News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c918985facb9528e81643fe/jk-bahaya-jika-ujian-nasional-dihapuskan
Dalam debat calon wakil presiden pada Minggu, 17 Maret 2019, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menjanjikan akan menghapus Ujian Nasional atau UN.  Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai usulan Sandi tersebut berbahaya. "Jadi kalau mau dihapuskan, itu berbahaya, justru itu untuk kualitas pendidikan. Ada UN saja pendidikan kita masih rendah, apalagi kalau tidak ada," kata JK di Kantor Wapre
Lapor Hansip
20-03-2019 07:29

JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan

Dalam debat calon wakil presiden pada Minggu, 17 Maret 2019, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menjanjikan akan menghapus Ujian Nasional atau UN. 
Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai usulan Sandi tersebut berbahaya.




"Jadi kalau mau dihapuskan, itu berbahaya, justru itu untuk kualitas pendidikan. Ada UN saja pendidikan kita masih rendah, apalagi kalau tidak ada," kata JK di Kantor Wapres di Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 19 Maret 2019.
Wapres menjelaskan, Ujian Nasional ada hubungannya dengan Undang Undang Pendidikan, yakni sebagai bagian dari evaluasi tingkat pendidikan di seluruh daerah di Indonesia.


"Karena di UU itu pemerintah harus secara teratur mengevaluasi. Salah satu cara evaluasi ya lewat ujian. Evaluasi gimanabahwa di sini daerahnya baik, daerah sini rendah, tanpa Ujian Nasional," ujar JK.


Terkait usulan Sandi mengenai penelusuran minat dan bakat siswa, menurut Wapres, pengukuran parameternya akan sulit dilakukan. Hal itu karena banyaknya jumlah siswa di Indonesia.


"Berapa siswa tiap tahun? 5 juta. Gimanabisa Anda (mengukur) bakatnya 5 juta orang tiap tahun," kata JK.


Sebelumnya, Sandiaga Uno menegaskan jika mendapat amanat memimpin maka siap menghapus Ujian Nasional. Sebagai gantinya, UN akan berubah menjadi penelusuran bakat dan minat.


Alasan Sandiaga mewacanakan penghapusan ujian tahap akhir itu karena memakan biaya besar bagi sistem pendidikan.

"UN ini adalah salah satu sumber biaya yang tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk anak-anak di rumah," kata Sandi dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Maret 2019.






sumuro
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:30
nyari sensasi mbok yg wajar saja nok emoticon-Cape d...
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
3 1
2
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:35
Saya dulu waktu sekolah gak merasa dibebani oleh UN

Jadi saya mah cuma berusaha belajar untuk memperoleh hasil yang baik....
Diubah oleh stingshoot555
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
4 1
3
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:37
Ujian nasional tetap ada
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 1
1
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:37
negara singapore dalam bahaya


Akhirnya Singapura Hapus Ujian Sekolah, Begini Alasannya
https://www.timesindonesia.co.id/read/188291/20181102/074006/akhirnya-singapura-hapus-ujian-sekolah-begini-alasannya/

begitu juga dengan jepang, india, finlandia, kanada
Diubah oleh tukangkredit
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
4 0
4
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:47
untuk mengetahui kualitas sekolah2 dan guru2 dgn cara mengorbankan masa depan siswa nya ya pak...?????

siswa ga bs ngerjain soal UN karena dia merasa ga pernah di ajarin materi tsb....trus salah guweh...salah temen2 guweh...

emng ga ada cara lain apa?....
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
3 0
3
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:50
bahaya karena bikin proyek ilang
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 0
2
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:50
Quote:Original Posted By tukangkredit
negara singapore dalam bahaya


Akhirnya Singapura Hapus Ujian Sekolah, Begini Alasannya
https://www.timesindonesia.co.id/read/188291/20181102/074006/akhirnya-singapura-hapus-ujian-sekolah-begini-alasannya/

begitu juga dengan jepang, india, finlandia, kanada


Kasian jgn langsung diberakin gitu ts nya..selow doloemoticon-DP
Diubah oleh responaftercrot
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:53
nanti dipikirin caranya kalau udah jd wapres gan....... emoticon-Ngacir
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 0
2
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:56
Quote:Original Posted By AsalBunyi
untuk mengetahui kualitas sekolah2 dan guru2 dgn cara mengorbankan masa depan siswa nya ya pak...?????

siswa ga bs ngerjain soal UN karena dia merasa ga pernah di ajarin materi tsb....trus salah guweh...salah temen2 guweh...

emng ga ada cara lain apa?....


kalau merasa ga pernah diajarin mungkin itu perasaan dedek saja. Atau dedek mbolosan?
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 1
1
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 07:56
Quote:Original Posted By tukangkredit
negara singapore dalam bahaya


Akhirnya Singapura Hapus Ujian Sekolah, Begini Alasannya
https://www.timesindonesia.co.id/read/188291/20181102/074006/akhirnya-singapura-hapus-ujian-sekolah-begini-alasannya/

begitu juga dengan jepang, india, finlandia, kanada


emoticon-Cendol (S)
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
3 0
3
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:02
UN tuh salahnya terlalu kaku. Masa sekolah beda, guru beda, alat peraga buat ngajar beda, fasilitas belajar mengajar beda. ujuk ujuk dah di tingkat alhir dikasi soal yang sama.


emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
5 0
5
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:02
kalo UN sih menurut gua biasa aja. UN sih kalo emang mau belajar aja pasti bisa krn dari sekolah juga dapet semua. ya paling ngga di Jakarta sih begitu, kalo di daerah lain kan fasilitas sekolahnya beda.
yang ribet itu sbmptn. ini baru bener2 susah kecuali si siswanya ikut bimbingan belajar.
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
3 1
2
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:04
Mungkin kubu sebelah suka hal-hal yang berbahaya.
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 0
2
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:06
Quote:Original Posted By tukangkredit
negara singapore dalam bahaya


Akhirnya Singapura Hapus Ujian Sekolah, Begini Alasannya
https://www.timesindonesia.co.id/read/188291/20181102/074006/akhirnya-singapura-hapus-ujian-sekolah-begini-alasannya/

begitu juga dengan jepang, india, finlandia, kanada


mereka diajarin pelajaran agama gak disekolah?
Kalau mau mencontoh jangan tanggung tanggung. Berani ngomong gini di debat capres cawapres?

Apakah sandi peduli dengan pendidikan? Tau apa dia dibandingkan dengan orang2 yang pengabdian hidupnya untuk pendidikan indonesia.

Cmn kampanye ga usah diambil ati. Entar yg ngurusin pendidikan juga orang yg ngerti dibidangnya. Mau ada un atau tidak juga pakai kajian, ga waton kaya habis dapet wangsit.
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan darwinsilb memberi reputasi
10 0
10
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:07


Quote:Original Posted By pokemonman
kalau merasa ga pernah diajarin mungkin itu perasaan dedek saja. Atau dedek mbolosan?


ya maklum aj ane kbtulan sekolah ny di sma abal2...kualitas pndidikan buruk..mayoritas temen2 ane yg pinter pada les tambahan di luar sekolah.....ortu ane mah ga mampu utk bayar les saat itu..

mksd ane entu kurikulum nya di sama ratakan dulu d smua sekolah..baru fair tu UN..
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 0
2
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:10
yg gagal UN tu yg bner2 ga bljar sama sekali, wong UN tu asal baca dikit aja pasti dapet nilai di atas batas lulus, justru try out yg susah, krna emang tingkat kesulitannya harus di atas UN
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 1
1
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:13
UN diganti ama tes kejuruan, sesuai minat siswa..

Yang hobi dota2 ama ML.. by one ama dosen/guru pengujinya..
emoticon-Cool emoticon-Cool
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
2 1
1
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:19
waka waka
emoticon-Wakaka
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:23
Quote:Original Posted By pokemonman


mereka diajarin pelajaran agama gak disekolah?
Kalau mau mencontoh jangan tanggung tanggung. Berani ngomong gini di debat capres cawapres?

Apakah sandi peduli dengan pendidikan? Tau apa dia dibandingkan dengan orang2 yang pengabdian hidupnya untuk pendidikan indonesia.

Cmn kampanye ga usah diambil ati. Entar yg ngurusin pendidikan juga orang yg ngerti dibidangnya. Mau ada un atau tidak juga pakai kajian, ga waton kaya habis dapet wangsit.


betul, disana sdm sudah maju. sudah tau cara antri yang baik, sudah pada sadar hukum. contohnya saja walaupun bir sama majalah porno dijual bebas yang beli pasti yang diatas umur. beda sama disini. yang jadi malah ancur.

daripada ngilangin UN mending benerin dulu tuh kurikulum belajarnya. soalnya mulai anak TK aja udah diajarin bahasa Inggris, padahal bahasa sehari-hari pakai bahasa daerah/Indonesia. begitulah yang buat jadi beban anak. cmiiw
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan darwinsilb memberi reputasi
5 0
5
JK: Bahaya jika Ujian Nasional Dihapuskan
20-03-2019 08:26
hmmmmm...
saiya jg ndak setuju klo un dihapus
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia