Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
121
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7e360aa2d195435a2e35bf/masa-lalu-sekarang-dan-masa-depan-stadion-italia
Seperti yang Agan Sista ketahui, Italia selalu menjadi salah satu negara sepakbola paling penting dan bergengsi di dunia. Sepakbola Italia telah menjadi yang terbaik selama akhir 80-an hingga awal 00-an mereka memiliki semua pemain terbaik, stadion terbesar, klub terkaya. Saat itu Serie A adalah tempat yang tepat jika Agan Sista adalah seorang pemain bola, tetapi pada per
Lapor Hansip
05-03-2019 15:40

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Courtesy Football Tribe

Seperti yang Agan Sista ketahui, Italia selalu menjadi salah satu negara sepakbola paling penting dan bergengsi di dunia. Sepakbola Italia telah menjadi yang terbaik selama akhir 80-an hingga awal 00-an mereka memiliki semua pemain terbaik, stadion terbesar, klub terkaya. Saat itu Serie A adalah tempat yang tepat jika Agan Sista adalah seorang pemain bola, tetapi pada pergantian abad sepak bola mulai berubah secara drastis dan elemen sepakbola Italia terlalu sibuk menuduh satu sama lain sampai pada akhirnya mereka menyadari bahwa mereka dikalahkan oleh Inggris dalam hampir setiap aspek.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Tragedi Hillsborough I

Aspek terpenting dari semuanya menurut saya adalah infrastruktur. Saya flashback dahulu ke Liga Inggris, setelah bencana Hillsborough pada tahun 1989 pada saat semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest, 96 penggemar Liverpool meninggal secara tragis di dalam stadion Hillsborough dikarenakan kepadatan stadion, organisasi yang buruk, kurangnya infrastruktur, dan ketidakcukupan jumlah personel Kepolisian Yorkshire Selatan, sejak saai itu klub-klub Inggris dan terutama federasi sepakbola inggris dipaksa oleh pemerintah mereka untuk meningkatkan infrastruktur mereka, mereka harus membuat stadion mereka lebih aman. Ini membuat Inggris memiliki stadion terbaik dan lebih aman untuk menonton pertandingan sepak bola yang mengakibatkan peningkatan jumlah penonton sejak 1996 yang membuat klub mereka secara signifikan lebih kaya.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Tragedi Hillsborough II

Sementara itu klub-klub Italia tidak benar-benar peduli dengan apa yang terjadi di Inggris, mereka melihat tidak ada gunanya memiliki atau meningkatkan kapasitas stadion mereka karena mereka merasa tidak perlu, klub-klub  merasa masih dapat terus menjadi bagian dari yang terbaik di dunia dengan hanya mengandalkan uang pemilik klub mereka di sisi lain meninggalkan kepemilikan dan pemeliharaan stadion mereka ke pemda kota-kota setempat.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio San Nicola Bari

Stadion yang dibangun untuk Italia di Piala Dunia 1990 seperti Delle Alpi dan San Nicola di Bari juga tidak punya kelayakan. Ini nampak tidak masuk meski ada alasan untuk hal itu yaitu karena perjanjian antara FIGC (federasi Italia) yang bertugas membangun stadion dan CONI (komite Olimpiade Italia) yang menyatakan bahwa agar CONI memberikan dana tambahan kepada FIGC yang mana semua pembangunan stadion untuk Piala Dunia perlu memiliki trek lari.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Delle Alpi Stadium

Juventus adalah yang pertama dari klub besar yang memahami potensi stadion kelas atas yang harus segera dimiliki, mereka mulai bekerja membeli Stadio Delle Alpi lama pada tahun 1999 , dengan kesepakatan antara mereka dan Kota Turin diselesaikan pada tahun 2003. Mereka berencana membangun stadion multifungsi lengkap dengan mall dan kegiatan lainnya.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Allianz Stadium

Jadi pada tahun 2006, setelah terdegradasi karena skandal Calciopoli mereka pindah ke stadion Olimpiade di Turin sementara Delle Alpi (yang merupakan stadion yang tidak layak untuk menggelar laga sepak bola) dihancurkan dan di situ juga tempatnya Stadion Juventus saat ini atau Stadion Allianz apa pun yang Agan Sista ingin menyebutnya dibangun dan selesai pada tahun 2011. Sisanya tidak benar-benar memperhatikan sampai setelah mereka melihat manfaat Juventus dengan stadion miliknya sendiri dan sejak saat itu mulai banyak juga yang memulai rencana pengajuan kepemilikan stadion ke pemda kota. Setelah Juve, adalah Udinese klub kedua yang membeli dan sepenuhnya membangun kembali stadion lama mereka Dacia Arena yang selesai dibangun pada tahun 2016.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Dacia Arena

Mengikuti Udinese selanjutnya yaitu Sassuolo yang membeli stadion mereka dan ini adalah kisah yang menarik. Stadion Mapei sebelumnya bernama Stadio Del Giglio yang sebenarnya stadion sepak bola swasta pertama di Italia yang dibangun oleh Regina pada tahun 1995 ketika mereka masih berada di Serie A sekitar 22 Miliar Lira (11 Juta Euro) di pinggiran kota mereka yaitu Reggio Emilia.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Mapei Stadium

Sayangnya Regina tidak bertahan lama di Serie A lalu terdegradasi pertama kali selama musim 1995-96 hanya untuk promosi lagi pada tahun 1996-97 tetapi kemudian segalanya menjadi buruk, pada tahun 1999 mereka bahkan bermain di Serie C1 dan klub mendapat begitu banyak masalah keuangan sehingga bangkrut pada tahun 2005, stadion mereka disita dan diberikan ke kota.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Giglio

Mapei, sebuah perusahaan multi miliar Italia yang kemudian mengambil alih kendali atas Sassuolo, sebuah klub yang sangat kecil di kota pinggiran sekitar 30 km dari Reggio Emilia dan setelah promosi berturut-turut di berbagai level kompetisi italia mereka akhirnya masuk ke Serie A untuk pertama kalinya, satu-satunya masalah adalah bahwa mereka membutuhkan stadion yang layak untuk bermain di Serie A sehingga mereka memiliki ide cemerlang untuk membeli Stadio del Giglio dari kota Reggio Emilia dan membiarkan Sassuolo memilikinya dan bermain di sana. Setelah bencana Giglio, selanjutnya Frosinone lah yang membangun stadion mereka sendiri dari nol yaitu Stadion Benito Stirpe yang baru selesai dibangun tahun lalu.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Benito Stirpe

Sejauh ini tidak banyak stadion baru telah dibangun di Italia tetapi pada tahun-tahun berikutnya mungkin akan ada kemajuan. Klub-klub yang sedang dalam proses membeli dan membangun kembali atau bahkan membangunnya dari awal sangat banyak di Serie A / B dan Serie C jadi sekarang saya akan berbicara tentang masa depan stadion Italia.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Giuseppe Moccagatta

Proyek yang paling ambisius dan sulit adalah proyek Roma antara debat politik dan korupsi yaitu mega proyek Stadio Della Roma, sebuah proyek yang sangat masif yang akan benar-benar merubah seluruh bagian kota Roma. Karena sangat ambisius sehingga bisa dimengerti bahwa semuanya akan memakan waktu lama agar stadion dan daerah sekitarnya menjadi teratur dan selesai. Konstruksi bahkan belum dimulai, mungkin mulai tahun depan jika beruntung sehingga menurut rencana mungkin selesai pada tahun 2023.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Della Roma

Untuk Atalanta di sisi lain semuanya berjalan lancar, mereka membeli Stadio Atleti Azzurri d'Italia dari Kota Bergamo dan sekarang sedang dalam proses untuk meningkatkan kapasitas secara besar-besaran dan diharapkan akan selesai pada tahun 2020/21.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Atleti Azzurri d'Italia

Sama untuk Bologna yang belum membeli stadion mereka tetapi sedang dalam negosiasi yang sangat baik, stadion mereka akan menjadi cantik menurut saya dan diharapkan akan selesai pada tahun 2020. Cagliari saat ini bermain di stadion sementara bernama Sardegna Arena, sementara mereka menunggu stadion baru mereka yang sebenarnya yang berada di tempat yang sama dengan Stadio San't Elia yang sekarang dihancurkan dan akan selesai dibangun sekitar tahun 2020/21.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio San't Elia

Situasi Napoli bisa dibilang buruk meski Stadio San Paolo sudah tidak layak dipakai tetapi klub tidak berniat memindahkan atau membeli stadion mereka dan juga kota Napoli tidak berniat merenovasinya karena biayanya terlalu tinggi dan walikota Napoli serta presiden klub Aurelio De Laurentiis tampaknya tidak punya niat untuk bekerja sama untuk membangun stadion yang baru. Keduanya takut untuk mengambil risiko sebesar itu di kota seperti Napoli. Mereka tidak akan meninggalkan San Paolo dalam waktu dekat.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio San Paolo

Lalu Lazio rupanya ingin tinggal di Stadio Olimpico yang sejujurnya tidak buruk tapi saya percaya stadion itu mungkin terlalu besar bagi mereka. Para penggemar mendorong klub dan Pemkot Roma untuk menemukan kesepakatan untuk membiarkan Lazio memiliki Stadio Flaminio sebuah stadion dengan kapasitas tempat duduk 35k yang cantik di tahun 60-an untuk olimpiade tetapi ditinggalkan sejak pertengahan 2000-an, Lazio perlu membeli dan merenovasi semuanya. akan tetapi Pemkot Roma tampaknya tidak memiliki niat untuk memberikannya kepada Lazio.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Flaminio

Untuk Milan dan Inter mereka tampaknya tidak memiliki niat serius untuk bergerak, saya tidak dapat menyalahkan mereka karena mereka bermain di salah satu stadion sepak bola yang paling ikonik di seluruh dunia yaitu Giuseppe Meazza. Menurut kabar beredar Milan ingin membangun stadion dengan kapasitas tempat duduk sekitar 40 ribu beberapa tahun yang lalu tetapi warga di daerah sana di mana stadion seharusnya dibangun mengeluh kepada dewan kota sehingga rencananya tidak terlaksana. Selanjutnya rupanya baik Milan dan Inter mau bekerja bersama untuk membeli 50% kepemilikan Giuseppe Meazza masing-masing dan merenovasinya sesuai keinginan mereka, baik klub dan pemkot sangat mendorong hal ini tetapi mereka belum mencapai kesepakatan terutama karena keadaan Milan saat ini.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Giuseppe Meazza

Lalu Genoa dan Sampdoria hendak melakukan persis seperti apa yang dilakukan Milan dan Inter, masing-masing membeli 50% kepemilikan stadion mereka. Marassi adalah stadion yang sangat indah dan jujur menurut saya hanya membutuhkan sedikit modernisasi bahkan tidak perlu biaya terlalu banyak untuk direnovasi dan saat ini mereka sudah dekat dengan sebuah perjanjian dengan pemerintah kota Genoa.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Marassi

Sedangkan Fiorentina memiliki rencana untuk membangun stadion dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 40rb tetapi mereka belum menyelesaikan proyek sehingga mungkin perlu memakan waktu, sementara itu mereka saat ini berusaha mengumpulkan keuntungan dari pendapatan tiket di Stadion Artemio Franchi setiap musim guna keperluan membangun stadion nantinya. Dan Empoli pun sekarang persis sedang melakukan hal yang sama dengan Fiorentina lakukan.

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Stadio Artemio Franchi

Sebagai penggemar Calcio tentu saya berharap ke depannya masalah dan hambatan yang selama ini mengekang perkembangan Liga Italia untuk maju dan sejajar dengan liga top eropa lain bisa diatasi. Bukan apa apa karena apabila melihat dinamika liga eropa lain yang terus maju ke depan sedangkan yang di Italia cuma jalan di tempat dan adem ayem saja rasa rasanya bukan tidak mungkin Liga Italia bisa saja tertidur seperti halnya Liga Belanda di mana sudah tidak menarik lagi untuk disaksikan khalayak insan sepakbola, tentunya saya sendiripun tidak mau hal itu terjadi. Semoga ada cambukan berarti bagi semua elemen sepakbola Italia sana agar segera tersadar, Forza Calcio!

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Sumber: 

Hasil Pemikiran TS
Courtesy Google Image

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia

-- Terimakasih --
Diubah oleh metalique
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurist_star dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
05-03-2019 19:13
Mantap surantap ulasannya TS

Stadion di italia emang kuno dan udah ga menarik di era milenial ini. Mana statusnya cuma sewa sama pemkot, ga bakal bisa dapet pemasukan secara maksimal

Btw, saran buat TS nya. Gimana kalo dikasih tambahan ilustrasi gambar-gambar stadion di italia. Ya seperti Sao Paolo, Bentegodi, San Nicolla, via del mare ( kandang lecce ), Renato del Ara dll.

Bisa juga sandingkan gambar lama Delle Alpi dengan Allianz stadium, biar bisa terlihat perbedaan kontras antara stadion kuno berkapasitas raksasa dengan stadion modern

Biar penikmat bola yang awam dengan serie a bisa menyadari bahwa stadion-stadion di itali masih banyak yang kuno dan emang wajib dibenahi

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
adkhani dan born.as.ghosts memberi reputasi
3 0
3
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
05-03-2019 19:28
Quote:Original Posted By shizen.re
Mantap surantap ulasannya TS

Stadion di italia emang kuno dan udah ga menarik di era milenial ini. Mana statusnya cuma sewa sama pemkot, ga bakal bisa dapet pemasukan secara maksimal

Btw, saran buat TS nya. Gimana kalo dikasih tambahan ilustrasi gambar-gambar stadion di italia. Ya seperti Sao Paolo, Bentegodi, San Nicolla, via del mare ( kandang lecce ), Renato del Ara dll.

Bisa juga sandingkan gambar lama Delle Alpi dengan Allianz stadium, biar bisa terlihat perbedaan kontras antara stadion kuno berkapasitas raksasa dengan stadion modern

Biar penikmat bola yang awam dengan serie a bisa menyadari bahwa stadion-stadion di itali masih banyak yang kuno dan emang wajib dibenahi

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir


Makasih sebelumnya agan shizen,karena melihat tulisan agan d lounge jadi gatel pingin ngeluarin unek2 soal stadion emoticon-Big Grin

Makasih jg utk saran nya gan, gambar jg sdh disertakan emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh metalique
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
05-03-2019 23:28
penikmat liga Italia pasti yg umurnya sudah berkepala 3
kelahiran tahun 80 an

generasi skrg paling nontonnya EPL atau liga sapnyol

kasian memang liga Italia, media sama fansnya lebih suka ngomongin konspirasi

tapi lupa memebenahi diri sendiri,

zaman skrg UEFA sudah punya aturan ketat soal financial fairplay, jadi sebuah klub tidak boleh punya hutang 2x lipat melebihi pendapatannya

berarti kuncinya kan kalo mau kompetitif,harus bisa menaikan pendapatan, supaya bisa ngutang lbh banyak untuk beli pemain berkualitas dan juga untuk membayar gajinya

kalo pendapatannya aja udh habis sama bayar sewa stadion,gimana mau berkembang klub2 di Seri A

belum lagi bicara soal hak siar liga


Forza Calcio emoticon-Selamat

profile-picture
born.as.ghosts memberi reputasi
4 0
4
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 00:22
Quote:Original Posted By Felipe_Melo
penikmat liga Italia pasti yg umurnya sudah berkepala 3
kelahiran tahun 80 an

generasi skrg paling nontonnya EPL atau liga sapnyol

kasian memang liga Italia, media sama fansnya lebih suka ngomongin konspirasi

tapi lupa memebenahi diri sendiri,

zaman skrg UEFA sudah punya aturan ketat soal financial fairplay, jadi sebuah klub tidak boleh punya hutang 2x lipat melebihi pendapatannya

berarti kuncinya kan kalo mau kompetitif,harus bisa menaikan pendapatan, supaya bisa ngutang lbh banyak untuk beli pemain berkualitas dan juga untuk membayar gajinya

kalo pendapatannya aja udh habis sama bayar sewa stadion,gimana mau berkembang klub2 di Seri A

belum lagi bicara soal hak siar liga


Forza Calcio emoticon-Selamat


Betul gan kompleks memang persoalannya, tapi udah tau masuk tahap kronis kayanya masih pada santai2 aja nih, cuma beberapa yg sdh tersadar..
perlu trigger lebih kayanya
padahal stadion ini merupakan pondasi utama jika ingin meningkatkan pendapatan klub, kalau yg ini saja blm beres gmn mau rombak pemasaran, iklan, hak siar dll..emoticon-Big Grin

Semoga lekas berbenah emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 09:56
Quote:Original Posted By metalique


Betul gan kompleks memang persoalannya, tapi udah tau masuk tahap kronis kayanyat masih pada santai2 aja nih, cuma beberapa yg sdh tersadar..
perlu trigger lebih kayanya
padahal stadion ini merupakan pondasi utama jika ingin meningkatkan pendapatan klub, kalau yg ini saja blm beres gmn mau rombak pemasaran, iklan, hak siar dll..emoticon-Big Grin

Semoga lekas berbenah emoticon-Angkat Beer


Intinya tuh di nilai hak siar emoticon-Big Grin

pengen hak siar tinggi ? Ya harus bisa memasarkan produk mereka dengan semenarik mungkin emoticon-Big Grin

Nah, stadion salah satu aspek yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan pemasaran liga itali di pasar global emoticon-Big Grin

Gimana orang tertarik mau nonton kalo rumput stadion aja kusam, kuning, ga terawat emoticon-Ngakak (S)

Gimana orang tertarik mau nonton kalo view saat live pertandingan ternyata kamera malah menyorot deretan bangku kosong emoticon-Ngakak (S)

Perhatikan EPL deh. Saat tim tuan rumah bikin gol, gregetnya kerasa banget. Suporter langsung bersorak "iyeeeeee". hasilnya atmosfer dan emosi selama pertandingan ikut dirasakan penonton yang nonton siaran langsung emoticon-Big Grin

Di itali ? Jauh emoticon-Ngakak (S) Tim tuan rumah bikin gol, kaga kerasa gereget kegembiraan fans emoticon-Big Grin

Kenapa ? Karena di Itali, mayoritas stadion kuno ada lintasan atletik yang memisahkan penonton dengan lapangan dengan jarak yang cukup jauh. Akibatnya feelnya kurang kerasa bagi yang nonton dari tv emoticon-Big Grin

Hal kecil kaya gini sebenernya sangat berpotensi buat mendongkrak nilai hak siar

Bayangkan, di EPL, tim juru kunci pun dapet hak siar > 50 Juta pounds

Efeknya apa ? Tim kecil bisa memberikan perlawanan sengit terhadap penantang title

Efek domino berikutnya apa ? Persaingan di EPL sangat ketat. Kompetisi sangat menarik

Efek lainnya ? Stadion selalu penuh

Fans paham, walau tim mereka lemah, mereka tetap dapet menyulitkan tim besar. Stadion penuh, karena fans selalu memiliki harapan akan kejutan

Hasil akhirnya apa ? Fulus makin kenceng emoticon-Big Grin

Stadion penuh, pemasukan tiket besar

Stadion penuh, nilai hak siar terdongkrak

Hak siar raksasa, semakin besar peluang klub mendatangkan world class player

Stadion penuh, branding global meningkat

Belum lagi kalo Stadion memiliki visi one stop entertainment, dimana area sekitar stadion difungsikan sebagai pusat bisnis. Berapa pemasukan yang bakal didapat ? emoticon-Big Grin

Nah, semakin kebayang kan gimana pentingnya stadion modern di era milenial ini ? emoticon-Big Grin

Selama Itali bertahan dengan konsep kuno stadion mereka, maka akan semakin ketinggalan dari kompetitornya
Diubah oleh shizen.re
profile-picture
profile-picture
adkhani dan born.as.ghosts memberi reputasi
7 0
7
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 10:53
Quote:Original Posted By shizen.re


Intinya tuh di nilai hak siar emoticon-Big Grin

pengen hak siar tinggi ? Ya harus bisa memasarkan produk mereka dengan semenarik mungkin emoticon-Big Grin

Nah, stadion salah satu aspek yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan pemasaran liga itali di pasar global emoticon-Big Grin

Gimana orang tertarik mau nonton kalo rumput stadion aja kusam, kuning, ga terawat emoticon-Ngakak (S)

Gimana orang tertarik mau nonton kalo view saat live pertandingan ternyata kamera malah menyorot deretan bangku kosong emoticon-Ngakak (S)

Perhatikan EPL deh. Saat tim tuan rumah bikin gol, gregetnya kerasa banget. Suporter langsung bersorak "iyeeeeee". hasilnya atmosfer dan emosi selama pertandingan ikut dirasakan penonton yang nonton siaran langsung emoticon-Big Grin

Di itali ? Jauh emoticon-Ngakak (S) Tim tuan rumah bikin gol, kaga kerasa gereget kegembiraan fans emoticon-Big Grin

Kenapa ? Karena di Itali, mayoritas stadion kuno ada lintasan atletik yang memisahkan penonton dengan lapangan dengan jarak yang cukup jauh. Akibatnya feelnya kurang kerasa bagi yang nonton dari tv emoticon-Big Grin

Hal kecil kaya gini sebenernya sangat berpotensi buat mendongkrak nilai hak siar

Bayangkan, di EPL, tim juru kunci pun dapet hak siar > 50 Juta pounds

Efeknya apa ? Tim kecil bisa memberikan perlawanan sengit terhadap penantang title

Efek domino berikutnya apa ? Persaingan di EPL sangat ketat. Kompetisi sangat menarik

Efek lainnya ? Stadion selalu penuh

Fans paham, walau tim mereka lemah, mereka tetap dapet menyulitkan tim besar. Stadion penuh, karena fans selalu memiliki harapan akan kejutan

Hasil akhirnya apa ? Fulus makin kenceng emoticon-Big Grin

Stadion penuh, pemasukan tiket besar

Stadion penuh, nilai hak siar terdongkrak

Hak siar raksasa, semakin besar peluang klub mendatangkan world class player

Stadion penuh, branding global meningkat

Belum lagi kalo Stadion memiliki visi one stop entertainment, dimana area sekitar stadion difungsikan sebagai pusat bisnis. Berapa pemasukan yang bakal didapat ? emoticon-Big Grin

Nah, semakin kebayang kan gimana pentingnya stadion modern di era milenial ini ? emoticon-Big Grin

Selama Itali bertahan dengan konsep kuno stadion mereka, maka akan semakin ketinggalan dari kompetitornya


Garis besarnya sdh dijelaskan sama agan dan memang benar..
Tapi ada yg ketinggalan jg nih kalau disangkutpautkan sama hak siar yaitu FIGC..
Saya jg g menyalahkan kalau pemikiran klub d italia msh masa bodo dgn pembangunan baik internal maupun eksternal, lah wong federasinya aja ga becus begitu wkwk..
Dari masalah jam tayang aja masih timpang tindih regulasinya..
Padahal dulu FA nya Inggris juga sama jeleknya dgn FIGC..
Cuma yg satu udh naik kelas,nah yg satu ga pernah naik kelas emoticon-Big Grin

Memang satu satunya nya jalan harus potong generasi tuh d jajaran pengurus FIGC,eh tapi agak mustahil ya ini kan negara yg bnyk intrik mafianya,tau deh cuma bisa berharap sembari berdoa ada perubahan haha...
0 0
0
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 16:40
yang lalu biarlah terus berlalu
yang baik hati kasih bata aja emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 1
-1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 16:41
nyimak dulu gan..
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 16:45
itu Stadio Benito Stirpe kok ada tulisannya manchester city gan?
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 16:45
the change is real
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 16:52
Baru baca BERITA INI beberapa hari yg lalu, tapi masih skeptis mengingat kepemilikan 2 klub itu juga gak terlalu stabil pasca dijual oleh pemilik lamanya (Moratti di Inter & Berlusconi di Milan)
Diubah oleh eFVZee
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 16:53
TSnya kurang apted nech. emoticon-Ngakak

Udah baca ini belum??

http://sport.detik.com/sepakbola/rea...a-kandang-baru

Stadion San Siro kabarnya akan dirobohkan pada tahun 2023. AC Milan dan Inter Milan sudah bersepakat membangun kandang baru yang lebih modern.

https://www.google.com/url?sa=i&sour...51952481781248

Itu artikel bahasa Inggrisnya, Stadion baru selesai tahun 2023, menelan dana 600 juta euro.
Diubah oleh wyzer24
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:05
Liga seri A berjaya di era th 90an ketika masih ada Roberto Bagio, Giusepe Signori, Gabriel Batistuta, Marco Van Basten, dll..
Sekarang ketinggalan jauh sama EPL & La Liga.
Sepertinya liga seri A jg tidak begitu menarik buat taipan2 dari Arab yg suka menggelontorkan dana besar2an utk membeli klub & membuat klub berjaya di level eropa.
Semoga mereka2 yg berkompeten dpt memberi perubahan di tahun2 kedepan.
Kangen lihat pertandingan seri A serame dulu.
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:12
Setau ane stadion di italia banyak yang masih jadul dan sampe sekarang masih di gunakan ya gan.. ?? apakah benar yaa ??
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:13
Forza Calcio.
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:17
Quote:Original Posted By abed22
Liga seri A berjaya di era th 90an ketika masih ada Roberto Bagio, Giusepe Signori, Gabriel Batistuta, Marco Van Basten, dll..
Sekarang ketinggalan jauh sama EPL & La Liga.
Sepertinya liga seri A jg tidak begitu menarik buat taipan2 dari Arab yg suka menggelontorkan dana besar2an utk membeli klub & membuat klub berjaya di level eropa.
Semoga mereka2 yg berkompeten dpt memberi perubahan di tahun2 kedepan.
Kangen lihat pertandingan seri A serame dulu.


Bukan gan, kualitas liga Italia menurut ane menurun semenjak kasus calciopoli. Pemain di Eropa menjunjung sportivitas yang tinggi. Kalo rasis mungkin masih ada. Kalo calciopoli (pengaturan skor gak dah).

Dan yang kedua, kalo gak juara UEFA Championship dari wakil liga Italia, rasanya liga Italia makin meredup.

Liga Italia juga banyak kok pengusaha-pengusaha raksasa. Contohnya Juve yg punya Agnelli (punya pabrik mobil Ferrari)emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By iorme
mantab kalau akhirnya inter dan ac punya stadion sendiri


Yoi gan.. seharusnya di Indonesia juga begitu. Jangan ngarep, Persija punya stadion dari Pemprov DKI. Bikin stadion aja sendiri, jangan ngandelin Pemprov. Eeeh... emoticon-Winkemoticon-linux
0 0
0
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:18
nyimak aja gan

secara ane fans chelsea garis lunak

ana tutup ye


emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Diubah oleh awanhitam666
1 0
1
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:19
Quote:Original Posted By wyzer24


Yoi gan.. seharusnya di Indonesia juga begitu. Jangan ngarep, Persija punya stadion dari Pemprov DKI. Bikin stadion aja sendiri, jangan ngandelin Pemprov. Eeeh... emoticon-Winkemoticon-linux


harusnya emang semua klub gitu ya, punya stadion dan fasilitas sendiri, tapi kalau buat di indonesia mah masih lama ngayal kayak gituan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Masa Lalu, Sekarang, Dan Masa Depan Stadion Italia
06-03-2019 17:21
Dulu klub2 serie a mau renov stadion juga mikir2, karena biayanya jadi dobel yaitu bayar hak pengelolaan penuh dr pemkot dan biaya renovasi jg masih ditanggung sendiri
Apalagi kebanyakan klub itali masih terlena sama kejayaan awal 2000an, jd masih banyak klub yg money oriented

Thx to juve yang plan jangka panjangnya rapi banget
Mereka berani bikin gebrakan harus punya stadion sendiri, atas nama klub
Walau awalnya berat, sekarang uda nerima duit gede hasil penjualan tiket masuk utuh, dan masih nerima duit dr jual nama stadion ke sponsor

Yang ajaib dr juve sih ya ketika bangun stadion, mereka gak belanja jor2an (kebanyakan beli pemain gratis jual pemain penting harga mahal) tp gak mengorbankan prestasinya
Itu sih yang sulit ditiru
profile-picture
born.as.ghosts memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia