alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbd907da2d195421a70ad4c/kpu-sebaiknya-pemilu-2024-dipisah-untuk-pilpres-caleg-dpr-dengan-pilgub-caleg-dprd
Lapor Hansip
22-04-2019 16:59
KPU: Sebaiknya Pemilu 2024 Dipisah untuk Pusat dan Daerah
Past Hot Thread
KPU: Sebaiknya Pemilu 2024 Dipisah untuk Pilpres/Caleg DPR dengan Pilgub/Caleg DPRD
Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, mengatakan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang sebaiknya dipisah untuk pusat dan daerah. Selain lebih fokus, pemisahan ini juga bermanfaat agar masyarakat memahami betul esensi dari pemilihan yang diselenggarakan.

"Iya sebaiknya begitu (dipisah, Red). Ke depan desainnya serentak nasional untuk memilih lembaga nasional seperti presiden, DPR dan DPD. Kemudian, keserentakan pemilu daerah yang meliputi pemilihan untuk gubernur, wali kota, bersamaan dengan DPRD provinsi serta kabupaten/kota," ujar Hasyim ketika dihubungi wartawan, Ahad (21/4).

Dia pun mengungkapkan KPU sudah berpandangan untuk memisahkan pemilu pusat dan daerah. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari hal itu.

Pertama, dalam sistem pemerintahan ada relasi pemerintah dengan legislatif. Semestinya dalam pemilu serentak itu DPR dengan presiden dilakukan bersama.

"Namun di daerah kan tidak (tidak ada relasi, Red). Contoh, Pilkada 2018 untuk memilih kepala daerah, nah yang mengusung kan parpol yang punya kursi atau punya suara hasil Pemilu 2014. Sementara pada 2019 ini kan dilaksanakan Pemilu 2019, itu konstelasi konfigurasi di DPR bisa berubah," ungkap Hasyim.

Jika demikian, maka implikasinya langsung kepada pemilih. "(Jika tidak dipisah) pemilih juga binggung ini orang kampanye yang satu kampanyekan tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota. Maka jadi tidak fokus. Sementara kalau dipisah orang akan fokus, oh ini lagi bicara soal daerah, dan seterusnya," tegas Hasyim.

Sementara itu, Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan pada Pemilu Serentak 2019, memiliki volume kerja yang sangat besar. Konsekuensinya, energi dan pikiran penyelenggara juga berlipat-lipat ditujukan untuk pelaksanaan pemilu.

Wahyu pun berpandangan bahwa beban kerja yang berat ini memicu terjadinya kelelahan untuk pelaksana di lapangan (KPPS) dan mungkin dapat menyebabkan beberapa kesalahan entri data suara. Bahkan puluhan KPPS meninggal dunia saat melaksanakan tugas pada 17 April lalu.


Meski begitu, Wahyu menyerahkan teknis pelaksanaan Pemilu mendatang kepada pemerintah dan DPR sebagai penyusun undang-undang (UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017). "Mungkin ini bisa menjadi masukan dalam menyelenggarakan pemilu selanjutnya. KPU dalam hal ini posisinya sebagai pelaksana undang-undang. Kami kembalikan kepada pembuat UU, " tutur Wahyu.


https://www.republika.co.id/amp/pqaxg7384
Diubah oleh KASKUS.HQ
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
22-04-2019 17:04
Kampet lu,pake coba2.
2
22-04-2019 17:04
Sebaiknya Wowo jangan dikasih tau ntar kalau ada pilpres lagi.

Bikin ribet!
5
22-04-2019 17:07
sebaikny pemilu 2024 dibagi perzona

tgl 1 zona lua negri
tgl 2 zona WIB
tgl 3 zona WITA
tgl 4 zona WIT + quick count
4
22-04-2019 17:08
Semua Usulan bisa Baik, Tinggal pelaksanaannya nanti emoticon-Jempol
2
22-04-2019 17:13
ya harusnya gitu, krn skrg beban kerja terlalu tinggi.
atau pun mau serentak, PPS dibagi tugas per bagian masing2
3
22-04-2019 17:17
Quote:Original Posted By mr.bean1
sebaikny pemilu 2024 dibagi perzona

tgl 1 zona lua negri
tgl 2 zona WIB
tgl 3 zona WITA
tgl 4 zona WIT + quick count


Cara ente itu sama saja gan.... beban KPPS tetap berat emoticon-Ngakak (S)

Udah bagus di pisah daerah dan pusat.. jeda sebulan gitu emoticon-Big Grin
Jadi KPPS hanya bentangin koran 4x utuk daerah ... dan 3x untuk pusat emoticon-Traveller
3
22-04-2019 17:17
Semoga kedepannya lebih baik
1
22-04-2019 17:20
Quote:Original Posted By entecavir
ya harusnya gitu, krn skrg beban kerja terlalu tinggi.
atau pun mau serentak, PPS dibagi tugas per bagian masing2


Jadi naik dong total biaya honornya karena makin banyak yg di gaji...dan biaya saksi makin besar dongemoticon-raining
2
22-04-2019 17:22
semoga 2024
kaum minoritas tionghoa bisa jadi presiden indonesia

di isingapore
kaum minoritas melayu aja bisa jadi presiden
Diubah oleh Kakek.Sugiono69
3
22-04-2019 17:23
Btw pilpres 2024 jangan kabarin wowo ye
0
22-04-2019 17:27
dulu yg nyuruh serentak siapa?
0
22-04-2019 17:28
Bakalan makin susah lagi nanti koordinasi nya dibelakang.. Just my opinion
0
22-04-2019 17:34
Bagaimana baiknya aja breemoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
22-04-2019 17:37
Balasan post phithor
Quote:Original Posted By phithor


Jadi naik dong total biaya honornya karena makin banyak yg di gaji...dan biaya saksi makin besar dongemoticon-raining


ya saksi partai ya dr partai lah.
beban kerja dibanding bayaran gak sebanding itu.
mau berapa nyawa melayang lagi krn kelelahan, blm lg kecelakaan kerja jd tinggi
100ribu per hari dibanding nyawa melayang? blm lg jam kerja hampir nonstop pas pencoblosan
2
Lapor Hansip
22-04-2019 17:41
Balasan post entecavir
kok bisa omong dari partai biaya saksinya bre..
lalu yg naik 10x lipat itu apaan yah...dananya kan dari APBN itu
0
22-04-2019 17:42
sebaiknya caleg dipilih partai ajaaaaah!!!
2
Lapor Hansip
22-04-2019 17:44
Balasan post phithor
Quote:Original Posted By phithor
kok bisa omong dari partai biaya saksinya bre..
lalu yg naik 10x lipat itu apaan yah...dananya kan dari APBN itu


masing2 TPS itu kan dah ada pengawasnya, itu yg dimaksimalkan
beban kerja ditinjau ulang
kalo ente gak ngerti konsep K3, mingkem aja emoticon-Smilie
0
22-04-2019 17:44
Saran :
1. Dipisah, biar isu politik tdk trlalu tajam..
2. Presidential threshold 0%, biar banyak yg nyalon jgn cuma 2, klo 2 polarisasi lgi..

emoticon-2 Jempol
2
Lapor Hansip
22-04-2019 17:45
Balasan post hcoonamatata
perintah MK, karena ada yg menggugat MK dan meminta pemilu serentak
3
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.