alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c62b6f70577a905f26d448e/gan-ternyata-angkut-barang-pake-motor-ada-aturannya-loh
Lapor Hansip
12-02-2019 19:07
Gan, Ternyata Angkut Barang Pake Motor Ada Aturannya Loh
Past Hot Thread
Pada dasarnya sepeda motor merupakan transportasi yang bersifat personal dan solo. Transportasi jenis ini seharusnya hanya untuk muatan satu atau dua orang. Namun, terkadang banyak orang yang memanfaatkan motor diluar ketentuannya Gan. Misalnya pemanfaatan motor untuk mengangkut barang dengan kapasitas yang luar biasa. 

Gan, Ternyata Angkut Barang Pake Motor Ada Aturannya Loh

Contoh yang Ane sebutin diatas pastinya sering Agan dan Sista lihat di jalanan. Bahkan banyak juga yang menjadikan motor untuk jualan makanan yang menggunakan gerobak berukuran besar. Ane pribadi terkadang rada ngeri liat mereka bawa barang banyak kayak gitu Gan. Apalagi orang – orang yang mengangkut barang super besar, dimana barang tersebut menghalangi pengendara jika melihat situasi jalalan di belakang.

Pastinya aturan lalu lintas sangat melarang pengendara motor membawa barang yang memiliki ukuran yang besar. Jelas, aturan ini bertujuan untuk keamanan pengendara dan meminimalisasi angka kecalakaan. O iyah Gan, aturan ini bukan berarti melarang Agan dan Sista mengangkut barang menggunakan sepeda motor yah. Agan dan Sista boleh kok bawa barang dengan motor asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Gan, Ternyata Angkut Barang Pake Motor Ada Aturannya Loh

Aturan ini udah ada pada Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2014, tetang Angkutan Jalan pada pasal 10 ayat empat:

Pertama, muatan yang dibawa memiliki lebar tidak melebihi stang kemudi. Selain untuk keselamatan pengendara, hal ini juga bertujuan supaya pengendara lain tidak terganggu dengan barang bawaan.

Kedua, Tinggi muatan tidak melebihi 900 milimeter dari atas tempat duduk pengendara. Jika melebihi batasan ini besar kemungkinan muatan akan mudah digoyang oleh angin yang mengakibatkan laju motor jadi tidak stabil.

Ketiga, Barang muatan harus diletakkan di belakang pengendara. Jika diletakkan didepan, dikhawatirkan akan menggangu pengendara saat mengemudi.

Dan, untuk keselamatan berkendara, pengendara yang membawa barang harus menurunkan kecepatan alias tidak kebut – kebutan.

Segitu dulu dari Ane Gan, semoga bermanfaat


2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
12-02-2019 19:30
kl lebar ma tinggi fix.
kl panjang???
soalnya pernah bawa kayu panjang dr depan smp blkg panjangnya...
gak ada yg antar kurirnya...
untung aman2 aja...
0
12-02-2019 19:36
Itukan peraturan utk manusia, bukan utk sapi emoticon-Malu

Gan, Ternyata Angkut Barang Pake Motor Ada Aturannya Loh
0
12-02-2019 21:03
ane ga pernah tau klo ad peraturan kyk gini
0
12-02-2019 21:16
tau sendirilah third world, ga tau aturan biarpun ada aturan emoticon-Lempar Bata
0
12-02-2019 21:19
Gan, Ternyata Angkut Barang Pake Motor Ada Aturannya Loh
0
13-02-2019 07:16
seratus ribu
0
13-02-2019 07:18
susah utk diterapkan

karena negara ini adalah negara ber flower emoticon-Thinking
0
14-02-2019 08:20
aturannya sih memang begitu, tapi selama enggak ketahuan pakpol mah aman emoticon-Hammer (S)

dulu ane juga pernah beli tangga aluminium 2mtr, ditali samping jok belakang, jadi menjulang tinggi gitu. untungnya cuma jarak 2 KM dari rumah. kebetulan butuh cepet jadi mau enggak mau bawa sendiri emoticon-Malu jangan ditiru yach, terdesak sich...emoticon-Big Grin

tapi kalo abang tukang sayur mending dikecualiin aja emoticon-Smilie
Diubah oleh h3ru7
0
14-02-2019 08:29
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Itukan peraturan utk manusia, bukan utk sapi emoticon-Malu

Gan, Ternyata Angkut Barang Pake Motor Ada Aturannya Loh


Kog bisa ya lo ng3ntod sapi sambil naik motor?
0
14-02-2019 09:39
jadi ingat berita beberapa tahun lalu. Orang lewat Cirebon naik motor dgn muatan 1 kardus mie yg diikat di jok belakang kena tilang polisi
0
14-02-2019 12:01
Quote:Original Posted By pemburu.cebong


Kog bisa ya lo ng3ntod sapi sambil naik motor?


Orang kalau udah punya penyakit hati ya kayak gini komennya. Dah sono balik ke bp lagi
0
14-02-2019 15:45
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Orang kalau udah punya penyakit hati ya kayak gini komennya. Dah sono balik ke bp lagi


Kl lo balik ke fjb memuja si panda ya
0
14-02-2019 15:54
moga2 bisa di terap kan ya gan emoticon-2 Jempol
0
14-02-2019 16:28
ada kok emang
0
14-02-2019 19:03
Quote:Original Posted By pemburu.cebong


Kl lo balik ke fjb memuja si panda ya


Sori dodi mak lince!

Gw cari rezeki dri kawan2 bukan ngakali kepercayaan kawan2 kayak dia
0
15-02-2019 16:26
pernah di tabrak ginian.. naek motor.. malah gw yg di omelin.. smpe binggung apa salah ibunda mengandung gw yh di tabrak gw yg di omelin ?
0
15-02-2019 16:49
Selama bisa dan yakin bawa aja semua, aturan belakangan yg penting angkut dulu emoticon-Ngakak
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
15-02-2019 20:22
dulu punya temen jualan alat sek*

ada razia dadakan
cek tas dan dll
polwannya malah nanya harga berapa emoticon-Ngakak (S)
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.