alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5d80ca8d9b170b104d2328/mengenal-intermittent-explosive-disorder
Lapor Hansip
08-02-2019 20:14
Mengenal Intermittent Explosive Disorder
Past Hot Thread
Mengenal Intermittent Explosive Disorder


Quote:

Aksi seorang remaja yang bernama Adi Saputra (20) yang melampiaskan kemarahan dengan merusak motor yang ditumpanginya bersama kekasihnya, viral diberbagai media di Indonesia.

Aksi tersebut dipicu karena Adi menolak ditilang. Padahal menurut keterangan petugas polisi yang menilangnya, Adi dianggap melawan arus dan baik dia maupun kekasihnya pun tidak memakai helm. Selain itu Adi juga tidak menunjukkan SIM ketika diminta dan mengaku lupa tidak membawa STNK.



Peristiwa ini menarik perhatian seorang pengamat psikolog forensik yang bernama Reza Indragiri Amriel. Menurut pandangannya, Adi diduga mengidap Intermittent Explosive Disorder. Reza yang juga merupakan seorang dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK), menyarankan agar petugas polisi membekukan SIM yang dimiliki Adi dan menyuruhnya untuk menjalani konseling pengendalian amarah. Karena menurut Reza, tantrumyang lebih parah kemungkinan akan muncul ketika dia bergesekan dengan pengendara motor lain.



Lalu apa itu Intermittent Explosive Disorder?

Intermittent Explosive Disorder adalah sebuah kelainan dimana seseorang memiliki perilaku yang ditandai dengan kemarahan yang meledak-ledak dan melakukan kekerasan. Namun perilaku tersebut sebenarnya tidak sebanding dengan situasi yang dihadapi.

Orang-orang yang memiliki Intermittent Explosive Disorder dapat mengancam atau benar-benar melakukan penyerangan terhadap objek yang berada dihadapannya, entah itu benda mati atau bahkan benda hidup seperti hewan dan manusia.

Dan setelah mereka melepaskan ketegangan akibat kemarahan yang muncul secara tiba-tiba, selanjutnya mereka akan merasakan kelegaan. Bagi sebagian orang justru akan mengalami perasaan menyesal bahkan perasaan malu.

Mengenal Intermittent Explosive Disorder


Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa memiliki Intermittent Explosive Disorder, diantaranya adalah karena faktor genetik. Intermittent Explosive Disorder bisa saja diturunkan dari orangtua ke anak-anaknya. Hanya saja berdasarkan penelitian yang dilakukan, sampai saat ini tidak ada gen spesifik yang diidentifikasi memiliki dampak menonjol dalam pengembangan Intermittent Explosive Disorder tersebut.

Faktor selanjutnya adalah dari segi fisik. Intermittent Explosive Disorder bisa saja muncul karena adanya kelainan dibagian otak yang mengatur keinginan dan larangan. Serotonin, yang merupakan zat kimia alami yang bekerja mengirimkan pesan ke seluruh otak, tersusun secara berbeda pada orang-orang yang memiliki Intermittent Explosive Disorder.

Faktor yang terakhir adalah lingkungan, dimana orang-orang yang tumbuh dirumah dimana mereka menjadi sasaran atau mengalami hukuman keras lebih memungkinkan memiliki Intermittent Explosive Disorder. Mereka akan mengikuti contoh yang diberikan oleh orangtua mereka dan akan bertindak secara agresif. Tindakan tersebut merupakan reaksi awal terhadap sesuatu hal yang negatif yang mereka temui. Secara garis besar, orang-orang yang pernah mengalami kekerasan secara fisik, akan melakukan hal yang sama terhadap orang lain sebagai bentuk penebusan dimasa lalu.

Mengenal Intermittent Explosive Disorder


Orang-orang yang memiliki Intermittent Explosive Disorder memiliki gejala-gejala sebagai berikut,

Quote:
1. Gejala dari segi perilaku seperti berkelahi, berargumen dengan orang lain, marah secara meledak-ledak, menyerang sebuah objek atau orang secara fisik, dan melakukan pengerusakan.

2. Gejala dari segi fisik seperti sakit kepala, otot yang tegang, dada yang sesak, tremor, dan perasaan tertekan dibagian kepala.

3. Gejala dari segi kognitif seperti toleransi frustasi yang rendah, merasa kehilangan kendali, dan berpikir terlalu cepat.

4. Gejala dari segi psikososial seperti perasaan cepat marah yang tidak terkendali dan periode yang singkat dalam melepaskan emosi.



Memiliki Intermittent Explosive Disorder juga dapat menyebabkan beberapa konsekuensi bagi para penderitanya, walopun konsekuensi tersebut tergantung dari gejala dan perilaku yang ditunjukkan oleh mereka secara spesifik.

Quote:
Konsekuensi tersebut misalnya seperti,

1. Memiliki gangguan hubungan interpersonal.
2. Melakukan pelecehan domestik atau pelecehan terhadap anak.
3. Memiliki masalah legal.
4. Mendapatkan penahanan didalam penjara.
5. Memiliki kecanduan narkoba atau alkohol.
6. Memiliki kesulitan di tempat kerja, rumah, atau sekolah.
7. Merasa memiliki harga diri yang rendah dan cenderung membenci diri sendiri.
8. Menyakiti diri sendiri.
9. Memiliki pikiran dan perilaku bunuh diri.



Mengenal Intermittent Explosive Disorder




Adi Saputra mungkin bukan satu-satunya orang yang diduga memiliki Intermittent Explosive Disorder. Charlie Sheen yang berumur 45 tahun, terlibat dalam "perilaku tidak tertib" disebuah kamar hotel di New York. Setelah polisi turun tangan, Charlie Sheen secara sukarela memeriksakan diri ke rumah sakit untuk melakukan evaluasi psikiatri.

Setelah dibebaskan, juru bicara Charlie Sheen mengatakan bahwa perilaku aktor tersebut berhubungan dengan reaksi alergi yang ditimbulkan oleh sejenis obat yang tidak disebutkan namanya. Charlie Sheen memiliki sejarah penyalahgunaan narkoba, melakukan kekerasan dalam rumah tangga, dan memiliki masalah dalam mengontrol kemarahannya.



Selain Charlie Sheen, aktor Hollywood yang memiliki perilaku yang sama dengannya adalah Mel Gibson. Pada tahun 2006, Mel Gibson melakukan pelecehan secara verbal terhadap petugas polisi yang memberhentikannya, karena Mel Gibson mengemudikan mobil dalam keadaan mabuk.

Mel Gibson sempat menyebut-nyebut bahwa Yahudi adalah penyebab semua peperangan yang terjadi didunia. Hal tersebut dikatakan pada petugas polisi yang bernama James Mee yang merupakan seorang Yahudi. Setelah ditangkap, Mel Gibson sempat diberikan masa percobaan selama 3 tahun oleh hakim.

James Mee sendiri sempat dituduh menyebarluaskan laporan polisi dimedia atas kasus pelecehan yang dilakukan oleh Mel Gibson kepadanya. Walopun dia tidak diproses secara hukum, namun dia diberhentikan sebagai petugas polisi pada tahun 2012.

Mengenal Intermittent Explosive Disorder


Intermittent Explosive Disorder tentu saja bisa disembuhkan. Salah satunya adalah dengan melakukan Cognitive Behavioral Therapy yang merupakan jenis terapi yang melibatkan identifikasi pola berbahaya dan menggunakan keterampilan koping, teknik relaksasi, dan pendidikan secara berulang untuk menangani impuls agresif.

Selain itu ada juga jenis pengobatan yang setidaknya mampu mengurangi perilaku impulsif, misalnya antidepresan, khususnya Serotonin Reuptake Inhibitor, penstabil suasana hati seperti Lithium, Valproic Acid, dan Carbamazepin, serta obat antipsikotik dan obat antiansietas.

Mengenal Intermittent Explosive Disorder


Sekian, dan terimakasih.

sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
sumber 5
sumber 6

Mengenal Intermittent Explosive Disorder


Baca juga :

Pengalaman Gw Selama 9 Tahun Sebagai Caregiver

Mendiang Nenek Gw yang Anti-Mainstream

3 Jenis Jajanan Wajib di Pasar Malam Taiwan Versi Gw

Mengunjungi Anping Old Fort dan Chihkan Tower di Kota Tainan, Taiwan

Beberapa Model Sepatu Yang Menurut Gw Wajib Untuk Dimiliki

Diubah oleh kaskus.support16
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Lapor Hansip
08-02-2019 20:15
Quote:
My Threads

Eksorsisme Anneliese Michel

13 Cara Ampuh Agar Bisa Melihat Hantu

Mayat Dalam Kardus

10 Kotak Surat Paling Aneh di Seluruh Dunia

Wujud Toilet Umum di Seluruh Dunia yang Akan Membuatmu Ngedrop

Dua Tahun Setelah Akseyna "Pergi"

Rekomended Channel Youtube Luar Negeri Versi Ane

Jangan Coba-coba Lakukan Permainan Ini!!

Misteri Pembantaian Hinterkaifeck

Mayat Misterius di Pantai Somerton

Kelainan Seksual Auto Erotic Asphyxiation

Misteri Pembunuhan di Kamar 1046

Killing of Honor

Bride Buying : Rahasia Tergelap di India

Misteri Jack the Ripper (bagian 1) : Para Korban

Misteri Jack the Ripper (bagian 2) : Para Tersangka

Misteri Jack the Ripper (bagian 3) : Pelaku Yang Sebenarnya

Jack Unterweger : The Austrian "Jack the Ripper"

Richard Ramirez : The Night Stalker

3 Merk Terkenal Dunia Yang Memperluas Usahanya Ke Bidang Yang Lain

5 Jajanan Wajib di Taiwan Versi Ane

The Matamoros Cult Killings

Disodomi, Koma Selama 42 Tahun, dan Akhirnya Meninggal

Mauda Kyitaragabirwe : Perempuan Terakhir Yang Dibuang di Punishment Island

The Black Dahlia Murder

Kematian Misterius Elisa Lam

Perjalanan "Aneh" Keluarga Tromp

Ted Bundy (part 1) : The First Episode

Ted Bundy (part 2) : The 1974 Victims

Ted Bundy (part 3) : The 1975 Journey

Ted Bundy (part 4) : The Other Victims, Confession, and Trials

Ted Bundy (part 5) : Life and Death

Cerita Hotel Cecil Yang Menakutkan

Menggali Cerita Edward Theodore Gein

Disekap Selama 24 Tahun Dan Diperkosa Ayah Sendiri

Kematian Misterius Michelle Von Emster

Mengenal Stockholm Syndrome

Ketika Cairan Asam Dijadikan Sebagai Senjata

Misteri Pembunuhan "The Axeman"

The Monster of Florence (part 1) : The Victims

The Monster of Florence (part 2) : Police Investigations

The Monster of Florence (part 3) : The Suspects

Kematian Tragis JonBenét Ramsey

Wanita Pembunuh Itu Bernama, Sada Abe

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Misteri Pembunuhan di Kabin Keddie

Kematian Aneh 9 Pendaki Gunung Otorten

Mengenal Cotard Syndrome

Thalaikoothal : Ritual Sadis Membunuh Orangtua di India

Misteri Hilangnya Amelia Earhart, Pilot Wanita Pertama di Dunia

Mengejar MH370

The Zodiac Killer

Issei Sagawa : Kanibalisme Yang Berujung Ketenaran

Menikah Dengan Arwah

The Gray Man, Albert Fish

The Toxic Death of Gloria Ramirez

Tsutomu Miyazaki : The Otaku Murderer

Pembantaian McDonald

John George Haigh : Acid Bath Murderer

Mengenal Dissociative Identity Disorder

Billy Milligan, Dan 24 Kepribadian Yang Dimilikinya

Remaja, Senjata, dan Budaya Penembakan Massal di Amerika

Misteri Hilangnya Keluarga Jamison

Mengenal Hybristophilia

Cerita Lauren Kavanaugh : Dari Disekap di Dalam Lemari, Hingga Diperkosa Ayah Tiri

The Meanest Man in America, Donald "Pee Wee" Gaskins

Kisah Charles Manson, Pemimpin Sekte "The Manson Family"

Misteri Kematian Charles C. Morgan

Mary Bell : Si Kecil Yang Cabe Rawit, Bukan Cabe-cabean

Colleen Stan : Gadis Yang Diculik dan Disekap Selama 7 Tahun di Dalam Peti

Mysterious Death of Eight-Day Bride

Penembakan di Hari Senin Pagi

Misteri Hilangnya Anak-anak Sodder

Kisah Pembunuhan di Balik Rumah Horor Amityville

Lika-liku Kasus Pembunuhan Altantuya Shaariibuu, Wanita Simpanan Politisi Malaysia

Pembunuhan di Malam Tahun Baru

Kisah Seorang Ibu Yang Menenggelamkan Kelima Anaknya

Diubah oleh marywiguna13
1
Lapor Hansip
08-02-2019 20:33
Mengenal Intermittent Explosive Disorder

dan mewek minta maaf minta ampun...pake cium tangan emoticon-Wakaka
2
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:36
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Mengenal Intermittent Explosive Disorder

dan mewek minta maaf minta ampun...pake cium tangan emoticon-Wakaka


Amit-amit dah.

Laki-laki lemah emoticon-Nohope

Sama lemahnya seperti laki-laki yang tidak mampu setia dan berkomitmen.
1
Lapor Hansip
08-02-2019 20:36
Kalo seandainya dia & pacar ke grebek berduaan di hotel, kira kira apa yg bakal diancurin ya ? emoticon-Bingung (S)


Masa iya pacarnya yg di gebukin emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh littlevan
3
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:36
Quote:Original Posted By littlevan
Kalo seandainya dia & pacar ke grebek berduaan di hotel, kira kira apa yg bakal diancurin ya ? emoticon-Bingung (S)


Cewenya yang dipretelin emoticon-Wakaka
1
Lapor Hansip
08-02-2019 20:39
Kelainan kayak mutan X-Men ada enggak gan?
Pak polisi nya kelainan bisa terlalu sabar banget juga enggak tuh?
2
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:39
Quote:Original Posted By marywiguna13


Amit-amit dah.

Laki-laki lemah emoticon-Nohope

Sama lemahnya seperti laki-laki yang tidak mampu setia dan berkomitmen.


Modelan mamad dahi emoticon-Leh Uga
2
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:40
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Modelan mamad dahi emoticon-Leh Uga


Hooh.. emoticon-Wakaka
1
Lapor Hansip
08-02-2019 20:43
Emang kyanya ada gangguan jiwa itu orang emoticon-Cape d...

Kyknya terakhir dia ditangkap krena dianggap penadah

Knapa penadah ya emoticon-Bingung

Bukannya harusnya krena merusak properti orang lain ya ( merusak motor pacarnya )
3
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:44
Quote:Original Posted By djinggo88
Emang kyanya ada gangguan jiwa itu orang emoticon-Cape d...

Kyknya terakhir dia ditangkap krena dianggap penadah

Knapa penadah ya emoticon-Bingung

Bukannya harusnya krena merusak properti orang lain ya ( merusak motor pacarnya )


Dia bukannya dikenakan pasal berlapis? Penadah juga, pengrusak juga, terus apalagi tuh.
1
Lapor Hansip
08-02-2019 20:52
Tenaganya gede yaa.. macam dibantuin setan
3
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:52
Quote:Original Posted By langkasenenge
Tenaganya gede yaa.. macam dibantuin setan


Kan saking marahnya. Padahal kalo dipikir-pikir kan ga perlu sampe sebegitunya.
2
Lapor Hansip
08-02-2019 20:54
ane kira nih bocah bakal aman eh ternyata keciduk juga, mungkin karna faktor viral. Apesnya lo emoticon-Wkwkwk
2
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 20:55
Quote:Original Posted By chitzchatz94
ane kira nih bocah bakal aman eh ternyata keciduk juga, mungkin karna faktor viral. Apesnya lo emoticon-Wkwkwk


The power of medsos and netijen
1
Lapor Hansip
08-02-2019 21:05
harusnya sih pas ngamuk langsung diborgol.
mengganggu ketertiban umum. emoticon-Hansip
3
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 21:12
Quote:Original Posted By servesiwi
harusnya sih pas ngamuk langsung diborgol.
mengganggu ketertiban umum. emoticon-Hansip


Iya, tapi dia bisa melukai petugas
1
Lapor Hansip
08-02-2019 21:26
kalo kelakuan seperti itu sudah pasti kelainan lah. sy pikir itu termasuk hasrat ingin terlihat superior tapi diberangi dengan perilaku kalo aku hancur ya hancurin aja semuanya sekalian.
6
profile picture
Lapor Hansip
08-02-2019 21:34
Quote:Original Posted By Lunatic.Killer
kalo kelakuan seperti itu sudah pasti kelainan lah. sy pikir itu termasuk hasrat ingin terlihat superior tapi diberangi dengan perilaku kalo aku hancur ya hancurin aja semuanya sekalian.


Hasrat ingin terlihat superior? Bisa jadi juga sih.
2
Lapor Hansip
08-02-2019 22:18
kayaknya ga deh, itu motor hasil tadahan, jadi mungkin dia ngerusak krn mau ngilangin barang buktiemoticon-Bingung (S)
0
Lapor Hansip
08-02-2019 22:32
Quote:Original Posted By marywiguna13


Iya, tapi dia bisa melukai petugas


kalo melukai petugas ya tinggal tembak aja otaknya yg di dengkul emoticon-army
1
profile picture
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.