alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca6cba44601cf0a2b479d8a/pasar-papringan-pasar-bambu-yang-unik-di-temanggung
Lapor Hansip
05-04-2019 10:29
Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


Pasar Papringan, Ngadiprono, Temanggung

Adakah diantara Agan dan Sista yang pernah berkunjung ke Temanggung? Di sini ada pasar yang unik karena terletak di tengah-tengah pepohonan bambu. Nama ini berasal dari kata "pring" yang berarti bambu. Sedangkan kata "Papringan" berarti hutan bambu. Begitu memasuki lokasi, Agan dan Sista akan merasakan suasana pedesaan jaman dulu. Pedagang menggunakan kain lurik dan banyak yang menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi.

Pasar ini buka setiap hari minggu wage dan minggu pon, dari jam 06.00 - 12.00. Kalau saran Lori sih mending datang jam 06.00. Perjalanan cuma 10 menit dari rumah tapi semakin mendekati tempat tujuan, semakin padat kendaraan karena jalanan desa yang sempit.



Walau pun terletak di tempat yang jauh dari jalan raya, tapi tetap mudah ditemukan. Alih-alih menggunakan GPS, lebih baik menggunakan JPS alias Jaringan Penduduk Sekitar, karena di sini susah sinyal. Ya, iyalah di desa gitu. Pasar Papringan ini terletak di desa Ngadiprono, Kelurahan Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


Banyak terdapat jajanan pasar dan mainan yang terbuat dari bambu. Alat pembayaran juga dari bambu yang disebut keping pring. 1 keping setara dengan 2K IDR. Berhubung uang yang sudah ditukar tidak bisa ditukar kembali bila sisa, lebih baik menukarkan uang sesuai kebutuhan saja. Lain cerita kalau rumahnya dekat seperti saya, masih bisa digunakan kembali.

Beberapa makanan yang dapat ditemui di Pasar Papringan antara lain :

1. Nasi kluban
Ini adalah nasi merah yang dimakan bersama dengan urap sayur, tempe bacem, perkedel, atau bisa juga beli nasi jagung dan urap.

2. Berbagai jenis makanan dari singkong.
Banyak makanan yang terbuat dari singkong sampai lupa namanya apa saja. Tapi Lori masih sempat membeli bajingan singkong. Kalau di tempatmu, jajanan ini namanya apa?
Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


3. Dawet

4. Soto

5. Jamu

6. Pepes

7. Jagung bakar, dll

Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


Plastik dilarang di sini jadi jangan bawa snack dari luar yang dibungkus plastik. Makanan dibungkus dengan daun pisang dan bisa beli keranjang untuk membawanya. Bisa juga bawa tas kain sendiri dari rumah.

Kalau Agan dan Sista penasaran dengan suasana Pasar Papringan, Agan dan Sista play video youtube kami ketika berkunjung ke sana.


Jangan lupa subscribe dan share kalau bermanfaat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
05-04-2019 10:30
Banyak jajanan jadul nih.
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
05-04-2019 10:44
Bagus ini. Unik yaah alat pembayarannya.
1
05-04-2019 11:02
Quote:Original Posted By AnisMo
Bagus ini. Unik yaah alat pembayarannya.


Iya, unik. Berasa jaman dulu gitu.
1
05-04-2019 11:07
Quote:Original Posted By IztaLorie
Iya, unik. Berasa jaman dulu gitu.


Sayangnya limited edition emoticon-Big Grin
1
05-04-2019 11:50
Next bisa diagendakan..
Pernah dibahas talkshow d stasiun swasta
1
05-04-2019 11:54
Quote:Original Posted By AnisMo
Sayangnya limited edition emoticon-Big Grin

Ayo dong, kapan main ke sini?

Quote:Original Posted By mamaproduktif
Next bisa diagendakan..
Pernah dibahas talkshow d stasiun swasta


Kalau mau ke sini sebaiknya datang jam 6. Biar kebagian makanannya, masih komplit gitu.
1
Lihat 1 balasan
05-04-2019 12:11
Waduh..tgl.muda ini
1
05-04-2019 12:31
Quote:Original Posted By aniesday
Waduh..tgl.muda ini


Tanggal muda bisa jajan mulu 😂😂😂
0
06-04-2019 08:12
jadi pengen ke sini
1
06-04-2019 09:27
Quote:Original Posted By Laditachuda
jadi pengen ke sini


Yuk, mari. Ntar ta antar.
0
Lapor Hansip
06-04-2019 09:52
Balasan post IztaLorie
Quote:Original Posted By IztaLorie

Ayo dong, kapan main ke sini?



Kalau mau ke sini sebaiknya datang jam 6. Biar kebagian makanannya, masih komplit gitu.


Jauh juga Sis kalo kesana he he.
1
06-04-2019 10:20
Quote:Original Posted By AnisMo
Jauh juga Sis kalo kesana he he.


Emang dari mana, sis?
1
06-04-2019 12:42
Quote:Original Posted By IztaLorie
Emang dari mana, sis?


Lebak Sis emoticon-Big Grin jauh kan
1
06-04-2019 12:52
Quote:Original Posted By AnisMo
Lebak Sis emoticon-Big Grin jauh kan


Walah, jauh ternyata.
1
06-04-2019 12:55
Quote:Original Posted By IztaLorie
Walah, jauh ternyata.


Iyaah jauh Sis. Apa bikin duplikatnya aja disini emoticon-Big Grin eh ntr dikira plagiat yaah. Plagiat pasar. emoticon-Big Grin
0
06-04-2019 13:48
Quote:Original Posted By IztaLorie
Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


Pasar Papringan, Ngadiprono, Temanggung

Adakah diantara Agan dan Sista yang pernah berkunjung ke Temanggung? Di sini ada pasar yang unik karena terletak di tengah-tengah pepohonan bambu. Nama ini berasal dari kata "pring" yang berarti bambu. Sedangkan kata "Papringan" berarti hutan bambu. Begitu memasuki lokasi, Agan dan Sista akan merasakan suasana pedesaan jaman dulu. Pedagang menggunakan kain lurik dan banyak yang menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi.

Pasar ini buka setiap hari minggu wage dan minggu pon, dari jam 06.00 - 12.00. Kalau saran Lori sih mending datang jam 06.00. Perjalanan cuma 10 menit dari rumah tapi semakin mendekati tempat tujuan, semakin padat kendaraan karena jalanan desa yang sempit.



Walau pun terletak di tempat yang jauh dari jalan raya, tapi tetap mudah ditemukan. Alih-alih menggunakan GPS, lebih baik menggunakan JPS alias Jaringan Penduduk Sekitar, karena di sini susah sinyal. Ya, iyalah di desa gitu. Pasar Papringan ini terletak di desa Ngadiprono, Kelurahan Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


Banyak terdapat jajanan pasar dan mainan yang terbuat dari bambu. Alat pembayaran juga dari bambu yang disebut keping pring. 1 keping setara dengan 2K IDR. Berhubung uang yang sudah ditukar tidak bisa ditukar kembali bila sisa, lebih baik menukarkan uang sesuai kebutuhan saja. Lain cerita kalau rumahnya dekat seperti saya, masih bisa digunakan kembali.

Beberapa makanan yang dapat ditemui di Pasar Papringan antara lain :

1. Nasi kluban
Ini adalah nasi merah yang dimakan bersama dengan urap sayur, tempe bacem, perkedel, atau bisa juga beli nasi jagung dan urap.

2. Berbagai jenis makanan dari singkong.
Banyak makanan yang terbuat dari singkong sampai lupa namanya apa saja. Tapi Lori masih sempat membeli bajingan singkong. Kalau di tempatmu, jajanan ini namanya apa?
Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


3. Dawet

4. Soto

5. Jamu

6. Pepes

7. Jagung bakar, dll

Pasar Papringan, Pasar Bambu yang Unik di Temanggung
Sumber : dokumentasi pribadi


Plastik dilarang di sini jadi jangan bawa snack dari luar yang dibungkus plastik. Makanan dibungkus dengan daun pisang dan bisa beli keranjang untuk membawanya. Bisa juga bawa tas kain sendiri dari rumah.

Kalau Agan dan Sista penasaran dengan suasana Pasar Papringan, Agan dan Sista play video youtube kami ketika berkunjung ke sana.


Jangan lupa subscribe dan share kalau bermanfaat.


Ntar klo aku nyampe sono kuhubungi yakemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
1
06-04-2019 13:52
Quote:Original Posted By aniesday
Ntar klo aku nyampe sono kuhubungi yakemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Siap, bun. Tolong diedit ya, bun. Biar ga quotes trit
0
09-04-2019 21:18
nah ketemu. saking banyaknya susah nyarinya. mana yg perlu diterbangkan
1
10-04-2019 07:12
Quote:Original Posted By Surobledhek746
nah ketemu. saking banyaknya susah nyarinya. mana yg perlu diterbangkan


Terbangkan yang ini dong pak ping
PRP Treatment
0
17-04-2019 23:50
pasar yg mengaplikasikan back to nature.. saluttt
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.