News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c80590da2d1951b77364204/dituduh-menghina-tni-robertus-robert-saya-memuji-reformasi-tni
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI REPORTER: SYAFIUL HADI  EDITOR: SYAILENDRA PERSADA RABU, 6 MARET 2019 21:27 WIB  Sejumlah aktivis saat melakukan aksi kamisan ke-575 di depan Istana Negara, Jakarta, 21 Februari 2019. Dalam aksi tersebut mereka menolak kembalinya dwi fungsi Militer melalui penempatan TNI di Kementerian serta menuntut pemerintah menyelesaikan pela
Lapor Hansip
07-03-2019 06:34

Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI

Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI

REPORTER: SYAFIUL HADI 
EDITOR: SYAILENDRA PERSADA

RABU, 6 MARET 2019 21:27 WIB



Sejumlah aktivis saat melakukan aksi kamisan ke-575 di depan Istana Negara, Jakarta, 21 Februari 2019. Dalam aksi tersebut mereka menolak kembalinya dwi fungsi Militer melalui penempatan TNI di Kementerian serta menuntut pemerintah menyelesaikan pelanggaran HAM berat masa lalu. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Robertus Robert mengklarifikasi terkait video viral yang menyebut ia mengkritik Tentara Nasional Indonesia (TNI). Menurut dia, aksinya dalam video tersebut bukan bermaksud untuk mengkritik atau menghina TNI.

Baca: TNI Sebut 3 Kementerian dan Lembaga Akan Diisi Militer Aktif

"Lagu itu dimaksudkan sebagai kritik saya terhadap ABRI di masa lampau, bukan terhadap TNI di masa kini. Apalagi dimaksudkan untuk menghina profesi, organisasi, institusi TNI," ujar Robert saat dihubungi Tempo, Rabu, 6 Maret 2019.

Robert menjelaskan sebagai dosen, dia tahu persis upaya-upaya reformasi yang telah dilaksanakan oleh TNI selama ini. Menurut dia, TNI menjadi institusi yang lebih maju dibanding lainnya terkait upaya reformasi. "Dalam banyak hal saya justru memuji dan memberikan apresiasi upaya-upaya reformasi TNI," kata dia.

Sebelumnya, video aksi Robert di Aksi Kamisan pekan lalu menuai kontroversi dan kritik di media sosial. Dalam video itu, Robert dituding telah mengkritik dan menghina TNI.

Robert mengatakan pada Aksi Kamisan Kamis pekan lalu itu dirinya memang menyanyikan sebuah lagu. Lagu tersebut, kata dia, merupakan lagu yang populer saat gerakan mahasiswa tahun 1998.

Robert menjelaskan sebenarnya maksud lagu itu sudah dia jelaskan sesaat sebelum aksi. Namun, kata dia, dalam video yang beredar di media sosial penjelasannya seakan terpotong. "Padahal sudah dijelaskan dalam pengantar saya di orasi tersebut, namun sayangnya tidak ada dalam rekaman video itu," katanya.

Robert menuturkan, setelah video soal TNI itu viral, dia mendapat aneka macam ancaman. Selain itu, kata dia, ada laporan dari penjaga rumahnya bahwa seseorang dari Markas Besar TNI mendatangi kediamannya. "Tadi saya telepon satpam orangnya suruh tunggu, tapi sepertinya sudah balik. Ya saya tunggu besok lah," kata dia.

Simak juga: Jaga Pembangunan Trans Papua, TNI Kerahkan 600 Prajurit

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNIBrigadir Jenderal Sisriadi mengatakan belum mengetahui soal video viral terkait Robertus tersebut. Ia juga mengatakan belum tahu soal adanya anggota TNI yang mendatangi rumah Robertus.


Dosen UNJ Robertus Robert Dikabarkan Ditangkap Polri

REPORTER: IMAM HAMDI 
EDITOR: KODRAT SETIAWAN

KAMIS, 7 MARET 2019 01:09 WIB



Robertus Robert. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Robertus Robert dikabarkan ditangkap polisi dari Markas Besar Polri pada Kamis dini hari, 7 Maret 2019. Penangkapan Robertus diduga lantaran mengkritik Tentara Nasional Indonesia.

Baca juga: Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI

"Malam ini saya dibawa ke Trunojoyo (Mabes Polri). Langsung penangkapan. Polisi datang 10 menit lalu," kata Robertus lewat pesan singkat, Kamis dinihari, 7 Maret 2019.

Rekan Robertus, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Rachland Nashidik, mengatakan Robertus ditangkap larut malam ini. Ia pun langsung mencari tahu dengan langsung mendatangi Mabes Polri.

"Baru saja ditangkap tim Mabes Polri. Apa masalahnya, harus diketahui. Saya sedang menuju ke sana (Mabes) untuk mencari tahu."

Sebelumnya, Robertus telah mengklarifikasi terkait video viral yang menyebut dia mengkritik TNI. Menurut dia, aksinya dalam video tersebut bukan bermaksud untuk mengkritik atau menghina TNI.

"Lagu itu dimaksudkan sebagai kritik saya terhadap ABRI di masa lampau, bukan terhadap TNI di masa kini. Apalagi dimaksudkan untuk menghina profesi, organisasi, institusi TNI," ujar Robert saat dihubungi Tempo, Rabu, 6 Maret 2019.

Robert menjelaskan sebagai dosen, dia tahu persis upaya-upaya reformasi yang telah dilaksanakan oleh TNI selama ini. Menurut dia, TNI menjadi institusi yang lebih maju dibanding lainnya terkait upaya reformasi. "Dalam banyak hal saya justru memuji dan memberikan apresiasi upaya-upaya reformasi TNI," kata dia.

Sebelumnya, video aksi Robert di Aksi Kamisan pekan lalu menuai kontroversi dan kritik di media sosial. Dalam video itu, Robert dituding telah mengkritik dan menghina TNI.

Robertus mengatakan pada Aksi Kamisan Kamis pekan lalu itu dirinya memang menyanyikan sebuah lagu. Lagu tersebut, kata dia, merupakan lagu yang populer saat gerakan mahasiswa tahun 1998.

Robert menjelaskan sebenarnya maksud lagu itu sudah dia jelaskan sesaat sebelum aksi. Namun, kata dia, dalam video yang beredar di media sosial penjelasannya seakan terpotong. "Padahal sudah dijelaskan dalam pengantar saya di orasi tersebut, namun sayangnya tidak ada dalam rekaman video itu," katanya.

Tempo telah mencoba menghubungi Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Dedi Rasetyo untuk mengkonfirmasi penangkapan Robertus Robert. Namun, pesan singkat yang dikirim belum mendapatkan jawaban. Pantauan Tempo suasana di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, tampak sepi. Hanya ada satu polisi yang berjaga di pos depan Mabes Polri

https://www.google.com/amp/s/nasiona...-reformasi-tni

https://www.google.com/amp/s/nasiona...itangkap-polri


Memang robert harus dan wajib masuk penjara
Karena sipil kritik keras seperti ini bukanlah budaya Indonesia
Sipil sebaiknya kritik jokowi saja, mau dikatain apapun aman damai sentosa

Selamat menikmati bui robert di jaman orde baru dengan kedok reformasi

Supremasi sipil ? Hahahahaha
Diubah oleh makapler
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 06:38
hmmmm...
hadapi proses yg berjalan
semua karena mulut mulut sendiri juga
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 06:41
mantab ayo segera aktifkan dwi fungsi
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 06:41
giliran pas keciduk, langsung deh mulutnya berkata yang manis-manis emoticon-Leh Uga
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:04
dosen harusnya kan mikir













lha ini














emoticon-Cool
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:09
Disuruh nyikat kolam renang pake sikat gigi aja pak

Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:13
terima akibatemoticon-Angkat Beer
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:13
orba rasa baru
1 0
1
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:34
diproses ga ya emoticon-Thinking
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:40
dia kritik doang di tangkep ?.
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:44
di kementrian2 tertentu memang masih diperbolehkan UU TNI thn 2004

di robert bacot tapi g ada otak
wajar diciduk emoticon-Big Grin
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:44
salahin noh politisi yang bikin wacana narik militer aktif ke ranah sipil, tni dalam penilaian gw lembaga yg mayan cepet reformasinya kagak searogan dlu
1 0
1
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 07:59
pada banyak cocot, ada yang tau lirik lagu yang dinyanyikan si robert...emoticon-Betty (S)
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 08:12
Saya rasa ini bagus kok, dia mengingatkan betapa korupnya pemerintahan Suharto, menjalar seluruh ke bawah, sampai-sampai TNI dikritik gak berguna, dikatain makan di warteg gak bayar (isi lagunya)
Harusnya yang masih dukung anaknya Suharto yang sadar
Kritiknya gak masalah, bukan diniatkan untuk menghina, paling cuma dimintain keterangan
Beda sama si rocky gerung, dia ngomong jenggot kambing biar pendengarnya ketawa, artinya niatnya memang mengolok-olok
1 0
1
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 08:59
Ooalaah..... bert bert robert. Akhirnya u bikin repot banyak orang... emoticon-Big Grin
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 12:10
Antek orba..

Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
Diubah oleh nataliuspigai.
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 12:37
pada lupa kasus Novanto yg disebut sama Trump : THE MOST POWERFULL MAN IN INDONESIA"
Pada lupa sama Idrus yg sama sama di Pemerintahan dihajar juga ama KPK.

kalian pikir kl nggak didukung apa bisa sejauh itu.

benar masih belum sempurna, kayak BLBI ama Century, tp jangan menafikkan fakta bahwa kasus korupsi, walau itu kubu Pemerintah, tetep dihajar ama KPK.

masalah trit, kebebasan berpendapat itu 2 arah, kita boleh aja berpendapat apapun selama masih dalam koridor hukum, tp kalau ada yg tersinggung terus ngelaporin ya jangan nangis.
orang punya nalar hrs tau, kalau kita melempar, harus siap dilempar
0 0
0
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
07-03-2019 14:08
Quote:Original Posted By vogstar
salahin noh politisi yang bikin wacana narik militer aktif ke ranah sipil, tni dalam penilaian gw lembaga yg mayan cepet reformasinya kagak searogan dlu


yang pangkat2 rendah sama yang baru kemaren sore gabung TNI masih banyak yang arogan, petantang petenteng

ane pernah tuh hampir ditabrak sama TNI muda karena dia pindah jalur main selonong, ane marahin malah ane yang digebukin (untung pake helm) dan ane yang disuruh minta maaf

tolol gak tuh yang kek gitu

reformasi cepet ?? daftar akmil atau tamtama masih dipalak ente bilang reformasinya agak cepet ?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dituduh Menghina TNI, Robertus Robert: Saya Memuji Reformasi TNI
15-04-2019 05:19
mau dijaman kapanpun, tni sebaiknya tidak dimasukkan dalam ranah sipil
Coba temen2 belajar dari sejarah, banyak kasus memilukan yg diterima masyarakat sipil ketika tni memegang kekuasaan pemerintahan. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di banyak negara..
Jd wajar kalo robertus khawatir dan nyampein orasi di aksi kamisan lalu..
apa mungkin yg pada dukung ini emg anggota? kabuur!! emoticon-Ngacir2

Fyi : Aksi kamisan ini aksi yg kontinyu yg concern pada isu2 Ham, jadi sgt bodoh kalo kita menanggapi dan mengaitkan hal ini dgn pemilu mendatang emoticon-Cape d... (S)

Tambahan, judge kita terhadap robert ini adalah salah satu hasil bagaimana media sosial bisa sangat berdampak,
apakah ada yang tahu apa yang diucapkan robert sebelum dan sesudah bernyanyi?
Tapi kita sudah memberikan judge kepada dia bahwa dia bersalah?
Sebelum hakim memutus bersalah, dia belum bisa dikatakan bersalah

Dalam hukum kita hal itu dinamakan asas praduga tak bersalah

Semoga bisa menjadi refleksi kita semua emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia