alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce234f388b3cb41742dbd59/waspada-modus-penipuan-dalam-transaksi-digital
Lapor Hansip
20-05-2019 12:02
Waspada modus penipuan dalam transaksi digital
Waspada modus penipuan dalam transaksi digital

Hallo gan agan, ane mau kasi sedikit informasi ni buat agan & sista semua.
sedikit informasi tapi memiliki manfaat yang banyak.
emoticon-Hansip

di zaman yang serba teknologi sekarang, manusia banyak yang dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam bertransaksi digital.
emoticon-Wow

tapi agan & sista harus lebih berhati-hati dalam memanfaat teknologi sekarang ya, karena rawan banget modus penipuan dalam transaksi digital ini.
emoticon-Sorry

Quote:Waspada modus penipuan dalam transaksi digital 
Anda harus berhati-hati saat melakukan transaksi digital. Author /Shutterstock

Transaksi melalui platform digital terus meningkat. Menurut data yang dilansir The Nielsen Companypada 2017 nilai transaksi pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mencapai Rp4,7 triliun. Angka ini meningkat cukup tajam dibanding tahun 2016 dengan nilai transaksi Rp3,3 triliun.

Di satu sisi, besarnya angka transaksi digital di Tanah Air bisa memberikan celah berkembangnya kejahatan di dunia maya. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya beberapa jenis modus digital, seperti phisingskimming, dan hacking. Tujuan dari ketiga modus tersebut sama, yaitu menguras dana nasabah bank dengan cara berbeda.

Untuk tindakan antisipasi dan menghindari modus kejahatan di dunia digital saat melakukan transaksi online, Anda dapat melakukan beberapa langkah dalam menghindari “aksi perampokan” sebagai berikut.

Jangan sembarangan memberikan data pribadi

Bagi Anda yang gemar melakukan transaksi digital, berwaspadalah pada aksi phising. Istilah phising merupakan aksi yang dilakukan oleh sindikat dalam ranah digital untuk mengecoh nasabah bank agar mengirimkan data tanpa disadarinya. Aksi ini biasanya terjadi kepada penggunaan ATM, mobile banking, dan internet banking.

Modus ini biasanya menggunakan surel (surat elektronik) yang dikirim pelaku secara acak, sehingga siapa pun bisa menerimanya. Bila Anda mulai terkecoh dengan modus seperti ini, Anda dapat mengonfirmasi dengan menghubungi pihak resmi yang mengirimi surel tersebut.

Abaikan isi surel yang mencurigakan

Bila Anda mendapat kiriman surel yang tidak jelas asal-usulnya seputar pembaruan data atau transaksi, sebaiknya Anda mengabaikan isi pesan tersebut, terlebih Anda pernah menerima surel yang mencurigakan seperti surel spam. Pasalnya, pihak bank atau perbankan selalu meminta nasabah melakukan pembaruan hanya di kantor bank dan bukan melalui surel.

Jangan mengunduh tautan di dalam surel yang tidak dikenal

Bila Anda mendapat pesan di dalam surel untuk mengunduh tautan atau berkas yang tidak dikenal, jangan pernah membuka dokumen tersebut. Pasalnya, bila Anda melakukannya, dapat menginfeksi perangkat atau gawai Anda berupa penyebaran virus malicious software (malware).

Malware sendiri merupakan program untuk menduplikat data dan bisa terinstal di gawai Anda saat proses mengunduh selesai. Jika penyebaran virus malware sudah terpasang di perangkat Anda, “penjahat” online dapat leluasa mengintip data-data pribadi, termasuk data perbankan hingga kartu kredit.

Bila Anda memiliki kepedulian tinggi serta wawasan luas lebih seputar aksi kejahatan di dunia maya saat ini, Anda dapat menuangkan ide dan kreativitas dalam lomba komik Beritagar.id pada 11 April 2019.

Lomba Komik 2019 yang mengangkat tema "Dibikin Simpel dengan Teknologi Digital" ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Anda dapat mendaftar secara individu atau membentuk tim yang terdiri dari maksimal dua orang.

Bagi peserta yang memiliki karya komik terbaik, akan mendapatkan hadiah Apple Macbook Pro untuk pemenang utama. Selain itu, ada pula 5 unit Samsung Galaxy A7, 11 Tabungan Sakuku senilai Rp500 ribu, dan 5 unit Wacom Intuos CTL-4100WL Bluetooth Small.

Caranya mudah, peserta yang telah menyelesaikan desain komik dapat mengunggah materi lomba mulai dari 11 April sampai 15 Juni 2019. Untuk informasi lengkap dan ketentuan lomba, bisa Anda lihat pada tautan https://beritagar.id/lomba/komik.




wahh serem juga ya gan, makin banyak aja bentuk-bentuk penipuan jenis baru ya gan.
emoticon-No Hope

agan & sista harus lebih berhati-hati ya.
emoticon-2 Jempol

Quote:emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat disiniemoticon-cystg
Jangan lupa rate bintang emoticon-Rate 5 Stardan tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh 



emoticon-Toast



SUMUR :


Beritagar.id


Quote:Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain ganemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup













Waspada modus penipuan dalam transaksi digital
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
20-05-2019 12:13
jadi manusia harus seperti buaya gan .. jgn mau dikadalin emoticon-Big Grin

gak ada istilah orang dapat rejeki nomplok berbondong-bondong tanpa ada usaha yg konkrit dan jelas.

jadi stop jadi orang bodoh, dan mulailah kerja sekeras dan secerdas mungkin agar memperoleh hasil yg maksimal yg bisa kau nikmati seumur hidupmu.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.