alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c85f1262525c373fc3857cf/kuliah-akreditasi-c--ngapain-kuliah
Lapor Hansip
11-03-2019 12:24
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?
Past Hot Thread
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?

Gambar : Line Today


Why?
Kenapa?
Itu yang saya pikirkan ketika seseorang berkata, "ngapain kuliah?" hanya karena mendengar prodi jurusan saya akreditasi C.
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Saat itu saya berjalan buru-buru ke kampus. Tiba-tiba seseorang dengan baik hati menawari tumpangan. Saya pun ikut karena sudah terlambat.

Quote:"Kuliah di kampus A ya?"
"Oh, iya mas."
"Semester berapa?"
"Baru semester satu."
"Oh baru ya? ngambil jurusan apa?"
"Sistem Informasi."
"Oh... kampus A itu akreditasinya apa sih?"
"Kalau prodi saya C."
"Lah, ngapain kuliah?"
"Emang kenapa?"


Belum terjawab pertanyaan saya, motor sudah masuk ke gerbang kampus. Saya pun turun, lalu mengucapkan terimakasih dan langsung pergi menuju kelas.
emoticon-Ngacir

Awalnya saya nggak terlalu memikirkan percakapan dengan orang yang memberikan saya tumpangan. Tetapi setelah mata kuliah pertama selesai, ingatan terdahulu yang berhubungan dengan itu muncul.

Quote:"Aku mau kuliah di tempat Mba Aya."
"Oh ya? ngambil apa?"
"Sistem Informasi, kayak Mba Aya."
"Kok nggak lanjut di akuntansi aja, kan kamu SMK akuntansi?"
"Pusing mba, udah trauma, dulu juga ngambil akuntansi karena terpaksa."
"Tapi sistem informasi akreditasi C."
"Lah emang kenapa?"
"Susah dapet kerja dek."


emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Mendengar keributan di belakang, saya pun beralih dari tempat duduk depan, ikut bergabung dengan teman-teman yang sedang bergosip.

Quote:"Gue tadi berangkat ikut sama orang, dia tanya akreditasi, terus gue bilang C, dia malah bilang, ngapain kuliah? gitu masa?"
"Iya tau, banyak orang yang nganggep akreditasi C jelek."
"Kenapa? karena C? Bukan A atau B?"
"Ya kalau lulusan C itu dibilang susah dapet kerja."
"Kalau kita punya kemampuan, diatas A atau B, gimana?"
"Ya... kenyataannya di sini masih mentingin ijazah dari pada kemampuan, coba kalau daftar kerja, nilai ijazah jelek langsung di depak sebelum liat kemampuannya."


Benarkah?
Saya masih baru kuliah semester satu mau semester dua, belum pernah bekerja atau mendaftar kerja dengan ijazah akreditasi C. Apa sekarang masih jamannya nilai, akreditasi atau asal sekolah/kuliah di nomor satukan? padahal saya berpikir kemampuan/skill di atas dari semua itu.
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Ask :
Jadi menurut agan and sista gimana? apa akreditasi C seburuk apa yang teman-teman atau orang yang saya temui pikirkan?
Atau ada yang berpikir masuk kuliah di prodi akreditasi C nggak ada masalah, seperti saya?
Mungkin juga bisa kasih tau pengalaman buat yang lulusan2 dari akreditasi C selama mencari pekerjaan, siapa tau kan bermanfaat buat kita-kita yang masih pemula.

Ayo share pendapat atau pengalamannya ya emoticon-2 Jempol

Diubah oleh diyanti978
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 19
11-08-2019 12:09
kuliah penting loh apalagi. Bagi sebagian orang ga penting karena mereka dah diposisi aman untuk ngomong kek gitu.coba kalau masih susah juga ngomongnya beda juga

ucapan ane ga valid mungkin menurut agan karena ane sendiri berhenti kuliah. Tapi ga bakal ngerubah poin ane bahwa kuliah itu penting. asal bener kuliah jangan cuma nongol muka dikampus sama nyari pacar doangan emoticon-Cape d...

semoga sukses
0
11-08-2019 12:06
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
11-08-2019 12:05
Usahakan jadi yang terbaik
Agan kan baru mulai kuliah, bersatulah dengan teman-teman kuliah Agan supaya menjadi mahasiswa yang berprestasi dan pas Agan tamat kuliah akreditasi semoga sudah jadi B dan semoga bisa jadi A. Ayo semangat Gan. Oh ya sambil kuliah klo bisa sambil kerja, jd nanti gak bingung cari kerja pas lulus nanti. Juga belajar skill lainnya misal bahasa Inggris atau bisa jg sambil kuliah di Universitas Terbuka ijazah negeri loh Gan, Uang kuliah murah lagi cuma 1,3 jt sd 1.7 jt per semester gak ada uang gedung segala. Itupun sudah dapat buku2 materi kuliah. Semoga bermanfaat
0
04-08-2019 12:16
Bener sih😁
Ngapain kuliah kl cuma buat cari kerja😁mending buka usaha
Skarang kuliah +-100jt abis slama 4-5taon

Semangat ajalah gan, mudah2an dpt kerja di Google/Microsoft 👍

0
Lapor Hansip
04-08-2019 08:24
Balasan post jonlakor
Siapa blg di dearah ane ada juga PTN yg akreditasi prodinya byk yg C.
0
04-08-2019 08:22
Akreditasi kmps ane C, saat lulus prodi dah jd B, skrg ane kerja di bumn+dpt beasiswa S2 ke jepang, soooo akreditasi itu penting tapi balik ke individu nya.
0
29-03-2019 15:19
klo jurusan SI mah woles aja, mau ga lulus juga ga ngaruh,
asalkan ente emg niatnya mau jadi programmer,
IMHO di dunia IT/Programming kayanya masih banyak deh yg ga nanyain ijazah yg penting ente punya skill/portofolio sama attitude bagus, ga usah takut ga dapet kerjaan malah orang yg nyariin ente buat kerja
0
Lapor Hansip
29-03-2019 15:14
Balasan post fiidiii
alow om ganteng emoticon-Salam Kenal
0
Lapor Hansip
29-03-2019 11:38
Balasan post epatt
Quote:Original Posted By epatt
perkanalkan saya mahasiswa lulusan tahun 2014 akreditasi PTS C, hehe udah PTS C lagi... ambil jurusan IT, udah gitu nilai saya gak bagus2 amat kecuali (pemrograman) , karena pemrograman saya dapat A semua ...

mau PNS? BUMN? pasti tertolak oleh sistem rekrutment yang minimal Akreditasi B, IPK 3.00 PTS / PTN 2.75 , tapi emang gak minat kerja disana sih... karena fokus ngembangkan karir sebagai programmer, oh iyaaa bulan depan saya terbang ke DOHA, karena ada project disana hehe... siapa saya gak penting karena bukan orang penting,

DUNIA ini LUAS BEROOH, bukan cuman PNS dan BUMN, cari duit ini bisa darimana aja, contoh dulu zaman old gak ada pekerjaan sebagai youtuber, tapi sekarang youtubers dambaan anak2 zaman NOW.emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Sepakat gan,

Yg permasalahin gelar biasanya cuma mewekers, yg ga terima karir nya disalip, gengsiers, dan org2 yg belom bs muv on akibat salah didik dr kecil.

Paling miris liat Sarjana Ekonomi yg ga berpenghasilan. Kuliah doank tinggi2, kampus tenar, eh ujung2 nya susah nyari duit.

Lebih miris lg mewek kemana mana, nyalahin ini itu. Ga ada bersyukurnya punya otak, dikasih akal, tp ga dipake.

Padahal pake basic prinsip ekonomi tentang definisi keuntungan aja dah cukup buat cari duit 500-1jt/ hari
Diubah oleh fiidiii
1
Lapor Hansip
29-03-2019 11:17
Balasan post hodeman788
Quote:Original Posted By hodeman788


Workshop kaya apaan ya gan ? Lumayan nih ane baru denger dapet informasi juga emoticon-Big Grin


Fitrah Hidayat | IG : @kanezzadurian @cafestartupnet:
Mobile App Development using Ionic

Ikuti pelatihan pembuatan mobile apps untuk usaha anda, sangat mudah tanpa perlu pengetahuan IT sedikitpun.

Dalam pelatihan ini anda akan mempelajari membuat aplikasi mobile menggunakan Ionic Framework (Hybrid Development) dengan API menggunakan ExpressJS, belajar pengenalan konsep dan penggunaan, praktek hingga deployment ke Heroku platform.

Apa yang akan anda pelajari selama 4 minggu:
1. Penggunaan Git
2. Basic pengenalan menggunakan Ionic
2. Membuat API menggunakan ExpressJS
3. Integrasi Mobile App dengan API
4. Deployment menggunakan Heroku

Kenapa harus mempelajari Android?
Dengan lebih dari 120 juta pengguna smartphone pada tahun 2019, dan 92% di antaranya adalah pengguna Android. Permintaan pasar untuk pengembang aplikasi Android tumbuh lebih cepat dari sebelumnya. Setelah Anda menguasai pengembangan Android, banyak peluang besar yg bisa anda dapatkan.
Segera daftarkan diri Anda sekarang juga. Jangan sampai kehabisan. Tempat terbatas hanya untuk 8 peserta.

Profile Instruktur
Ali Irawan
- Former Senior Training Binus Center, berpengalaman mengajar lebih dari 15 tahun
- Spesialis di training developer, full stack, research and development
- Currently CTO di Solusi Teknologi Sejati, lead product Meena One platform dashboard for online selling
https://www.linkedin.com/in/aliirawan/

Segera daftarkan diri Anda sekarang juga. Jangan sampai kehabisan. Tempat terbatas hanya untuk 8 peserta.

Biaya Rp. 1.100.000,-

Apa yang anda dapatkan?
- Ilmu yang bermanfaat
- Sertifikat
- Konsultasi Seumur Hidup dengan menggunakan SLACK

Apa yang harus anda bawa?
- Laptop
- Handphone Android dan Kabel data

Lokasi
SOMA Co-Working Cafe
Raffles College, Jl. Arjuna Utara No.35, RT.8/RW.1, Duri Kepa, Kebon Jeruk, West Jakarta City, Jakarta 11510
Untuk pendaftaran silahkan hubungi hubungi : 085693041552 (Fitrah)
https://wa.me/6285693041552?text=Saya+ingin+mengikuti+training+Mobile+App+Development+using+Ionic
0
25-03-2019 10:57
galau mah biasa...saya jg lulusan informatika yang prodinya punya akreditasi c. parahnya lagi blm ambil ijazah, tapi masih bisa kerja.
1
22-03-2019 12:23
Nice thread
Perihal akreditas C y,

1. saat wisuda klo naik B atau A y gpp akreditas C dulu sekarang
2. Cita2 klo mau jadi PNS (zona aman) y cepet2 hengkang deh, masuk PTN aja. Dijamin tak ada akreditas C prodinya (maaf ya bukan mau nyindir)
3. Hal terakhir, sukses dimasa depan, bukan ditentukan akreditas kampus. Tp kualitas diri, saya kuliah dulu di kampus yg prodinya C, tp saya suka observe buku, krn mau apapun akreditasnya silabusnya pasti sama. Sekarang tinggal kemauan mau belajar, mau ahli, atau nggak?? Saya dr kmpus yg prodi akreditas C but now i am work as designer of japanese company. Dimana effort kerja japanese itu sangat detail(secara umum tau lah)

So apa yg salah dengan akreditas prodi yg C?

Jadi sekali lg, klo punya cita2 dr kecil jd "PNS" jangan deh masuk kampus yang prodinya akreditas C, tp klo mau expanse your capability and really big enthuasim of learning, go ahead!!!
1
Lihat 1 balasan
22-03-2019 11:27
Jalanin aja Gan,, saya kuliah di prodi akreditasi A juga kagak ngaruh di dunia kerja, karena ijasah ane kagak kepake.. emoticon-Hammer . Emang banyak perusahaan yang harus melampirkan akreditasi prodi saat melamar kerja, tapi banyak juga yang ga perlu melampirkan akreditasi. jaman sekarang untuk cari kerja tuh pengalaman, skill, dan koneksi lebih dibutuhkan. Jadi pinter-pinter aja "menjual diri".

Rileks aja Gan.emoticon-Angkat Beer
1
22-03-2019 10:44
Ijin membantu memberi insight ya ... emoticon-Smilie

Mungkin teman-teman sudah tahu, bahwa Akreditasi adalah proses penilaian standar yang diberlakukan terhadap satu institusi, termasuk institusi pendidikan, dengan memperhatikan banyak faktor. Salah satunya adalah faktor sarana prasarana, termasuk sarana belajar mengajar dan laboratorium pendukung. Dan standar ini idealnya berlaku sama dalam skala Nasional.

Lalu mengapa calon karyawan BUMN atau ASN diberi standar merupakan lulusan dari institusi dengan ambang bawah Akreditasi B ? Karena bisa juga diharapkan bahwa saat diterima bekerja, yang bersangkutan bisa langsung beradaptasi dengan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Tidak perlu banyak dibimbing, atau diberi petunjuk. Dari mana tahunya ? Dari standar Akreditasi tadi. Dengan kata lain, Akreditasi dijadikan dasar penilaiannya.

Memang betul, terasa tidak adil. Bisa saja, satu kampus tidak memiliki standar sarana prasarana yang dalam dunia kerja justru dipergunakan, namun mahasiswanya punya. Sebagai contoh :
+. Prodi Informatika dari Kampus NN mendapat Akreditasi B karena memiliki perangkat praktikum Mikrotik
+. Prodi yang sama dari Kampus DD Mendapat Akreditasi C karena hanya memiliki perangkat praktikum Home Router (TP-Link, Tenda)
Jika dinalar, maka lulusan Kampus NN akan memiliki kemampuan berkompetisi yang lebih besar daripada Kampus DD.

Tapi secara personal, mahasiswa bisa saja memiliki perangkat sendiri di rumahnya (Mungkin CISCO). Dan mungkin mampu serta mau belajar sendiri. Perlu diingat bahwa pemberian nilai akreditasi disini ditujukan pada institusi dan bukan kepada personal. Jika ingin meningkatkan porfolio personal, maka bisa mengikuti sertifikasi profesi.

Semoga bisa membantu mencerahkan. emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh stanix2001
2
22-03-2019 08:27
lagi2 nasib yg bermain. ktika tes CPNS blm mngharuskan akreditasi kampus, ya alumni2 kampus C jd ASN. dan bs saja di masa mendatang persyaratan CPNS tdk mengharuskan akreditasi kampus lg, karena blm tentu akreditasi kampus bagus tp smua alumninya bagus smua kn. bgitu jg sbaliknya blm tentu akreditasi kampus C smua alumninya buruk semua.
btw akreditasi kampus gue dri zaman baheula B. sampe skrg ttp B. :-D
1
22-03-2019 06:59
selaw bre rejeki dah ada yang ngatur ikuti kata hati aja jika berat tinggal kan
1
Lapor Hansip
21-03-2019 20:36
Balasan post diyanti978
https://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2019/217925-Menristekdikti:-Mahasiswa-Jangan-Jadi-Job-Seeker

Mohammad Nasir Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, Senin (11/3/2019) berharap mahasiswa saat ini tidak sekadar menjadi job seeker. Mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0, wajib mampu membuka lapangan kerja baru.

"Saat memasuki dunia kampus, menjadi mahasiswa, apakah hanya ada keinginan untuk sekadar menjadi pencari kerja, job seeker saat lulus nanti? Mahasiswa jangan seperti itu, sekdar menjadi pencari kerja. Ini keliru. Mahasiswa di era saat ini justru harus mampu menciptakan lapangan kerja baru," terang Mohammad Nasir.

kalau cuma sekedar mampu menciptakan lapangan kerja, lulusan SD pun bisa, gk perlu kuliah TINGGI-TINGGI

https://youtu.be/L8URyaczdHM
Diubah oleh heidyvai
profile-picture
faris1234 memberi reputasi
2
21-03-2019 14:39
Gak usah kecil hati Gan. Ingat yang namanya Jack Ma, Bill Gate, Steve Jobb tanya aja mereka lulusan apa? Mereka malah drop out dr kampus tapi kita lihat mereka bisa jadi sukses. Mengutip Jack Ma yang punya Alibaba : "Kalau susah melamar kerja ciptakan pekerjaan"
Saran saya, teruskan kuliah dan belajarlah sekuat tenaga dan jadilah mahasiswa lulusan terbaik, lulusan terbaik yang akan mengangkat akreditasi kampus agan nantinya. Sambil kuliah belajarlah skill atau keahlian Online Marketing, Social Media Marketing yang nantinya akan mengubah kehidupan agan. Kalau mau belajar Online Marketing dan Social Media Marketing saya bantu tunjukan tempat terbaik. Klik link di bawah ini:
https://outletz.id/7-tips-meningkatk...Name=jjm-store

Semoga sukses ya Gan
1
21-03-2019 11:57
Ane contoh pekerja yang saat ini alhamdulillah bisa berada di posisi baik hanya bermodalkan pengalaman dan relasi. Gak bermaksud mengatakan nilai itu ga penting, karena emang jujur klo ane cari karyawan juga liatin nilainya, tapi buat ane yang paling penting pengalaman kerja dan kemampuan.

Intinya nilai bagus pasti diliat bagi fresh graduate. Di kasus ane, ane mulai karir sebagai freelancer dan cari relasi sebanyak-banyaknya. So semua balik ke kita, modal apa yang mau dibawa menuju dunia kerja.
Diubah oleh 1136797
2
21-03-2019 11:14
Kalau buat saya sih tidak berpengaruh , nilai di ijazah hanya patokan dasar aja... banyak saya temukan nilai dengan cum laude tidak bisa kerja sebaik yang nilai nya pas-pas an pas kuliahnya. So seharusnya HRD mesti lebih wide open dalam menerima karyawan dan observasi nya harus lebih luas , karena banyak juga pskiater yang sempit observasi dalam penerimaan karyawan nya.

Yang penting itu don't be LAZY ! keep LEARNING..
1
Halaman 1 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.