Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
527
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf83ccbc9518b7bfb723c1b/irasional-love
Cinta adalah satu kata sederhana yang dapat menyatukan dua dunia tapi butuh waktu lama untuk memahaminya.Setidaknya ini yang Geri pahami sampai akhirnya menyadari bahwa cinta itu...
Lapor Hansip
06-06-2019 05:06

.. Irasional Love 21+ ..

Past Hot Thread
.. Irasional Love ..


Quote:"cinta ... ?? satu kata sederhana yg dapat menyatukan dua dunia tapi butuh waktu lama untuk memahaminya. Butuh umur yg cukup matang buat ngerti bagaimana kata2 cinta ini bekerja dengan baik di kehidupan nyata. Kadang cinta dateng di waktu yg tepat tapi dengan orang yg salah. Cinta yg tulus tapi dateng diwaktu yg salah. Cinta yg penuh dengan pengorbanan tapi dibalas dengan penghianatan. Sebenernya konsep cinta itu gimana, kadang gw masih suka bingung juga. Sampe pada akhirnya gw menyadari satu hal, bahwasanya cinta itu . . . "


Ini cerita tentang gw, tentang perjalanan gw mengerti apa itu cinta. Sebenarnya norak juga sih udah segini gede gw masih ngomongin tentang cinta, Mirip2 pujangga muda yg udah telat perform pas mau manggung stand up comedi. Pernah pas nulis cerita ini gw sambil minum domperidone ( obat mual ) biar kaga muntah pas ngetik ceritanya.

Gw Geri, anggep aja nama samaran. gw akan deskripsiin diri gw sesimpel mungkin biar lo pada paham bagaimana gw berkehidupan sosial diluar sana. Gw orangnya tinggi 173 an, yah lumayan tinggilah buat diajakin tawuran baris depan bagian dokumentasi ( gw takut darah soalnya ). kulit gw putih kekuningan tp bukan kuningan logam. Pake kacamata minus 3, badan kurus gegera sehabatan sama nasi bungkus sejak jaman esema dulu. Rambut lurus stengah ikal item kecoklatan ( efek sering diajakain nyolong mangga pas siang hari jaman esde dulu ). Cakep standar lah, mantan ada banyak, jadi sisanya lo bayangin sendiri aja komuk gw kaya gimana.

Gw orangnya humoris, pada dasarnya every time is joke, jail banget sama orang, suka iseng, tapi ada disatu waktu gw ngrasa ini darkside dari diri gw sendiri. Akan tiba waktunya dimana gw akan sangat suka dengan kesendirian, cukup gw seorang tanpa siapapun, dan nyari tempat yg sepi buat menyendiri jauh dari keramaian ( kecuali kuburan ). Hahaha ... kesannya gw horor banget keg genderuwo sahabatan sama tuyul.

Sehabis kuliah disalah satu kampus negri kota Malang gw harus buruan cari kerjaan. Tujuannya ya simpel aja buat bertahan hidup kan, soalnya bokap udah bilang ga akan stock uang jajan selepas wisuda. Keras emang pola pikirnya tapi dari situ gw belajar survive dengan cara gw sendiri. Dikarenakan jurusan yg gw gelutin selama 5 taon ini pangsa pasar didunia kerja agak rendah dan sulit maka gw berfikir kerja dibidang jasa adalah hal yg cukup menjanjikan dengan margin keuntungan bisa hampir 100%.

Misalnya gw buka jasa ternak tuyul nih, kan lumayan kalo semalem 4 tuyul bisa nyolong duit di Indomampet dapet 2 jutaan. dikali 4 tuyul jadi 8 juta, kepotong biaya jajan situyul buat beli cilok ama boneka barbie ( tuyul yg satu agak feminim ) 1 juta, jadi pendapatan bersih 7 juta semalem. Itu contoh doang diatas gausa dipraktekin kalo ga kepepet banget yak.

Singkat cerita, gw otodidak belajar cukur rambut disalah satu Barbershop di kota Malang sekaligus lanjut kerja disana buat nyari pengalaman & modal dulu. Dengan gaji rata - rata 2,8 juta gw rasa ini lebih dari cukup untuk bertahan hidup di kota Malang tanpa bantuan bonyok gw.

Gw anaknya ga suka diatur, suka bebas, makanya carilah kosan yg bebas biar ga banyak diatur ama emak kos. Sengaja cari kosan bebas cowok cewek biar kalo ada rubuhan dari kamar sebelah gw ga perlu repot2 "jajan" diluar kalo pas lagi bokek. U Know What I Mean lah

Dari segala introduction yg udah gw jabarin diatas, dari sini pecarian kata arti "cinta" sesungguhnya dari tuhan telah dimulai. Tentang bagaimana tuhan mengertikan gw apa itu pengorbanan sebenarnya, tentang ketulusan tanpa batas, tantang rasa sakit paling hitam, tentang cinta yg gak rasional. Iya, karena cinta itu gak rasional, diluar kemampuan manusia bernalar. Sampai pada saatnya Nadia masuk kedalam kehidupan gw.

iya Nadia ? dia ...

Quote:
RULE


* komentar positif
* no SARA
* Hargai privasi TS
* No over kepo
* Terima Cendol
* Menolak Bata
* SR = Auto Jomblo emoticon-Ngacir
Diubah oleh geri91
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mr.Panda. dan 18 lainnya memberi reputasi
17
.. Irasional Love ..
08-10-2019 00:46

56. Junkyard

.. Irasional Love ..



Di capter 55 bisa dibilang gw udah resmi jadian ama Citra. Seperti orang kasmaran pada umumnya hubungan akan haus rindu selalu membara diawal tali asmara. Baru sehari kepulangan Citra di Bandung udah ngebuat gw sangat rindu akan keberadaan dia disana. Hanya telfon dan chat yang pada saat itu bisa ngobatin gimana perasaan gw ke dia.

"Hallo Assalamualaikum ... " suaraku dari seberang telfon.

"iya A walaikumsalam, da apa A" jawabnya lembut masih dengan suaranya yg khas bak micin Ajinomoto.

"kangen . . . ."

"kangen ????"

"iya kangen, . . ."

"kan baru kemarin Citra balik k rumah"

"gak butuh sehari buat kangen sama kamu, kamu ngilang sedetik aja aku udah candu kok"

"Hallaaaaa si Aa gombalnya euy, tapi masukk kok A, Citra sukak gombalnya . . Hhihihihi"

"dibilang kangen ga percaya juga ni anak. lagi ngapain sekarang ??"

"ini lagi bantuin Abah aja dirumah. seharian ini Aa ngapain aja ??"

"ga ngapa2in sih, cuma beres2 kamar aja banyak perabot yg mau dibuang gitu. kamu lg bantuin apa emang ?? ibuk gada ??"

"yaudah sok atuh dibersihin, tumben nanyain ibuk, ga takut apa A"

"ngapain takut, emang ibuk gigit ?? engga kan"

"ya ga gigit juga kali A, kirain macan"

"sebagai calon menantu yang baik kan kudu siap ngadepin apapun, kalo cuma ibuk kamu mah bisa lah di takluk in"

"ibuk bukan tipe segampang itu lho A"

Nah jawaban Citra yang terakhir itu berasa banget hawa keseriusan dia naik jadi 100%. Kok tiba2 jadi serius gini dia ngomongnya.

"hmmm ... iya2 oke percaya deh kalo ibuk sukar di taklukin"

"ng ... A, Cita mo nanya sesuatu soal kerjaan nih ya"

"iya tanya aja, soal gimana emang"

"itu Aa ga pengen ya nyari kerjaan di kantoran gitu A ???"

"Kantoran ??"

Seketika gw hening, kantor ?? kantor apaan ?? Kuliah gw harus kerja di kantor jadi apaan ?? hmmm ... berat juga nih anak nanyanya.

"kantor yang gimana emang, kan udah di Barber"

"ya kaya di bank gitu A, atau instansi mungkin"

"masuk instansi itu tuh sekarang kalo ga pake orang dalem susah. apalagi test cpns skrg aku g bgtu banyak harap karena aku bukan tipikal orang yg pinter / cerdas. aku cuma menang tekun jadi orang. terus kalo di bank, yah sama aja boong karena aku dari dulu g mau kerja d sana"

"ya mungkin di instansi mana gitu yang jurusan Aa masih bisa nyambung, usahain dulu lah A" pintanya memelas.

Jadi gini, kuliah gw sospol. kalo sikologi masih enak bagian HRD. Soal di instansi, honor d kota gw ngeri cuk, bayaran cuma 300 - 700 perak. Duit segitu hampir 10x lipat pendapatan gw d barber. Paling engga kalo gaji 3 jt masih okelah buat nabung + kebutuhan pribadi asal ga konsumtif banget jadi orang. Karena Citra udah minta diusahain akirnya agenda kerjaan ini pun nyantol dipala gw.

Siang itu gw beres2 kamar, banyak tumpukan kardus dibawah kasur yang gw beresin satu2. Gw kumpulin dipojok rencana mau di bawa ke tukang rosok ( pengepul sampah ). Pas Terakir gw mau mindahin barang ada satu kardus yang ga asing banget dimata gw. Yaitu foto album masa TK gw dulu. Terjadilah nostalgia kecil2an dikamar sembari gw liat foto masa kecil gw sambil duduk di sudut kamar.

Ada foto gw bareng temen2 sekelas gw yang sekarang entah pada kemana. Yang gw inget cuma beberapa, itupun karena mereka jadi satu esde bareng gw. Sisanya ini siapa dan itu siapa. Sampe pada akirnya gw liat anak di pojokan foto. Berdiri sambil membelakangi badan gurunya. Gw inget baik2 ini anak siapa namanya, tapi gw ga inget juga. Sampai pada akirnya yang gw inget adalah kejadian dimana waktu main prosotan, kaki dia pernah kejepit ga bisa keluar. Pala dia ada dibawah sedangkan kakinya diatas. CD nya ya jelas aja warna putih lah ya jaman segitu semua anak TK make kancut model gitu. Di tolongin nggak ?? kabar buruknya enggak, gw cuman bengong aja waktu itu liat dia nangis ini kenapa kok pala dia di bawah tanpa sadar kaki dia nyangkut satu diatas sampe keliatan CDnya. Dan parahnya, gw dambil makan jajanan Raja Ikan pada masa itu, gw masih inget. Ada yang pernah makan ????

lepas dari itu siapa, kenangannya cukup membuat gw tersenyum manis. Gw simpen foto itu di salah satu rak untuk disimpen sebagai kenangan. Sisanya gw lanjut buang ke tukang rosok sambil bawa mobil secukupnya barang yang bisa gw buang, termasuk pemberian mantan yang udah gw sendiriin sedari jaman esempe. Kira2 ada sekitar 5 kardus berisi semua tentang mantan2 gw. Tiap abis putus dari seseorang, gw selalu ngumpulin barang yang pernah diberikan k gw, lalu gw jadiin satu di kardus, sampai tiba pada saatnya untuk dibuang.

Sebenernya konsep move on itu susah susah gampang. Tergantung kadar sayang kita sama seseorang. Semakin kita sayang sama seseorang, maka makin lama pula waktu yg di butuhkan untuk move on. Bang gw pacaran 3 taun kok sebulan udah bisa move on ?? kadar cinta lu buat dia rendah dan gak berkualitas tong. Bang adek gw pacaran baru 3 bulan, udah setaun lebih tiap inget mantannya pasti nangis. Yah setulus itu rasa sayang adek lu buat mantanya. Waktu bukan acuan kusus bagaimana nantinya kita harus move on, karena yang nentuin berapa lama kita harus move on adalah seberapa sayang kita, bukan berapa lama kita.

Termasuk barang2 Nadia juga salah satunya penghuni kardus2 usang yang akan gw buang. Semuanya udah gw kemas rapi, tinggal nganter ke tukang rosok. Di buang gitu aja ?? yah gimana lagi, barang2 itu udah gak bertuan lagi, udah saatnya mereka diistirahatkan. Nyampe di tempat rosok satu persatu di timbang sesuai berat masing2 kardus. Ketika kardus2 itu mulai di usung pergi bersama tumpukan kardus yang lain dan gw nerima duit yang ga seberapa tapi jujur ada perasaan lega karena udah bisa ngeiklasin barang2 itu untuk gak bersarang dikamar gw lagi.

Di tempat rosok gw ga langsung pergi, gw duduk diatas tumpukan kardus yang udah dilipet sambil sebat merenungi permintaan Citra "Diusahain dulu lah A" itu terus terngiang mirip lagu nina Bobo yang di nyanyiin nyokap gw kala waktu kecil dengan suaranya yang sumbang ( sangat menggangu di telinga dan alam bawah sadarku !!!! ). Mau di acuhkan tapi permintaan dia yang teristimewa, mau di iyakan tapi berat dihati. Bangsad aja lah ... Fewh ( suara kebul rokok gue ).

Sampai pada akirnya selebaran job fair melayang jatoh tepat disebelah gue. Apaan nih pikirku. Ternyata lowongan pekerjaan, lokasi penempatan di kota gw sendiri. Hm ... bakalan LDR an nih kalo nyantol di sini. Pede gila bambank !!! tes aja belom mikir nyantol. Singkat cerita, jurusan gw ada disalah satu kriteria lowongan kerja itu. Testnya masih besok, jadi anggep aja ini rejeki di tempat rongsokan. Ga cuma kenangan yang gw buang disini, tapi juga secercah kerjaan yang bisa gw kejar besok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ragez dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
aktivis kaskus
08-10-2019 05:51
Wow, udah update lagi. Tq, gan.
Hayuh lah, kerja kantoran demi menua bersama neng Citra. emoticon-Menang
0
.. Irasional Love ..
10-10-2019 18:26

57. Interview

.. Irasional Love ..


Pada akirnya gw pun harus pasrah dengan pilihan untuk daftar kerja di salah satu Rumah Sakit swasta di kota gw. Rs yang ga begitu gede menurut gw tapi cukup berkembang ngeliat track recordnya belakangan tahun ini. Posisi lowongan yang ditawarkan adalah Humas, bukan singkatan dari Hubungan Masalalu ya gengs. Tapi ini lebih gimana ngejaga hubungan RS dengan mitra dan konsumennya.

Ngomongin soal Rumah Sakit nih, menurut gw ini adalah bisnis yang cukup tabu. Gimana engga, mereka gembar gembor di pamflet, baner iklan dll untuk hidup lebih sehat tapi ujung2nya mereka juga yg terima pasien kala ada orang sakit. Kebayang gak gimana jadinya kalo didunia ini gada orang sakit ??? RS gabakalan laku, pada tutup gulung tikar stres ngadepin kenyataan bahwa masyat sekarang ini pada sehat walafiat. Pernah kepikiran gak kalo RS pernah kerja sama dengan perusahaan rokok ??? ada hubungan mutualisme dibalik keduanya. RS pingin Pabrik rokok membuat masyarakat aktif ngerokok biar paru2 mereka pada rusak, dan akhirnya lari ke RS, disisi lain iklan rokok yang sering beredar di TV uang iklannya berasal dari suntikan dana RS. Tabu banget kan ngomongin RS tuh, wahahaha ... konspirasinya banyak njiirr.

Pagi itu gw udah bak Umar Bakri yang berdandan necis dengan rambut klimis, sumpah bukan gw banget. Dalem ati kenapa gw lebih mirip bang Toyib begini sih anjirr, padahal gw tiap hari pulang k rumah. Soal ngelamar kerja di RS nyokap oke2 aja, kabar baiknya adalah gw akan punya rutinitas yang tetap sisetiap harinya dimana orang lain ngeliat gw lagi kerja, padahal aslinya dikerjain. Soal kerjaan jadi orang realistis aja, pilih keliatan kerja tapi sebenernya lagi dikerjain sama pekerjaan kalian karena berangkat pagi pulang sore tapi pendapatan ga seberapa, atau kerja ga pake seragam, jam semau kita, emang sih dandanan keliatan kaya gembel, tapi jujur aslinya duitnya banyak cuk.

Dilokasi test gw liat yang lolos tahap administrasi ada 23 orang. Yah cukup banyak juga sih. Tapi sejauh gw daftar disini, ntah kenapa gw sangat santuy ngadepin kontestan yang lain. Kenapa ??? karena yg daftar rata2 adalah anak baru lulus kuliah alias presgraduete dengan segala kepolosan mereka terhadap dunia pekerjaan. Disaat nunggu giliran test di ruang HRD, mereka asik buka HP untuk belajar tentang posisi yang sedang mereka lamar, atau sekedar kisi2 soal tentang test dirumah sakit. Sedangkan gw ??? kalian bisa tebak lah. Lagi Headsetan sambil selonjoran di ruang tunggu sofa scroll IG kepoin akun Aldira Cena.

Sampai tiba gw di panggil, ternyata gw adalah 5 dari yang terakhir. Entah pemanggilan nama kontestan ini berdasarkan amal ibadah atau tingkat kegantengan seseorang yang jelas gw d urutan belakang. Masuklah gw di ruangan cukup remang, sangat dingin, lebih mirip ruang introgasi sengan satu HRD perempuan duduk tepat didepan gw. Dipikiran gw saat itu udah mirip adegan di JAV bangsad. Bakal skidipap sama HRDnya sambil nunggu pelamar diluar, udah mirip Fake Hospital ini mah. Gimana gw engga mikir ngeres ya, secara HRDnya itu bodinya udah kaya Kimihime. Dengan tete segede gaban yang di taroh diatas meja karena kurang penyangga.

"sebelumnya udah pernah kerja di rumah sakit mas Geri ??"

"belom, baru ini"

"selama satu tahun pasca lulus kesibukannya apa ??"

Dih kepo banget sih dalem ati, mo tau aja apa mo tau banget ??? sini satu ronde dulu gih mbak. Fokus Geri, FOKUUUSSSS !!!!! DEMI CITRAAAHHH !!!!!!

"saya kerja mba"

"hmm ... kerja apa sebelumnya ???"

"cukur rambut"

" hmm ... jadi ada skil lain ya selain bidang keilmuan. Oke, Alasan mau kerja disini apa mas"

Disuruh pacar, ya ga mungkin lah gw jawab gitu gobloooooog. Kamuflase dikit lah. Dunia kerja ga sejujur itu sob.

"Karena saya ingin mengembangkan karir saya disini mba"

"kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk kami ???"

"saya berikan kemampuan terbaik saya"

"Jika semisal ada urusan kerjaan diluar jam kerja, tapi disi lain ada urusan keluarga dirumah misal ibu mas lagi sakit, mana yang akan mas prioritaskan ??"

"saya dua bersaudara, adik saya cukup dewasa untuk menangani urusan keluarga. Saya bisa memanajemen adik untuk menghandle urusan soal ibu, sedangkan saya selesaikan dulu urusan pekerjaan karena sudah merupakan tanggungjawab saya. Jika sekiranya urusan pekerjaan sudah selesai, saya bisa menghandle tugas adik saya untuk merawat ibu. intinya lebih ke fleksibelitas dalam sesuatu hal, harus tau mana yang harus di prioritaskan"

"hmmm ... oke, saya suka sama jawabannya. Untuk gaji mas Geri ingin berapa ???"

"UMR di kota ini mba, itu acuan saya untuk melamar pekerjaan di sini"

"kalo Gajinya dibawah UMR ??"

"Saya akan pertimbangkan dengan segala benefit yang saya dapatkan, apakah sebanding dengan kinerja yang saya berikan"

"okey saya rasa cukup untuk interfew hari ini, silahkan 3 hari lagi datang ke sini untuk tahap test selanjutnya ya, terimakasih"

Gw pun keluar ruangan, diparkiran gw masih liat ada beberapa anak yang tadi abis interfew masih asik ngobrol satu sama lain. Karena kepo berlebih soal tiga hari kedepan, gw coba beranikan dari untuk bertanya pada mereka.

"mba, tiga hari lagi disuruh dateng lagi kesini ya katanya" tanyaku pura2 tak tau.

"engga mas, saya cuma dibilang nunggu konfirmasi via email gitu sih"

"kalo mbak yang satunya ini gimana ??" tanyaku pada yang lainnya.

"saya sama mas, vie email gitu. Rata2 di suruh nunggu via email gitu sih. emang mas tadi gimana ???"

"yaa sama sih, via email juga kok ... hehehe"

Diperjalanan pulang gw mikir kok rasanya cuman gw yg interviewnya paling singkat, di janjiin tiga hari lagi suruh ke RS pula. Dalem hati ini rasa2nya gw bakal beneran nyantol disini nih, malah jauh dari Citra, harus LDRan menahan rindu. Tapi mo gimana lagi, semua ini permintaan Citra. Gw ga tanya panjang lebar kenapa dia pingin gw kerja ginian dengan gaji yang cukup minim, tapi apapun itu kalo Citra yang minta demi masa depan kami, yaudah kuy aja gausa banyak tanya.

Untuk urusan di Malang semuanya udah gw selesaiin terutama tempat gw kerja di koh Ahong. Gw fix resign, mereka awalnya pada berat apalagi gw putusin ini masih sepihak via telfon tapi gw janji bakal cariin anak yang punya skill cukur mirip kaya gw. Untuk kosan gw masih perpanjang, karena kalo tiap minggu gw main k Malang buat jenguk Citra biar ada tempat tinggal. Apalagi ibu kos yang rutin minta anaknya untuk dicukurin ama gw udah jadi langganan hampir setahun ini, jadi sayang aja untuk tinggal disana lebih lama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokokembarloro dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
aktivis kaskus
11-10-2019 20:19
Bau2nya nih Gery ketrima kerja,trus LDR an sama Citra. Fix,masalah dimulai...
0
.. Irasional Love ..
13-09-2019 14:04

51. Makmum

.. Irasional Love ..




Udah berapa lama gw ga jadi imam dari shalat berjamaah bareng cewek kaya Citra gini. Terakhir gw inget waktu esema kelas 3 bareng pacar. Gw sebenernya agak kagok juga waktu dia ngajakin jamaah, masalahnya hapalan surat pendek gw ga banyak cuy. Gw aja yang salat ampe bosen denger bacaan itu2 mulu kaga ada variasi laen. Apalagi si Santi kalo di rumah ngajakin jamah juga selalu bilang, "bang jangan pake surat ini itu dan satunya lagi". Ya otomatis salat gw cepetin kan kaga pake surat pendek, lah dia ngamuk. Lha gimana, udah tau abangnya ini cuma apal itu itu doang, dia ga mau tau, yaudah salat kilat dah.

Kemaren baca di komen kan, lah gimana mo salat wudu aja lupa urutannya. Jujur coeg gw wudu ngasal waktu itu, seingatnya aja. Pokok'e Yaquin !!! Yg gw tau tuhan itu maha tau tentang apa yang ada di benak hambanya. Jadi dalam segala kesalahan saat salat gw selalu minta dimaklumi dan berjanji akan memperbaikinya suatu saat nanti. Saat salat bareng Citra, hal paling Nyess di hati adalah ketika bibir gw berucap "waladdalin" dia membalas dengan kata "amin". Sumpah, ini hal paling romantis yang pernah dia kasih ke gw. Ibarat kita nembak cewek bilang sayang, cewenya bilang iya bang aku mau sama kamu gitu cuk. Ketika salat usai, ditariknya tangan gw dari belakang, kemudian . . .



dia cium . . .



Ya robb seadem ini suasananya. Sejak kejadian jamaah bareng Citra, benih benih cinta yang udah bertaburan sejak lama mulai tumbuh pada saat itu juga. Gw jatuh hati untuk keduakalinya oleh Citra (backsound : Kali Kedua - Raisa), dia mampu, cuma Citra satu2nya cewek yang bisa ngebuat gw buka hati dalam jarak dua bulan sejak jomblo diumur 24 tahun saat itu. Dia gak berhijab, sampai sekarang bahkan. Tapi jauh di dasar hatinya gw bisa liat hati dia sudah berhijab lebih dulu. Padahal kalo tiap lebaran dia suka pake selendang putih yang cuma di balutin di kepala bikin gw jatuh cinta untuk kesekian kalinya. Ya, ini semua tentang Citra, masih Citra dan cuma Citra yang bisa.

Selesai salat kita ngapain ?? tidur bareng ?? enggak lah Bambank !!! setan udah pada kabur. kita pulang seperti biasa, agak maleman, dengan deru angin sedingin kulkas, tapi tetap hangat ketika dia berusaha meluk gw dari belakang. Mungkin dia rindu kapan kita terakhir kaya gini. Sampai pada akhirnya nyampe depan kos dia, gw sempetin ngobrol sebentar untuk rencana kecil yang sesaat terlintas dikepala gw.

"makasih ya A udah dianter sampe kosan"

"iya gapapa, lagian caffe udah tutup jam segini, biar motor kamu di sana, besok aku anterin" ini modus gw biar besok ketemu lagi makin intens.

"yaudah Aa buruan balik, udah malem atuh"

"ng . . . bentar deh Cit, weekend minggu ini ada acara gak ???"

"ngg . . . ada sih temen ngajak ke perpus tapi belom tau jadi apa engga, kenapa Aa tanya gitu"

"anu . . . main ke kota **** yuk"

"hah, itu kan rumah Aa ?!!"

"iya Cit, mau ga ????" ajakku penuh harap.

"nanti ketemu ortu Aa juga gitu ???"

"ya iya, mau ketemu siapa lagi. kan kemarin aku udah main k rumah kamu, gantian lah"

"aduh gimana ya A, Citra beneran malu lho A, sumpah malu banget" gayanya mulai salah tingkah"

"malu kenapa sih, kan niatnya cuma maen, mau ngapain lagi cobak" yakinku.

"tapi nanti kalo diajak ngobrol ortu Aa, temenin ya, jangan di tinggalin sendiri, yaaahh" pintanya penuh manja

"iya iya temenin, manja banget neng geulis satu ini"

"bayanginnya aja tuh udah bikin pipi Citra merah A, ga kebayang ntar gimana"

"jangan dibayangin Cit, dijalanin"

"iya A, iya" jawabnya melempar seribu senyum.

"yaudah aku pulang" sambil menyodorkan tanganku seperti adegan selesai salat tadi.

"apa sih Aa, enggak Ah. kalo selesai salat aja cium tangannya" jelasnya bersyarat dengan ketentuan yang berlaku.

"hmmmm gitu ya, sering2 jamaah bareng kamu dong berarti" jawabku bergumam lirih.


Gw pulang malem itu dengan perasaan damai banget. Bisa tidur dengan nyenyak ini bakalan. Kadang dijalan juga senyum2 sendiri kalo keinget kejadian tadi. Hari ini Indah banget lah pokoknya, YEEEYYYY !!!!!!

Gw pun tidur, seperti biasanya tetep diatas kasur. Dan . . . gw bakal bahas lagi tentang benang kehidupan selama dua bulan lalu. Oke kita flashback dikit, jadi selama dua bulan itu apakah gw gak bermimpi tentang benang kehidupan ?? gw tetep mimpi, kira2 sebanyak dua kali. Hal yang dapat gw inget adalah doi nyemangatin gw untuk terus move on. Sebenernya salah satu gw deket ke Citra karena doi berspekulasi kalo Citra bisa jadi penawar buat rasa sakit gw gara2 Nadia. Akan cepet sembuh kalo ada Citra, tapi doi bilang juga ada konsekuensi sangat besar yang bakal gw alami kalo sampai jadian ama Citra. Untuk ranah jadian ama Citra atau enggak itu sebenarnya keputusan ada di tangan gw. Yang jelas Citra emang bukan orang dibenang kehidupan. Hal yang sempet buat gw debat sama doi adalah kenapa dia ga nyamperin gw duluan kalo emang pengen banget segera diketemuin, itu hal yang bikin gw heran. Jadi untuk mimpi Benang kehidupan gw setelah pulang nganterin Citra adalah sebagai berikut :



---------------------------------------------------------------------



Time Line : Masa saat ini

"udah damai sekarang ???" tanya dia lebih dulu yang udah sedari tadi ada di dimensi mimpi.

"yah lumayan, aku tenang berkat dia" jawabku berkomunikasi seperti biasa dengannya.

"kamu sayang banget sama dia ??"

"yaaa sayang, tapi belum banget untuk saat ini"

"aku udah bilang sebelumnya tentang dia, dia penawar, bukan obat"

"terus siapa obat buatku ?? kamu ??? kamu siapa aku ga tau ! kamu dimana aku ga tau ! gimana cara nemuin kamu pun aku juga ga tau !!!"

"aku ga nyangka perjalanan pertemuan kita akan serumit ini"

"siapa yang bikin rumit ?? kamu bilang ada dimana sekarang bakal aku temuin saat ini juga !!!"

"didimensi ini kita berbicara atas alambawah sadar kita sendiri, kamu yang lagi tidur saat inipun pasti juga ngerasa lagi kesel sama kaya saat ini"

"udah lah masa bodoh dengan benang kehidupan, toh ga bisa nemuin kamu bukan berarti aku bakal lajang sampai tua nanti. aku berhak mutusin siapa orang yang akan jadi pasanganku, dan itu bukan kamu !!!"

"aku harap kamu masih bisa sedikit lebih bersabar untuk aku, cepat atau lambat kita bakal dipertemukan, baik2 kamu disana. jika nanti kamu berada diposisi seperti kemarin, ingat baik2 aku mungkin sudah tidak berada di tempat ini lagi"

Ya, gw debat sama doi. Jadi hal yang dapat gw gambarkan ketika kita berada di dalam dimensi benang kehidupan yaitu kita gak bisa bebas asal ngomong. Kita bicara berdasarkan alam bawah sadar, kalo bisa tanya dia siapa udah sejak awal gw tanyain, gakan jadi serumit ini. Dan di chapter berikutnya benang kehidupan gw perlahan menghilang, ga pernah muncul lagi, malam malam selanjutnya hanya berisi mimpi kosong yang kadang sangat susah untuk diartikan kebenarannya. Disaat pagi datang, bangun tidur yang gw rasain bawaannya pengen emosi, kesel sendiri dan ga tau pengen marah ke siapa.




Yah, pagi itu berubah menjadi begitu amat sangat menyebalkan . . .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariid dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
newbie
13-09-2019 19:17
Kalo bukan kaylina dan bukan citra berarti siapa nih yang jadi benang kehidupan ente gan? Apakah bakal ada tokoh baru lagi..?
Apa yang sekarang jadi istri agan adalah benar benang kehidupan yang agan mimpiin?

emoticon-Bingung emoticon-Bingung
1
profile picture
aktivis kaskus
18-09-2019 20:30
Salam kenal,gan. Ceritanya bikin susah berpaling,jangan sampe ada kentang diantara kita kayak beberapa cerita SFTH yg lain..
Semoga terus up date!
0
.. Irasional Love ..
06-07-2019 23:13

28. Kawatir

.. Irasional Love ..

"kenapa A, kok lama"

"anu ... lupa nama akunnya Cit" jawabku ngeles.

"yaudah Aa sebutin siapa namanya sini Citra cariin dari hape Citra"

Setidaknya ini mungkin aman, Citra ga bakal nemuin akun atau foto mantan gw. Yaudah terpaksa gw sebut nama haram itu didepan dia. Hal yang perlu klean tau ya, pas gw nyebut nama itu pen rasanya mulut gw ini dibasuh pake debu mirip najis anjing.

"namanya Markonah" ( nama samaran )

"oke Citra search ya"

Gw lemes dipojokan sambil senam jantung berharap dia ga bakal nemuin foto laknat orang itu. Masih asik jempolnya scroll naik turun mirip orang ngeuwe. Ga lama dia nemuin beberapa orang dengan nama yang sama dan mulai ditanyain satu persatu.

"yang ini ??? @marqonah88"

"bukan" ( uhhh aman )

"ini ??? @marquenah"

"bukan" ( ihhhh selamet !!! )

"ini kan !! @markon_ah69"

BLAAAAAARRRRRRR HIA HIA HIA HIA MAMFUS ANA !!! Gw shock, gw kaget, gw mendadak galau, jadi anak METAL. iya, Melow Total didepan Citra. Pengen ngaku tapi malu sama alat kelamin kan secara gw cowok tulen, mau ngelak tapi perasaan emang masih suka cenat cenut keinget mantan. Sebenarnya bukan karena masih sayang sama doi, tapi lebih karena rasa sakit yang diberikan itu gila banget. Ya, segila cinta kalian dengan sesuatu yang kalian cintai saat ini.

"ini A orangnya ???"

" . . . . . . . . " gw diem.

"jadi cewek seperti ini yang bisa ngebuat Aa nyiptain lagu seindah itu ..."

" . . . . . . . . . " gw buang muka berpaling.

Dalam perasaan galau yang ga bisa gw pungkiri, Citra mencoba nenangin gw dengan caranya yang menurut gw cukup mengejutkan. Dia raih tangan gw, dia genggam sambil bilang ...

"ini cuma masalah waktu, Aa ga perlu selarut ini. meski butuh waktu move on sampai mati sekalipun Aa g boleh putus Aa ya. Cintra bakal bantu sebisanya"

"Citra, kamu lagi nungguin seseorang untuk hadir dihidup kamu ga ???"

"Maksud Aa ???"

"Km apa lagi nunggu seseorang buat deketin kamu ???"

"ko Aa tiba2 nanya gitu, Citra malu atuh jawabnya"

"aku juga ga bisa jelasinnya sekarang, jawab aja gpp"

"yaa kalo nungguin seseorang ya ada A, tapi masih bingung siapa, Citra kan masih single aja sampe sekarang"

"Emang berapa lama jomblo ???"

"setahunan ini A, kenapa ..."

Otak gw mikir keras, cewek semanis ini, jomblo dalam kurun waktu yang cukup lama. Pertanyaannya dia emang betah jomblo, atau lesbi jangan2. Tapi emang felling bilang kalo dia lagi nunggu seseorang yang tepat.

Ada perasaan cukup yakin mengatakan bahwa Citra mungkin satu2nya perempuan yang dekat dengan kriteria orang di benang kehidupan. Tp gw ga mau berspekulasi terlalu jauh, nyatanya cewek yang sekarang lagi gw pacarin aja ga yakin beneran orangnya apa bukan.

------------------------------------------------------------------------------------------

Selepas dari malem itu gw chating ama Citra makin intens aja. Kadang waktu lagi ama Nadia gw juga sempet sempetnya bales chat. Mirip orang lagi selingkuh bukan sih ?? Untuk sejauh ini Citra ga tau kalo gw sebenernya udah punya pacar, alasannya simpel. Dia ga pernah tanya gw udah punya pacar atau belum, sedangkan gw tau Citra udah lampu ijo untuk siapapun kandidat yang mampu dianggapnya pantas.

Hari itu gw kumpul di kosan Damar berempat ngebahas agenda keberangkatan muncak yang udah gw agendain selama tiga bulan lamanya. Dimusim liburan ini bakal banyak hal berbau liburan yang bakal gw alami disepanjang cerita. Malem itu kita lagi bahas camp di Ranukumbolo Gunung Semeru. Soal jalur gw adalah orang yang sangat sangat BAKA ( Goblok dalam istilah Jepang ). Mirip2 kelakuan Zoro di One Piece lah kalo soal navigasi. Jangankan orang berusaha mengertikan gw tentang Rute, Kompas aja capek ngomong sama gw.

Jadi yang paling tau tentang rute adalah Damar. Yoi Damar coy, anak pramuka dia dulu. pengalaman nyasar dihutan dua kali survive 3 hari tanpa boker ( iya, gada yang bisa dia makan soalnya kecuali biji kuaci pemberian gw ). Kan ga mungkin sebungkus biji kuaci bisa bikin pantat dia boker.

Soal perlengkapan safety gw serahin ke Frans, dia pengalaman ngcamp. Hal paling berkesan dari hidup Frans ketika dia ngecamp di depan Indomaret ( di usir ibu kos ). Sebelum subuh udah harus pindah tempat takut diusir petugas indomaret katanya ( goblok sumpah ini mah wkwkwkwk !! ) Tapi untuk hitungan bertahan hidup dikala semua urusan kepepet, gw akui Frans juaranya.

Konjin ngapain ?? dia seksi perlengkapan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Gw liat konjin emang lebih kurusan saat itu, terbukti dari jari kelingking kaki dia yang biasanya gampang nabrak tembok kini udah jarang2 ( mungkin jari kelingking kakinya makin kecilan aja ). Sebenernya hal yang terasa sedikit kampret adalah saat dimana Nadia mutusin ikut bersama Kaylina. Dan kalian pasti tau siapa cowok yang bakal brangasan ngeliat tete sekel Kaylina.

"Yank . . . Hallo"

"iya kenapa yank"

"Soal acara ngcamp, kan aku fix jadi ikut tuh"

"iya terus, jadi total berlima kan"

"nah si Yuki bilang kalo naek diusahain orangnya genep"

"ho'oh ... terus .... "

"Kaylina pen ikut yank, boleh ya boleh boleh boleh"

"nggggg . . . . . aku sih oke2 aja, tinggal anak2 gimana, kalo alasan aku ngajak kamu kan karena salah satunya kamu juga temen konjin"

"iya makanya bilangin lah ke anak2 biar si Kay boleh ikut"

"ywdah besok aku kabarin ke anak2 ya"

"okey yank, dia excited banget soalnya pengen liat ranukumbolo"

"ywdah aku preparein tiga tenda kalo gitu buat besok"

Dimalam yang dadakan itu gw jarkom ke anak2 bahwa ada tamu tak diundang, awalnya sih pada ribut digrub. Ketika gw bilang tokednya gede kok, mereka auto diem, bgsd !!!

Pagi subuh sebelum berangkat ngcamp kumpul dirumah Konjin, gw masih dalam keadan sangat kantuk terbangun dari alarm hp gw. Sesaat pala gw pusing berat kaya ngerasa perjalanan ini bakal nguras segalanya. Mau berangkat badan kaya udah capek gila. Mungkin ini sugesti dari diri sendiri. Semalem kaya berasa mimpi benang kehidupan, tapi gw ga liat siapa2 disana, yang gw liat kamar cewek, asing banget rasanya. Ga banyak hal yang bisa gw inget karena kejadiannya samar dan bentar banget. Disela gw packing tau2 hp geter bunyi ada telfon dari seberang.

"Hallo, udah bangun . ."

"iya udah bangun, tumben nelfon duluan subuh begini ada apa Cit"

"kan Aa mau camping katanya maren, sebelum sinyal Aa ilang disana nanti, Citra pengen dengerin suara Aa aja kok, gpp kan . . . "

DUH GUSTI . . .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
medina12 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
.. Irasional Love ..
28-06-2019 21:33

23. Tentang Rasa

.. Irasional Love ..

Ini adalah pagi, pagi dari sisa kejadian semalem. hal terakir yang gw inget sewaktu mau masuk kamar, gw ngerasa ada aura laen selain gw ama Nadia. Auranya kuat banget, tapi pas gw noleh ke belakang tetep aja nihil gw ga liat apapun, tidak satupun..

Thanks God, aku normal . . .

pusing masih sering berputar2 dikepala pagi itu, gw liat Nadia masih tidur dengan pulasnya. Gw tinggal mandi buat bersihin diri. Hal paling nyegerin otak dikala pikiran penat adalah bershower. Seolah masalah ikutan luntur bersama guyuran air yang mengalir bersama gemercik pipis. Gw ga boong, kalian bisa cobain kok ...

Seperti biasa gw mandi kaya orang pada umumnya ( ga usa bayangin gw colii peak !! ). Sewaktu gw showeran gw auto mejamin mata pas air hangat dengan deras mengucur diatas kepala gw. Sesaat pala gw kaya ngerasa ada clekitan sakit yang ngebuat gw kaya ngeliat sebuah potongan kejadian burem samar2 dalam tutup mata gw kala itu.

Gw coba inget inget lagi apa hal ini, rasanya gw dejavu banget. Seolah kaya gw pernah nglewati masa2 itu dalam samar. Hal yang bisa gw inget cuma satu, gw megang tangan. Putih, putih kepucetan, halus banget, kuku yang terasa rapih sampai keujung jemari dikala gw ngelepasin tangannya, ini tangan ...

KUNTILANAK !!!!!

Bukan !!! bukan !!! bukan anjir !!! mba kunti ga begini tangannya, seketika potongan cerita itu lenyap. Dalam pejam cuma ada gelap dan suara air gemercik, gw ga liat apa2 lagi. Oke ... acara mandi, selesai.

Lantas, potongan kejadian apa tadi itu ? tangan siapa ? Nadia ? sepertinya bukan ... jemarinya tak seperti itu kala kugenggam. Entahlah, lupakan saja . . .

"sayang gmn, udah baikan ?" tanya Nadia disela kantuknya menyambutku di depan pintu kamar mandi.

"yeaaa, Am fine. kamu masi parno dari kejadian kemarin ??"

dia cuma ngangguk sesekali sambil curi pelukan di tubuh gw yang masih anget bekas air shower. Dasar pacarku, i will protect u, don't worry baby ...

"kamu buruan mandi gih, abis ini kita balik"

"mandi sendiri ??"

"terus ?? kan aku uda mandi"

"kamu ninggalin aku, repeat dong yank"

"boleh, aku pakai baju tapi ya"

"oke ga masalah, ayok sini deh temenin aja di luar pintu kaca gpp"

MAK GLEEEKK !!!!!

Sebenernya rada gimana gitu mau nyeritain hal ini ke klean, tapi gw tau cuma ini adegan yang klean suka dari Nadia kan. Kamar mandi luar ada pintu sendiri, dimana kusus tempat mandi shower ada sekat dari kaca burem . Jadi Gw harap kalian bisa ngebayangin posisi gw.

Awalnya gw bener2 santuy aja, otong juga anteng lagi tidur pules disela kancut baru yang gw pake. Toket Nadia yang ranum ga akan mampu ngebangkitin otong dari tidur panjangnya, dasar tete tepos, ga bahaya ... hilih kintil. Hhihihihi ...

gw dudukan di wastafel sambil chatan sama bang Taki, sesekali mata gw ngeliat dari pantulan cermin dimana posisi Nadia lagi mandi. Lirik sekali, lagi buka baju, lirik dua kali lepas kancut, lagi fokus chatingan, suara shower mulai kedengaran. Lirik ketiga kalinya samar2 gw liat lekukan tubuh pacar gw sendiri, tetenya yang ranum itu mencuat dibalik uap panas berselimut sabun cir yang mulai menggosok putingnya.

Otong gw panik . . . bgsd !!!

Lirik empat kali, gw udah lupa sampe mana chatingan sama bang Taki. Doi lagi bersihin selakangan, digosok2 gitu bikin ngilu liatnya. Seandainya gw terlahir sebagai sabun cair betapa bahagianya gw ya Rab, ( Emang lo mau di pake sama om2 brewokan buat bersihin sela pantatnya yang item kaya abu gosok ??? seketika angan2 gw musnah ... lupakan !! ).

Jujur dilirikan kelima gw keluar dari kamar mandi. Gw ga kuat, rasa2nya Nadia emang sengaja begitu didalem kamar mandi. Entah lah, ternyata otong gw juga udah kejang2 didalem minta dibebasin. Tapi apa mau dikata, jangan ama Nadia sob. Kalo niat serius jangan dimainin yaa . . . otong yang tenang jangan gelisah. Ntar kita jajan yang laen aja sama bang Frans, oke !!.

Siang itu abis makan gw cabut dari hotel, ga banyak hal yang bisa gw nikmati disini. Pikiran masih setengah ngambang dari kejadian kemarin. At the first time ngeliat kuntilanak secara real, kejadian tragis di masa lalu, perasaan paling pilu dari seorang bocah yang kehilangan keluarganya. Damn !! semua terasa menyakitkan, teramat sakit.

"sayang kamu ga balik kosan dulu kan ??" Tanya Nadia disela go-car yang kami sewa.

"engga dulu deh kayanya, ini baru sehari dari kemarin kan"

"jadi hari ini kamu gimana ?? kerja atau ngapain yank ??"

"aku mau masuk kerja aja biar ga penat, trus kamu gimana ?? ga ada kuliah ??"

"hari ini aku ambil jatah bolos, jadi mau ga masuk aja"

"trus acara kamu kalo g kuliah mau ngapain ??"

"ng ... d rumah aja kali yank, mau masak buat kamu"

Hufff ... semalem tidur bareng, pernah gw cipok leher dia, pernah ciuman sebelom jadian, dia sering masak buat gw, tetep seperti ini aja dulu Nadia. Aku masih terlalu nyaman dengan segala kebaikan yang kamu beri. Perasaan jangan berpaling, aku masih ingin menghabiskan waktu lebih lama dengan dia . . . Nadia, kekasihku.

-------------------------------------------------------------------------

Sekiranya ini adalah time skip seminggu dari kejadian horor kemarin. Selama waktu itu gw tidur pindah2, mulai dari kosan Damar, rumah konjin, kadang kalo kepepet baru di rumah Nadia. Sekarang gw udah balik kosan. Info yang gw dapet dari bang Taki Alhamdulillah mba Marta ga kenapa2. Dan hari itu gw baru sempet ketemu sama mba Marta langsung ngobrol panjang di teras atas tempat Yuki ngeprankin gw.

"kemarin kamu abis dikerjain penghuni ke 3 kost ini kata taki"

"iye mba, serem dah. Tapi mba Marta beneran ga papa di kamar itu ??"

"mba di sini udah hampir setaun Ge, udah kebal sama gituan. selama ga kesurupan aja aman dah pikir mba. pernah liatin mak kunti dan komplotannya sering tuh di tempat jemuran pakean. awalnya dulu parno abis, tapi hal yang jadi nilai lebih adalah jadi aman gada barang2 ilang"

"iya aman gada yang ilang, mau nyolong dikosan horor kalo dapet kancutnya mak Kunti baru nyaho dah !!"

"hhhahahaha bisa bae kamu Ge, tapi beneran nih mba Marta kangen euy sama kamu !! hihihi"


"kangen sama si otong mba ??" ledekku.

ini adalah kejadian waktu saat ini, dulu pernah gw singgung soal mba Marta baikin otong gw. Sejak saat itu percakapan kami emang selalu nyerempet ke hal2 berbau sex. Kadang seneng dengerin pengalaman dia ngesex ama lakinya kaya ada sensasi laen aja menurut gw. Tapi sayang gw komitmen, ga akan maen sama sodara temen, ama sodara satu buyut, ama bekas pacar temen, dan sama cewek yg udah bersuami / pacar orang. Sayang, mba marta udah nikah, kalo dia masih lajang udah abis tiap hari gituan dikosan. Pegang prinsip ga semudah itu fernando.

"lama ga ketemu gausa mulai deh, kamu ga mau diajakin main sih"

"yah gimana prinsip mba, emang mba Marta sering gitu juga ama orang laen ?? apa cuma aku ??"

pernah sih ama mantan, yang kedua ini ama kamu kemaren tapi kan ga sampe maen"

"kalo aku nanya ko bisa kaya gitu emang ga sayang ama suami ??"

"ya sayang gerii, kan mba nikah juga toh sama dia"

"tapi ko bisa begituan sama cowo laen aku ga bisa mikir nyampe kesitu"

"yah aku pernah mergokin suami pernah gitu dikantornya ama cewe laen, katanya sih temen kerja. ya jadi aku kadang nglakuin hal yg sama bukan suatu kesalahan dong"

Kadang gw ngela nafas disela penjelasan mba Marta satu ini. Kalo cowo maen cewek ganti sana sini tapi dia punya satu cewek yg dia jaga gw bisa faham, tapi kalo sikonnya dibalik jadi mendadak bego aja.

"dibicarain baek2 aja deh mba, berenti lah jangan begini, kasian kalian berdua kan kalo suatu saat bakalan ada yang ga terima"

"oke mba pikirin hal itu nanti, tapi mba denger dari Taki kamu juga sering main cewe di luar ya ?"

"ng .... iya sih, tapi akir2 ini udah jarang. mulai ada hal yang perlu diperbaiki"

"kamu main cewe itu kaya gimana sih Ge ?? kenal kaya aku juga gini kah ??"

"engga mba, kalo kenal, trus sampe ML kadang perasaan suka ikut campur. jadi kalo main cewe biasanya ya di club, ngajakin cewe minum, kalo udah mabuk baru dibungkus k hotel, eksekusi, pagi udah cabut duluan. tapi kadang kasian si mba kalo cewe digituin tuh, serius !!"

"kasiannya gimana, sama2 seneng kan ??"

"kalo sama2 enak iya, tapi belom tentu sama2 seneng. buktinya aku, tiap selesai ninggalin cewek dalam keadaan telanjang diatas ranjang, disaat mereka capek abis main ama aku, trus aku pergi gitu aja, udah aku coba buat ninggalin tip diatas meja, tapi itu ga bisa ngebayar gimana perasaanku ke mereka. aku ngerasa mereka mirip sampah yang habis manis lalu dibuang gada artinya, yang mereka butuhin sebenernya bukan uang, tapi ini mba"

mereka tetap butuh KASIH SAYANG . . .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariid dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
surat-terbuka-untuk-mama
Stories from the Heart
kasih-tak-semampai
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia