Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc992c882d495798f3bbce3/macam-macam-tanaman-holtikultura-bernilai-ekonomis-tinggi
Apa kalian tahu apa itu tanaman holtikultura? Nama holtikultura di ambil dari bahasa latin yaitu hortus  yang artinya tanaman kebun dan cuktura yang berarti berbudidaya. Jika di komplikasikan tanaman holtikultura bisa kita artikan sebagai berbudidaya tanaman kebun.
Lapor Hansip
01-05-2019 19:36

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)

Past Hot Thread
Apa kalian tahu apa itu tanaman holtikultura? Nama holtikultura di ambil dari bahasa latin yaitu hortus  yang artinya tanaman kebun dan cuktura yang berarti berbudidaya. Jika di komplikasikan tanaman holtikultura bisa kita artikan sebagai berbudidaya tanaman kebun.

Secara umum, tanaman ini juga bisa diartikan sebagai tanaman yang memiliki scope lokasi yang lebih luas, salah satunya yaitu produksi pertanian tradisional maupun modern.

Sehingga, tanaman holtikultura adalah tanaman yang meproduksi budidaya perkebunan, seperti budidaya buah-buahan dan juga sayuran.  Jikan kamu sangat suka berkebun, tidak ada salahnya komu mencoba berbudidaya tanaman holtikultura ini untuk di rumah.


Macam-macam bawang 
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Tanaman holtikultura yang sangat mudah untuk kamu coba di rumah yaitu seperti daun bawang, bawang merah, dan juga bawang putih. Karena tanaman bawang sangat cepat  untuk beradaptasi terhadap iklim kering dan sinar matahari.

Tanaman cabai
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)

Ketika kamu mempunyai tanaman holtikultura ini di rumah, kamu sudah tidak perlu cemas lagi jika sewaktu-waktu harga cabai naik. Membudidayakanyapun tidak memerlukan lahan yang berhektar-hektar cukup dengan mengunakan media polybag atau pot bunga.

Karena cabai sangat mudah sekali untuk beradaptasi dengan iklim yang ada di indonesia yang sangat panas. Namun kamu juga harus rutin untuk menyiraminya supaya tidak kering. Selain itu kamu juga harus menambahkan kapur agar kondisi tanah semakin subur dan pH tanahpun semakin ideal.


Tanaman tomat
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang banyak sekali di coba di kalangan masyarakat. Tomat sendiri merupakan tanaman yang sering kali di konsumsi masyaratakat sebgai sayuran atau buah-buahnya.

Nutrisi yang terkandung dalam tanaman tomat ini sangatlah banyak, tanam ini juga sering dijadikan sebagai bahan penyedap masakan, dan juga biasa di hidangkan sebagai makanan pencuci mulut.

Selain itu banyak juga yang mengunakan tomat sebagai bahan dari obat-obatan tradisional yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena kaya akan nutrisi.

Ada beberapa jenis tomat yang dapat dijadikan sebagai tanaman hortikultura. Namaun hal terpenting yaitu ketika kamu memilih kualitas bibit tomat. Jadi, pastikan bibit tomat yang kamu pilih memiliki jenis bibit yang unggul dan juga baik.

Sayur sawi

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Sayi merupakan salah satu tanaman yang menjadi favorit para pembudidaya tanaman di indonesia. Walaupun tanaman sawi ini bukan tanaman asli indonesia, namun tanaman ini sangat cocok untuk ditanam dengan iklim cuaca yang ada di tanah kita.

Selain itu sawi juga tahan terhadap huja, cuaca panas, dan juga sifatnya yang mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Dan untuk menanam taman hortikurtula ini juga cukup mudah, seperti tanaman pada umumnya siapkan lahan untuk mengelolah, siapkan benih, menanam, memupuk, dan juga memeliharanya dengan baik secara rutin.

Daun pandan

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Siapa yang tak kenal dengan tanaman hortikultura yang satu ini dengan wanginya yang sangat khas. Daun panda memiliki banyak sekali kegunaan bahkan manfaatnya seperti untuk bahan penyedap rasa, mengobati sakit perut, menambahkan nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, dan juga menghilangkan bau tak sedap pada tubuh.

Untuk membudidayakan tanaman ini cukup mudah, dengan menyediakan sepetak lahan atau pot dan di tempatkan ketempat yang teduh dan juga mudah untuk kita sioram setiap harinya. Daun panda juga bisa kita jadikan sebagai tanaman hias rumah juga lho!!

Kangkung

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Kangkung merupakan salah satu tanaman hortikultura yang sangat mudah untuk kamu tanam di rumah lho! Hanya butuh waktu yang singkat 4-6 minggu setelah proses pembenihan kamu sudah bisa untuk memanen tanaman kangkung yang sangat lezat ini.

Selain itu, untuk menghasilakn kangkung yang sehat, bergizi dan juga tumbuh dengan lebat. Anda harus selalu memperhatikan pemberian pupuk hidroponik yang berkualitas tentunya.


Lidah buaya
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)

Lidah buaya juga sanga cocok sekali untuk anda tanam di sekitar rumah. Karena proses perawatanya sangatlah mudah dan hampir sama dengan daun panda yang minim aka perawatan.
Hanya cukup menaruhnya di tempat yang teduh, namun untuk meletakkanya harus yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhanya bisa berkembang dengan baik/subur.

Selain bentuk dari lidah buaya yang sangat menarik dan unik, tanaman ini juga banyak sekali akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga banyak di manfaatkan sebagai minuma dingin atau es lidah buaya.

Jadi bagai mana apakah anda sudah tertarik untuk menanamnya? Yuk tanam tanaman hortikultura di rumah anda masing-maing ya!

Sumber : https://andromeda21.com


silahkan kunjungi website di atas untuk mendapatkan info-info menarik lainya yang terupdate dan juga teruktual. terimakasih semoga dapat bermnafaat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
02-03-2020 08:52
Quote:Original Posted By diandraps
iyaa bener jadi enak ngebedain treatmentnya.. soalnya penempatannya juga jelas.
hahaha berabe kalo salah petik mah emoticon-Ngakak


benar gan emoticon-Big Grin
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1 0
1
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
29-02-2020 17:19
mantap gan infonya semoga bermanfaat dan menginspirasi!
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
29-02-2020 17:19
Quote:Original Posted By corner30
kayanya seru yaaa nanem pohon yang hasilnya bisa kita konsumsi sendiri. tapi harus resik kayanya kalo mau ngerawat tanaman


Harus rajin gan Kalau misal mau nanem sendiri telaten lah intinya
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
29-02-2020 17:18
wahh baru tau holtikultura banyak ragamnya ya gan taunya cuma ug dasar sihh
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
23-02-2020 15:29
brg brg yg kalo naek bisa berlipat lipat
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
23-02-2020 14:40
kayanya seru yaaa nanem pohon yang hasilnya bisa kita konsumsi sendiri. tapi harus resik kayanya kalo mau ngerawat tanaman
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
23-02-2020 07:23
Quote:Original Posted By blunar
cuma ditanem dalem pot pun bisa gann...??? wiihh boleh niihh dicoba....

pupuk alami dari sisa makana dan kotoran hewan gitu gaann...??


Bisa kok gan, tapi pot yang gede gan.
Iyaa gan, biasanya sih itu lho gan ampas seduhan teh
emoticon-Ngakak
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
23-02-2020 00:17
bener2 bahan masakan semua
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
22-02-2020 21:49
iya gan, setuju banget nih, apalagi cabe tuh sering banget harganya melambung
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
22-02-2020 20:34
Quote:Original Posted By Yagami92
Enggak gan, dirumah kakek ane nanem cabe juga dipot tuh.
Katanya yang penting pake pupuk alami gan wkwk
Sama nutrisinya cukup


cuma ditanem dalem pot pun bisa gann...??? wiihh boleh niihh dicoba....

pupuk alami dari sisa makana dan kotoran hewan gitu gaann...??
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
22-02-2020 13:47

Quote:Original Posted By marikemana
benar gan .. masa pemupukan dan cara ngerawatnya kan jg beda. Biar gak keliru jg pas metiknya dikira sayur mau dimasak, eh taunya salah petik. Kan repot dah tuh emoticon-Big Grin


iyaa bener jadi enak ngebedain treatmentnya.. soalnya penempatannya juga jelas.
hahaha berabe kalo salah petik mah emoticon-Ngakak
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
21-02-2020 09:20
Quote:Original Posted By diandraps
oalah mantap gan, dibedain gitu biar enak ngerawatnya antara yg taneman hias sama taneman hidup.. emoticon-Jempol


benar gan .. masa pemupukan dan cara ngerawatnya kan jg beda. Biar gak keliru jg pas metiknya dikira sayur mau dimasak, eh taunya salah petik. Kan repot dah tuh emoticon-Big Grin
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1 0
1
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
21-02-2020 07:43
Quote:Original Posted By abk3304157
ane kalau nanti py rumah, pengen py halaman ditanamin kaya gtu. emoticon-Big Grin


iya nih ane jg kepikiran kek gt gan, kek nya bagus aja gt adem rumahnya
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
20-02-2020 10:08
Quote:Original Posted By nowbitool
Ente jangan mengaminkan opini seorang menteri yg meminta rakyat negara nganu disuruh nanem cabe, bawang sendiri gara-gara harganya meroket di pasaran emoticon-Marah


wakkkk emang menteri siapa gan? ane malah baru tau. soalnya emak ane dulu sempet nanem cabe, daun pandan, dan lain-lain sih, ya emang tinggal metik doang
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
20-02-2020 06:38

Quote:Original Posted By marikemana
klo di taman sih ttep ditanemin pohon hias sm bunga2 gt gan. Bikin rumah jd adem karna banyak pohon2an gt. Tp klo dipekarangan belakang rumah baru tuh jd warung hidup macem2 ditanam disitu. Buat masak keseharian doang haha tp asik emoticon-Betty


oalah mantap gan, dibedain gitu biar enak ngerawatnya antara yg taneman hias sama taneman hidup.. emoticon-Jempol
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
19-02-2020 20:09
Cabai iya lah yaa.. harganya mahal ye kan
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
19-02-2020 11:10
nenek di kampung banyk bgt nanam begituan, tapi skrg udah engga, soalnya nenek makin tua, jadinya ga ada yg rawat sama anak2 nya. .
hampir tiap hari berkebun terus
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
18-02-2020 22:25
Bawang sama cabai si nilai jualnya tinggi. apalagi pas gagal panen, harga langsung melonjak naik. mending kita nanem di pot, kalau berbuah tinggal dipetik buat masak, wkwkw
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
18-02-2020 22:16
ahahaha boleh boleh aja sih gan ,
silahkan emoticon-Ngakakemoticon-Jempol
0 0
0
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
18-02-2020 20:01
wiiih taneman holtikultura. lama banget gak dengerin kata holtikultura. jadi pengen nanem juga nih. apalagi hasil taneman holtikultura kan bisa dipake buat masakan sehari-hari
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia