alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.75 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb18dbc8d9b1732f8192c75/seberapa-komuniskah-negara-indonesia
Lapor Hansip
13-04-2019 14:20
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
Past Hot Thread
Komunisme merupakan salah satu ideologi yang paling diharamkan di Indonesia. Ada dua dasar hukum utama yang melarang perkembangan komunisme di Indonesia. Kedua dasar hukum tersebut adalah Tap MPRS Nomor XXV tahun 1966 dan Pasal 107 dalam Undang-Undang Nomor 27 tahun 1999. Hukuman siap menanti bagi orang-orang yang ketahuan mendirikan organisasi atau menganut ajaran komunisme, marxisme, leninisme dalam segala bentuk dan perwujudannya. 

Namun dalam beberapa tahun ini pemerintah Indonesia sering diserang dengan isu komunis. Banyak ditemukan ocehan-ocehan di dunia maya yang menyatakan kalau pemerintah Indonesia pro komunis. Padahal boleh dibilang pemerintah Indonesia sangat jauh untuk disebut pro komunis. Bagi yang masih bersikeras kalau pemerintah Indonesia memang pro komunis, berikut sedikit ulasan tentang ciri-ciri negara yang menganut paham komunis.


Menganut sistem satu partai

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Economist.com


Bagi negara yang berpaham komunis, tidak ada yang namanya partai oposisi. Jadi partai komunis menjadi satu-satunya partai politik di negara bersangkutan. Tentunya ini berbanding terbalik dengan Indonesia. Bahkan boleh dibilang jumlah partai politik di Indonesia saat ini justru terlalu banyak.

Alat-alat produksi dikuasai oleh negara

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Fortune.com


Komunisme tidak mengenal perbedaan strata sosial. Jadi rakyat tidak diberi kesempatan untuk menguasai alat-alat produksi. Alat-alat produksi dan modal dikuasai oleh negara. Negara yang menentukan apa barang dan jasa yang diproduksi, bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Sementara di Indonesia pihak swasta masih diberi peluang untuk memiliki alat-alat produksi. Bahkan boleh dibilang cenderung liberal.

Membatasi demokrasi

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Kompas.com


Dari ciri-ciri yang kita bahas sebelumnya, sangat jelas kalau komunisme membatasi demokrasi bagi rakyat. Ini tentunya sangat bertentangan dengan kondisi negara Indonesia saat ini. Indonesia bahkan disebut-sebut salah satu negara demokrasi terbesar si sunia. Di Indonesia rakyat bisa bebas berorganisasi, bahkan organisasi yang menentang pemerintah. Rakyat juga bebas menyuarakan pendapat, asalkan bukan pendapat yang berunsur hoax dan fitnah.

Tidak menerima unsur-unsur agama

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Davishighnews.com


Komunisme tidak menerima segala unsur yang berkaitan dengan agama. Contohnya di China dimana ada larangan bagi anggota Partai Komunis untuk memeluk agama. Hanya saja mereka tetap menjunjung toleransi terhadap rakyat China yang tetap memeluk agama. Namun memang berada dalam pengawasan ketat pemerintah. Hal ini tentu bertolak belakang dengan Indonesia. Di Indonesia justru orang yang terang-terangan tidak memeluk agama bakal dikenakan pidana.


Dari beberapa ciri-ciri diatas, tidak ada satupun yang sesuai dengan apa yang diterapkan di Indonesia. Jadi boleh dibilang pemerintah Indonesia sangat jauh dari unsur-unsur komunis. 

Referensi :
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...e-di-indonesia
https://www.republika.co.id/berita/n...e-di-indonesia
https://www.bbc.com/indonesia/berita...s_ateis_padang
https://international.sindonews.com/...ang-1535351473

15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 7
15-04-2019 16:53
Menurut ane, intolerance dan teroris yang justru jadi ancaman nyata negara kita saat ini, ancaman nya jelas2 di depan mata..
Kalau komunis sih di negara kita cuma isu politik aja..
0
15-04-2019 16:54
Quote:Original Posted By asukamra
Menurut ane, intolerance dan teroris yang justru jadi ancaman nyata negara kita saat ini, ancaman nya jelas2 di depan mata..
Kalau komunis sih di negara kita cuma isu politik aja..

Bahkan boleh dibilang cuma 5% sisi komunis yang ada pada pemerintah Indonesia
0
15-04-2019 16:55
Kalo ada yang baca HT beberapa hari lalu ada artikel tentang Singapura. Jelas-jelas mereka bukan komunis, padahal mereka cuma punya 1 partai, hak milik juga dibatasi, bahkan aturan moral benar-benar dikontrol negara.

Bahkan Indonesia sendiri pernah menganut sistem negara satu partai sebelum 1946. Kondisi negara yang belum stabil yang bikin sistem itu dihapus.
1
Lihat 1 balasan
15-04-2019 16:58
Quote:Original Posted By arifdoank
Bahkan boleh dibilang cuma 5% sisi komunis yang ada pada pemerintah Indonesia


Makanya paling mengerikan justru 2 kelompok yng ane sebut itu,, semakin lama semakin berani terang2an menunjukan eksistensi nya. Jejak kelakuan nya juga semakin sering kita liat di berita2.
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
15-04-2019 16:59
Quote:Original Posted By Gailham
Kalo ada yang baca HT beberapa hari lalu ada artikel tentang Singapura. Jelas-jelas mereka bukan komunis, padahal mereka cuma punya 1 partai, hak milik juga dibatasi, bahkan aturan moral benar-benar dikontrol negara.

Bahkan Indonesia sendiri pernah menganut sistem negara satu partai sebelum 1946. Kondisi negara yang belum stabil yang bikin sistem itu dihapus.

Nah itu dia. Singapore yang lebih mendekati komunis tidak pernah dicap komunis. Sementara Indonesia yang sangat jauh dari komunis malah dicap pro komunis oleh orang Indonesia sendiri.
0
Lapor Hansip
15-04-2019 17:06
Balasan post falah55
Quote:Original Posted By falah55
Orang indo: "kita anti komunis!!!!!!"
"Hancurkan PKI"
Also orang indo: "kita butuh kesetaraan,sembako,jaminan kesehatan,sekolah harus murah kalo bisa gratis buat warga miskin"
"Bro gaji lu kan gede setidak nya bagi2 lah ke orang yg enggak mampu"


trus ngeles: "tapi kan . . tapi kan . . .ini . . trus . . .makanya . . ."

emoticon-Big Grin
0
15-04-2019 17:10
komunis ga sesimpel itu bodad.
komunis itu faham.
nafasnya masih berhembus.
tentu dengan wujud baru.
satu contohnya ya.
kita ngomongin "keadilan"
keadilan dengan "nafas" apa yang dijalankan di Indonesia?
Keadilan sosial itu apa sih?
satu kata tapi berjuta arti, tergantung nafasnya.
komunis punya arti keadilan sendiri
liberal punya arti keadilan sendiri
islam punya arti keadilan sendiri
kresten punya arti keadilan sendiri
dll
yang lo tau keadilan sosial itu apa?
semua orang harus dapet hak hak dasar mereka, apapun mereka? ya lo komunis.
semua orang harus berusaha sendiri untuk dapet hak dasar mereka? ya lo liberal.
semua orang harus saling bantu sesama? ya lo islamis.
kresten gue ga tau.
itu bahasa sedehananya ya. panjang kalo di jabarin.
kalo lo bahas komunis cuma dari 4 poin di awal, ya gue tau lah kemana arah dari thread ini.
Selama lo ga bisa ngejelasin Keadilan Sosial tuh yg kaya apa ya susah.
kaum sosial, semua orang itu harus mendapatkan hak hak dasar yang sama. bagi kaum sosial itu hal yg beretika
bagi kaum liberal? sangat tidak beretika.
Kemiskinan tidak boleh menjadi alasan negara untuk mengambil harta si kaya. karena negara menjadikan kemiskinan sebagai alsan untuk memungut si kaya. dan si kaya dimanfaatkan kekayaan si kaya sebagai alasan untuk diambil uangnya. nah lo, bingung kan lo?
selamat datang di era post truth kawan kawan. Dimana yang bersuara paling banyak adalah kebeneran. sedangkan kebenaran itu sendiri hanya tinggal kenangan.
0
15-04-2019 17:13
Quote:Original Posted By arief123
komunis ga sesimpel itu bodad.
komunis itu faham.
nafasnya masih berhembus.
tentu dengan wujud baru.
satu contohnya ya.
kita ngomongin "keadilan"
keadilan dengan "nafas" apa yang dijalankan di Indonesia?
Keadilan sosial itu apa sih?
satu kata tapi berjuta arti, tergantung nafasnya.
komunis punya arti keadilan sendiri
liberal punya arti keadilan sendiri
islam punya arti keadilan sendiri
kresten punya arti keadilan sendiri
dll
yang lo tau keadilan sosial itu apa?
semua orang harus dapet hak hak dasar mereka, apapun mereka? ya lo komunis.
semua orang harus berusaha sendiri untuk dapet hak dasar mereka? ya lo liberal.
semua orang harus saling bantu sesama? ya lo islamis.
kresten gue ga tau.
itu bahasa sedehananya ya. panjang kalo di jabarin.
kalo lo bahas komunis cuma dari 4 poin di awal, ya gue tau lah kemana arah dari thread ini.
Selama lo ga bisa ngejelasin Keadilan Sosial tuh yg kaya apa ya susah.
kaum sosial, semua orang itu harus mendapatkan hak hak dasar yang sama. bagi kaum sosial itu hal yg beretika
bagi kaum liberal? sangat tidak beretika.
Kemiskinan tidak boleh menjadi alasan negara untuk mengambil harta si kaya. karena negara menjadikan kemiskinan sebagai alsan untuk memungut si kaya. dan si kaya dimanfaatkan kekayaan si kaya sebagai alasan untuk diambil uangnya. nah lo, bingung kan lo?
selamat datang di era post truth kawan kawan. Dimana yang bersuara paling banyak adalah kebeneran. sedangkan kebenaran itu sendiri hanya tinggal kenangan.

Yang dibahas diatas merupakan hal-hal yang paling dasar dari komunis. Kalau mau tahu seperti apa nafas komunis di Indonesia, ya diterapkan dulu hal-hal tersebut. Kalau tidak diterapkan, mau seperti apapun teriak keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tetap saja negara Indonesia ini kapitalis dan liberalis seperti sekarang.
0
Lihat 1 balasan
15-04-2019 17:24
intinyaa jangan kemakan isu. atau hoax.. be smart human.. oke siip. nice thread..
0
15-04-2019 17:27
Quote:Original Posted By FalianAridua
si F mah mengalir kayak aer gan, jika lagi ketemu seorang komunis ya berlagak like komunis, senyum semringah, jika ketemu HTI bakal berjuang demi keadilan dgn pura2 bela, nah dia tiap hari duduk dipemerintahan tapi kerjaannya kritik pemerintahan terus tapi nerima gaji dari pemerintah..si munafik ini azabnya bakalan pedih gan..wkwkwk


0
15-04-2019 17:28
sisa properti syuting film Gie kali ya


Quote:Original Posted By cipokan.yuk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
hayo tebak, org2 ini bs dapat bendera komunis dr mana hayo emoticon-Ngakak

bikin bendera sendiri, bakar sendiri, bikin isu sendiri


0
Lapor Hansip
15-04-2019 17:29
Balasan post Gailham
singapore party nya banyak gan, gak cuman satu, cuman yang menang ya yg itu2 aja
0
15-04-2019 17:39
Quote:Original Posted By arifdoank
Nah itu dia. Singapore yang lebih mendekati komunis tidak pernah dicap komunis. Sementara Indonesia yang sangat jauh dari komunis malah dicap pro komunis oleh orang Indonesia sendiri.


Ane cuma kasih studi kasus aja kalo negara satu partai gak melulu negara komunis. Bahkan Singapura sendiri gak bisa dibilang komunis atau mendekati komunis, karena dia banyak membuka keran modal dari luar. Ideologi mereka sendiri juga gak mengacu ke Karl Marx, Lenin, atau Stalin.

Jadi Singapura bisa dibilang otoriter, tapi bukan komunis.
0
15-04-2019 17:42
Quote:Original Posted By Gailham


Ane cuma kasih studi kasus aja kalo negara satu partai gak melulu negara komunis. Bahkan Singapura sendiri gak bisa dibilang komunis atau mendekati komunis, karena dia banyak membuka keran modal dari luar. Ideologi mereka sendiri juga gak mengacu ke Karl Marx, Lenin, atau Stalin.

Jadi Singapura bisa dibilang otoriter, tapi bukan komunis.

Iya juga sih
0
15-04-2019 17:43
Quote:Original Posted By falah55
Orang indo: "kita anti komunis!!!!!!"
"Hancurkan PKI"
Also orang indo: "kita butuh kesetaraan,sembako,jaminan kesehatan,sekolah harus murah kalo bisa gratis buat warga miskin"
"Bro gaji lu kan gede setidak nya bagi2 lah ke orang yg enggak mampu"


khilafah solusinya emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0
15-04-2019 17:49
Berarti sudah setengah komunis sejak rezim sekarang gan.
0
15-04-2019 17:57
Quote:Original Posted By JepZ
Memuja? Kok enak maen judge orang aja? hahaha

Gw RM over barca, tapi kalo lagi ke campnou ya gw jg foto lah, apakah dengan foto gw jadi berubah aliansi berubah preference?
Atau kalo ketemu messi dimana gitu gw foto jadi pemuja messi?
Cetek amat itu cara pikir ckckck


Ideologi kok disamain dgn club bolaemoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
15-04-2019 18:11
Quote:Original Posted By arifdoank
Memang campur aduk banget negara Indonesia. Hukum negara tidak berlandaskan agama, tapi tidak mau disebut negara sekuler.


Ya masih abu2

Gk bisa agama krena akan ditentang yg non agama tsb

Gk bisa sekuler krena yg agama mikirnya klo sekuler agama dilarang emoticon-Hammer2


Sbenarnya lebih bagus sekuler macam amerika / turki , and tetap bisa sekuler tanpa harus ngubah sila 1 / uud 45
Wong amerika aje punya motto in god we trust
0
15-04-2019 18:12
Namanya juga netizen asal njeplak. Ngomong isu2 ngawur asal cool...
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.