alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c71bde9a2d19503046a959f/wisata-religi-di--kota-demak-dan-kudus
Lapor Hansip
24-02-2019 04:40
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
Past Hot Thread
biasanya kalo rekreasi ke tempat wisata atau tempat hiburan, baik itu museum atau goa, bahkan berbagai macam tempat wisata lainya , dan kali saya akan membagikan kegiatan ku ketika wisata religi di demak dan kudus. Saya salah satu santri di sebuah pondok pesantren ternama di sukohrjo namanya pondok pesantrn al- hikmah, setiap tahu di pondok saya mengadakan wisata religi, wisata tapi yang bernuansa agama, sekalian mencari pahala.
                Laha pondok saya ini berbeda dengantahun tahun sebelumnya kalo tahun sebelumnya wisata itu mencapai 3 hari bakan 4 hari , lah untuk kali ini wisata religinya hanya 1 hari yaitu dengan tujuan mengunjungi makam , atau bisa di bilang berziaroh di makam salah satu wali songo, yaitu kudus, dan demak.
                Setiap santri di kenakan uang sebagai pengganti perjalanan sebesar 300 ribu, biasanya sudah di sampaikan pada awal tahun pembelajaran jadi ketika akan mulai pelaksanakan uang sudah siap , dan kitatinggal praktek pelaksanaanya aja.
                Santri di ponpes ku lumaya banyak, laki laki dan perempuan totalnya sekitar 200 jadi paitia, menyiapkan empat bus untuk perjalanan kami ber ziaoroh,. Kami berangkat ziaroh pada bulan muharom di minggu terakhir ,dan di pimpin langsung oleh pengasuh pondok kami ustad bukhori.
                Pagi pagi sekitar jam 4 rosalia indah terpampang di depan asrama pondok, siap untuk mengankut penumpang menuju kota demak dan kudus, memang di jadwalkan kami berangkat jam 05.00 untuk mengatasi keterlambatan sopir memang di suruh dating lebih awal. Setelah jam 5 pagi dan semua santri sudah siap naik bus, kami berdoa bersama supa selamat yang di pimpin langsung oleh uztad bukhori.
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
gambar: dokpri
                Saya naik bus dan memilih posisi duduk yang paling depan, karena takut kalo saya duduk di belakang biasanya mabok. Sekitar 3 jam kita sampai demak yaitu di sana kami langsung menuju tempat wisata religi kita yaitu mengunjungi masjid demak yang terkenal dengn relief keindahanya, setelah saya dan kawan di perkenankan untuk foto, saya dan kawan seperjuangan di himbau untuk jalan ke tempat berikutnya dengan beerjalan kaki, menuju tempat pemakaman raden fatah, di tempat itu kami satu rombongn tidak di perkenankan untuk mengambil gambar, hanya sekedar berdoa yang di pimpin langsung oleh ustad kami , jalan menujumakom pun berbeda dengan jalan keluar, saya dan rombongan keluar lewat pintu belakang yang di situ di suguih jajanan dan oleh oleh khas dari ndemak.
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
gambar: dokpri
                Masih di kota demak kami melanjutkan berziaoh mengunjungi tempat pemakaman sunan kalijaga, tempatnya ga begitu jauh dari masjid ndemak, tapi lumayan jauh dari tempat parkir bus, kita harus naik kendaran yang sudah di sediakan oleh pengelola, waktu itu saya dan rombongan naik angkot, di makom saya setelah melakukan ziaroh tidak terlalu mengambil banyak gambar foto karena memang ga di perkenankan , saya hanya mengambil satu gambar foto peninggalan rden sunan kali jaga , di sana juga di sediakan air untuk di minum, kalo sebagian kepercayaan seseorang ya mengambil barokah nya.
                Kami satu rombongan berlanjut meluncur ke kudus, sekitar pukul 14.00 kami sampai di kudus tepatnya di parkiran bus, yang disitu khusus parkir untuk para peziaroh sunan kudus, saya baru pertama kalinya ke kudus, kalo juma pernah lihat gamabarnaya aja menara kudus, ketika ada acara sholawatan habib syeh banayak di jual gamabar gambar itu.
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
gambar: dokpri
                Kami dari tempat parkiran menuju lokasi menara dan makom lumayan jauh sekitar dua kilo meter jadi kami di himbau untuk naik dokar ataupun becak, waktu itu saya dengan teman saya tsani memilih, untuk naik becak, satu becak hanya muat 2 orang penumpang karena becaknya sudh di desain seperti itu, para pengendara becak pun model mengankut orangnya sudah di susun rapi  saya hanay di suruh membaya 10 k untuk 2 orang , tidak ada tukang becak yang rebutan penumpang,  skitar 15 menit menyusuri kota kudus akhirnya sampai juga di lokasi pemakaman.
                Yang pertama dilihat dari lokasi itu adalah menarany dan masjid kudus, bangunan itu konon katanya sudah sangat  lama, yang biasanya saya hanaya bisa melihat di gambar kali ini bisa melihat langsung kindahan bangunan masjid dan menara kudus berjejer, tapi karna tujuan kita adalah mendoakan dan menziarohi makom sunan kudus jadi di himbau oleh panitia untuk tidak foto, kami satu rombongan masuk makom terlebih dahulu, makomnya pun indah banyak ukiran ukiran, ala jawa.
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
gambar ke dua
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
gambar: dokpri
                Setelah selesai kami di beri waktu oleh panitia 20 menit untuk bersantai dan mengambil gambar di menara kudus, banyak sekali foto grafer di sana , tapi saya dan kawan kawan memilih foto dengan hp nya sendiri, sempat saya waktu itu di kasih foto yang ada gambarku di dekat menara kudus , untuk mengganti foto itu kalo mau di ambil saya di suruh membayar 10 ribu, tapi karena uang yang saya kantongi pas buat membayar becak, tukang foto itu saya tolak. Lagian sya ga minta di foto eh malah di foto.
                Waktu sudah menunjukan pukul 3.30 wib, kami satu rombongan di himbau untuk menuju ke lokasi tempat bus untuk melanjutkan perjalanan pulang, itu sedikit cerita wisata religi ku di kota demak dan kudus semoga bermanfaat untuk para kaskuser khususnya, dan umumnya buat semua orang

Sumber gambar: dokpri
Tulisan: pengalaman pribadi
 
               
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
18-09-2019 17:19
Selama ini cuma leawt doang kalo lagi mudik. Semoga kapan kapan punya kesempatan dan waktu luang buat berkunjung kesini deh
0
19-09-2019 21:38
wah iya
menara kudus,

akulturasi budaya islam hindu dan china, karena katanya Sunan Kudus keturunan tionghoa, atau gimana ya lupaaa

emoticon-Malu
0
19-09-2019 21:46
boleh dah nanti mampir kalo pulang kampunggggg selama ini lewat doang
0
19-09-2019 23:01
belum pernah kesana sama sekali, nanti mau kapan" piknik kesitu
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
20-09-2019 06:27
Kaalau pas mudik ke kudus cuman lewat aja ... Kapan2 lah mampir kessitu sama keluarga ...
0
20-09-2019 11:01
suasana sepiritual di jawa memang sangat berbeda sangat erat dengan budaya dan lebih mengutamakan budi pekerti
profile-picture
leh..uga memberi reputasi
1
20-09-2019 14:15
Kearifan lokal jawa memang indah , ane ga menyesal ga ke jakarta emoticon-Shakehand2
0
20-09-2019 14:56
mau ke demak, budget nya brapa ya dr sumatera?
0
21-09-2019 01:13
Beberapa kali lewat tp gapernah mampir. Padahal ini lumayan deket dari domisili ane. Bakal mampir deh kapan2 kalo lewat lagi ga rame soalnya biasanya selalu rame
0
21-09-2019 16:18
kota yang penuh sejarah yaaaa... terutama perkembangan islam.... nice thread nih gan... bisa ngasih info buat para netijen yeeee kan... informatif juga dan jadi bahan bacaan bagi para agan2 dan sista2 di kaskus yaaaaa kannnnnn... mantap deh... bagi2 cerita dan informasi lainnya gan... biar nambah wawasan yaa kan bagi semua orangggg... ditunggu thread2nya gannnnnn...
0
Lihat 1 balasan
21-09-2019 22:25
sampek sekarang belum paham bagaimana wisata religi itu dilakuin,
Tp informatif banget sih threadnya, kerennn gan
emoticon-Hansip
0
23-09-2019 07:15
keren ya, walaupun saya nonis ngeliat ini rasanya memacu saya mengingat sejarah wkakwkakwak
0
Lapor Hansip
23-09-2019 07:16
Balasan post michaelmike1794
wkwkkw ngetik nya panjang2 gt gan sangat antusias ya.. saya bacanya juga jadi antusias haha
0
24-09-2019 23:34
ane pernah ke masjid agung demak, tapi kok lemari mukenanya di kunci yaa. jadinya cuma ada 1 mukena sama sajadah yang bisa dipake, sedangkan yang mau sholat kan bukan cuma ane jadi alhasil harus ngantri. mungkin karena bukan pas waktu adzan kali ya makanya di kunci, atau karena udah malem. kurang tau sih ane kenapa gitu, padahal kan itu masjid agung
0
25-09-2019 22:19
Wisata religi di kota Demak dan Kudus
0
30-09-2019 20:02
kudus gan
di belakang menara ada rumah lawas dari ukiran kayu
keren juga itu gan
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.