alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
1 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c824696f4d6950837577f3f/makhluk-laut-yang-memiliki-anus-quotsementaraquot
Lapor Hansip
08-03-2019 17:40
Makhluk laut yang memiliki anus "sementara"
Makhluk laut yang memiliki anus "sementara"
halo agan agann, selamat soreee. tau gak sih gan hewan apa yang gak punya anuss?? atau bisa dibilang hewan yang punya anus sementara ??

emoticon-Wow

kebayang gak sih gan? anus sementara? berati setiap kali mau pup lobang nya pindah pindah kali yaa?

emoticon-Bingung

dari pada penasaran mending disimak yuk informasinya

emoticon-2 Jempol

Quote:Makhluk laut yang memiliki anus "sementara"
Jeli sisir filum ctenophora tidak memiliki sel menyengat dan memiliki sistem reproduksi yang lebih sederhana daripada kebanyakan jeli. | Lagunatics /Shutterstock


Makhluk primitif yang disebut jeli sisir berkutil tidak memiliki lubang permanen untuk mengeluarkan kotoran.
Penelitian baru dari Amerika Serikat yang dipublikasikan di jurnal Invertebrate Biology ini menunjukkan bahwa makhluk laut transparan itu mampu memunculkan anus baru setiap kali mereka buang air besar. Ketika mereka selesai dengan aktivitas membuang hajat, anus yang baru terbentuk menghilang tanpa jejak.
Sistem pencernaan pada dasarnya adalah proses yang bertanggung jawab atas bagaimana hewan mendapatkan nutrisi dari makanan. Proses ini biasanya melibatkan cara agar makanan masuk ke dalam tubuh hewan, cara agar kotoran keluar, dan mekanisme untuk mengekstrak kebaikan di tengah proses.
Kerajaan hewan memiliki beragam teknik dan pengaturan yang sangat beragam di mana spesies-spesies telah berevolusi secara independen untuk memaksimalkan nutrisi mereka.
Organisme sederhana kerap memiliki tabung tunggal yang menghubungkan mulut ke anus dan nutrisi sederhana berdifusi ke dalam tubuhnya. Lainnya, hewan yang lebih kompleks, memiliki proses yang lebih aktif dan beberapa tahap.
Anus sementara dari jeli sisir berkutil dianggap unik di dunia hewan.
"Tidak ada dokumentasi anus sementara pada hewan lain yang saya tahu," kata Sidney Tamm, penulis studi baru dan ahli biologi di Marine Biological Laboratory di Woods Hole, Massachusetts, kepada New Scientist (5/3).
Jeli sisir berkutil (Mnemiopsis leidyi) atau kenari laut termasuk dalam kelompok makhluk mirip ubur-ubur yang disebut ctenophora. Penghuni samudra ini berasal dari salah satu garis keturunan hewan tertua dan memiliki nenek moyang yang hidup di periode Kambria sekitar 525 juta tahun yang lalu.
Tidak seperti ubur-ubur sejati yang memiliki lubang usus tunggal yang berfungsi sebagai mulut dan anus secara bersamaan, ctenophora memiliki usus yang sangat baik dengan sejumlah spesies bahkan cukup beruntung untuk melakukan beberapa peluncuran kotoran.
Dalam kasus kenari laut, Tamm berjuang untuk melacak keberadaan anus. "Anus tidak terlihat ketika hewan itu tidak buang kotoran," kata Tamm. "Tidak ada jejak di bawah mikroskop. Lubang itu tidak terlihat oleh saya."
Jeli itu melahap krustasea kecil dan bayi ikan melalui celah yang dapat kita anggap sebagai mulut dengan bibir. Dari sana, makanan melewati tenggorokan dan menuruni kerongkongan yang menggiling makanan, dan akhirnya ke perut berbentuk corong.
Setiap komponen besar yang tidak dapat dicerna dikirim kembali dan keluar dari mulut. Sementara sisanya memasuki jaringan percabangan kanal yang mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh.
Tahap terakhir dari perjalanan makanan melibatkan dua kanal yang masing-masing berakhir di “jalan buntu” berbentuk Y. Selalu diasumsikan bahwa ada semacam lubang di masing-masing darinya untuk potongan makanan yang diolah. Keberadaan lubang inilah yang tidak dapat ditemukan Tamm.
Dengan menggunakan mikroskop video, Tamm dapat mengamati rutinitas buang air besar yang unik dari jeli sisir. Saat limbah menumpuk di usus hewan (atau gastrodermis), ia membengkak hingga menyentuh lapisan luar yang disebut epidermis. Sesampai di sana, gastrodermis dan epidermis bergabung untuk membentuk lubang anal yang menutup setelah ekskresi.
Oleh karena usus dan epidermis hanya setebal sel tunggal, prosesnya cukup cepat. Larva jeli sisir berkutil menumbuhkan anus setiap sepuluh menit. Sementara yang sudah dewasa, yang panjangnya lima sentimeter, tetap rutin setiap jam.
Tamm percaya bahwa penemuan baru ini dapat membantu kita lebih memahami bagaimana organisme lubang tunggal membuat transisi ke usus. Anus jeli sisir yang muncul dan hilang dapat mewakili dasar evolusi yang memunculkan saluran pencernaan modern dan sistem saraf.



nah itu dia gambar hewannya, gimana? ada yang pernah liat semasa hidupnya?
emoticon-cystg

wah berarti kalo ada yang pernah liat, umur ente pasti udah tua banget gann

emoticon-Angel

sekian dulu informasi dari aneeee, selamat sore

emoticon-2 Jempol

Quote:
Quote:emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat disini emoticon-2 Jempol


Jangan lupa rate bintang5 emoticon-Rate 5 Stardan tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh emoticon-Motret

SUMUR :

Beritagar.id




Makhluk laut yang memiliki anus "sementara"
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
08-03-2019 18:06
menurut.ane

itu artinya anus jeli sisir "datang dan pergi sesuka hati"
0
08-03-2019 20:01
Kalau bawah aye pemburu bokong - penikmat anus emoticon-Leh Uga
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.