alexa-tracking
others
Batal
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbc9ce668cc95735d015f9d/pemilu-2019-yang-melelahkan-lahir-batin-puluhan-orang-meninggal-dunia
Lapor Hansip
21-04-2019 23:40
Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia
Past Hot Thread
Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia
Sehari dan beberapa hari setelah pemilu, media sosial penuh dengan konten foto dan pendapat tetang pemilu 2019. Sebagian warganet mengirimkan foto perhitungan suara sampai lewat tengah malam bahkan sampai pagi!
 
Saya pun ikut merasakan betapa lelahnya pemilu kali ini. Saya menjadi koordinator saksi satu partai di 6 TPS. Untungnya tiap 3 TPS berdekatan sehingga mudah cek dan ricek kegiatan di 6 TPS secara bergantian.  
 
Ada feeling kegiatan pemilu kali ini akan berlangsung sampai larut malam. Hal itu sudah terlihat dari awal pembukaan TPS 23, RW 7, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Bandung, tempat saya bertugas sekaligus mencoblos. Pemilih baru bisa mencoblos ketika waktu mulai mendekati pukul 08.00 WIB. Butuh sekitar satu jam bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk melakukan berbagai persiapan.
 Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia

Saat mencoblos pun saya harus menunggu sekitar satu jam. Saya mulai memberikan undangan mencoblos dari KPPS sekitar pukul 09.00 WIB. Baru pukul 10.00 WIB nama saya dipanggil untuk mencoblos. Mana ponsel ditinggal lagi. Saya benar-benar merasa buang waktu hanya untuk menunggu giliran mencoblos.
 
Andai saya mencoblos di TPS 31, RW 9, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Bandung, mungkin rasa bosan itu tidak singgah. Ada pertunjukan musik tradisional Sunda di sana. Selain itu TPS-nya juga dibuat model saung bambu dengan langit-langit berhiaskan batik. Di pintu masuknya pun ada pohon pisang asli yang sengaja dibuat oleh KPPS. Sungguh TPS yang berusaha melayani pemilih dengan optimal.
 Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia
Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia
Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia

TPS 23 tempat saya memilih menggunakan ruang sekolah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2, Margasari, Kota Bandung. TPS 23 berdampingan dengan TPS 24 dan TPS 25. Tiada hiasan dan hiburan kecuali dua kelas yang ditata menjadi TPS. Selain itu anggota KPPS maupun pemilih yang datang mencemari udara dengan asap rokoknya.
 
Perhitungan suara di TPS 23 berlangsung sampai tengah malam. Setelah itu KPPS dan saksi disibukkan dengan penandatanganan lembar C1 plano dan sertifikat C1. Baru pada pukul 02.00 dini hari urusan tanda tangan selesai, para saksi bisa pulang sambil membawa sertifikat C1 untuk partai yang menugaskannya.
 Pemilu 2019 yang Melelahkan Lahir Batin, Puluhan Orang Meninggal Dunia

Sungguh melelahkan. Badan terasa remuk redam. Saya baru bisa tidur pada pukul 03.00 WIB.

Saya saja yag berbadan sehat kelelahan, apalagi bagi anggota KPPS yang memiliki penyakit tertentu. Kelelahan itulah yang kemudian merenggut jiwa sebagian orang. Di Jawa Barat saja misalnya, 10 orang anggota KPPS telah menghembuskan napas terakhirnya saat dan setelah bertugas sebagai KPPS. Selain itu, di Jawa Timur, hingga Sabtu (20/4) sore, 9 petugas KPPS meninggal dunia.  Di Jawa Tengah, hingga Sabtu (20/4) sore, ada 8 KPPS dan petugas TPS yang meninggal usai kerja keras di TPS. Anggota Polri pun sampai Jumat (19/4) sore, ada 10 orang yang meninggal saat bertugas mengamankan Pemilu. Mereka meninggal dunia akibat serangan jantung atau kelelahan.
 
Berdasarkan pengalaman pemilu 2019 ini, sudah sepatutnya KPU membenahi sistem pemilu. Barangkali KPU bisa belajar dari India yang melaksanakan pemilu secara digital. India menggunakan electronic voting machine (EVM), bukan kertas dan paku seperti di Indonesia.
 
Terlepas dari berbagai kekurangannya, pemilu 2019 kali ini benar-benar semarak. Terutama pada pemilihan presidennya di media sosial. Berbagai media sosial selalu riuh dengan berbagai kiriman dan komentar.  
 
Yang lalu biarlah berlalu, semoga di masa depan kita masih diberikan umur panjang untuk menikmati pemilu yang lebih baik lagi. Siapapun presiden dan wakil rakyat yang terpilih, ayo sama-sama kita dukung dan awasi. Semoga mereka bisa mengemban amanah karena pelaksanaan pemilu itu sungguh mahal dan melelahkan.



Sumber berita
Korban meninggal
Pemilu India

Foto dari dokumentasi pribadi




emoticon-I Love Indonesia

3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
22-04-2019 00:21
Turut berduka cita untuk anggota KPPS, anggota polri yang telah meninggal dunia karena faktor kelelahan, mereka telah menjalankan tugas dan tanggungjawab nya dengan baik dalam gelaran pemilu serentak 2019 kali ini. Yach semoga di pemilu yang akan datang konsepnya bisa kembali ke semula, dimana pileg dan pilpres dipisah.

Oh ya kalau ngak salah di Jepang pada saat pemilu lokasi TPS nya di sekolah, menggunakan ruang kelas di sekolah, sekolah milik pemerintah, maka tidak heran pemilu di Jepang berjalan dengan demokratis, jujur, adil dan tanpa biaya yang tinggi.

Masyarakat di Jepang sudah pada cerdas, pemimpin mereka juga cerdas, punya budaya malu, kejujuran benar-benar dipegang teguh, pun demikian juga dengan penyelenggara pemilunya. Jadi masyarakat di Jepang nyaman, aman dalam memilih pemimpin yang mereka sukai, sehingga pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang benar-benar disukai rakyat, bukan terpilih karena adanya manipulasi data.

Di sana hiruk pikuk seperti yang terjadi di sini nggak ada, nggak ada juga kampanye bagi-bagi sembako, kaos, apalagi duit.

Kenapa di Jepang pemilu bisa berjalan dengan baik ?

Jawabnya karena salah satu faktornya, pendidikan moral, etika, kejujuran, kepada anak-anak sudah tertanam sejak kecil. Sehingga ketika mereka telah dewasa secara umum bersikap jujur.
Diubah oleh 54m5u4d183
5
22-04-2019 00:46
Semoga kita masih punya umur saat pemilu di Indonesia sudah berjalan sebaik di Jepang, ya Gan emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh Kokonata
2
22-04-2019 07:57
EVM keren tuh
1
22-04-2019 15:33
KPU amburadul, hampir disemua sisi. BIMTEK cuma 1 jam, banyak anggota KPPS yang tidak faham. Harusnya BIMTEK dan sosialisasi untuk anggota KPPS dilakukan jauh hari. Jadi cukup waktu untuk berdiskusi. emoticon-Cool
0
22-04-2019 15:45
Pikirkan lagi mesin hitung untuk surat suara di 2024...........Jadi buka KPPS yang hitung lagi.......
0
Lihat 2 balasan
22-04-2019 15:53
Turut berduka. emoticon-Frown
0
22-04-2019 16:04
jangankan para petugas berkaitan, yang nyoblos aja rumit
0
22-04-2019 17:31
RiP emoticon-Turut Berduka
0
22-04-2019 17:39
Quote:Original Posted By 54m5u4d183
Turut berduka cita untuk anggota KPPS, anggota polri yang telah meninggal dunia karena faktor kelelahan, mereka telah menjalankan tugas dan tanggungjawab nya dengan baik dalam gelaran pemilu serentak 2019 kali ini. Yach semoga di pemilu yang akan datang konsepnya bisa kembali ke semula, dimana pileg dan pilpres dipisah.

Oh ya kalau ngak salah di Jepang pada saat pemilu lokasi TPS nya di sekolah, menggunakan ruang kelas di sekolah, sekolah milik pemerintah, maka tidak heran pemilu di Jepang berjalan dengan demokratis, jujur, adil dan tanpa biaya yang tinggi.

Masyarakat di Jepang sudah pada cerdas, pemimpin mereka juga cerdas, punya budaya malu, kejujuran benar-benar dipegang teguh, pun demikian juga dengan penyelenggara pemilunya. Jadi masyarakat di Jepang nyaman, aman dalam memilih pemimpin yang mereka sukai, sehingga pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang benar-benar disukai rakyat, bukan terpilih karena adanya manipulasi data.

Di sana hiruk pikuk seperti yang terjadi di sini nggak ada, nggak ada juga kampanye bagi-bagi sembako, kaos, apalagi duit.

Kenapa di Jepang pemilu bisa berjalan dengan baik ?

Jawabnya karena salah satu faktornya, pendidikan moral, etika, kejujuran, kepada anak-anak sudah tertanam sejak kecil. Sehingga ketika mereka telah dewasa secara umum bersikap jujur.


Moga ndan indo bisa punya rasa malu kayak jepang... mudah2'an
1
22-04-2019 18:12
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Mewek
1
22-04-2019 19:02
cukup sedih dan bersimpati atas kejadian ini.. sebab up-date terbaru dari anggota KPU di Metro TV saat ini ada 61-KKPS meninggal dunia dan 370 an lebih saat ini sedang menjalani perawatan.
Belum lagi anggota TNI dan Polri.. yang jelas ada 15 pak Polisi meninggal karena kelelahan juga..

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
1
22-04-2019 19:43
Luar biasa melelahkan gan, gua yg ngawasi aja kecapekan, dari jam 7 pagi sampai jam 5 pagi, bayangkan deh selisih itung sebiji aja jam 3 subuh, mau ngulang udah tepar semua kppsnya 😥
Diubah oleh ozinieh
1
22-04-2019 19:48
Quote:Original Posted By ikefajar1
Moga ndan indo bisa punya rasa malu kayak jepang... mudah2'an


Ngimpi boleh, tapi jgn yg muluk2 jg
emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
22-04-2019 19:49
Balasan post franz.liszt
Mesin hitung? Diitung manual aja pada teriak2 dicurangin, apalagi pake mesin.
0
22-04-2019 19:59
Quote:Original Posted By irazz1234
Ngimpi boleh, tapi jgn yg muluk2 jg
emoticon-Leh Uga


Lha kan semoga... gak tau kapn itu trjadi... mudah2'an.....emoticon-I Love Indonesia
0
22-04-2019 20:01
Quote:Original Posted By bangkot
Mesin hitung? Diitung manual aja pada teriak2 dicurangin, apalagi pake mesin.


Bener tu om.... mrasa ingin sobek tu mulut yg trlalu banyak bacot
0
22-04-2019 20:02
Quote:Original Posted By ikefajar1
Lha kan semoga... gak tau kapn itu trjadi... mudah2'an.....emoticon-I Love Indonesia


Amin... Semoga

Tapi gw orang yg realistis, hal itu mustahil
Sumpah demi jenggot merlin
emoticon-Leh Uga
0
22-04-2019 21:05
Quote:Original Posted By irazz1234
Amin... Semoga

Tapi gw orang yg realistis, hal itu mustahil
Sumpah demi jenggot merlin
emoticon-Leh Uga


Sap bozQemoticon-Recommended Seller
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
22-04-2019 23:26
Quote:Original Posted By Kokonata
Semoga kita masih punya umur saat pemilu di Indonesia sudah berjalan sebaik di Jepang, ya Gan emoticon-Cendol Gan


di tempat ane sih untuk kpps paling cepet juga jam 4an lah
paling lama ada yg sampe jam 1 siang
ya krna ada selip suara gitu deh, harus diulang beberapa kali
kasiaan banget lah, capek pastinya

mungkin besok utk petugas diperketat lagi rekrutnya
harus yg kondisi beneran fit
krna kalo lg sakit bisa tambah drop kondisinya ikut begituan

btw trit ente udh lolos review belum nih bray?
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.