alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5ab0a1dbf7645e0d10c6ba/ini-dia-penjelasan-kenapa-smartphone-agan-kagak-berfungsi-pada-udara-dingin-ekstrem
Lapor Hansip
06-02-2019 17:02
Ini dia penjelasan kenapa Smartphone agan kagak berfungsi pada udara dingin ekstrem
Past Hot Thread
Ini dia penjelasan kenapa Smartphone agan kagak berfungsi pada udara dingin ekstrem

Cuaca ekstrem ternyata gak cuman berdampak pada lingkungan dan kehidupan manusia aja nih gan. Ternyata ini berpengaruh juga terhadap gawai kita loh.

emoticon-Matabelo

Saat suhu dibawah titik beku gawai kita akan mengalami kendala sampai-sampai menyebabkan tidak bisa digunakan. Hal ini ternyata ada penjelasannya loh gan, kenapa bisa begitu.

emoticon-Wow


Quote:Ini dia penjelasan kenapa Smartphone agan kagak berfungsi pada udara dingin ekstrem
Ilustrasi ponsel pintar di udara bersalju Romaset /Shutterstock

Cuaca bisa memengaruhi fungsi kerja gawai atau perangkat elektronik lainnya yang membutuhkan tenaga baterai.

Kondisi cuaca dingin ekstrem tengah melanda kawasan Amerika Serikat semenjak 30 Januari lalu.

Cuaca dingin luar biasa disebut dengan Polar Vortex, yakni aliran udara dingin bertekanan rendah yang berputar di kutub utara dan selatan Bumi. Aliran udara dingin berputar melawan arah arum jam.

Fenomena langka ini terjadi karena sebagian pusaran kutub dan kumpulan udara di bawah suhu beku yang biasanya berputar di atas kutub utara, turun menuju daerah bawah sehingga mengakibatkan lingkungan di luar kutub menjadi dingin fantastis.

Anda yang memiliki rencana pelesir ke AS, maka disarankan untuk waspada mengantisipasi udara yang berada di bawah titik beku.

Selain itu, Anda juga harus lebih bijak dalam menggunakan pemakaian gawai dan ponsel pintar.

Sekarang ini, sebagian besar negara bagian di AS berada dalam suhu minus 17 derajat Celcius. Kabarnya, angka tersebut akan terus menurun sampai dengan minum 28 derajat Celcius.

Selain masalah kesehatan dan keberlangsungan hidup, dampak lain dari udara di bawah titik beku ini adalah gangguan kerja pada perangkat elektronik atau gawai.

Baterai, layar, sensor, dan fungsionalitas gawai lainnya dapat mendadak berhenti bekerja saat cuaca menjadi luar biasa dingin.

Hanumant Singh, seorang insinyur listrik di Northeastern University, menyampaikan pada Wired, sebagian besar gawai zaman sekarang, mulai dari ponsel pintar, fitness tracker, bluetooth, laptop, kamera digital, sampai dengan vape, bekerja menggunakan baterai Lithium-Ion.

Baterai tersebut membutuhkan elektrolit cair yang berada antara dua jenis elektroda dalam baterai. Fungsinya untuk memberikan tambahan daya.

Apabila ponsel pintar berbaterai Lithium-Ion terpapar suhu yang sangat tinggi, kandungan cairan elektrolitnya bisa membeku. Kondisi ini membuat penurunan kemampuan perangkat elektronik mengirimkan energi pada gawai.

Selanjutnya, baterai pun akan berhenti sepenuhnya, otomatis gawai Anda pun mati.

“Udara yang sangat dingin atau beku membuat baterai lithium-ion sangat menderita karena resistansi internalnya sedikit,” jelas Singh.

Singh yang membangun robot cuaca dingin untuk tempat seperti Antartika dan Greenland memaparkan, resistansi yang lebih rendah berarti baterai menghasilkan lebih sedikit energi limbah panas.

Oleh karena itu, gawai menjadi lebih rentan ketika suhu udara menurun anjlok. Semakin dingin semakin lambat metabolisme reaksi kimia dalam baterai. Artinya, lebih cepat habis secara dramatis.

Kecepatan gawai mati dan benar-benar tidak berfungsi, kata dia, hanya dalam waktu sekitar lima menit.

Kondisi inilah yang membuat produsen ponsel pintar menyarankan penggunaan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin.

Apple merekomendasikan agar penggunanya mengoperasikan produk pada suhu paling rendah sekitar minus satu derajat Celcius dan 35 derajat Celcius. Saran serupa berlaku untuk penggunakan perangkat membaca Kindle dari Amazon.

Pengguna Fitbit, alat penunjang latihan dan olahraga, disarankan untuk tidak menggunakannya ketika udara lebih dingin dari minus 10 derajat Celcius.




Nah sekarang jadi lebih paham dong kenapa kalo kita main hp di suhu ekstrem bisa bikin gawai kita error ampe mati total.

emoticon-Matabelo

Semoga dengan artikel ini, bisa menjawab kebingungan agan yah 

emoticon-Ngakak


Quote:emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat di sini emoticon-Motret

Jangan lupa rate bintang 5 emoticon-Rate 5 Startinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik dehemoticon-Cendol Gan

SUMUR :
Beritagar.id

Quote:Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain gan emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup 
Inilah alasan kenapa ente harus tidur pake bantal gan
Mengapa ada orang yang tetap kurus meski banyak makan 
Antartika menyimpan fosil hewan purba kerabat dinosaurus
Beberapa pantangan ketika tahun baru Imlek yang mungkin belum ente tau
Penyebab Kenapa Orang Pada Selingkuh 
Ente mau panjang umur? Inilah yang harus dilakukan ketika muda
Gak cuman hidung yang bisa kena flu, ternyata perut juga bisa. Yuk kenali kondisinya 
Terungkap, lanskap Arktika di balik es 40 ribu tahun
Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang
Ragam hewan pemangsa jentik nyamuk 

Ini dia penjelasan kenapa Smartphone agan kagak berfungsi pada udara dingin ekstrem

13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
06-02-2019 17:11
mana ada suhu dibawah nol disini bray
orang tiap hari sumuk terus emoticon-Wakaka
5
06-02-2019 17:49
Komponen nya pada beku
1
06-02-2019 18:42
ikut membeku
0
Lihat 2 balasan
06-02-2019 18:46
abis pegang es batu aja nyolek hp ga mempan emoticon-Big Grin
0
06-02-2019 19:05
untung lah di Indonesia suhunya adem2 sj
0
06-02-2019 19:22
gak cuma suhu dingin ekstrim bre...

...panas ekstrim jg bikin hape eror...
...misalnya nyemplung ke tungku api, kejebur di lava gunung berapi....emoticon-Big Grin
emoticon-Hammer2
4
06-02-2019 19:29
di suhu minus bukan smartphonenya aja yg modar. penggunanya juga
1
06-02-2019 19:36
ganti batre pesawat ulang aliknya asu
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0
07-02-2019 10:07
Quote:Original Posted By jagotorpedo
gak cuma suhu dingin ekstrim bre...

...panas ekstrim jg bikin hape eror...
...misalnya nyemplung ke tungku api, kejebur di lava gunung berapi....emoticon-Big Grin
emoticon-Hammer2


Anjir emoticon-Big Grin
0
08-02-2019 02:00
Quote:Original Posted By manbrotheking
untung lah di Indonesia suhunya adem2 sj


Iya suhunya adem. Yg lagi panas suhu perpolitikan wakakak
1
08-02-2019 06:39
Quote:Original Posted By pucuy19
Iya suhunya adem. Yg lagi panas suhu perpolitikan wakakak



Masih adem sih bre..

Kl dibandingin dg tragedi kerusuhan di markas pdi,kerusuhan 98,kerusuhan ketika mega gagal jadi presiden,isu dukun santet..


Ngeri kali bre..
3
12-02-2019 22:06
Quote:Original Posted By kena.semprot
mana ada suhu dibawah nol disini bray
orang tiap hari sumuk terus emoticon-Wakaka


apa lagi di surabaya.
panasnya naujubileh jakarta aja kalah.
baru aja mandi keluar cari makan bentar sampai rumah udah banjir keringat.
2
12-02-2019 22:06
Quote:Original Posted By manbrotheking
Masih adem sih bre..

Kl dibandingin dg tragedi kerusuhan di markas pdi,kerusuhan 98,kerusuhan ketika mega gagal jadi presiden,isu dukun santet..


Ngeri kali bre..


Ketauan nih.. Milenial lawas.. emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
12-02-2019 22:08
Balasan post edsixteen
Anunya beku dong... Ga bisa ber ereksi emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0
12-02-2019 22:08
dingin bgtu panas juga bgtu..hp Hank ,batre kek dibakar panas banget..tapi masih fungsi sih..
0
12-02-2019 22:09
Untung hp ane masih ga terpengaruh suhu extreme
bbrp kali hp ane kepanasan, ane masukin ke freezer
emoticon-Big Grin
brsn ane lihat spec lengkap hp ane
ada keterangan ini
MIL-SPEC 810G, Shock and Drop, Operating Temp: -25°C (-13°F) to 55°C (131°F), Category 4 vibration
SENSORS

emoticon-Big Grin
btw, hp ane merknya caterpillar
merk alat berat gt
emoticon-Big Grin
0
12-02-2019 22:11
Iya gan nambah ilmu
0
12-02-2019 22:12
gitu tah...
beku emoticon-Big Grin
0
12-02-2019 22:15
Quote:Original Posted By jagotorpedo
gak cuma suhu dingin ekstrim bre...

...panas ekstrim jg bikin hape eror...
...misalnya nyemplung ke tungku api, kejebur di lava gunung berapi....emoticon-Big Grin
emoticon-Hammer2

Bkn error lg gan tp melepuh emoticon-Cape d...
Sekalian gemboked dehemoticon-Belum Tidur
Diubah oleh mingming
1
12-02-2019 22:16
Disini boro2 dingin bre, keringetan terus yg ada emoticon-Leh Uga
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.