alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
382
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c99d0e528c991055872e821/anies-soal-penumpang-mrt-piknik-saya-miris-mereka-difoto-diejek-diviralkan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak mengejek pengguna moda raya terpadu (MRT) yang makan di stasiun layaknya piknik. Baginya, lebih baik mereka diberi tahu daripada dihina. Nah ini, jangan merendahkan, jangan menghina, jangan mengejek, kita semua mengalami proses pembelajaran, tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun. Ada yang baru naik pesawat pertam
Lapor Hansip
26-03-2019 14:12

Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan

Past Hot Thread
Quote:Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak mengejek pengguna moda raya terpadu (MRT) yang makan di stasiun layaknya piknik. Baginya, lebih baik mereka diberi tahu daripada dihina.

"Nah ini, jangan merendahkan, jangan menghina, jangan mengejek, kita semua mengalami proses pembelajaran, tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun. Ada yang baru naik pesawat pertama kali juga ada di bangsa kita ini," ucap Anies kepada wartawan di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya, Selasa (26/3/2019).

Menurut Anies, adanya MRT menjadi pembelajaran bagi masyarakat Jakarta. Anies pun mengajak orang untuk refleksi diri.

"Jadi ini bagian dari proses pembiasaan bahwa menggunakan MRT itu memiliki tata aturan tersendiri, nah ini ada proses pembelajarannya, mari kita lakukan sama-sama proses pembelajaran itu, kita-kita dulu waktu pertama kali naik pesawat juga lucu kok, pertama kali naik kereta juga lucu," ucap Anies.

Anies mengajak masyarakat menganggap warga yang 'piknik di MRT' itu sebagai keluarga sendiri. Daripada merendahkan, lebih baik memberi tahu cara yang baik kepada mereka.

"Hargai semuanya sebagai saudara sendiri, ini saudara sebangsa kok, jangan rendahkan, sama sekali jangan pernah direndahkan, justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya," ucap Anies.

Anies miris melihat warga tersebut difoto lalu diviralkan. Dia tidak ingin kejadian itu terulang.

"Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan dengan wajah yang ada di situ, tak baik itu," kata Anies.

https://news.detik.com/berita/d-4483...jek-diviralkan



Quote:
MRT Sesalkan Perilaku Penumpang yang Gelantungan hingga Injak Kursi Kereta


PT MRT Jakarta menyayangkan sikap penumpang yang melanggar aturan seperti makan dan minum di area stasiun. Perilaku itu beberapa kali didapati selama masa uji coba sebelum peresmian.

"PT MRT Jakarta menyesalkan atas perilaku yang tidak seharusnya dilakukan di stasiun dan kereta, seperti makan dan minum di stasiun dan kereta, berdiri atau menginjak kursi kereta, bergelantungan di kereta yang teridentifikasi dari hasil evaluasi selama 2 hari terakhir (22-23 Maret 2019)," kata pihak PT MRT dalam keterangan tertulis yang diterima detkcom, Sabtu (23/3/2019).

Peresmian MRT Jakarta Fase I akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di area Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (24/3) pagi. Di hari peresmian itu, layanan dari stasiun Lebak Bulus hingga ke stasiun Bundaran HI akan dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan kuota 80 ribu penumpang.

"Keputusan untuk menetapkan pemberlakuan kuota sebagaimana pada poin 3 ini didasarkan pada pertimbangan unsur keselamatan bagi masyarakat yang menggunakan layanan MRT Jakarta dan pertimbangan atas potcnsi kerusakan atas fasilitas MRT Jakarta," kata MRT.

MRT berharap kejadian negatif selama masa uji coba tak lagi terulang setelah peresmian. Pemunpang diminta menjaga fasilitas moda transpotasi terbaru di Jakarta itu.

"MRT Jakarta menegaskan bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas MRT Jakarta untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di stasiun dan kereta MRT Jakarta dan memohon dukungan segenap masyarakat untuk turut bersama-sama menjaga fasilitas MRT Jakarta," ucap pihak MRT.

Berikut pernyataan lengkap PT MRT:

1. Peresmian MRT Jakarta akan dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia akan berlangsung di area Bundaran Hotel Indonesia mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

2. Layanan pada hari peresmian MRT Jakarta esok hari dari stasiun Lebak Bulus hingga ke stasiun Bundaran HI akan dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB.

3. Untuk layanan operasi pada esok hari, PT MRT Jakarta menetapkan kuota pengunjung sebanyak 80.000 orang.

4, Keputusan untuk menetapkan pemberlakuan kuota sebagaimana pada poin 3 ini didasarkan pada pertimbangan unsur keselamatan bagi masyarakat yang menggunakan layanan MRT Jakarta dan pertimbangan atas potcnsi kerusakan atas fasilitas MRT Jakarta.

5. PT MRT Jakarta menyesalkan atas perilaku yang tidak seharusnya dilakukan di stasiun dan kereta, seperti makan dan minum di stasiun dan kereta, berdiri/menginjak kursi kereta, bergelantungan di kereta yang teridentif'lkasi dari hasil evaluasi selama 2 hari terakhir (22-23 Maret 2019) dimana ketika pendaftaran dapat dilakukan di stasiun dan tanpa Batasan kuota.

6, PT MRT Jakarta menegaskan bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas MRT Jakarta untuk mematuhi ketentuan-kctcntuan yang berlaku di stasiun dan kereta MRT Jakarta dan memohon dukungan segenap masyarakat untuk turut bersama-sama menjaga fasilitas MRT Jakarta.

7. Bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan MRT Jakarta pada esok hari 24 Maret 2019, dapat melakukan pendaftaran online di www.ayocobamrtj.com dan menunjukkan bukti konfirmasi pendaftaran kepada staf stasiun MRT Jakarta yang berada di setiap pintu masuk stasiun.

Kehadiran MRT Jakarta tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, juga diharapkan memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

https://news.detik.com/berita/448073...k-kursi-kereta


Quote:Ane setuju seharusnya gak perlu lah dihajar habis-habisan mereka yang melanggar. Ane pikir gak semua budaya kita itu sama, pasti ada yang masih berusaha untuk beradaptasi.

Akan lebih bijak kalau mereka dinasihati di tempat, bukan untuk konsumsi netizen di sosmed. Jatohnya bakal memperkeruh, bukannya menunjukan adab yang baik sebagai orang yg emang modern.

Menurut agan gimana?
Diubah oleh martabok
profile-picture
profile-picture
kit1224 dan amal17 memberi reputasi
30
Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan
26-03-2019 14:19
kelakuan yang begitu itu PANTAS DIVIRALKAN, kenapa ??? biar jadi PEMBELAJARAN sekaligus SOCIAL PUNISHMENT buat mereka yang ngakunya ORANG KOTA, ndak tahunya LEBIH KAMPUNGAN daripada ORANG KAMPUNG
48 2
46
profile picture
kaskus geek
26-03-2019 15:21
Jangan salahin orang kampung dong
Orang kampung ga gitu gitu amat
Emangnya pernah liat orang kampung naik mrt ?
Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan
26-03-2019 14:20
hum kok gitu yah?
ini ada yg kasi contoh bud
Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan
Diubah oleh cipokan.yuk
27 1
26
Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan
26-03-2019 14:20
Justru dengan viralnya kemaren orang2 jadi pada tertib. Takut diketawain di sosmed. Jauh lebih efektif daripada himbauan pejabat.
21 1
20
Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan
26-03-2019 14:20
klo dikasih tau yg ada malah dibalik dinyiyirin kita emoticon-Ngakak

tu bukti naik motor diatas trotoar yg ada mlh ibuk2nya yg mukuli koalisi pejalan kaki
19 1
18
profile picture
kaskuser
26-03-2019 15:06


sebenernyaa masihh banyak lagii contohnyaaa gan..
enggak cumaa ituu..
PKL jualan di trotoar ituu jugaa menyalahi aturan kok..
kl di bilangin kitanyaa yg diamuk..

jadii kl dibilang mereka ituu norak sebenernyaa yaa enggak jugaa..
transportasi berbasis rel kan ada KRL jugaaa..
mirip2lahh MRT samaa KRL ituu..
tracknya ajaa kebetulan MRT lebihh menarik,,elevated sama subway dan kereta + stasiunnya dalam kondisii baru..

mau barang baru atau lama,,kl darii dirii kitanyaa tau aturan (petunjuk aturan juga banyak terpajang di setiap stasiun dan rangkaian kereta) enggak akan terjadii hal2 yg demikian kok..

nyatanyaa di KRL adaa tulisan dilarang makan dan minum,,tp tetep ajaa banyak org yg enggak tau dirii makan di keretaa..
tp waktuu ditegur malah balik kitanya dinyinyirin..

ane yakin sekalipun itu diviralin juga,,kl memang orgnya masa bodo sama aturan yg berlaku juga enggak akan ada efek jera sihhh..

tp ane berharapnya yaa setiap org punya kesadaran buat lebih tertib aturan ajaa..

emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Anies soal Penumpang MRT 'Piknik': Saya Miris Mereka Difoto, Diejek, Diviralkan
26-03-2019 14:17
Klo gk dipermalukan d sosmed mereka gk akan jera

emoticon-Ngakak
22 2
20
profile picture
kaskus addict
27-03-2019 15:32
pertamanya sih mikir gitu gan, setelah dipikir2 lagi mereka illetaracy jadi gamungkin baca berita gan. Jangankan malu, peduli juga kaga emoticon-Ngakak (S)
profile picture
newbie
26-03-2019 16:20
iya manusia paling benar
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.