Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6e67abeaab25020c43d323/mau-beli-mobil-bekas-tapi-ragu-begini-gan-caranya
Faktor transportasi umum di Indonesia yang belum memadai pun merupakan salah satu alasan mengapa orang lebih memilih memiliki kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-hari. Nggak sedikit orang yang berusaha memiliki mobil dari membeli yang baru bahkan bekas. Namun jika belum mempunyai cukup dana, Agan bisa membeli mobil bekas dengan harganya yang jauh lebih terjangkau daripada jika harus beli baru
Lapor Hansip
21-02-2019 15:56

Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!

Past Hot Thread
 Saat ini kebutuhan mobil semakin meningkat setiap tahunnya. Faktor transportasi umum di Indonesia yang belum memadai pun merupakan salah satu alasan mengapa orang lebih memilih memiliki kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-hari. Nggak sedikit orang yang berusaha memiliki mobil dari membeli yang baru bahkan bekas. Namun jika belum mempunyai cukup dana, Agan bisa membeli mobil bekas dengan harganya yang jauh lebih terjangkau daripada jika harus membeli mobil baru.

Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!

Ngomongin soal kualitas, kira-kira apakah membeli mobil bekas dapat terjamin kualitasnya ya? Meskipun yang dipilih adalah mobil bekas  jika Agan bisa memilih dengan teliti dan tepat, mobil bagus berkualitas pun bisa agan dapatkan. 

Sayangnya masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara memilih mobil bekas dengan kualitas bagus. Jangan sampai Agan sudah mengeluarkan uang banyak, tapi mobil yang didapat malah berkualitas buruk. Karenanya, sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, jangan lupa untuk simak tips dibawah ini ya Gan!


Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Perhatikan tempat membeli

Perhatikan tempat dimana Agan akan membeli mobil, jangan membeli di sembarang tempat seperti di tempat-tempat penjualan kendaraan ilegal atau yang tidak resmi. Pilih tempat yang sudah memiliki nama karena mereka akan berusaha menjaga nama baiknya, sehingga kualitas mobil yang dijual juga terjamin.



Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Jangan tergiur harga murah

Nggak sedikit iklan di media cetak ataupun elektronik yang menawarkan mobil bekas dengan harga terlampau murah. Sebaiknya Agan jangan dulu tergiur dengan harga miring yang mereka tawarkan. PAstikan untuk selalu cek terlebih dahulu secara langsung sebelum melakukan transaksi. Agar bisa cancel pembelian apabila kendaraan yang dideskripsikan nggak sesuai dengan yang tertera di iklan.




Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Jangan terburu-buru membeli

Mungkin Agan memang butuh cepat ya, tapi sebaiknya jangan terburu-buru membeli mobil bekas. Emang sih nggak ada salahnya jatuh cinta pada pandangan pertama kalau udah nemu satu mobil yang cocok. Tapi hal itu sangat dilarang saat membeli mobil bekas. Jangan mudah tergoda dengan tampilan yang bagus nan mulus Gan, karena bisa jadi cuma luarnya saja yang terlihat bagus, tetapi tidak pada dalamnya.




Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Cek kondisi bodi mobil

Setelah menemukan tempat yang pas untuk membeli mobil, tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah lakukan pengecekan pada mobil. Perhatikan bagaimana kondisi catnya, masih mulus ataukah ada baret. Juga cek bagian kaca, pastikan jika ada yang retak. Dan cek bagian lampu, apakah cahaya lampu terang atau tidak. Terakhir, cek kondisi keempat ban dan pastikan semua kondisi eksterior mobil masih oke.




Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Cek kondisi mesin mobil

Bagian paling penting dalam membeli mobil bekas adalah proses pengecekan performa mesin pada mobil. Dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni saat melakukan pengecekan. Jika Agan nggak begitu ngerti soal mesin, sebaiknya ajak teman yang memiliki kemampuan di bidang otomotif.


Pertama hidupkan mesin mobil lalu perhatikan suaranya, jika mobil sudah terkena banjir biasanya suara akan terdengar kasar, tetapi apabila suara terdengar halus itu artinya kondisi mesin masih normal. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan tes drive, lakukan oper gigi dan pastikan kondisi mobil lancar saat berjalan.




Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Periksa kelengkapan dokumen fisik

Surat-surat kendaraan adalah hal yang sangat krusial untuk diperhatikan saat membeli mobil. Saat ini nggak sedikit Gan beredar dokumen mobil bekas palsu hasil dari mobil curian. Pastikan BPKB dan STNK yang didapat adalah asli. Dengan BPKB dan STNK asli urusan balik nama akan mudah kedepannya.




Quote:
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
Cek fisik

Untuk lebih meyakinkan lagi, segera cek fisik di kantor samsat untuk memastikan informasi data pada dokumen STNK dan BPKB sesuai dengan data mobil. Tentunya pemilik akan bersedia untuk cek fisik mobil jika kamu sudah yakin akan membelinya.


1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
21-02-2019 20:09
Duit + Cek Fisik + Dokumen...

emoticon-Toast
1 0
1
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
22-02-2019 21:49
ikut aja dah
0 0
0
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
23-02-2019 19:27
Kalo mobil lelangan pemerintah itu gimana ya? Ada yg pernah beli kah?
0 0
0
Mau Beli Mobil Bekas Tapi Ragu? Begini Gan Caranya!
26-02-2019 23:14
Masih ngeri sih kalo belom cek yg lebih mendalam, seperti sistem kelistrikannya, daleman mesin dan transmisinya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kendaraan Roda 4
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia