alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
53
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce39d1482d495136654be2f/gini-gan-caranya-biar-tanaman-succulent-panjang-umur-cekidot
Ukurannya sih mini ya Gan, tapi jangan mentang-mentang ukurannya kecil terus perawatannya juga minim. Karena faktanya merawat succulent pun sama aja kayak ngerawat tanaman lainnya yang juga butuh perhatian dan komitmen. Selain itu, merawat succulent pun ternyata ada tata caranya dan treatment tersendiri Gan Sis biar nggak gagal. Agan Sista pengen nggak sih jadi orangtua yang baik untuk succulent p
Lapor Hansip
21-05-2019 13:39

Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!

Past Hot Thread

Ukurannya sih mini ya Gan, tapi jangan mentang-mentang ukurannya kecil terus perawatannya juga minim. Karena faktanya merawat succulent pun sama aja kayak ngerawat tanaman lainnya yang juga butuh perhatian dan komitmen.

Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!

Selain itu, merawat succulent pun ternyata ada tata caranya dan treatment tersendiri Gan Sis biar nggak gagal. Agan Sista pengen nggak sih jadi orangtua yang baik untuk succulent peliharaan biar panjang umur? Yuk coba deh simak tips di bawah ini, cekidot!



Quote:Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
Memilih tanah yang tepat


Succulent merupakan salah satu jenis tanaman yang membutuhkan tanah bersifat kering. Tapi ia juga nggak bisa hidup di tanah yang penuh dengan pasir ataupun pecahan batu. Jadi, pastikan lagi ya Gan Sis agar tanah yang dipilih termasuk kering namun masih mengandung kelembapan dan juga air yang dibutuhkan. Untuk mengakalinya, Agan Sista bisa lho dengan  mencampurkan tanah dan pasir.

Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!

Atur paparan sinar matahari

Konon, mitos yang beredar adalah jika succulent merupakan tanaman yang sangat memerlukan paparan sinar matahari langsung karena tanaman ini termasuk dengan tumbuhan yang kering. Padahal setiap tumbuhan nggak terkecuali dengan succulent ini membutuhkan sinar matahari secukupnya aja sih, yang penting bisa untuk membantunya melakukan fotosintesis. Nah tanaman succulent ini termasuk yang fleksibel Gan. Meski begitu, pertumbuhannya akan terganggu jika ia nggak pernah terkena dengan sinar matahari atau malah terlalu lama terpapar.

Idealnya sih Agan Sista bisa menaruhnya di luar ruangan pada pagi hari atau saat ada sinar matahari dan meletakkannya lagi ke dalam ruangan pada malam hari. 

Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!

Jangan terlalu banyak memberikan air

Umumnya sih kesalahan ini Gan yang sering dilakukan yaitu memberi terlalu banyak air. Yang penting sih Agan Sista harus ingat jika succulent ini merupakan tanaman yang memerlukan tanah yang cukup kering sehingga jangan sampai memberi air yang membuatnya tergenang ya. Selain itu sebaiknya  jangan juga memberikan air jika kondisi tanah cukup lembap karena keadaan tanah ini juga tergantung dengan iklim dan cuaca di daerah kita tinggal.. Jika saat itu temperatur sedang tinggi atau sinar matahari terasa terik, Agan Sista  bisa memberikannya beberapa tetes air.

Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!

Kasih dia makan Gan!

Namanya juga makhluk hidup jadi ya perlu makan. Agar succulent bisa bahagia dan panjang umur, tumbuhan ini nggak hanya perlu air dan proses fotosintesis aja. Tapi juga perlu adanya asupan kalsium dan fertilizer. Kasih makanan ini bersamaan setelah memberikan air ya Gan Sis!

Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!

Beri sirkulasi udara yang cukup

Setiap succulent memiliki kebutuhan udara yang berbeda Gan. Jika Agan membeli succulent untuk diletakkan di dalam ruangan, sangat disarankan untuk meletakannya dalam pot yang memiliki lubang-lubang kecil di dasarnya sehingga bisa memberikan kelancaran sirkulasi udara. Ada baiknya juga untuk mengeluarkan ruangan secara rutin Gan Sis biar dia bisa bernafas!



 
Gampang-gampang susah ya Gan Sis untuk merawat tanaman succulent ini biar bisa tetap hidup dengan baik. Tapi intinya sih jika Agan dan Sista udah berkomitmen untuk menyayangi mereka pasti juga nggak akan keberatan kan untuk melakukan treatment atau perawatan demi kelangsungan hidup si tanaman mungil ini.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 00:18
Gak punya tanamanyaemoticon-Cape d...
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 01:45
trus kalo kita rebus tanamannya, trus airnya diminum bisa bikin panjang umur ? emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan manbrotheking memberi reputasi
2 0
2
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 05:20
Untuk penghias meja kantor, lumayan dpt karbon dioksida utk bikin rileks
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 05:22
Pantes tanaman ane ada yang mati dan gk berkembang... BTW sepi amat hate nya
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 05:36
Itu taneman ber-fotosintesis juga gak??




~bata kolektor~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.l.may dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 05:38
Ane beli yg plastik gak diapa apain pjg umur gan emoticon-Cool
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 05:39
temen ane nih yg Hobi ginian, dulu nyiram aer krbanyakan malah mati ttanemannya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 06:09
Beli terus... mati teruss juga hahahaha untung murah2...
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 06:30
tanaman ini lagi ng trend kan?
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 07:16
Kalau ga salah aku pernah liat tanaman ini dijual di mal2
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 07:18
Ane kira tanaman ini itu plastik loh
emoticon-Hammer2
Kecil bat si soalnya wkwkwkwk
Ternyata idup dan tanaman asli yak. Nice inpo gan
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 07:51
coba ah emoticon-Traveller
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 07:57
Pantesan sebulan mati.. kaga ane kasih makan. Kasih tempe orek hidup g ya?
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 08:23
imut tanamanya cocok banget itu klo ditempatkan d meja komputer atau ruang tamu, tp takut gak bisa ngerawatnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 08:39
pernah punya kaktus di pot kecil.... di pegang keponakan... auto mewek... emoticon-Hammer2
profile-picture
abk3304157 memberi reputasi
1 0
1
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 08:41
Quote:Original Posted By aldreikonan
Pantesan sebulan mati.. kaga ane kasih makan. Kasih tempe orek hidup g ya?

...sirem pake kuah sayur sop...
emoticon-Hammer2
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 08:53
oalah, ini namanya succulent tho. ane doyan tumbuhan ini. imut-imut gitu yang komen emoticon-Ngakak
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 09:20
dari dulu penasaran pengen punya beginian emoticon-Matabelo
0 0
0
Gini Gan Caranya Biar Tanaman Succulent Panjang Umur, Cekidot!
22-05-2019 09:45
pengen punya 1...tp ga mau beli...maunya dikasi aj
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.