Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
15
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca4d08210d2951d951624ef/15-wasit-sepakbola-legendaris-terbaik-dari-negeri-italia
Ga cuma pesepak bola, Italia juga menghasilkan wasit-wasit yang hebat
Lapor Hansip
03-04-2019 22:25

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Ada banyak hal yang bisa digunakan untuk menelusuri kembali sejarah wasit di negeri Pizza. Contohnya seperti menceritakan kehidupan, karya, rahasia, dan anekdot dari sekian banyak sosok wasit, hakim garis ataupun asisten wasit.

Juga telah banyak terjadi perubahan yang terjadi dalam dunia wasit italia akibat dari evolusi perubahan aturan main terutama setelah tahun 1990 karena aturan yang telah direformasi menempatkan wasit dalam posisi harus bisa sebagai pengadil lapangan yang baik. Selain itu ada juga perubahan aturan dengan munculnya orang keempat. Maka aturan yang berlaku sejak tahun 1996 mengubah hakim garis menjadi "asisten" wasit.

Dan sosok wasit juga telah berubah dari amatir menjadi profesional dengan pendapatan tahunan sebesar 80 ribu euro untuk laga internasional, 70 ribu euro untuk mereka yang telah menjadi wasit setidaknya memimpin 70 pertandingan di Serie A, 25 dan 30 ribu euro untuk para wasit debutan dan 23 ribu untuk seorang asisten.  Dengan jumlah uang tidak sedikit yang sudah dikeluarkan maka sudah semestinya para wasit ini mampu membersihkan dan menjamin transparansi sebuah pertandingan sepakbola yang paling dicintai dan diikuti di Italia. Dari semua cerita tadi telah muncul banyak sosok wasit yang bisa dikatakan mampu menambah nilai, kualitas teknis dan hiburan dari suatu pertandingan sepakbola. Siapa saja daftar nama wasit legendaris tersebut mari simak di bawah ini.
Quote:1.Giuseppe Adami
Roma, 14 Juli 1915 - Roma, 7 Februari 2007

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia mulai melakukan tugas sebagai seorang wasit pada tahun 1947 pada usia 32 tahun. Sebelum bekerja sebagai wasit, dia bekerja terlebih dahulu sebagai tentara sukarelawan di Libya dan di Afrika Timur kemudian sebagai seorang perwira di Yunani-Albania dan Bosnia. Sebagai seorang wasit dalam waktu singkat ia dengan cepat naik ke semua tahapan: Dari melakukan debut di seri C di tahun '51 (Benevento-Nissena 5-1), di seri B di tahun '54 (Alessandria-LR Vicenza 0-2) dan di seri A di tahun '56 (Vicenza-Juventus) 3-2). Secara keseluruhan ia memimpin 105 pertandingan Seri A dan 93 pertandingan internasional. Dia melakukan debut di musim '59 -60 termasuk memimpin 45 pertandingan persahabatan dan pertandingan di kejuaraan nasional di Yunani, Turki dan Tunisia, negara-negara yang pada tahun itu menggunakan banyak wasit dari negara-negara Eropa.

Karier manajemennya juga cemerlang, dia pernah memegang posisi komisaris Can dari tahun 1968 hingga tahun 1972 dan sebagai wakil presiden Den Haag selama sembilan tahun. Selanjutnya dia melanjutkan karir sebagai delegasi UEFA dengan mengikuti 55 pertemuan internasional. Sikap sopan dan senyum di lapangan membuat dia mendapatkan rasa hormat dari dunia sepak bola, pertama sebagai wasit, kemudian sebagai manajer. Selama tujuh belas tahun masa pengabdiannya, dia tidak pernah menemukan dirinya menghadapi episode-episode yang tidak menyenangkan atau perselisihan tertentu. Dia terus mencari dialog dan ketika dia melihat bahwa situasi bisa menjadi panas, dia memanggil para kapten "mengundang mereka" untuk memoderasi semangat panas dari teman-teman mereka. Nama-nama pemain yang sudah merasakan bagaimana rasanya dipimpin oleh seorang Adami antara lain Picchi, Boniperti dan Liedholm, masing-masing kapten dari Inter, Juventus dan Milan.

2.Luigi Agnolin
Bassano del Grappa (Vicenza) 21-3-1943

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Guido Agnolin, lahir pada tahun 1912 dan meninggal pada tahun 1994, adalah seorang wasit yang hebat. Dia total telah memimpin sebanyak 164 laga Serie A, dan berhasil mendapatkan hadiah Mauro pada tahun 1952-53 serta mempunyai karir internasional yang bagus. Tetapi hal yang paling indah yang dia lakukan untuk sepakbola adalah membesarkan putranya Luigi sebagai wasit yang kelak dikenal lebih baik darinya. Dia adalah salah satu dari sedikit orang Italia yang telah yang dipercaya memimpin dua kejuaraan dunia yaitu tahun 1986 di Meksiko (dianggap yang terbaik di turnamen) dan tahun 1990 di Italia.

Pada akhir Piala Dunia 1990 dia sempat memiliki rencana mengundurkan diri tapi pemimpin FIFA Blatter menentangnya. Selain itu dia pernah memimpin laga pada tahun 1987 di final Piala Winners (Ajax Lokomotiv Leipzig 1-0) dan pada tahun 1988 Piala Eropa (Psv-Benfica 6 5 melalui adu penalti).

Jejak karirnya selain sebagai wasit antara lain menjadi manajer hubungan masyarakat Assocalciatori, bekerja sebagai manajer umum di Roma (1994), sebagai direktur pelaksana di Venezia (1999-2000) dan di Verona (2000-2001). Dia melakukan debut di Serie A pada tanggal 18 Maret 1973 (Fiorentina-Cagliari 3-0).

3.Aurelio Angonese
Mestre (Venice,) 16-4-1929

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia memulai karir sebagai wasit dengan cara yang sangat berani, dengan melakukan taruhan pada tahun 1949. Sebelum jadi wasit dia berlatih beberapa spesialisasi atletik dengan hasil yang sangat baik. Secara khusus ia adalah pelari cepat yang baik dengan catatan pribadi 100 meter. Dalam sebelas tahun ia mengabdi di serie A, dia telah berhasil memimpin laga sebanyak 181 pertandingan.

Catatan karir internasionalnya dimulai pada tahun 1960-an dengan memimpin laga sebanyak 50 pertandingan (piala Eropa dan persahabatan), tetapi yang terpenting adalah saat Piala Dunia 1974 di mana dia mewakili Italia. Memimpin laga perdelapan final antara Jerman Timur dan Chili dan perebutan untuk tempat ketiga antara Polandia dan Brasil. Selain itu dia juga pernah memimpin laga final Piala Eropa pada tanggal 29 Mei 1968 antara Manchester Utd dan Benfica di stadion Wembley yang legendaris. Dia juga berhasil meraih Mauro Award sebagai wasit terbaik musim '69 -'70.

4.Rinaldo Barlassina
Novara, 2 Mei 1898 - Bergamo, 23 Desember 1946

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Wasit ini menetap di Bergamo dan memulai karir wasitnya di tahun '20-an dan karir internasionalnya di tahun '27-an. Secara keseluruhan, ia memimpin 158 pertandingan Serie A (ia melakukan debutnya di tahun '29 -30), 63 laga internasional, 18 laga Piala Eropa (cikal bakal Piala Champions) termasuk final tahun 1931 dan 1936 (masing-masing di Wina antara First dan Wac dan di Praha antara Sparta dan Austria Wina) dan juga memimpin 9 laga kejuaraan asing.

Dia adalah orang Italia pertama yang menjadi wasit putaran final Piala Dunia dan  mencatatkan rekor bersama dengan Vincenzo Orlandini dan Luigi Agnolin yang berhasil memimpin dua edisi piala dunia berturut-turut antara lain laga Hungaria-Mesir (perdelapan final), Jerman-Swedia (perempat final) dan Cekoslowakia -Germany (semifinal) edisi piala dunia 1934 dan perempat final Hongaria-Swiss edisi piala dunia 1938. Dia mendapatkan Mauro Award pada tahun 1936-37 tidak lama kemudian dia meninggal menyusul luka-luka yang sangat serius akibat kecelakaan di jalan.

Selain menyibukkan dirinya dengan aktivitas sebagai wasit, ia juga mengabdikan dirinya dengan penuh semangat untuk kegiatan jurnalistik. Dia sebenarnya pencipta dan animator publikasi untuk perusahaan penerbitan olahraga "Agenda Barlassina" yang terkenal dan diterbitkan tanpa terputus dari tahun '33 hingga tahun '42 sebelum akhirnya ditangguhkan karena perang oleh perusahaan asuransi Venice. Ia tentu saja dapat dianggap sebagai salah satu wasit Italia terbaik sebelum perang karena kecermatannya memimpin suatu pertandingan.

5.Paolo Bergamo
Livorno 29-4-1943

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia adalah seorang wasit internasional yang telah membuat lebih banyak karier sebagai pemain sepak bola. Saat di seri C dia bermain untuk tim Carrarese, sampai cedera pada lutut memaksanya untuk berhenti berkarir sebagai pemain bola. Pada tahun '74 dia melakukan debut sebagai wasit di serie B dan pada tahun 1975 di serie A (tanggal 12 Oktober, Cagliari-Ascoli 0-0) dan pada tahun 1978 dia memulai karir internasionalnya dan menjadi salah satu yang termuda. Pada tahun 1980-81,dia ditunjuk sebagai wasit final Piala Winners, di mana Platini pergi ke ruang ganti, memuji dia dan memberinya kemeja.

Pada tanggal 10 Mei 1981 dalam laga penentu Juventus-Roma untuk perebutan Scudetto, dia membatalkan gol dari Turone setelah melihat sinyal offside dari hakim garis, tapi pada kenyataannya gol itu valid karena ia sendiri akan mengakui bertahun-tahun kemudian di depan publik bahwa ia melakukan kesalahan. Pertandingan berakhir 0-0 dan perjuangan Roma harus berakhir karena Juve memenangkan scudetto dan kontroversi presiden Giallorossi Viola dengan legenda juventus Boniperti akan tetap diingat dalam sejarah. Pada tahun 1985 ia melakukan penyelidikan pribadi karena takut terperangkap dalam upaya merusak citra wasit dalam laga Roma-Dundee di Piala Eropa.

Dia berhenti menjadi wasit pada tahun 1988. Pada tahun 2000 ia bergabung di komisi arbitrase UEFA. Pada tahun 2006 ia terlibat dalam penyelidikan Calciopoli, dengan menuntut Luciano Moggi dan koleganya Pierluigi Pairetto. Kabar terakhir menyatakan ia telah mengundurkan diri dari AIA.

6.Giorgio Bernardi
Bologna 16-4-1912 - Bologna 19-9-1988

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Sebelum menjadi wasit dia adalah seorang Insinyur dan petugas teknik sipil, lalu ia memulai karirnya sebagai wasit pada tahun '32 setelah itu melakukan debut di serie A pada tahun 1940 dan menjadi wasit internasional 8 tahun kemudian. Dia memimpin total 200 pertandingan di Serie A serta 52 pertandingan internasional. Dia juga ditunjuk menjadi wasit untuk Olimpiade '52 di Helsinki. Selain menerima Premio Mauro (musim '47 -'48), ia juga dianugerahi 'Penghargaan Khusus Wasit' oleh FIFA yang menjadi penghargaan bergengsi untuk karir internasionalnya.

Setelah berhenti menjadi wasit kemudian ia memulai karir manajerial. Dia memegang jabatan komisaris untuk Can selama empat tahun (dari tahun '58 hingga tahun '62).

7.Stefano Braschi
Barberino del Mugello (Florence) 6-6-1957

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia adalah wasit yang dikenal energetik dari fisik dan karakter. Di lapangan ia sangat dihormati (dalam laga Inter-Parma Coppa Italia 1999 ia mengusir tiga pemain Nerazzurri sekaligus: Bergomi, Colonnese dan Zanetti), tetapi ia juga dicintai oleh para pemain yang dalam referendum Aic menyatakan ia dan Collina sebagai wasit ideal. Dia memulai karir wasitnya di serie A tahun '92 (Samp-Atalanta 2-3, 6 Desember) dan memulai karir internasionalnya sejak tahun 1995. Dia mendapatkan penghargaan Mauro Prize di tahun 1997-98 saat memimpin laga final Piala Winners antara Chelsea melawan Stuttgart dan pada tahun 2000 dia memimpin laga final Liga Champions (saat Real Madrid mengalahkan Valencia). Pada tahun 1999 dan 2001 ia memenangkan AIC Football Oscar, penghargaan yang diberikan oleh Asosiasi Pemain Sepakbola Italia kepada wasit terbaik.

8.Giulio Campanati
Milan 15-6-1923 - Milan 10-30-2011

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia melakukan debut di serie B tahun '48 (Siracusa-Verona) dan lima musim kemudian di Serie A saat laga Bologna-Lazio. Pada tahun 1956 ia resmi memulai karir internasional. Secara keseluruhan ia telah memimpin laga sebanyak 166 kali di Serie A serta berbagai pertandingan internasional. Pada tahun '66, sedikit mengejutkan, ia menghentikan kegiatannya sebagai wasit di usia 42 tahun dan segera memulai karir manajerialnya dengan menjadi wakil presiden Den Haag dan setahun kemudian menjadi Komisaris Can, peran yang akan dipegangnya hingga tahun 1972. Lalu dia menjadi presiden AIA hingga tahun 1990. Latar belakangnya sebagai manajer internasional juga panjang selain itu juga sebagai anggota komisi teknis UEFA (1968-1992) dan FIFA. Mungkin, dia adalah salah satu direktur wasit terhebat yang pernah dimiliki sepakbola italia.

9.Paolo Casarin
Mestre, 12-5-1940

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia adalah wasit yang dikenal dalam sejarah sebagai "komunikator hebat" di lapangan bersama para pemain. Setelah berhenti berkarir sebagai wasit dia menjadi anggota komisi desain UEFA dan pada saat bekerja di FIFA ia digulingkan oleh presiden Havelange karena alasan yang tidak pernah diklarifikasi bersama dengan sekretaris FIFA saat itu Blatter (dan akan menjadi presiden FIFA pada tahun '98). Ia juga merupakan sosok yang memulai revolusi para wasit papan atas menuju persiapan yang semakin profesional dan memperkenalkan prinsip "semua wasit untuk semua tim", untuk mencapai kondisi seimbang. Sebagai wasit dia melakukan debut di Serie A pada tanggal 25 Mei 1977 antara Bologna-Torino dengan skor berakhir 0-0. Dia mendapatkan penghargaan Premio Mauro pada tahun 1976-77. Dia juga pernah menjadi wasit Piala Dunia 1982 di Spanyol dan di Jerman pada tahun 1988. Dari tahun 1997 hingga 2000 ia menjadi manajer kontrak Figc.

10.Pierluigi Collina
Bologna 13-2-1960

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia adalah wasit yang dikenal berkarakter kuat dalam sejarah sepakbola dunia. Selain dikenal sebagai wasit, dia juga dikenal sebagai konsultan keuangan dan manajer hubungan masyarakat. Sebelum menginjak usia 30 tahun dia mengidap penyakit alopecia yang membuatnya kehilangan semua rambut. Pada tanggal 15 Desember dia memulai debut sebagai wasit di serie A (Verona-Ascoli 1-0). Lalu memulai karir internasional pada tahun 1995. Jejak karirnya sebagai wasit antara lain final Olimpiade Atlanta '96 (Nigeria mengalahkan Argentina 3-2), Piala Dunia Perancis 1998 dan Jepang / Korea 2002 (dia memimpin laga final antara Brasil dan Jerman), final Liga Champions '99 (Manchester mengalahkan Bayern) dan juga di Piala Eropa Belanda-Belgia tahun 2000.

Dia melengkapi musim 1999-2000 dengan Mauro Award. Pada tanggal 14 Mei 2000 ia memimpin pertandingan Perugia-Juventus yang kontroversial karena menentukan pemenang scudetto musim 1999/2000. Juventus, yang berada dua poin di atas Lazio wajib menang. Collina terpaksa menunda pertandingan pada akhir babak pertama karena badai hebat yang menerpa stadion "Renato Curi". Setelah cuaca buruk mereda pertandingan dilanjutkan yang akhirnya dimenangkan Perugia dengan skor 1 -0 sehingga otomatis memuluskan jalan Scudetto ke Lazio.

11.Alessandro D'Agostini
Roma, 14 Maret 1922 - 27 Februari 2006

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Ia mulai menjadi wasit pada tahun 1948 dengan memulai karir dari serie B. Dalam delapan tahun, ia total memimpin sebanyak 114 pertandingan di serie A di mana ia melakukan debut sebagai wasit di laga Mantua-Sampdoria (2-0) pada tahun 1960-an. Dia memulai karir internasional di tahun '65. Musim terbaiknya yaitu di musim '66 -'67 ketika ia menerima penghargaan Premio Mauro yang bergengsi.

Setelah berhenti menjadi wasit, pada tahun 1970-an dia bergabung dengan Den Haag lalu bergabung dengan Can, awalnya sebagai wakil dan kemudian dari tahun 81-85 dia menjabat sebagai komisaris. Dia juga pernah menjadi wakil presiden Den Haag dan juga pernah bekerja di Kementerian Pertahanan menjadi manajer umum.

12.Generoso Dattilo
Roma 14-5-1902 - Roma 12-8-1976

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Ia memulai karirnya sebagai wasit sejak masih sangat muda dari tahun '33-'51. Total ia memimpin laga sebanyal 265 di kompetisi Serie A, nomor dua setelah Lo Bello. Selama enam belas musim, karir internasionalnya mencakup 20 pertandingan resmi, 5 kompetisi Piala Eropa serta 50 pertandingan persahabatan dan kompetisi kejuaraan asing. Dia juga ditunjuk untuk menjadi wasit Piala Dunia 50-an di Brasil. Pada tahun '39 -'40 ia memenangkan Mauro Award, bersama dengan medali emas FIFA untuk wasit internasional terbaik.

Setelah menyelesaikan karir yang bergengsi di lapangan, dia memulai karir yang baru sebagai manajer arbitrase. Untuk jangka waktu yang lama ia memiliki beberapa peran kunci dalam organisasi arbitrase. Pada tahun 1935 ia adalah presiden AIA di Roma, dari tahun 1952 hingga 1957 ikut bertanggung jawab atas Can, pada tahun '58 -'59 menjadi wakil presiden Den Haag dan dua tahun kemudian dia menjadi presidennya dari tahun 1965 hingga 1967. Selanjutnya, sejak tahun 1945 ia telah menjadi presiden dari Pusat Olahraga Italia (CSI) selama lebih dari 20 tahun.

13.Francesco Francescon
Padua, 17-11-1928

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia mulai menjadi wasit pada Februari 1950. Debutnya di Serie B adalah pada Mei '58 (Sambenedettese - Modena), sementara di serie A ia tampil untuk pertama kalinya pada tanggal 15 November '59 saat laga Fiorentina-Palermo. Saat menjadi wasit prestasi yang dia miliki antara lain 197 pertandingan di serie A, 70 pertandingan di serie B dan 55 pertandingan internasional. Pada akhir musim '72 -'73 ia berhenti menjadi wasit dan bergabung dengan Den Haag. Secara khusus ia adalah anggota Can dari tahun 85 hingga 1994 dan menjadi delegasi UEFA dari tahun 1985 hingga '99. Dia berhasil mendapatkan Mauro Award di musim 1967-68.

14.Giovanni Galeati
Castelbolognese (Ravenna) 18-2-1901 - Bologna 7-1-1959

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Setelah bermain di level klub (Faenza, Castelbolognese, Bologna, Internaples, dan Salernitana) pada tahun 1932 ia gantung sepatu dan mulai menjadi wasit. Dia melakukan debut di seri A (tahun '34 di Sampdoria-Bari). Total dia telah memimpin sebanyak 226 laga serie A dan 22 laga di kompetisi internasional. Tiga pertandingan telah ditugaskan kepadanya selama Piala Dunia 1950 di Brasil antara lain Yugoslavia-Spanyol 3-0 dan Spanyol Inggris 1-0 (babak kualifikasi), Uruguay-Swedia (babak final). Dia mendapatkan Mauro Award sebagai wasit terbaik di tahun 1941-42.

15.Sergio Gonella
Asti 25-3-1933

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Dia adalah wasit Italia pertama yang memimpin laga final Piala Dunia antara Argentina-Belanda pada tanggal 25 Juni 1978 dengan skor 3-1 setelah perpanjangan waktu. Dan pertandingan itu adalah pertandingan terakhir dalam karirnya karena dia kemudian mengundurkan diri pada masa puncak kejayaannya di usia 45 tahun.

Dia memulai awal karir sebagai wasit di tahun '63 lalu ia memimpin pertandingan Serie A pertamanya pada tanggal 15 November '64 (Varese-Foggia 0-0) dan pada tahun 1970 ia memulai karir internasional (98 pertandingan). Dia juga pernah memimpin laga Supercup Eropa '75 yang dimenangkan oleh Dinamo Kiev atas Bayern Munich. Dari tahun 1998 hingga 2000 dia juga sempat menjadi presiden AIA.

Sumber: Hasil Pemikiran TS
Referensi: WorldReferee.com
Courtesy Google Image

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia

Diubah oleh metalique
profile-picture
profile-picture
cawax dan kunkuntoto memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
04-04-2019 00:03
si botak sama wasit yg kesandung calciopoli bagi aneemoticon-Jempol
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
04-04-2019 06:56
Quote:Original Posted By dokterd
si botak sama wasit yg kesandung calciopoli bagi aneemoticon-Jempol


Oh siap gan emoticon-Jempol
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh vguser
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
04-04-2019 11:02
Quote:Original Posted By Ulqiora
Salut sama agan ts emoticon-2 Jempol
Ane ngeliatnya gan ts pejuang forum serie a. Karena sedikitnya jumlah trit serie a di forum bola. Malah kalah sama futsall room.
Jarang penggemar serie a bikin trit selain bela klub kaporitnya.
Berhubung agan ts Sama2 penggemar klub yg ane juga bela ane selalu dukung ts.
Mudah2an dgn effort yg agan dedikasikan pamor serie a jd naik lagi.


Makasih Gan emoticon-Nyepi
Saya jg berpikiran sama agan kayanya jarang banget ada TS yg bahas liga italia ini padahal ga kalah menarik kok dengan liga2 lain tapi di sisi lain saya memaklumi kenapa jarang ada yg mengupas sisi terdalam dari liga itali..
Yg utama paling sulit adalah menemukan sumber literasi dan referensi yg cocok di dalam membangun suatu topik (karena saya sendiri pun jg mengalami hal yg sama)

Kalau boleh jujur kadang iri sama liga inggris..di mana mereka punya sumber informasi pendukung yg sangat bnyk tentang liganya..
Tapi gpp justru di sinilah letak seni nya dari liga italia..old but gold emoticon-Big Grin

Makasih jg buat dukungan agan emoticon-Toast
Semoga ke depan nya saya masih memberikan topik2 lain yg tidak kalah menarik tentang segala serba serbi liga italia emoticon-shakehand
0 0
0
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
05-04-2019 09:23
ane jdi keinget kazuki ito, wasit wining elepenemoticon-Ngakak
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
05-04-2019 09:34
Wasit nya pada zaman batu semua kbnyakan

Kan bener collina netral.
Item putih jadi gak scudetto emoticon-Leh Uga

Coba wasit lain uda pasti scudetto

Lbg bagus post yg laga2 krusial .dan memorable
setahu gw dulu ada match hujan kartu merah or dikit2 match di stop krn caos

Klo zaman millenial paling seru derby barcuk vs mirdrad
zaman mourinho

Before match psy war
pas match selalu kisruh ada aja yg cedera or red card emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ....x...
0 0
0
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
05-04-2019 09:56
Quote:Original Posted By faeyzarbn
ane jdi keinget kazuki ito, wasit wining elepenemoticon-Ngakak

Wkwk
Wasit paling sadis ini mah di WE emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By ....x...
Wasit nya pada zaman batu semua kbnyakan

Kan bener collina netral.
Item putih jadi gak scudetto emoticon-Leh Uga

Coba wasit lain uda pasti scudetto

Lbg bagus post yg laga2 krusial .dan memorable
setahu gw dulu ada match hujan kartu merah or dikit2 match di stop krn caos

Klo zaman millenial paling seru derby barcuk vs mirdrad
zaman mourinho

Before match psy war
pas match selalu kisruh ada aja yg cedera or red card emoticon-Leh Uga


Hehe wasit legend ga mengenal rentang waktu..
Objektif saja ane meski sebagai pendukung klub item putih mesti mengakui collina layak disebut wasit terbaik di tahun itu..dan lazio lebih layak dapetin scudetto emoticon-Big Grin
Kalau yg laga2 memorable berarti beda lagi topik nya gan..hehe..emoticon-Peace
0 0
0
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
06-04-2019 22:14
kok ane jadi auto fokus ama wasit legend itu yak.
deskripsi yg agan ceritain... ane inget2 lagi kejadian itu.

ane ingetnya motor perugia si hidetoshi nakata yg kebanggaan warga asia. trus bomber nya amoruso, yg iparnya delpiero itu kan? cmiiw
tp yg nyekor siapa, entahlah.. lupa ane. emoticon-Hammer2
taun segitu jg juve di asuh ama ancelotti kalo ga salah. kemudian beliau (ancelotti) jadi anti juve, gegara anggapan (entah dari siapa munculnya) yang gagal total. padahal ancelotti jg yg ngorbitin banyak legenda juve kemudian.
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
06-04-2019 22:30
Quote:Original Posted By arwan007
kok ane jadi auto fokus ama wasit legend itu yak.
deskripsi yg agan ceritain... ane inget2 lagi kejadian itu.

ane ingetnya motor perugia si hidetoshi nakata yg kebanggaan warga asia. trus bomber nya amoruso, yg iparnya delpiero itu kan? cmiiw
tp yg nyekor siapa, entahlah.. lupa ane. emoticon-Hammer2
taun segitu jg juve di asuh ama ancelotti kalo ga salah. kemudian beliau (ancelotti) jadi anti juve, gegara anggapan (entah dari siapa munculnya) yang gagal total. padahal ancelotti jg yg ngorbitin banyak legenda juve kemudian.


Ancelotti cuma bisa ngasih intertoto emoticon-Big Grin
Agan lg bernostalgia ya hehe..iya itu s amoroso ipar nya del piero..sekarang udh jd ex...nah perihal yg golin itu s alessandro calori emoticon-Big Grin
0 0
0
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
07-04-2019 17:50
Pierluigi Collina dong
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
07-04-2019 21:48
Quote:Original Posted By ihsan1933
Pierluigi Collina dong


Bener gan..
One of the best emoticon-Jempol
0 0
0
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
18-04-2019 23:51
nomor 10 legend
profile-picture
metalique memberi reputasi
3 0
3
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
19-04-2019 19:41
Yang saya kenal cuma Collina saja
emoticon-2 Jempol
profile-picture
metalique memberi reputasi
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
20-06-2019 11:10
aelaahh mo se legendaris apapun klo di ITALI pasti BAYARAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!









yaiya lah masa orang kerja kaga di bayar..anak bininya makan apa, makan batuuuu..??? (iler logic) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
metalique memberi reputasi
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
30-06-2019 23:49
profile-picture
metalique memberi reputasi
1 0
1
15 Wasit Sepakbola Legendaris Terbaik Dari Negeri Italia
19-06-2020 11:23
Quote:Original Posted By akun.newbie
nomor 10 legend

Bener bgt gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By rafif1380
Yang saya kenal cuma Collina saja
emoticon-2 Jempol

Nah nambah lg kan preferensi yg lain emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By azpiero2
aelaahh mo se legendaris apapun klo di ITALI pasti BAYARAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!









yaiya lah masa orang kerja kaga di bayar..anak bininya makan apa, makan batuuuu..??? (iler logic) emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kreator.9.ES
nice thread agan TS emoticon-2 Jempol
dari daftar ane tahunya Collina aja emoticon-Malu (S)




Thank you Gan emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia