papaganteng212Avatar border
TS
papaganteng212
Karburator, Sistem Lawas yang Masih Jadi Pilihan



Sepeda motor modern banyak yang sudah mengaplikasikan sistem injeksi pada proses pembakarannya. Namun, masih banyak yang memilih sistem lawas alias karburator.

Alasan sederhana, karena secara harga relatif lebih murah, bahkan keunggulan karburator, yaitu komponennya cukup sederhana dan mudah dibongkar pasang, sehingga gampang dianalisis jika terjadi masalah.

Karburator secara fungsi mencampur bahan bakar dan udara dengan perbandingan tertentu menurut kecepatan dan beban yang ditanggung.

Dasar kerja karburator mirip dengan semprotan nyamuk, mengubah cairan menjadi bentuk kabut dengan mengandalkan kevakuman ketika piston bergerak turun pada langkah isap.

Karburator mulai berkerja sejak mesin dihidupkan. Ketika jantung pacu menyala, maka akan menghisap udara melalui komponen itu. Udara tersebut kemudian berfungsi  dan menyatu dengan bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas atau kabut bensin.

Gas tersebut yang disemprotkan ke silinder untuk dibakar dan menghasilkan ledakan kemudian dikonversi menjadi tenaga. Banyak atau sedikitnya gas yang disemprotkan tersebut tergantung dari bukaan gas.
jwildan13Avatar border
koi7Avatar border
koi7 dan jwildan13 memberi reputasi
2
2.5K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.