Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
146
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd6c36a2525c314c657e84f/masalah-yang-biasanya-terjadi-dalam-pernikahan
Masalah oleh sebagian besar dari kita menganggap sebagai beban hidup sehingga ada yang memilih untuk menghindarinya. Setiap fase dari tahapan kehidupan kita sebenarnya tak pernah luput dari yang namanya masalah. Apalagi dalam hubungan pernikahan  yang nota bene hubungan yang menyatukan 2 isi kepala yang berbeda akan ada banyak sekali masalah yang akan datang mengganggu.
Lapor Hansip
11-05-2019 19:43

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan


Masalah oleh sebagian besar dari kita menganggap sebagai beban hidup sehingga ada yang memilih untuk menghindarinya. Setiap fase dari tahapan kehidupan kita sebenarnya tak pernah luput dari yang namanya masalah. Apalagi dalam hubungan pernikahan  yang nota bene hubungan yang menyatukan 2 isi kepala yang berbeda akan ada banyak sekali masalah yang akan datang mengganggu.

Berikut ini adalah masalah yang paling sering dialami.

1. MERTUA DAN IPAR

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Tidak semua, tapi hampir sebagian besar pasangan memiliki masalah dengan mereka. Sebagai keluarga pastinya mereka menginginkan yang terbaik menurut mereka untuk kita. Tapi sering sekali mereka melupakan batasan sampai sejauh mana seharusnya masuk kedalam kehidupan rumah tangga kita.

Belum lagi perbedaan cara pandang, kebiasaan dan adab mertua dan ipar yang bisa amat bertolak belakang dengan kita sehingga terkadang membuat kita berpikir bahwa keluarga dari pasangan kita sedikit di luar batas kewajaran.

Solusinya kita harus bisa sedapat mungkin mentolerir perilaku mereka, tentu saja dengan kesepakatan pasangan untuk menjalaninya.


2. FINANSIAL

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Sumber permasalahan ini bisa datang darimana saja, terduga ataupun tidak. Masalah finansial ini  biasanya sering diributkan pasangan. Salah satu cara untuk menyelesaikannya adalah dengan bicara jujur terhadap pasangan tentang masalah keuangan yang dihadapi. Jangan menutupi setiap pemasukan dan pengeluaran beserta aset yang dimiliki.

3. PEMBAGIAN PERAN DALAM RUMAH TANGGA

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Zaman sekarang tidak lagi seperti dulu dimana semua pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan yang harus dilakukan yang wanita. Saat ini wanitapun banyak yang memiliki karir sama seperti laki - laki. Nah pada pasangan yang keduanya bekerja, pembagian tugas dalam rumah tangga ini sering juga diributkan.

4. BOSAN

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Rasa ini sesekali pasti bisa datang pada masing - masing pasangan walaupun tidak diungkapkan secara terus terang. Tapi jangan menjadikan ini sebagai suatu momok yang menakutkan apalagi sampai meninggalkan pasangan. Solusinya lakukan sesuatu untuk membuat hubungan kembali bergairah seperti jalan - jalan berdua, mencoba gaya baru dalam bercinta dan sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi masalah yang ada dalam pernikahan. Kalau agan dan sista ada yang mau menambahkan atau berpendapat silahkan dishare.

Masalah apapun itu bukan untuk dihindari tapi untuk dihadapi. Bersyukurlah jika masih mempunyai masalah sebab itu menandakan bahwa kita masih hidup.

Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan

Tulisan opini pribadi

Gambar by Google

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 20:00
tambahan dari teman - teman kaskuser, semoga bermanfaat

Quote:Original Posted By luluvi
paling banyak sih hubungan antara mertua perempuan dan menantu perempuan....masalah finansial..dan badan bini yg mulai melar sehabis melahirkanemoticon-Malu


Quote:Original Posted By nanadidi
Anak juga gan. Nanti pasti masalahin cara ngasuhnya.


Quote:Original Posted By bentar.nr
Nambahin gan: Kelelahan😆. Apalagi klo sudah pny anak, dan lebih dari satu, kecil2 pula, ditambah gak pake asisten RT. Cape gan... Bener2 harus saling dukung dan kerjasama antara suami-istri biar kuat. Kerjaan gak ada habisnya gan😊, dan tetap harus mengerjakan peran masing2, terutama dalam mendidik anak. Tapi nikmati aja gan, itulah seni sesungguhnya berumahtangga.


Quote:Original Posted By penyukabiru
Dari pengalaman temen temen gue yg udah kimpoi. tinggak dengan mertua adalah beban. ya, okelaaa kalo mertuanya ngerti sikon, kalo yg kaga ngerti, pas doi cerita pen gue bejek bejek sumvvah.
...
masa bininyaa disuruh kerja, lakinya enak enak dirumah. emoticon-Blue Guy Bata (L)

...
Kalo gue jadi lakinya, Malu ,udah kimpoi tapi masih tinggal di pondok mertua.

Mandirilah kalo udah kimpoimah.


Quote:Original Posted By hafidz.Ahmad
Untuk yg paling berat itu ya masalah sama kluarga mertua. Dimana istri harus bisa jadi jembatan bagi suami untuk kluarganya, tapi jarang terjadi, di awal pernikahan justru tanpa sadar istri itu maksa suami nerima kluarganya, begitu juga sebaliknya suami juga sama, tapi setelah tinggal di rumah sendiri, pisah sama ortu/mertua baru bisa ntar saling menjembatani,,,, itu pengalaman pribadi saia loh,,,,
Jadi menurut saia, rumah tangga itu di bangun baiknya ya di rumah sendiri, gak bareng sama mertua/ortu... Baiknya sih gitu,,,
Saia 1 tahun ikut mertua, stlh itu 1 tahun ikut orang tua,,, haduh,,,, sama persis sama masalah2 TS ini, tapi setelah 4 tahun ini rumah sendiri, Alhamdulillah,,,, tidak pernah ada masalah,,, paling salah faham bentar, kadang salah nempatin posisi bagaimana seorang suami, kadang juga mentang2 saia suami harus diturutin,,, ya masalah2 spele hanya bumbu penyedap sih, gak pernah sampai pelik kayak pas masih bareng ortu/mertua...
Dulu saia sampe kepikiran nyesel nikah,,,, heuheu


Quote:Original Posted By anita.sutanty
Makanan or masakan.


Quote:Original Posted By swiitdebby
mandul....

jadi permasalahan nya


Quote:Original Posted By blezzernet
banyak bray... banyak banget bukan cuman yang TS jabarin... intinya kalo gak nurunin ego mah.. pasti tu tangga bakalan jatoh 100% emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By DeviMp
yg namanya pernikahan pasti ada aja gan masalahnya . nah itu yg membuat pernikahan berasa & berwarna emoticon-Big Grin

bumbu2 perdebatan asal jangan baku hantam emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By abk3304157
yah kadang bgtu, tp gimana kitanya aja untuk menyiasatinya permasalahan diatas, pintar pintar kita aja emoticon-Kimpoi


Quote:Original Posted By oeletgendoet
yang paling kronis kl menurut ane itu BOSAN gan.. itu yg paling beraaat.. karena itu jatuh cinta jauuuuuh lebih gampang drpd terus memelihara cinta itu sendiri.. kl kata di sepakbola, menjadi juara lebih gampang drpd mempertahankan gelar..


Quote:Original Posted By traktompel
ninggalin jangan nambah karena alasan penting diperbolehkan


Quote:Original Posted By ocp yosep
klo yg uda ane jalanin selama setahun ini, intinya itu kita harus jujur dan terbuka sama pasangan, trus jg saling menghormati dan pengertian, trus taat sama ibadah sama Tuhan sang pencipta. klo itu uda dijalanin semoga hubungan bisa langgeng sampai maut memisahkan. emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By ronalddch
Kurang lebih garis besarnya seperti itu gan, tapi emang masih banyak lagi masalah yg akan timbul, usia pernikahan 3-5-10 tahun itu paling rentan dng cobaan dan masalah. Tapi biasanya diatas 10 thn biduk rumah tangga sdh mulai stabil dan langgeng insyaAllah, "pengalaman pribadi"


Quote:Original Posted By ramadhanfnw
Tambah.
Istri dandan klo mau kondangan doang, bukan buat suami emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By davecchio
Nikah 11 tahn, kadang masalahnya itu2 aja..muter2 kaya ikan di sumur..minimal ada anak yang menjadi pertimbangan kalau ada perselihan..


Quote:Original Posted By coworkingspace
Menurut ane, masalah terbesar adalah menyatukan sikap 2 pribadi yang sangat berbeda.


Quote:Original Posted By solehikhsanudin
nikah tu nyatuin 2 keluarga besar, makanya prefer nyari yang se-kufu' emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By bladesilver
yg ane sering denger dari tmen2 yg udah nikah sih, istrinya pada terlalu "kepo" dengan sosmed suami.. dan kadang melarang sang suami ketemu temen2 lamanya..

klo yg ane alami sendiri sih, sekarang malah sering telat kalo ada acara.. karena bini ane kudu bersolek dulu.. yg tadinya janji ketemuan jam 10, malah bisa-bisa baru berangkat 10.15 emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By tgotik
Masalah yang susah diatasi itu ketika karakter pasangan berubah tengah jalan.
Biasanya karena sosmed atau komunitas.


Quote:Original Posted By babysitter89
Tambahan dari ane..
5. Sifat asli
Sebelum nikah semuanya so swiit. Ud nikah, mulai keliatan satu2

6. Berat badan
Sebelum nikah badan ane ramping...ping..ping. BB masih kisaran 45. Ud nikah naik sampe 4 kilo. Tp semua numpuk d perut jd BUNCIT

7. Anak
Biasanya tetangga yg rajin nanyain. Udah punya anak belum? Kok belum? Ud ke dokter belum? Ud doa belum?
Sampek ane ngambek sama laki seharian gak mw bantu toko dan mlah nonton Instant Family yg ceritanya ngadopsi anak. Wkwkw

8. Masakan
Beruntunglah yg jago masak atau satu selera. Ane orang Padang nikah sama orang Jawa Tengah. Tinggal sama mertua pula. Isinya kecap..kecap..kecaaaaap. atau kalau bikin sambel ada manis2nya.
Harus bisa adaptasi

9. Culture shock
Ini yg tinggal d rumah mertua beda budaya juga. Sejauh ini ane aman2 aja sih.. mertua baik banget. Tp kemarin ane cm sekali taraweh d mesjid. Gara2 disni tarawihnya jenis race gitu. Bikin ane gak khusyuk sama sekali. Akhirnya ane milih mutusin d rumah

10. Privasi
Ok. Ini krna lagi2 tinggal bareng mertua. Wikwikwik gak nyaman banget. Ranjangnya bunyi lah...harus mode silence lah.. mandi wajib mesti ngumpet2.

11. Finansial
Ini ud dibahas TS. Kalo kaya ane ini kadang ya harus berlapang dada liat laki bayarin tagihan listrik, wifi sekeluarga. Bahkan kebutuhan sehari2 rumah diambil dari toko yg dikelola suami. Meski itu statusnya toko masih milik mertua. Tp ya managingnya ud full dipegang suami. Ya, ane juga numpang makan tinggal gratis sih di sini.

Yap. Kira2 itulah problem yg ane alami setelah bbrp bulan nikah. Yang penting komunikasi lancar, kalo berantem2 usahakan selesai di bawah 24 jam. Banyak2 ngalah aja. Kadang pasangan akan sadar sendiri kok kalo dia salah.

Buat yg belum nikah dan udah ada calon, mending kalian bikin dulu kesepakatan bersama soal Term and Condition. Gunanya menghindari hal2 yg gak diinginkan.

Kalau yg ud nikah, banyak2 bersyukur dan ikhlas. Ingat kalian nikah brdasarkan apa dan ud commit menerima dy apa adanya 😉

Yang masih jomblo usaha terus yak!

emoticon-Traveller


Quote:Original Posted By babysitter89


Sebelum dan awal2 nikah ane keberatan banget tinggal harus d rumah mertua. Soalnya ane kebiasaan d jakarta tinggal sndiri d kos an penuh privasi.

Ane cemas soal privasi dan tanggung jawab urusan rumah tangga. Juga soal penilaian. Ane trauma soalnya pas sempat tinggal sama tante dulu pernah dikucilin karna penilaian jelek mereka k ane.
Tapi seiring berjalan waktu, everything is okay. Yg penting bantuin bikin sarapan, nyuci piring dan bantu suami d toko. Kalo soal nyuci baju, bersih2, masak buat makan siang udah ada pembantu yg ngerjain.

Ibu mertua juga baik. Sering ngajak ane jalan2. Kalau ane nyoba2 masak trus dia lagi free, pasti ikutan bantu.

Malahan ane kdg2 suka telat bangun pagi. Kalo udah gitu, ane tungguin ibu berangkat kantor baru ngendap2 k meja makan ambil sarapan. Trus bawa k kamar.

Wkwkwk...

emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By sendhaljepit
kalo dah tua saking bosennya dah jadi kayak roomate aja serumah kata nyokap gua 😂😂


Quote:Original Posted By Ay4mK4lkun
orang lain klo d tnya arti menikah pasti ujung2 nya soal selangkangan...
pdhl bnyak kejadian2 setelah menikah yg kya gini. untung mertua ane n ortu ane gak rewel, n santai smua. paling cuma bermasalah ma sifat pasangan yg baru diketahui baik buruk nya. tp yg terpenting komunikasi tetep di jaga biar gak ada kesalahpahaman dengan pasangan


Quote:Original Posted By rutheme
yg paling krusial kalo ipar usil kali ya emoticon-Cape d...
jujur pernah ngalamin pdhal cmn sepupu, iri hati gitu deh emoticon-Cape d...
yang lain sih masih bisa diatasi dgn baik, kalo bosen ya tinggal ganti gaya emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Yukihide
sebenernya ada banyak faktor sih ya masalah-masalah itu muncul
asal selalu ada komunikasi yang baik aja antara istri dan suami gan
emoticon-Ngakak

liat komeng diatas, sama gan, semenjak ketemu bini ane
ane udah naik 15kg, klo dari merit, udah naik 9kg an
emoticon-Ngakak


Diubah oleh I.W.a.K
profile-picture
bayu.good memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 20:10
hehe belum nikah belum sih..
tapi kalau menikah masa bisa bosan kan cinta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 20:29
Quote:Original Posted By biansyy
hehe belum nikah belum sih..
tapi kalau menikah masa bisa bosan kan cinta


ya bisa aja namanya setiap hari bersama, tapi bosannya ini paling cuman karena rutinitasnya saja, kalo cintanya mah tetepemoticon-Kiss (S)
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan davecchio memberi reputasi
2 0
2
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 22:09
5, suami jadi buncit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
I.W.a.K dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 22:22
Quote:Original Posted By eriskama
5, suami jadi buncit


Buncit tanda bahagia, btw ane naik 16 kg gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
I.W.a.K dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 22:28
Quote:Original Posted By eriskama
5, suami jadi buncit


buncit gara2 istri ngidam makanan macem2 sudah dibelikan malah cuma di makan 1 sendok. Sisanya terpaksa saya yg makan terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
11-05-2019 23:04
Quote:Original Posted By eriskama
5, suami jadi buncit


masalah ya gan? emoticon-Big Grin
0 0
0
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 04:02
betul betul betul
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 06:50
Quote:Original Posted By denidzuko


Buncit tanda bahagia, btw ane naik 16 kg gan emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By artono21


buncit gara2 istri ngidam makanan macem2 sudah dibelikan malah cuma di makan 1 sendok. Sisanya terpaksa saya yg makan terus


BBB, Bapak Bapak Buncit. hehe

Quote:Original Posted By I.W.a.K


masalah ya gan? emoticon-Big Grin

kan jadi kurang seksi
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 08:52
paling banyak sih hubungan antara mertua perempuan dan menantu perempuan....masalah finansial..dan badan bini yg mulai melar sehabis melahirkanemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan I.W.a.K memberi reputasi
2 0
2
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 09:00
Quote:Original Posted By luluvi
paling banyak sih hubungan antara mertua perempuan dan menantu perempuan....masalah finansial..dan badan bini yg mulai melar sehabis melahirkanemoticon-Malu


real story ya gan? emoticon-Malu (S)
profile-picture
Gudyl memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 09:13
Quote:Original Posted By I.W.a.K
real story ya gan? emoticon-Malu (S)


Hasil pengamatan ganemoticon-Betty
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 12:49
Quote:Original Posted By eriskama




BBB, Bapak Bapak Buncit. hehe


kan jadi kurang seksi


hahay bbb bapak berperut besar hay
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 14:39
Anak juga gan. Nanti pasti masalahin cara ngasuhnya.
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 15:17
BAPAK BAPAK BAHAGIA

0 0
0
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 21:45
Quote:Original Posted By nanadidi
Anak juga gan. Nanti pasti masalahin cara ngasuhnya.


oh iya bisa juga itu gan.
profile-picture
ninja.rangers memberi reputasi
0 1
-1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
12-05-2019 22:20
Quote:Original Posted By I.W.a.K


ya bisa aja namanya setiap hari bersama, tapi bosannya ini paling cuman karena rutinitasnya saja, kalo cintanya mah tetepemoticon-Kiss (S)


ogituya makanya ganti rutinitas menjadi aktivitas, hehe
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
13-05-2019 19:38
Quote:Original Posted By megaut


hahay bbb bapak berperut besar hay


haha iya gan. Buncit buncit bapak
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
14-05-2019 12:05
good thread TS


Smoga kedepannya Lebih lebih lebih baik untuk smuanya
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Masalah yang biasanya terjadi dalam pernikahan
14-05-2019 13:28
Quote:Original Posted By oseng.west
good thread TS


Smoga kedepannya Lebih lebih lebih baik untuk smuanya


thanks emoticon-Smilie
amin gan
profile-picture
capcayseafood1 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia