alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5c7974977513759f2381bc/menghadapi-razia-mengapa-mesti-takut
Lapor Hansip
08-02-2019 01:31
Menghadapi Razia, Mengapa Mesti Takut?
Past Hot Thread
Menghadapi Razia, Mengapa Mesti Takut? banjarbaruklik.com

Sepanjang umur Ane sampai detik ini, terhitung sudah 5 kali berurusan dengan polisi, berkaitan dengan kendaraan yang ditilang.

Kejadian pertama, saat Ane masih kuliah, belum punya SIM dan lupa bawa STNK, maklum motor pinjaman. emoticon-Big Grin Begitu mendekati halaman Poltabes, tiba-tiba ada plang penanda razia, serta beberapa Polantas yang berdiri di tengah jalan. Dengan enjoy aja Ane masuk ke halaman kantor polisi itu, lalu menuju tempat parkir dan berhenti di sana. Tak lama kemudian, seorang Polantas mendekati Ane, “Ada yang bisa saya bantu, Dik?” Lalu Ane ceritakan perihal kelengkapan surat-menyurat kendaraan yang tak Ane punya. “Tunggu di sini aja Dik, sampai razia selesai,” katanya memberikan solusi, dan Ane pun memberikan konpensasi semampunya.

Kejadian kedua, teman yang Ane bonceng tak pakai helm. Tiba-tiba dipepet ke pinggir jalan. Setelah berhenti, sang Polisi menahan STNK, lalu bilang, “ikuti saya ke pos Polisi di depan.” Di sana saya diceramahi dan dijelaskan tentang besarnya denda tilang akibat tak pakai helm. Setelah nego-nego, akhirnya deal bayar tilang di tempat.

Peristiwa ketiga, saat try on motor baru yang belum ada Nopolnya. Kali ini motor Ane langsung digiring (bukan mengikuti seperti kasus 2 di atas) ke Pos Polisi. Namun solusinya sama dengan di atas.

Adapun kasus 4 dan 5, Ane hanyalah sebagai wakil untuk mengambil STNK yang ditahan. Kasus 4 karena yang bersangkutan melawan arus, denda tilangnya sebesar Rp.50.000,- sedangkan kasus 5 dialami oleh anak Ane sendiri, masih di bawah umur, tak punya SIM dan tak bawa STNK. Ternyata dendanya cuma Rp.20.000,-

Nah, dari kelima pengalaman Ane di atas, tampaknya sanksi denda terberat yang diterima pelanggar aturan berlalu lintas maksimal Rp. 50.000,- Meskipun dalam aturan formalnya, satu pelanggaran saja, seperti tak pakai helm, bisa didenda ratusan ribu.

Karena itu, rasanya terlalu gegabah jika harus berusaha menghindari razia hanya karena melanggar aturan lalu lintas. Ane kira pasti ada faktor lain yang menyebabkan seorang pengendara begitu nekat menghindari razia dengan melawan arus, menerobos petugas, atau melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri atau orang lain. Apalagi sampai menghancurkan motor yang beritanya sedang viral sekarang.

Nah, faktor lain tersebut, kemungkinan besar di antaranya adalah:


1. Membawa Benda Terlarang

Menghadapi Razia, Mengapa Mesti Takut?

Membawa benda terlarang seperti Narkoba atau senjata tajam tanpa izin, tentu membuat pengendara panik saat menemukan razia dan berusaha mencari jalan kabur. Bukan takut kena tilang sebenarnya, tapi takut ditahan karena benda terlarang tersebut.


2. Pengendara Dalam Pengaruh Narkoba

Menghadapi Razia, Mengapa Mesti Takut? Kupang.tribunnews.com

Ini sebenarnya mirip dengan nomor satu di atas. Hanya saja, pengendara tidak membawa barang terlarang, tapi mengonsumsinya. Karena takut ditahan dan diinterogasi, maka ia akan nekat menghindari razia tersebut dengan berbagai cara.


3. Motor Curian

Pengendara yang berusaha kabur dari razia itu juga kemungkinan besar disebabkan oleh motor yang dipakainya adalah hasil kejahatan. Jika motor ditahan, maka kemungkinan besar pencurinya juga akan tertangkap.

Nah itulah tiga kemungkinan penyebab orang takut menghadapi razia kendaraan bermotor, versi Ane. ***
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Lapor Hansip
08-02-2019 01:32
Reserved
2
Lapor Hansip
08-02-2019 05:56
yg jelas: takut kehilangan duwit bray emoticon-Wakaka
1
Lapor Hansip
08-02-2019 07:42
anti razia emoticon-Cool
1
Lapor Hansip
08-02-2019 07:58
Karena pernah jadi korban asal comot di lampu merah, sampe hari ini ane trauma dg razia.
emoticon-Ngakak
Padahal sejak naik motor ke jalan raya, selalu patuh aturan, kendaraan standar, surat lengkap, pajak taat, kredit juga udah pada lunas.
emoticon-Ngakak
3
Lapor Hansip
08-02-2019 07:58
Dopost
Diubah oleh amnessterz
3
Lapor Hansip
08-02-2019 08:40
Baru beberapa hari lalu kena razia gara2 lupa hidupin lampu motor.....damai ditempat bayar 20rb emoticon-Ngakak
3
Lapor Hansip
08-02-2019 09:29
konpensasi semampunya

emoticon-Big Grin
2
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Lapor Hansip
08-02-2019 10:13
dikota mana itu cuma 20rb gk bawa stnk dan gak punya sim?

ane hadiri sidang bawa SIM adik ane kena tilang gara pajak ketinggalan setaun habis 60 rb entah 70rb

pernah sih ane bawa mobil habis nganter keluarha sepupu kedepan jalan raya pas balik pake jalur lain yg enak lewat ada razia gak bawa apa2 , semua ada di rumah, ane diberentiin terus diajak ke pojokan pencucian mobil untung pas ngobrol2 ada burung hantu mabur tanpa pemilik... polisinya kyk hobi sama tuh burung pecah konsen nya dia
abis itu ane disuruh pulang buat ambil surat2 untung mbl gak ditahan pas kesana lagi polisinya yg td ngerazia ane sibuk ngusrusin lalin apel bupati trrus dia suruj ane balik lagi aja, clear ....
selamet .....padahal pasalnya banyak kalau kena gak bawa sim , stnk dan pajaknya ketinggalan mana sabuk pengaman lagi macet jadi gak dipake hehehehe
Diubah oleh ridwanhabibilah
3
Lapor Hansip
08-02-2019 10:15
Ane razia ga pernah kena gan.
Karena ane anak yang baik dan rajin menabung. emoticon-Malu (S)
2
Lapor Hansip
08-02-2019 10:19
walaupun komplit bawaannya setiap liat razia selalu deg deg serr gayn kaga tau kenapa emoticon-EEK!
3
Lapor Hansip
08-02-2019 10:19
Kalo ga salah ya santai aja
Kalo pun salah tinggal ngamuk2 aja banting motor terus pretelin wkwkwk
3
Lapor Hansip
08-02-2019 12:45
Quote:Original Posted By kena.semprot
yg jelas: takut kehilangan duwit bray emoticon-Wakaka


Hilang duit tak seberapa dibanding hilang nyawa. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By amnessterz
Karena pernah jadi korban asal comot di lampu merah, sampe hari ini ane trauma dg razia.
emoticon-Ngakak
Padahal sejak naik motor ke jalan raya, selalu patuh aturan, kendaraan standar, surat lengkap, pajak taat, kredit juga udah pada lunas.
emoticon-Ngakak


Intinya, ketika razia jgn melawan aparat, akui salah, dan ttd surat tilang. Dendanya tak seberapa. Sp, enjoy aja.

Quote:Original Posted By Kruingputih4
Baru beberapa hari lalu kena razia gara2 lupa hidupin lampu motor.....damai ditempat bayar 20rb emoticon-Ngakak


Bayar tempat jika ada uang, atau nunggu sidang yg dendanya mungkin lebih ringan.

Quote:Original Posted By gagoblokgabener
konpensasi semampunya

emoticon-Big Grin


Punya uang cuma 10ribu, ya kasih aja supaya bisa pulang. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ridwanhabibilah
dikota mana itu cuma 20rb gk bawa stnk dan gak punya sim?

ane hadiri sidang bawa SIM adik ane kena tilang gara pajak ketinggalan setaun habis 60 rb entah 70rb

pernah sih ane bawa mobil habis nganter keluarha sepupu kedepan jalan raya pas balik pake jalur lain yg enak lewat ada razia gak bawa apa2 , semua ada di rumah, ane diberentiin terus diajak ke pojokan pencucian mobil untung pas ngobrol2 ada burung hantu mabur tanpa pemilik... polisinya kyk hobi sama tuh burung pecah konsen nya dia
abis itu ane disuruh pulang buat ambil surat2 untung mbl gak ditahan pas kesana lagi polisinya yg td ngerazia ane sibuk ngusrusin lalin apel bupati trrus dia suruj ane balik lagi aja, clear ....
selamet .....padahal pasalnya banyak kalau kena gak bawa sim , stnk dan pajaknya ketinggalan mana sabuk pengaman lagi macet jadi gak dipake hehehehe


Jumlah tilang tergantung putusan hakim yg menyidang, 20ribu itu kejadiannya desember tadi, tilang 19ribu, biaya perkara 1ribu, begitu yg tertulis di papan pengumuman di pengadilan, lalu ane ambil stnk ke kejaksaan dan batyar 20 ribu.
3
Lapor Hansip
08-02-2019 13:02
Ya bisa jadi gan.. tapi pada umumnya karena tidak membawa kelengkapan pengendara motor seperti STNK dan SIM atau tidak mengenakan atribut dalam berkendara seperti tidak memakai helm atau tidak mengenakan sitbelt.
Diubah oleh cheria021
2
Lapor Hansip
08-02-2019 13:34
anehnya pas udah punya sim kok ga pernah diberentiin ya pas razia emoticon-Bingung (S) padahal udah ane pepetin tuh ke polisinya emoticon-Hammer
7
Lapor Hansip
08-02-2019 13:34
kalo yakin ga ada salah ya ga usah takut
ane bbrp kali gitu koq, cuek aja jalan normal, malah pakpolnya suruh terus2 aja
2
Lapor Hansip
08-02-2019 13:37
karena ada aja kesalahan yang dicari oleh pakpolnya. walaupun gak semua ya, tapi oknum ya begitu
Diubah oleh sheedzzz
2
Lapor Hansip
08-02-2019 13:38
setau ane polisi sahabat anak....


cmiiw
2
Lapor Hansip
08-02-2019 13:39
razia?? ane gak takut cuma deg degan
2
Lapor Hansip
08-02-2019 13:39
mejeng dulu breemoticon-Cool sekalian gemboked ,, maho pindah kebelakang
Diubah oleh zanryou
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.