alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce828adc9518b5ae5136c4d/wong-jowo-ilang-jowone
Lapor Hansip
25-05-2019 00:23
Wong Jowo Ilang Jowone ?
Past Hot Thread


Wong Jowo Ilang Jowone ?

Mantap Djiwa, salah satu kawanku punya kawan dia berkata "Jagoanku menang loh mas" tapi dia mengatakan itu tanpa melecehkan pihak yang kalah, dengan senyum dan juga malah memberikan semangat agar mencobanya lagi bila ada kesempatan di lain waktu.

Kalo kata wong londo bilangnya "MENANG TANPO NGASORAKE" saat ini bisa dibilang banyak orang terlalu bersemangat atau percaya diri hingga merendahkan orang lain tanpa melihat efek pada dirinya sendiri. Kalau kata wong Londo lagi, "Wong Jowo Ilang Jowone" kenapa karena ketika saya berkenalan dengan gadis yang masih keturunan kraton surakarta, Masya Allah tata krama dari yang di pegang teguh mereka adalah Rukun dan Hormat, baik itu Rukun terhadap dirinya sendiri, maupun rukun terhadap orang lain. Hormat terhadap diri sendiri, dan juga terhadap orang lain.

Nampaknya dua kata ini sepertinya sudah melemah, apakah saat ini bangsa ini sudah melupakan jati dirinya terutama wong Jowo? Entahlah walau banyak yang tak percaya tapi kok nyata.

Wong Jowo Ilang Jowone ?

Bahkan suara kawanku punya kawan sangat keras berkata di telinga "pancen wolak-waliking jaman amenangi jaman edan ora edan ora kumanan" artinya kurang lebih sungguh zaman gonjang-ganjing terbolak balik menyaksikan zaman gila tidak ikut gila tidak dapat bagian.

Welehh... Kalo ndak gila ya ga kebagian, muantepp rek persis sama dengan zaman sekarang, kalau ndak ikut-ikutan edan ya tersingkir makanya saat ini ada istilah berbuat kerusakan secara berjamaah, baik itu korupsi berjamaah, demo berjamaah, genk dan rusuh berjamaah, bahkan curang pun bisa jadi berjamaah, apapun kerusakan itu selalu dilakukan secara berjamaah kalau ga ikutan ya ga kan kebagian.

Wong Jowo Ilang Jowone ?

Untuk itu kenapa leluhur kita memiliki ilmu yang tinggi, mereka hanya dapat dilihat dalam berbagai kearifan lokal, itu semua terjadi ketika mereka mencari ilmu itu penuh rasa rendah hati, santun, dan tidak merasa menjadi orang hebat. Lalu bagaimana dengan manusia jaman sekarang? Sudah bukan rahasia lagi baru punya ilmu sedikit sudah sombong bahkan sampai berani menantang sang pencipta, hingga bebas melawan aturan dan dogma.

Siapa yang dapat merubah semua itu? Sebuah sistem, karena budaya leluhur dengan adat musyawarah, rukun, hormat, gotong royong, akan tergerus oleh sebuah sistem yang diciptakan oleh mereka yang lebih kuat, tak jarang orang yang tadinya baik-baik jadi ikut gila setelah masuk sistem. Sebenarnya di dalam Jongko Joyoboyo sudah diberikan petunjuk "Wong Jowo Kari Separo, Cino Londo Kari Sejodo" artinya Orang Jawa tinggal setengah, Belanda-Cina tinggal sepasang.

Hmmm.. menarik..!!

Wong Jowo Ilang Jowone ?

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

:nyantai

c4punk@2019

Gambar google
referensi

GIF



Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomaz.im dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
26-05-2019 09:16
Sak niki katah sanget oms,
Wong jowo kelangan jowone.
Unggah ungguh pun mulai ilang.
Nopo meleh generasi sak niki,
Boso kaleh tiyang sepuh mawon mboten kerso.
Jangkar lan mrentah.
Duuhhh...
Gusti..
Mboten gampil ing zaman sak niki.
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
kucingnyapakrt memberi reputasi
1
26-05-2019 09:17
preng cagak radiyo, soyo njengkeng tambah jero emoticon-Angkat Beer

Wong Jowo Ilang Jowone ?
profile-picture
profile-picture
aztec.wannabe dan eggnostick memberi reputasi
2
26-05-2019 09:17
jaman wes molak malik om ini
0
26-05-2019 09:20
Quote:Original Posted By yunda.me
ane darah jawa tapi sejak kecil di daerah bukan jawa.

jadi kalo mudik.

"jawane kok kasar. ?"

"Anake sopo iki ?
wes ngganteng, pinter boso indonesia.
ra iso krama ta?"





emoticon-Mewek


Sabar oms,
Kulo nggeh sak monten.
Lair ing tratah jowo nanging gede teng tanah sundo.
Nggeh yen mantok, mesti do ngoten.
Wajah garis jowo nanging ilat sundo.
Wkwkwk...
Wong jowo mboten saget boso.
emoticon-Ngakak

Tapi sak wise rabi, kulo sinau boso oms.
Nopo meleh teng solo alus2 banget tiyange.
Alhamdulillah, mpun saget sak niki.
emoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik
0
26-05-2019 09:32
Quote:Original Posted By saya.kira
Digdaya tanpa aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake.


Artinya apa bre
0
26-05-2019 09:52
mulih ning kampung

saiki wonge podo ilang jowone

miris delenge

lah aku isih ono jowone emoticon-Cool
0
26-05-2019 10:03
Efek kebanyakan pegang hape mas..

Wulanganne ora soko guru bekti..ananging soko guru sosmed
0
26-05-2019 10:04
ora ngudeung aku
0
26-05-2019 10:15
Sakjane ki ilang Jawane ora masalah sing penting ra ilang Indonesiane. Ora berarti kok kabudayan Jawa kudu ilang diganti kabudayan nasional, nanging adigang adigung adigunane Jawa sing kudu ilang, nglebur marang adigang adigung adigunane Indonesia.

Jawane Suriname ora kudu padha karo Jawane Indonesia. Ojo pedhot oyot karo Jawane Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
26-05-2019 10:37
Quote:Original Posted By nasgorbasi
Jatoh dimana
emoticon-Bingung


Adek mana pa emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0
26-05-2019 10:49
wong jaman saiki luwih nganggep nek jowoan iku wes gak jaman
emoticon-No Hope
0
26-05-2019 10:55
Tonggoku jenenge Paidi anake dijenengke Steven, bocahe luwih mudeng good morning daripada wilujeng enjing, ora doyan pecel luwih seneng kfc emoticon-Entahlah
Diubah oleh .theflash.
0
26-05-2019 11:12
kulo orang sunda, tapi kulo suka wong jowo karena ukhti ukhtinya ayu kabeh wkwkw emoticon-Peluk emoticon-Peluk
0
26-05-2019 11:45
Quote:Original Posted By OetakReptile
preng cagak radiyo, soyo njengkeng tambah jero emoticon-Angkat Beer

Wong Jowo Ilang Jowone ?


Sing iki kudu diperbanyak sebagai konten persatuan
Monggo ditambah neh
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1
26-05-2019 11:57
pemerintah daerah kita butuh lembaga resmi yang bertugas untuk menjaga budaya, adat dan istiadat. kalau diserahkan kepada masyarakat maka budaya kita bakalan terus tergerus sampai tak bersisa lagi.
0
26-05-2019 11:59
Quote:Original Posted By .theflash.
Tonggoku jenenge Paidi anake dijenengke Steven, bocahe luwih mudeng good morning daripada wilujeng enjing, ora doyan pecel luwih seneng kfc emoticon-Entahlah


Weleh kfc.. Aku sek mangan warteg kenyang..mas.. 😁
0
26-05-2019 12:03
Aku wong Jowo asli loh, mas emoticon-Malu
0
26-05-2019 12:09
Klo baca bukunya sabdo palon
yea i know itu buku masih pro kontra .

Jawa kehilangan "jawa" nya pasca majapahit bubar , dan sabdo palon kembali ke alam gaib nya
Meskipun dia janji kelak akan kembali lagi , dan asuhan-nya akan jd pemimpin yg sering d mitos jawa dikata satriopiningit / ratu adil

Dan merestorasi agama buddhi lagi
( Menurut ane mungkin artinya bukan macam membangkitkan hindu-budha lagi , tapi lebih ke membangkitkan budaya jawa lagi agar orang jawa bisa "jawa" kembali )
Diubah oleh djinggo88
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan yunda.me memberi reputasi
2
26-05-2019 12:09
Quote:Original Posted By indahmami
Sabar oms,
Kulo nggeh sak monten.
Lair ing tratah jowo nanging gede teng tanah sundo.
Nggeh yen mantok, mesti do ngoten.
Wajah garis jowo nanging ilat sundo.
Wkwkwk...
Wong jowo mboten saget boso.
emoticon-Ngakak

Tapi sak wise rabi, kulo sinau boso oms.
Nopo meleh teng solo alus2 banget tiyange.
Alhamdulillah, mpun saget sak niki.
emoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik


Widih, jateng mah alus alus.

Beda sama jatim. Tau sendiri.. Malang surabaya yaaa begitulah..emoticon-Ngakak

Pas SMA aja ane dikata katain.
Woii, medhok banget lu?
Pindahan?
Padahal ane berasa biasa aja. emoticon-DP
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.