alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c85f1262525c373fc3857cf/kuliah-akreditasi-c--ngapain-kuliah
Lapor Hansip
11-03-2019 12:24
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?
Past Hot Thread
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?

Gambar : Line Today


Why?
Kenapa?
Itu yang saya pikirkan ketika seseorang berkata, "ngapain kuliah?" hanya karena mendengar prodi jurusan saya akreditasi C.
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Saat itu saya berjalan buru-buru ke kampus. Tiba-tiba seseorang dengan baik hati menawari tumpangan. Saya pun ikut karena sudah terlambat.

Quote:"Kuliah di kampus A ya?"
"Oh, iya mas."
"Semester berapa?"
"Baru semester satu."
"Oh baru ya? ngambil jurusan apa?"
"Sistem Informasi."
"Oh... kampus A itu akreditasinya apa sih?"
"Kalau prodi saya C."
"Lah, ngapain kuliah?"
"Emang kenapa?"


Belum terjawab pertanyaan saya, motor sudah masuk ke gerbang kampus. Saya pun turun, lalu mengucapkan terimakasih dan langsung pergi menuju kelas.
emoticon-Ngacir

Awalnya saya nggak terlalu memikirkan percakapan dengan orang yang memberikan saya tumpangan. Tetapi setelah mata kuliah pertama selesai, ingatan terdahulu yang berhubungan dengan itu muncul.

Quote:"Aku mau kuliah di tempat Mba Aya."
"Oh ya? ngambil apa?"
"Sistem Informasi, kayak Mba Aya."
"Kok nggak lanjut di akuntansi aja, kan kamu SMK akuntansi?"
"Pusing mba, udah trauma, dulu juga ngambil akuntansi karena terpaksa."
"Tapi sistem informasi akreditasi C."
"Lah emang kenapa?"
"Susah dapet kerja dek."


emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Mendengar keributan di belakang, saya pun beralih dari tempat duduk depan, ikut bergabung dengan teman-teman yang sedang bergosip.

Quote:"Gue tadi berangkat ikut sama orang, dia tanya akreditasi, terus gue bilang C, dia malah bilang, ngapain kuliah? gitu masa?"
"Iya tau, banyak orang yang nganggep akreditasi C jelek."
"Kenapa? karena C? Bukan A atau B?"
"Ya kalau lulusan C itu dibilang susah dapet kerja."
"Kalau kita punya kemampuan, diatas A atau B, gimana?"
"Ya... kenyataannya di sini masih mentingin ijazah dari pada kemampuan, coba kalau daftar kerja, nilai ijazah jelek langsung di depak sebelum liat kemampuannya."


Benarkah?
Saya masih baru kuliah semester satu mau semester dua, belum pernah bekerja atau mendaftar kerja dengan ijazah akreditasi C. Apa sekarang masih jamannya nilai, akreditasi atau asal sekolah/kuliah di nomor satukan? padahal saya berpikir kemampuan/skill di atas dari semua itu.
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Ask :
Jadi menurut agan and sista gimana? apa akreditasi C seburuk apa yang teman-teman atau orang yang saya temui pikirkan?
Atau ada yang berpikir masuk kuliah di prodi akreditasi C nggak ada masalah, seperti saya?
Mungkin juga bisa kasih tau pengalaman buat yang lulusan2 dari akreditasi C selama mencari pekerjaan, siapa tau kan bermanfaat buat kita-kita yang masih pemula.

Ayo share pendapat atau pengalamannya ya emoticon-2 Jempol

Diubah oleh diyanti978
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 13 dari 19
13-03-2019 11:58
kalo akreditas C memang rada susah bro.
bukan berarti kampus ente ga berkualitas, tapi memang dunia kerja kebanyakan meminta syarat minimal akreditas C,
ibarat mau naik rollercoaster, kena razia dan ga bsia naik karena tinggi badan tidak memenuhi
0
13-03-2019 12:09
Memang harus A gan,

Saya lulusan akre C angkatan 2014

Susah banget cari kerja waktu itu

Bumn besar langsung gak lolos administrasi,

Cpns kementerian juga gak nerima akre C

Yang tersisa cuma cpns pemda yg masih termasuk kategori daerah tertinggal,

Akhirnya saya ngambil itu, lolos dan masih jd pns sampai skrg

Banyak teman teman angkatan saya yg masih nganggur atau kerjaannya gak mapan..

Emang susah akreditasi C, penyesalan saya sih harusnya saya belajar lebih giat sewaktu masih muda supaya bisa masuk ke universitas terbaik di Indonesia
1
13-03-2019 12:11
Semoga sblm agan lulus akreditasinya naik, masih ada harapan emoticon-thumbsup . Kalo ane sendiri jurusan akreditasi A tapi univ nya masih B
1
13-03-2019 12:12
klo situ daftar PNS syarat minimal ya harus lulus dari universitas yang berakreditasi B klo akreditasinya C emang udah gugur dari awal. dan sesaknya akreditasi C di ijazah gak berubah jadi walau prodi situ dimasa depan dapat akreditasi A tapi kalau situ lulus saat masih akreditasi C ya tetep bakal gugur waktu ngelamar PNS
1
13-03-2019 12:14
Quote:Original Posted By soedjana
Itu hoax tetep aja dari mata turun kehati gan, artinya enak diliat dulu baru dikelonin, baca lakitulen.com atau hitmansystem.com atau bukunya arron sleazy biar ga gagal paham emoticon-Leh Uga


terimakasih subes sarannya, ane cerna dulu isi bukunya emoticon-Embarrassment
0
13-03-2019 12:15
Quote:Original Posted By sheedzzz
terimakasih subes sarannya, ane cerna dulu isi bukunya emoticon-Embarrassment


Selamat belajar gan dan welcome to the new age of romance emoticon-Leh Uga
1
13-03-2019 12:18
Quote:Original Posted By soedjana
Selamat belajar gan dan welcome to the new age of romance emoticon-Leh Uga


emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi
0
13-03-2019 12:33
Quote:Original Posted By sheedzzz
emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi


Lakitulen.wordpress ya gan bukan yg .com emoticon-Ngakak nanti sesat takutnya emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
13-03-2019 12:38
Balasan post steven.thereds
Betul gan
ini ya ibarat pintu masuk administrasinya gitu lho
bukan jaminan mana yang lebih berkualitas, kl itu ya tergantung orangnya masing2
Di dunia kerja, kalau saya melihatnya itu, nilai (IP), akreditasi Universitas itu hanya menjadi pintu masuknya saja, tapi ketika sudah masuk, agan harus mulai lagi belajar dari 0
Ilmu yang ada di perkuliahan hanya sedikit yang sesuai
Karena kebanyakan instansi mensyaratkan demikian maka otomatis ya mau gak mau akreditasi menjadi penting
0
13-03-2019 12:55
Quote:Original Posted By rizariri
masalahnya gini gan, rerata hr di perusahaan medium - big. liat dulu lulusannya mana, kalo kebutuhannya udah terpenuhi dari lulusan preferensi mereka, yg lain biasanya kalo ga dibuang ya dipanggil yg paling baik dari yg dari yg diluar preferensi.

nah, biasanya kan yg utama itu kampus2 negri big 10 -> big 4 di indonesia, ya baru sisanya dari kampus lain, tapi mungkin ga disemua perusahaan ya, tergantung bujet gaji perusahaan mereka, karena biasanya anak kampus negri apalagi big 4 minta gaji lumayan.

nah kalo ini menurut ane ya, cuma opini berdasar pengalaman. Semakin bagus kampus yg kita pilih, mahasiswa2 nya pun akan semakin berkualitas, nah persaingannya juga meningkat jadi kualitas kita pun akan meningkat juga, dan juga kampus2 akreditasi diatas C akan ngasih fasilitas dan pendidikan yang lebih baik buat perkembangan agan.

Selama ini ane kerja kalo ada kunjungan industri dari mahasiswa2, mahasiswa2 dari kampus negri, pertanyaannya lebih berbobot dan kritis dibanding kampus lain, maaf bukan maksud merendahkan tp ini pengalaman ane.

Tapi bukan berarti dari kampus akreditasi dibawah B mahasiswanya jelek semua, pasti ada yg brilian.

Sekarang pilihan ente gan, mau jadi ikan besar di kolam kecil atau ikan kecil di kolam besar, semua tergantung effort agan juga, jgn lupa training2 dan sertifikasi supaya meningkatkan value


Kok ga ada pilihan untuk pencipta kolam dan sekaligus memasukkan ikannya emoticon-Big Grin
0
13-03-2019 13:04
Quote:Original Posted By hirak0
ya memang seperti itu gan kalo ga ada link rada susah sih, inget ngabalin setelah gabung pemerintah selain jadi jubir presiden dia juga langsung jadi komisaris BUMN tapi jangan putus asa bre tetep di coba mungkin rejekinya ada di BUMN juga emoticon-Shakehand2


oke siapp gan emoticon-2 Jempol , moga agan sukses selalu emoticon-Shakehand2
0
13-03-2019 13:21
Belum coba yang loker pns ma bumn sih, tp setahu ane sih itu minimal akreditasi B, tapi kalo swasta yg C masih bisa
Jadi tetep semangat ja, toh rezeki udah ada yg ngatur
1
13-03-2019 13:30
Kalau rencananya nanti mau jadi pegawai negeri, pegawai BUMN maka kuliah di kampus yang masih akreditasi C cuman buang-buang waktu dan uang...

Tapi kalau rencananya pengen jadi pegawai perusahan swasta selain yang disebutkan diatas gak jadi masalah mau akreditasi kampusnya apa....

Dan lebih hebatnya lagi kalau tamat pengen wiraswata atau jadi pengusaha... boro-boro mikirin akreditasi, bisa tamat tepat waktu aja udah bagus...

Jadi jelaskan, syarat untuk jadi pegawai tentu lebih sulit dan berliku dari pada jadi boss,.... Nah tinggal kamu mau jadi apa nanti kamu kalau sudah tamat...?
1
Lihat 1 balasan
13-03-2019 13:38
akreditasi itu penting gan
itu mencerminkan mutu kampus nya kek apa
mempermudah perusahaan menyeleksi calon karyawan nya
kalo akreditasi prodi ente C, itu artinya ente sama aja nyuruh perusahaan utk berusaha lebih keras mengenali potensi diri ente, berusaha lebih keras cari tahu kemampuan ente (siapa tahu diatas C), dll dll dll
kbanyakan prusahaan males kek gitu, langsung pukul rata, di reject surat lamaran ente, padahal ente belum tentu sejelek dugaan mereka
tapi kalo akreditasi prodi ente bagus, ente udah menghemat banyak waktu si perusahaan dalam menilai diri ente
hidup emang gak fair, tapi fakta nya emang kek gitu
kesan pertama itu segala nya
1
13-03-2019 13:42
jadi entrepreneur aja bre. emoticon-Cool
0
13-03-2019 13:45
Ya coba bayangin aja pas seleksi administrasi. Misalkan yang diambil 10 orang. Yang kirim berkas ada 15 lulusan akreditasi A dan 18 akreditasi C. Yang diambil sebagian besar pasti dari akreditasi A dong
emoticon-Shakehand2
0
13-03-2019 13:47
Jaman masih jadi senior developer di salah satu software house nasional, status saya masih lulusan smk jurusan TKJ.
Junior saya lulusan S1 B**** dan S2 dari Singapore gans emoticon-Smilie)

Mungkin klo swasta skill dan pengalaman lebih dilihat.

Beda sama PNS, mau naek grade musti ambil kuliah/sekolah lagi.
1
Lapor Hansip
13-03-2019 13:55
Balasan post soedjana
persaingan dunia romansa makin ketat nih setelah banyak yg ngerti tuh kedua web emoticon-Leh Uga
0
13-03-2019 14:06
tergantung orangnya juga..
kuliah di kampus akreditasi A juga ga menjamin lulusannya ciamik.
ane punya teman anak dokter otaknya kurang mampu juga bisa masuk kedokteran un**r , begitu lulus ga jelas juga jd dokter.. emoticon-Cape deeehh

0
13-03-2019 14:07
Quote:Original Posted By timtim007
persaingan dunia romansa makin ketat nih setelah banyak yg ngerti tuh kedua web emoticon-Leh Uga


Yoi gan banyak yg bilang pria sejati bakalan runtuh sama tiga hal harta, tahta dan Raisa tapi kaga bakalan kalo Raisa nya juga ikut dipelajrin gan emoticon-Leh Uga
0
Halaman 13 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.