusinya juga dengan harga lebih murah.. Implementasi jadi genting, supaya bisa digunakan pemerintah Jepang di gedung2 milik pemerintah..

Kayaknya di Jepang bukan dalam bentuk pembuatan papan kayak gini gan tapi cuma tumbuhannya langsung yang di simpan dalam ruangan
emoticon-Recommended Selleremoticon-cystg
Diubah oleh gamingear
profile-picture
g.gowang. memberi reputasi
1
15-06-2019 19:04
Bukannya Jepang sudah ada? Solusinya juga dengan harga lebih murah.. Implementasi jadi genting, supaya bisa digunakan pemerintah Jepang di gedung2 milik pemerintah..
profile-picture
profile-picture
g.gowang. dan rea.sky memberi reputasi
2
15-06-2019 19:09
Lidah mertua ane bikin duit di dompet ilang bre emoticon-Hammer2
0
15-06-2019 19:10
Quote:Original Posted By raul.garcia
beneran nih ? ntar kayak listrik dari pohon kedondong emoticon-Toast


Lah emang ngapa bre ?
0
15-06-2019 19:25
Baru tahu saya ada tanaman namanya lidah mertua.emoticon-Leh Uga
Lebih galak mana kira2 dengan ibu tiri??
emoticon-Ngakak (S)


~bata kolektor~
0
15-06-2019 19:30
Bagus inovasinya
0
15-06-2019 19:31
Quote:Original Posted By PinggiranBakwan
Kenapa mesti mertua ? emoticon-Leh Uga


tau deh gan... emoticon-Big Grin

tanya aja ama yg beri nama dulu asal usulnya bijimane.

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh matthysse67
0
15-06-2019 19:32
dasar mahasiswi durhaka..
0
15-06-2019 19:54
Ditunggu inovasi selanjutnya... Pake "lidah tetangga" dan "jempol netizen"
profile-picture
matthysse67 memberi reputasi
1
15-06-2019 21:01
kasian mertuanya emoticon-No Hope
0
15-06-2019 21:17
ane malah baru tau ada tanaman lidah mertua biasanya lidah buaya
0
15-06-2019 23:34
Quote:Original Posted By matthysse67
Keren! 3 Mahasiswi Ini Sukses Ciptakan Papan Penyerap Polusi Pakai Lidah Mertua

Keren! 3 Mahasiswi Ini Sukses Ciptakan Papan Penyerap Polusi Pakai "Lidah Mertua"
Tiga mahasiswi Universitas Hasanuddin Ainun Ade Putri K, Miftahul Jannah, dan Bulkis berhasil menciptakan alat penyerap polusi.


RIAUSKY.COM - Tiga mahasiswi Universitas Hasanuddin berhasil menciptakan alat penyerap polusi. Mereka memanfaatkan lidah mertua.

Berawal dari keresahan mereka terkait munculnya sumber polusi baru. Selama ini polusi udara hanya diketahui berasal dari asap kendaraan, asap rokok, dan hasil pembakaran lainnya.

Ternyata perkembangan zaman juga membuat sumber polusi itu bertambah. Kini di luar negeri, sedang marak dilakukan penelitian mengenai polusi dalam ruangan.

Sumbernya antara lain pemakaian mesin pendingin ruangan (AC), pengharum ruangan dan lantai, asap rokok, dan formaldehyde yang berasal dari mebel dan masih banyak lagi.

Tiga mahasiswi Unhas, yakni Ainun Ade Putri K dan Miftahul Jannah dari Fakultas Kehutanan serta dan Bulkis dari Fakultas Farmasi berkolaborasi melakukan penelitian.

Hasilnya, lahir lah inovasi menciptakan papan penyerap polusi. Mereka dibantu dosen pembimbing, Dr Suhasman SHut, MSi.

Penelitian mereka dibiayai Tanoto melalui program Tanoto Student Research Award (TSRA) 2018.

Papan penyerap polusi ini adalah papan partikel yang dikombinasikan dengan ekstrak lidah mertua. Tanaman lidah mertua adalah salah satu tanaman yang paling baik menyerap polusi.

Kelebihan dari papan ini adalah mampu menyerap polusi. Papan ini dibuat tanpa perekat sintesis atau alami sehingga tidak ada polusi yang dihasilkan langsung.

"Dari sisi bahan, tambahannya yaitu ekstrak lidah mertua juga pertama kalinya diaplikasikan di papan partikel. Biasanya ekstrak ini dijadikan pengharum ruangan atau tanamannya langsung yang diletakkan di dalam ruangan," urai Ainun seperti dilansir dari Rakyatku.com.

Papan ini dibuat dengan tiga tahap utama yaitu preparasi bahan baku serbuk kayu. Bahan ini dijamin kualitas dan keasliannga karena ditebang langsung saat ingin digunakan.

Kedua adalah preparasi daun lidah mertua dan dijadikan ekstrak melalui metode maserasi. Selanjutnya tahap terakhir adalah pembuatan papan tanpa perekat menggunakan cara oksidasi dengan tambahan ektrak lidah mertua.

"Saya berharap, penelitian ini akan menjadi inovasi utama dan optimal untuk masalah polusi ke depannya atau paling tidak menyadarkan seluruh pihak bahwa kita harus selalu membuat inovasi demi menjaga kelangsungan bumi," lanjut dia.

https://riausky.com/mobile/detailber...ah-mertua.html


ilat morotuo bro . jenenge kok yo aneh emoticon-Ngakak (S)


Ini artikel biar dapat poin PKM utk lolos PIMNAS emoticon-No Hope
Atau poin utk akreditasi kampus emoticon-Cape d...

Salah satu dari sekian banyak inovasi mhs yg gak guna. Tapi Kalo sampai bener2 dipakai diindustri, baru deh bangga. Tuh cewe bertiga kaya mendadak,habis lulus gak usah kerja, tinggal nikmatin duit royalti. Kalo dipakek emoticon-Ngakak
Diubah oleh karyanakbangs4
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1
16-06-2019 00:37
Oh ternyata tanaman ya, jadi tahu tdk tempe lg emoticon-Ngakak
0
16-06-2019 01:41
selama ga ada investor yg brani inves, ga akan berjalan, hanya akan jadi ciptaan yg sia2
profile-picture
bilal.theripper memberi reputasi
1
16-06-2019 05:54
di USA anak2 SMA bisa bikin akselerator partikel, jd keahlian teknis itu kepake emoticon-Shakehand2

klo disini penelitian asal menang kompetisi, dapet biaya. triliunan menguap sia2 pertahun emoticon-Big Grin

0
16-06-2019 12:23
Keren! 3 Mahasiswi Ini Sukses Ciptakan Papan Penyerap Polusi Pakai "Lidah Mertua"
0
16-06-2019 13:36
Tertifu

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

Kirain lidah mertua beneran emoticon-Big Grin
0
16-06-2019 17:02
Halo teman-teman,
maaf jika saya out of topic. Disini saya meminta bantuan teman-teman untuk mengisi kuesioner saya yang sedang berjuang lulus tahun ini.
Jika teman-teman disini pengguna aplikasi SAP (System Application Product) mohon isi link dibawah ini.

-->bit.ly/penelitiansap




Terima kasih emoticon-Smilie
0
17-06-2019 06:44
aahh ukhti:*
0
17-06-2019 08:41
mungkin mertuanya saking cerewetnya jadi dicabut lidahnyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
matthysse67 memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.