alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc643ff10d29516c80afd8a/ini-alasan-vietnam-berani-tabrak-kapal-perang-indonesia-saat-menangkap-kapal-pencuri
TRIBUNWOW.COM - Sebuah video viral memperlihatkan kapal milik Vietnam menabrak KRI di laut lepas beredar luas di media sosial, khususnya di Facebook dan Instagram. Menanggapi video yang viral itu, Pangkoarmada I Laksmana Muda TNI Yudo Margono membenarkan hal tersebut. Ia juga menjelaskan alasan kapal Vietnam berani menabrak kapal perang Indonesia saat menangkap kapal pencuri ikan. Dalam video yang
Lapor Hansip
29-04-2019 07:23

Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri

Quote:
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri


TRIBUNWOW.COM - Sebuah video viral memperlihatkan kapal milik Vietnam menabrak KRI di laut lepas beredar luas di media sosial, khususnya di Facebook dan Instagram.
Menanggapi video yang viral itu, Pangkoarmada I Laksmana Muda TNI Yudo Margono membenarkan hal tersebut.
Ia juga menjelaskan alasan kapal Vietnam berani menabrak kapal perang Indonesia saat menangkap kapal pencuri ikan.
Dalam video yang viral tersebut, kapal dinas perikanan bertuliskan 'Vietnam Fisheries Resources Surveillance' yang memiliki nomor lambung KN-213 tampak menabrak KRI Tjiptadi 381.

Dalam rilis yang di terima TribunWow.com, Yudo Margono menjelaskan insiden tersebut terjadi di wilayah perairan Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara pada Sabtu (27/4/2019), pukul 14.45 WIB.
Yudo menjelaskan, kejadian ini bermula dari KRI Tjiptadi-381 yang melaksanakan Penegakan Hukum dan Kedaulatan di Laut Natuna Utara terhadap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979.
Pasalnya, KIA Vietnam BD 979 ini melakukan Illegal Fishing.
Karenanya, KRI Tjiptadi-381 menangkap KIA Vietnam tersebut.

Namun KIA tersebut ternyata dikawal oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam/Coast Guard Vietnam.
"Kapal Coast Guard Vietnam berusaha menghalangi proses penegakan hukum dan kedaulatan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 dengan memprovokasi melalui usaha mengganggu proses penegakkan hukum dan kedaulatan dengan cara menumburkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381," terang Yudo.

Yudo juga menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 adalah hal yang benar dan sesuai prosedur.
Namun, insiden ini terjadi karena pihak Vietnam mengklaim bahwa wilayah tersebut masih masuk di perairan Vietnam.

Yudo juga menyebutkan, bahwa tindakan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 dengan menahan diri adalah hal yang tepat.
"Untuk meminimalisir adanya ketegangan atau insiden yang lebih buruk diantara kedua negara, dimana kejadian/insiden di atas akan diselesaikan melalui Goverment to Goverment (G to G)," jelas dia.

Sebagaimana diketahui, kapal dinas Perikanan Vietnam, KN.264 dan KN.231 melakukan sejumlah provokasi dengan cara menabrak Kri Tjiptadi-381.
Lambung kiri KRI Tjiptadi-381 dan lambung kiri buritan KIA BD.979 ditabrak sehingga terjadi kebocoran dan tenggelam.
Beruntung, ABK Kapal Ikan Vietnam yang berjumlah 12 Orang berhasil diamankan ke atas KRI Tjiptadi-381.
"Namun 2 ABK yang berada diatas Kapal Ikan tersebut berhasil melompat ke laut dan ditolong oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam," kata Yudo.
Disebutkannya, ke-12 ABK Kapal Vietnam itu dibawa dan akan diserahkan ke Lanal Ranai guna proses hukum selanjutnya.
Sementara itu seperti diberitakan sebelumnya, dalam rekaman video amatir yang berdurasi 1 menit 24 detik itu, dipertontonkan Kapal Dinas Perikanan Vietnam menabrak KRI Tjiptadi 381.

Satu yang mengunggah video tersebut adalah akun Instagram @indonesian_militaredia, Minggu (28/4/2019).

Dalam video tersebut, tampak sebuah kapal milik Vietnam yang memiliki nomor lambung KN-213 mendekat ke arah KRI TPD 381 yang sedang melaju.
Di badan kapal Vietnam itu, tampak tulisan 'Vietnam Fisheries Resources Surveillance'.
Kapal Vietnam itu tampak terus melaju ke arah lajur KRI Tjiptadi hingga menabrak KRI TPD 381.

Hal ini lantas membuat sejumlah awak buah kapal di KRI TPD 381 berlarian ke arah geladak kapal.
Mereka berteriak, bahkan mengucapkan sejumlah cacian baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa daerah pada awak kapal Vietnam itu.
Namun, kapal Vietnam itu tampak tak memedulikan.
Saat KN-213 menabrak KRI TPD 381, awak kapal KRI TPD 381 tampak siaga sambil membawa senjata laras panjang mereka.
Ada juga awak kapal yang menendang dan memukul kapal Vietnam menggunakan linggis.
Setelah menabrakkan diri, kapal Vietnam itu lantas mundur dan menjauh dari KRI TPD 381.

Tampak awak kapal KRI TPD 381 yang menunjuk-nunjuk dan masih mengeluarkan caciannya untuk awak kapal KN 213 itu.
Seolah tak menghiraukan, KN 213 terus mundur, kembali ke laut lepas.

Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri


"INSIDEN DITABRAKNYA KRI TPD 381 OLEH DUA KAPAL DINAS PERIKANAN VIETNAM DI LAUT NATUNA.
Sabtu, 27 April 2019

Saat KRI TPD TNI AL melaksanakan patroli di laut Natuna dan menangkap sebuah kapal berbendera Vietnam KIAV BD 979 karena kedapatan melakukan ilegal fishing, dua kapal dinas perikanan Vietnam mendekat untuk menghalangi proses penangkapan.
Kedua kapal yang diidentifikasi sebagai kapal dinas perikanan Vietnam (KN 264 dan KN 231) kemudian bermanuver mendekati KIAV BD 979 dan beberapa kali menabraknya hingga mengalami kerusakan pada bagian bakat.

Meski diteror dua kapal Vietnam, KRI TPD TNI AL tetap menyeret kapal asing tersebut ke Lanal Ranai tanpa menghiraukan manuver dua kapal dinas perikanan Vietnam yang terus melakukan manuver berbahaya.
Diluar dugaan, KN 264 melakukan aksi nekat dengan menabrak KRI TPD TNI AL dari sisi lambung kiri. Sedangkan KN 231 menabrak KIAV BD 979 hingga bocor dan tenggelam.
.
Melihat situasi KRI yang bisa terseret kapal KIAV BD 979 karena tenggelam akhirnya komandan kapal perintahkan potong seluruh tali yang menghubungkan KRI TPD dengan KIAV BD 979.
Tidak lama, kedua kapal dinas perikanan Vietnam akhirnya pergi menjauh. Sejumlah 15 ABK KIAV BD 979 berhasil diamankan dan diinterogasi," begitu caption unggah




sumber


Pas liat videonya anggota tni mencaci maki gunanya apa, merrka ga ngerti juga bahasanya emoticon-Leh Uga sekelas kapal dinas vietnam brani menabrak kapal militer emoticon-Leh Uga yg disesalkan kenapa tidak diberi tembakan peringatan padahal tindakan mereka sudah mengancam keamanan dr pihak kapal tni .ini kapal militer lo bukan sekelas KKP atau bakamla .emoticon-Leh Uga semoga jadi evaluasi buat kedepan
Diubah oleh re.eitan2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 11 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 12
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:33
Quote:Original Posted By oberleutnant88
negara nguyen nakalnya maen nyuri ikan, negara malingsia nakalnya masalah perbatasan, dan maling budaya. tolong perkuat TNI AL, kita harus punya banyak destroyer ama frigate, kalo perlu satu flotilla cruiser juga. sebar di seluruh laut natuna biar keder tuh 2 negara.. dan jgn lupa pesawat maritim banyakin juga kyk P8 poseidon


Uang buat belinya darimana gan?
profile-picture
hattori hanzo memberi reputasi
1 0
1
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:36
Quote:Original Posted By gunliejack
Klo yg ditabrak kapal perang TNI ud beda lagi urusannya gan...


Emang kapal perang TNI kok gan
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:38
Quote:Original Posted By nurcahyadi7
Uang buat belinya darimana gan?


Anggaran militer kita diperbesar, suruh tim desain PAL kerjasama ama desain kapal luar negeri supaya ilmunya diserap, klo yg pesawat poseidon kyknya dipending dulu juga gppemoticon-Ngacir
Diubah oleh oberleutnant88
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:40
Quote:Original Posted By inthebeechwoods
beda cerita kalau ada bu susi emoticon-Leh Uga


Emangnya Bu Susi bisa apa gan kalau sudah masuk di konflik militer? Ini sudah ranah TNI.
profile-picture
oberleutnant88 memberi reputasi
1 0
1
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:44
Quote:Original Posted By oberleutnant88
Anggaran militer kita diperbesar, suruh tim desain PAL kerjasama ama desain kapal luar negeri supaya ilmunya diserap, klo yg pesawat poseidon kyknya dipending dulu juga gppemoticon-Ngacir


Mau diperbesar bagaimana lagi gan? Wong katanya anggaran hankam kita sudah besar no. 2 se Asean, dan memang secara kuantitas begitu. Tapi disajikan fakta bahwa anggaran hankam kita paling buncit se Asean kalau pakai persen GDP pada g mau denger.
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:47
Quote:Original Posted By nurcahyadi7
Mau diperbesar bagaimana lagi gan? Wong katanya anggaran hankam kita sudah besar no. 2 se Asean, dan memang secara kuantitas begitu. Tapi disajikan fakta bahwa anggaran hankam kita paling buncit se Asean kalau pakai persen GDP pada g mau denger.


Nah itu blunder dari kubu 01 kalo menurut ane dlm masalah pertahanan, bisa berkaca ama vietnam dan thailand berapa anggaran yg dikucurkan buat militernyaemoticon-Nyepisemoga TKN sadar
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
29-04-2019 23:50
Quote:Original Posted By nurcahyadi7
Emangnya Bu Susi bisa apa gan kalau sudah masuk di konflik militer? Ini sudah ranah TNI.


Jangan serius" banget menanggapi postingan gue lah, seperti yg di bilang laksamana muda biar diselesaikan secara G to G
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 00:08
Quote:Original Posted By oberleutnant88
Nah itu blunder dari kubu 01 kalo menurut ane dlm masalah pertahanan, bisa berkaca ama vietnam dan thailand berapa anggaran yg dikucurkan buat militernyaemoticon-Nyepisemoga TKN sadar


Nanggung amat Gan, kalau mau berkaca itu ke Singapura secara anggaran militernya 30% dari GDP. Tapi jangan terlalu berharap untuk term ke 2 pemerintahan Jokowi ini akan ada peningkatan di bidang militer yang sognifikan. Fokusnya Jokowi ini di pembangunan dan kesra. G penting juga pembangunan militer karena g ada sangkut pautnya dengan pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan rakyat. Hanya sekarang memang belum terasa sampai nanti ada negara lain nimpukin rudal ke kita. Makanya apa yang dilakukan oleh anggota TNI dalam kasus ini sudah tepat. Logika dikedepankan daripada emosi sesaat. Hanya Chauvinist Warmonger yang teriak-teriak lembek lah, g tegaslah, dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaizal dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 00:15
Jitak...tak tak tak endase nggarai tuman.
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 00:18
Quote:Original Posted By nurcahyadi7
Nanggung amat Gan, kalau mau berkaca itu ke Singapura secara anggaran militernya 30% dari GDP. Tapi jangan terlalu berharap untuk term ke 2 pemerintahan Jokowi ini akan ada peningkatan di bidang militer yang sognifikan. Fokusnya Jokowi ini di pembangunan dan kesra. G penting juga pembangunan militer karena g ada sangkut pautnya dengan pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan rakyat. Hanya sekarang memang belum terasa sampai nanti ada negara lain nimpukin rudal ke kita. Makanya apa yang dilakukan oleh anggota TNI dalam kasus ini sudah tepat. Logika dikedepankan daripada emosi sesaat. Hanya Chauvinist Warmonger yang teriak-teriak lembek lah, g tegaslah, dll.


Oke gan siap emoticon-Nyepiemoticon-army tapi kok klo nyontoh singapore mana bisa karna gdp kita ama mereka ngejomplang jauh
Diubah oleh oberleutnant88
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 01:24
Quote:Original Posted By beyoungcarerock
Bajingan si nguyen emoticon-Marah


nah begitu itu kalau anak didik ngelunjak, vietnam itu dididik teknik perang dari Indonesia sekarang malah ngelunjak terang-terangan, koordinat peta di tempat kejadian simpan sebagai bukti bahwa kejadian ada di perairan Indonesia artinya mereka menerobos masuk wilayah Indonesia tanpa izin seharusnya petugas Indonesia sekalian saja tangkap kapal petugas vietnam yang nabrak itu karena bekerja sama melakukan kejahatan di wilayah Indonesia lalu rekam sebagai bukti kalau sampai perang pun nggak masalah karena Indonesia berada diposisi menegakan hukum diwilayah sendiri jangan khawatir rakyat Indonesia siap membantu TNI angkat senjata..nggak tau kalau membidik atau ngokang senjata bisa apa nggak rakyat Indonesia ya?? apa cuma bisa ngangkat senjata nya doang? nggak ngurus lah yang penting bela negara Indonesia sampai menang!
profile-picture
beyoungcarerock memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 01:33
Quote:Original Posted By nurcahyadi7


Emangnya Bu Susi bisa apa gan kalau sudah masuk di konflik militer? Ini sudah ranah TNI.


Bu Susi membantu menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang tertangkap gan emoticon-Big Grin
Klo udah masuk ranah militer ane rasa Bu Susi udah tau harus arahkan langkahnya kemana.



Mantep lah TNI, megang senjata, di lautan sendiri, emosi masih terkontrol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 01:33
Quote:Original Posted By nurcahyadi7


Nanggung amat Gan, kalau mau berkaca itu ke Singapura secara anggaran militernya 30% dari GDP. Tapi jangan terlalu berharap untuk term ke 2 pemerintahan Jokowi ini akan ada peningkatan di bidang militer yang sognifikan. Fokusnya Jokowi ini di pembangunan dan kesra. G penting juga pembangunan militer karena g ada sangkut pautnya dengan pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan rakyat. Hanya sekarang memang belum terasa sampai nanti ada negara lain nimpukin rudal ke kita. Makanya apa yang dilakukan oleh anggota TNI dalam kasus ini sudah tepat. Logika dikedepankan daripada emosi sesaat. Hanya Chauvinist Warmonger yang teriak-teriak lembek lah, g tegaslah, dll.


Indonesia punya kekuatan yang tidak tertandingi yaitu rakyat, amerika saja sudah mengakui kalau mengalahkan tentara Indonesia itu mudah yang paling susah kalau harus berhadapan dengan rakyat Indonesia karena kalau terjadi perang dengan Indonesia pasti rakyat Indonesia akan berjuang bersama tentaranya, jadi rakyat Indonesia yang bikin mereka mikir seribu kali kalau mau nyerang Indonesia itu gan
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 01:43
Quote:Original Posted By nurcahyadi7


Uang buat belinya darimana gan?


beli?? bikin dong! masa harus beli melulu?? bijih besi bejibun di Indonesia insinyur juga banyak tenaga kerja apalagi nggak kehitung banyaknya, minta waktu satu jam sehari buat bela negara bikin kapal tempur upahnya nasi bungkus atau nasi kotak yakin dah pada mau dengan senang hati demi membela NKRI
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
Lapor Hansip
30-04-2019 01:47
Balasan post barulangit
Quote:Original Posted By barulangit


beli?? bikin dong! masa harus beli melulu?? bijih besi bejibun di Indonesia insinyur juga banyak tenaga kerja apalagi nggak kehitung banyaknya, minta waktu satu jam sehari buat bela negara bikin kapal tempur upahnya nasi bungkus atau nasi kotak yakin dah pada mau dengan senang hati demi membela NKRI


Ya sok dimulai dari loe. emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
novembermann dan oberleutnant88 memberi reputasi
1 1
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 01:58
KRI di laut lepas itu bukannya representasi kedaulatan RI ?

Kemenlu harus protes keras nih! emoticon-Mad



Eh..... tapi impor beras kita bisa masalah ye ?
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
Lapor Hansip
30-04-2019 01:59
Balasan post re.eitan2
Quote:Original Posted By re.eitan2

Analogi kamu salah, ini ibarat polisi lagi nangkep malinh truss sama si temen maling mobil polisinya di tabrak buat bebasin temennnya, ya itu namanya sudah mengancam . emoticon-Leh Uga
Paham istilah tembakan peringatan tidak? Bukan harus tembak orgnya, anggota tni bisa kasih trmbakan peringatan , bisa juga menembak lambung kapal atau juga pada area mesin kapal .


Analogi agan, masih bisa ngeles dg maling teriak maling,
Agan kecopetan, teriak copet, yg disana cuma ada gerombolan copet, sejago2nya agan, masoh bakalan adu debat siapa copetnya. Masih bisa belok kemana mana alibi nya.

Kalo analogi yg ane pake itu bikin keributan n ngundang saksi pihak ke 3 biar ga ada alasan ngeles

Untuk kasus ini analisa ane,
1) TNI nangkep kapal maling, tp masih di ZEE, makanya digeret ke wilayah yg lebih pasti, biar punya alasan buat ngandangin sekalian itu kapal pemerintah viet.

2) Viet berusaha provoke dg nabrakin kapal, dg harapan di dor, biar ZEE Indo diapus/dipermasalahin

3) TNI provoke balik pake umpatan sambil terus geret kapal maling ke dalem, dg harapan kapal pemerintah viet ngikut, jd bisa gulung sekalian.

4) Tau perkembangan ga sesuai harapan, n kalo kapal nelayan viet udah masuk Indo ditenggelemin, sekalian mereka aja yg tenggelemin, dg harapan kapal yg ngegeret ikutan tenggelem.

5) TNI putusin tali biar ga keseret.

Kesimpulannya sih sama2 provoke lawan buat bikin 1st move, yg ga tahan duluan kalah.

Sama kayak analogi ane, kalo tuh pengendara motor emosi maksimal sampe noel2 ane, ya kan bisa gulung+dpt bonus duit damai belipet2 emoticon-Big Grin

Tp kalo doi ga emosi ya ane paling cuma bisa dpt 300rb (biaya klaim) T_T

profile-picture
profile-picture
jaizal dan casper2201 memberi reputasi
2 0
2
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
Lapor Hansip
30-04-2019 02:01
Balasan post barulangit
Quote:Original Posted By barulangit


nah begitu itu kalau anak didik ngelunjak, vietnam itu dididik teknik perang dari Indonesia sekarang malah ngelunjak terang-terangan, koordinat peta di tempat kejadian simpan sebagai bukti bahwa kejadian ada di perairan Indonesia artinya mereka menerobos masuk wilayah Indonesia tanpa izin seharusnya petugas Indonesia sekalian saja tangkap kapal petugas vietnam yang nabrak itu karena bekerja sama melakukan kejahatan di wilayah Indonesia lalu rekam sebagai bukti kalau sampai perang pun nggak masalah karena Indonesia berada diposisi menegakan hukum diwilayah sendiri jangan khawatir rakyat Indonesia siap membantu TNI angkat senjata..nggak tau kalau membidik atau ngokang senjata bisa apa nggak rakyat Indonesia ya?? apa cuma bisa ngangkat senjata nya doang? nggak ngurus lah yang penting bela negara Indonesia sampai menang!


Masalahnya masih di ZEE gan, aturannya masih rada ribet, makanya TNI mancing biar masuk lebih dalem br bisa ditangkepin
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
Lapor Hansip
30-04-2019 02:07
Balasan post blindmode
Quote:Original Posted By blindmode
Padahal kenapa ga diseret sekalian ya tuh kapal VN, kan dia juga dah melanggar batas laut


Masih ZEE gan, ga bisa, kurang dalem, makanya di provoke nya pake makian doank, ga pake tindakan nyata
0 0
0
Ini Alasan Vietnam Berani Tabrak Kapal Perang Indonesia saat Menangkap Kapal Pencuri
30-04-2019 02:15
Quote:Original Posted By fiidiii
Analogi agan, masih bisa ngeles dg maling teriak maling,
Agan kecopetan, teriak copet, yg disana cuma ada gerombolan copet, sejago2nya agan, masoh bakalan adu debat siapa copetnya. Masih bisa belok kemana mana alibi nya.

Kalo analogi yg ane pake itu bikin keributan n ngundang saksi pihak ke 3 biar ga ada alasan ngeles

Untuk kasus ini analisa ane,
1) TNI nangkep kapal maling, tp masih di ZEE, makanya digeret ke wilayah yg lebih pasti, biar punya alasan buat ngandangin sekalian itu kapal pemerintah viet.

2) Viet berusaha provoke dg nabrakin kapal, dg harapan di dor, biar ZEE Indo diapus/dipermasalahin

3) TNI provoke balik pake umpatan sambil terus geret kapal maling ke dalem, dg harapan kapal pemerintah viet ngikut, jd bisa gulung sekalian.

4) Tau perkembangan ga sesuai harapan, n kalo kapal nelayan viet udah masuk Indo ditenggelemin, sekalian mereka aja yg tenggelemin, dg harapan kapal yg ngegeret ikutan tenggelem.

5) TNI putusin tali biar ga keseret.

Kesimpulannya sih sama2 provoke lawan buat bikin 1st move, yg ga tahan duluan kalah.

Sama kayak analogi ane, kalo tuh pengendara motor emosi maksimal sampe noel2 ane, ya kan bisa gulung+dpt bonus duit damai belipet2 emoticon-Big Grin

Tp kalo doi ga emosi ya ane paling cuma bisa dpt 300rb (biaya klaim) T_T


Mantap gan analisanya. Penjelasan yg paling masuk akal dari Semua posting yg ane baca. emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Halaman 9 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.