alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d036985c9518b029443a8fd/yang-harus-agan-ketahui-soal-ubud-dan-destinasi-wisata-gastronomi-dunia-unwto
Lapor Hansip
14-06-2019 16:31
Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO
Info terbaru menyebutkan bahwa  Ubud di Gianyar, Bali sedang menjalani penilaian untuk menjadi destinasi wisata gastronomi dunia oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO

Foto: wonderful Indonesia

Tapi Agan sebetulnya udah tahu belum sih apa sebenarnya destinasi wisata gastronomi ini? Apa bedanya sama destinasi wisata seperti destinasi wisata kuliner misalnya?

Istilah wisata gastronomi sendiri saat ini masih lebih kedengaran di luar negeri ketimbang dalam negeri. 

Dilansir dalam Kompas.com, wisata gastronomi dijelaskan sebagai sebuah perjalanan yang berhubungan dengan makanan ke suatu daerah dengan tujuan rekreasi. Ini  termasuk berkunjung ke penghasil makanan utama dan kedua, acara festival makanan, pasar petani, acara memasak dan demonstrasi, serta mencicipi produk makanan berkualitas dan aktivitas pariwisata yang berhubungan dengan makanan.

Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO
Foto: theculturetrip

Yah istilahnya wisata ini bukan sekedar menikmati kuliner saja  tapi juga memberikan pengalaman dari hasil proses belajar budaya yang berbeda. Misalnya Agan bisa ikut merasakan pengalaman memancing ikan di kolam lalu belajar memasak dengan cara lokal, kemudian mendapat penjelasan dari chef tentang filosofi atau alasan tentang filosofi budaya dari makanan tersebut. Begitu kira-kira Gan.

Soal gastronomi, Indonesia sendiri terbilang cukup punya modal dan potensi besar. Indonesia punya ragam makanan yang penuh dengan sejarah dan filosofi tersendiri, serta proses pembuatan makanan dengan keunikan dan perbedaan di tiap daerahnya.  Ada lebih dari 3500 resep masakan dari 1340 suku, 2184 ikan air tawar, hingga 2500 ikan air laut yang semuanya jadi aset yang bisa dilibatkan dalam penciptaan pengalaman wisata gastronomi.

Kebayang kan gimana potensi yang dimiliki Indonesia untuk destinasi wisata gastronomi ini.

Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO
foto: longliveindonesia

Proses penilaian yang dilakukan oleh UNWTO langsung terhadap wilayah Ubud sendiri akan dilakukan selama satu tahun ke depan Gan. Jika semua proses penilaian berhasil dan benar, maka Ubud akan ditetapkan jadi destinasi wisata gastronomi dunia pertama dari UNWTO dan nantinya akan menjadi prototipe atau percontohan daerah lain di Indonesia dan dunia.

Mari berharap semoga Ubud bisa lolos dalam penilaian destinasi gastronomi dunia ini ya Gan!

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia



Diubah oleh midorikusuma
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
15-06-2019 11:31
Nice info gan
Terima BATA emoticon-Blue Guy Bata (S)
0
17-07-2019 23:22
Quote:Original Posted By midorikusuma
Info terbaru menyebutkan bahwa  Ubud di Gianyar, Bali sedang menjalani penilaian untuk menjadi destinasi wisata gastronomi dunia oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO

Foto: wonderful Indonesia

Tapi Agan sebetulnya udah tahu belum sih apa sebenarnya destinasi wisata gastronomi ini? Apa bedanya sama destinasi wisata seperti destinasi wisata kuliner misalnya?

Istilah wisata gastronomi sendiri saat ini masih lebih kedengaran di luar negeri ketimbang dalam negeri. 

Dilansir dalam Kompas.com, wisata gastronomi dijelaskan sebagai sebuah perjalanan yang berhubungan dengan makanan ke suatu daerah dengan tujuan rekreasi. Ini  termasuk berkunjung ke penghasil makanan utama dan kedua, acara festival makanan, pasar petani, acara memasak dan demonstrasi, serta mencicipi produk makanan berkualitas dan aktivitas pariwisata yang berhubungan dengan makanan.

Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO
Foto: theculturetrip

Yah istilahnya wisata ini bukan sekedar menikmati kuliner saja  tapi juga memberikan pengalaman dari hasil proses belajar budaya yang berbeda. Misalnya Agan bisa ikut merasakan pengalaman memancing ikan di kolam lalu belajar memasak dengan cara lokal, kemudian mendapat penjelasan dari chef tentang filosofi atau alasan tentang filosofi budaya dari makanan tersebut. Begitu kira-kira Gan.

Soal gastronomi, Indonesia sendiri terbilang cukup punya modal dan potensi besar. Indonesia punya ragam makanan yang penuh dengan sejarah dan filosofi tersendiri, serta proses pembuatan makanan dengan keunikan dan perbedaan di tiap daerahnya.  Ada lebih dari 3500 resep masakan dari 1340 suku, 2184 ikan air tawar, hingga 2500 ikan air laut yang semuanya jadi aset yang bisa dilibatkan dalam penciptaan pengalaman wisata gastronomi.

Kebayang kan gimana potensi yang dimiliki Indonesia untuk destinasi wisata gastronomi ini.

Yang Harus Agan Ketahui Soal Ubud dan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia UNWTO
foto: longliveindonesia

Proses penilaian yang dilakukan oleh UNWTO langsung terhadap wilayah Ubud sendiri akan dilakukan selama satu tahun ke depan Gan. Jika semua proses penilaian berhasil dan benar, maka Ubud akan ditetapkan jadi destinasi wisata gastronomi dunia pertama dari UNWTO dan nantinya akan menjadi prototipe atau percontohan daerah lain di Indonesia dan dunia.

Mari berharap semoga Ubud bisa lolos dalam penilaian destinasi gastronomi dunia ini ya Gan!

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia





bakal bangga banget ye kan... kalo bisa dinobatkan jd wisata gastronomi... semoga tercapai lah ye gan... bisa bawa indonesia ke kancah internasional.... dan yg pasti devisa semakin mengalirrr... pariwisata bakal meningkat, karna adanya status ini... org2 luar bakal penasaran dan dtg deh... hahahahha
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.