alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.75 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb18dbc8d9b1732f8192c75/seberapa-komuniskah-negara-indonesia
Lapor Hansip
13-04-2019 14:20
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
Past Hot Thread
Komunisme merupakan salah satu ideologi yang paling diharamkan di Indonesia. Ada dua dasar hukum utama yang melarang perkembangan komunisme di Indonesia. Kedua dasar hukum tersebut adalah Tap MPRS Nomor XXV tahun 1966 dan Pasal 107 dalam Undang-Undang Nomor 27 tahun 1999. Hukuman siap menanti bagi orang-orang yang ketahuan mendirikan organisasi atau menganut ajaran komunisme, marxisme, leninisme dalam segala bentuk dan perwujudannya. 

Namun dalam beberapa tahun ini pemerintah Indonesia sering diserang dengan isu komunis. Banyak ditemukan ocehan-ocehan di dunia maya yang menyatakan kalau pemerintah Indonesia pro komunis. Padahal boleh dibilang pemerintah Indonesia sangat jauh untuk disebut pro komunis. Bagi yang masih bersikeras kalau pemerintah Indonesia memang pro komunis, berikut sedikit ulasan tentang ciri-ciri negara yang menganut paham komunis.


Menganut sistem satu partai

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Economist.com


Bagi negara yang berpaham komunis, tidak ada yang namanya partai oposisi. Jadi partai komunis menjadi satu-satunya partai politik di negara bersangkutan. Tentunya ini berbanding terbalik dengan Indonesia. Bahkan boleh dibilang jumlah partai politik di Indonesia saat ini justru terlalu banyak.

Alat-alat produksi dikuasai oleh negara

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Fortune.com


Komunisme tidak mengenal perbedaan strata sosial. Jadi rakyat tidak diberi kesempatan untuk menguasai alat-alat produksi. Alat-alat produksi dan modal dikuasai oleh negara. Negara yang menentukan apa barang dan jasa yang diproduksi, bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Sementara di Indonesia pihak swasta masih diberi peluang untuk memiliki alat-alat produksi. Bahkan boleh dibilang cenderung liberal.

Membatasi demokrasi

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Kompas.com


Dari ciri-ciri yang kita bahas sebelumnya, sangat jelas kalau komunisme membatasi demokrasi bagi rakyat. Ini tentunya sangat bertentangan dengan kondisi negara Indonesia saat ini. Indonesia bahkan disebut-sebut salah satu negara demokrasi terbesar si sunia. Di Indonesia rakyat bisa bebas berorganisasi, bahkan organisasi yang menentang pemerintah. Rakyat juga bebas menyuarakan pendapat, asalkan bukan pendapat yang berunsur hoax dan fitnah.

Tidak menerima unsur-unsur agama

Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?

Sumber : Davishighnews.com


Komunisme tidak menerima segala unsur yang berkaitan dengan agama. Contohnya di China dimana ada larangan bagi anggota Partai Komunis untuk memeluk agama. Hanya saja mereka tetap menjunjung toleransi terhadap rakyat China yang tetap memeluk agama. Namun memang berada dalam pengawasan ketat pemerintah. Hal ini tentu bertolak belakang dengan Indonesia. Di Indonesia justru orang yang terang-terangan tidak memeluk agama bakal dikenakan pidana.


Dari beberapa ciri-ciri diatas, tidak ada satupun yang sesuai dengan apa yang diterapkan di Indonesia. Jadi boleh dibilang pemerintah Indonesia sangat jauh dari unsur-unsur komunis. 

Referensi :
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...e-di-indonesia
https://www.republika.co.id/berita/n...e-di-indonesia
https://www.bbc.com/indonesia/berita...s_ateis_padang
https://international.sindonews.com/...ang-1535351473

15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 7
15-04-2019 13:50
Quote:Original Posted By falah55
Orang indo: "kita anti komunis!!!!!!"
"Hancurkan PKI"
Also orang indo: "kita butuh kesetaraan,sembako,jaminan kesehatan,sekolah harus murah kalo bisa gratis buat warga miskin"
"Bro gaji lu kan gede setidak nya bagi2 lah ke orang yg enggak mampu"


Hahaha, small brain with big mouth ya gitu emoticon-Ngakakemoticon-Turut Berduka
0
15-04-2019 13:53
Quote:Original Posted By Vandisk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?


astajim emoticon-Kagets
Itu pasti motor cina
0
15-04-2019 13:53
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
hayo tebak, org2 ini bs dapat bendera komunis dr mana hayo emoticon-Ngakak

bikin bendera sendiri, bakar sendiri, bikin isu sendiri


ini lucu sih,,, btw benderanya masih baru banget itu kaya habis baru unboxing
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
1
15-04-2019 13:54
jngan ada lah
hehe...emoticon-Big Grin
0
15-04-2019 13:54
Quote:Original Posted By arifdoank
Astagfirullah
sabar gan
Diubah oleh johanneskrauser
0
15-04-2019 13:55
Quote:Original Posted By Vandisk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?


emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0
15-04-2019 13:55
Kenapa kaum "Kiri" Dibenci?
https://kask.us/iAGIu
#ForumKaskus via @KASKUS
0
15-04-2019 13:56
AApa sih bedanya komunis sama sosialis
0
15-04-2019 13:57
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
hayo tebak, org2 ini bs dapat bendera komunis dr mana hayo emoticon-Ngakak

bikin bendera sendiri, bakar sendiri, bikin isu sendiri


sudah kecuci otaknya gan, lawan org kyk gitu mau di kasih pengertian sampai mulut berbusa ngga bakalan nyambung, sudah melenceng pemahamannya
0
15-04-2019 13:58
Quote:Though the term "communism" can refer to specific political parties, at its core, communism is an ideology of economic equality through the elimination of private property.

The beliefs of communism, most famously expressed by Karl Marx, center on the idea that inequality and suffering result from capitalism. Under capitalism, private business people and corporations own all the factories, equipment and other resources called "the means of production." These owners, according to communist doctrine, can then exploit workers, who are forced sell their labor for wages.

The working class — or "proletariat" — must rise up against the capitalist owners, or "bourgeoisie," according to the ideals of communism, and institute a new society with no private property, no economic classes and no profits.

Communism differs from socialism, though the two have similarities. Both philosophies advocate economic equality and state ownership of various goods and services. However, socialism usually works through the existing democratic structures of capitalist countries. Almost all capitalist countries, in fact, have some socialist characteristics, like the public schools and Social Security program in the United States.

In contrast, communists state that capitalist economic and political systems must be completely overthrown through revolution.

Historically, such communist revolutions have never yielded their intended utopias of equality. Communist theory predicts that, after the proletariat revolution, special leaders must temporarily take control of the state, leading it toward an eventual "true" communist society. Thus, the governments of the Soviet Union, communist China, Cuba and others were intended to be provisional. In practice, these "temporary" governments have held on to power, often subjecting their citizens to authoritarian control.

Communist ideology also states that these revolutions should spread across the globe, rather than be limited to individual countries. This helps explain the historical antagonism between capitalist and communist nations — particularly the long Cold War between the United States and the Soviet Union.

sumber - livescience


klo indonesia mah jauh sama komunisme. ama sosialis aja rada jauh.
ideologi kita pancasila yang mungkin salah satu yang terbaik. karena semua aspek terpenuhi. sedang klo komunisme dia akan mengekang kebebasan untuk memiliki private property.
klo sekarang agak mendekati liberal. bisa dilihat cara dan gaya2 politiknya yang cenderung bebas ga ada sopan santun. masyarakatnya pun lebih mementingkan uang, bahkan menurut gw masyarakat menuntut kesejahteraan berlebihan.
2
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
15-04-2019 13:59
Balasan post cipokan.yuk
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?
hayo tebak, org2 ini bs dapat bendera komunis dr mana hayo emoticon-Ngakak

bikin bendera sendiri, bakar sendiri, bikin isu sendiri


nang ning ning nang ning nung
0
15-04-2019 13:59
Jgn suka menyimpulkan sesuatu yang kita sendiri aja blm tentu tau emoticon-Traveller
1
15-04-2019 14:01
Quote:Original Posted By Vandisk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?


pantatnya bersumbu, jd kena korek dikit meleduklah amarahnya kyk mercon, dueeerrrrr
0
15-04-2019 14:12
Belum komunis, dan jangan sampai
1
15-04-2019 14:12
Quote:Original Posted By Vandisk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?


Mana KOMUNISNYA... mana...? emoticon-Mad (S)
0
15-04-2019 14:15
emg indonesia jauh gan dari komunis, bisa d bilang toleran d negeri ini, masih sangat tinggi..
0
15-04-2019 14:17
yah kebanyakan makan micin emoticon-Hammer2
0
15-04-2019 14:21
Oooooooooooooooooooooooooooo telepon 911..emoticon-Big Grin
Diubah oleh omane52p
0
15-04-2019 14:21
Quote:Original Posted By Vandisk
Seberapa Komuniskah Negara Indonesia?


Anarkis pake seragam yaemoticon-2 Jempol

Btw itu yg pake helm biru kocak ya
duh gw mau lempar sekali aja....mana nih gak dapet giliran....*lempar batu...oke udah
Diubah oleh njir
0
15-04-2019 14:25
Wah janganlah.
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.