alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5a7ceea2d19556f4083996/mengulik-polemik-jalan-tol-indonesia
Lapor Hansip
06-02-2019 13:21
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
Past Hot Thread
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : google

Kalian tahu kan hampir setengan dekade terakhir ini pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat signifikan. Terlebih soal pembangunan Jalan Tol, dalam masa pemerintahan Kabinet Kerja eranya Pak Jokowi ini menargetkan penambahan ruas jalan tol sepanjang 1.060 km. Pada akhir tahun 2018 kemarin telah terealisasikan penambahan ruas jalan tol sepanjang 422 km. Mungkin kalian bahkan sudah menikmati jalan tol yang baru saja dibangun ini. Enak nggak? Mahal nggak?emoticon-Wow
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : katadata.co.id


Yang namanya infrastruktur itu penting banget bagi suatu negara. Pembangunan infrastruktur bisa menciptakan lapangan kerja yang banyak, mulai dari arsitek sampai penjual makanan buat para pekerja bangunannya. Dengan adanya infrastruktur ini akan membuka akses ke daerah sehingga pengiriman barang jadi lancar. Nantinya akan terjadi pemerataan ekonomi. Pemerataan ekonomi ini akan ditunjang dengan adanya pemerataan pembangunan. Begitu pentingnya infrastruktur ini maka negara usaha banget untuk membangunnya. Supaya kalau kita darurat pergi ke rumah sakit bisa langsung cuss tanpa kendala, kalau mau pergi ke mana juga ada aksesnya yang mudah, mau pulang kampung juga jadi lebih efektif dan efisien, serta kepentingan lainnya.

Masalahnya dalam pembangunan infrastruktur ini adalah keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Keterbatasan APBN dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengan Nasional (RPJMN) 2015-2019 ini menyebabkan adanya selisih pendanaan (funding gap) yang harus dipenuhi. Makanya pemerintah memutar otak bagaimana caranya supaya pembangunan infrastruktur kita tetap bisa terealisasikan walau ada kendala tersebut. Nah salah satu cara yang dipilih pemerintah adalah dengan menerapkan skema Public Private Partnership (PPP). PPP ini adalah skema kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta untuk membangun fasilitas publik yang diikat dengan perjanjian. Kalau di Indonesia dikenalnya dengan istilah KPBU yaitu Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Dengan adanya KPBU ini nanti sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha yang diajak kerjasama dengan memperhatikan pembagian risiko diantara para pihak. Ada aturannya lho, di Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015.

Skema KPBU memungkinkan Badan Usaha untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur baik secara penuh atau sebagian saja. Ini bukan berarti pemerintah menjual infrastruktur ke pihak lain ya, ini namanya disekuritasi, dikerjasamakan. Pembebasan lahan tetap dilakukan oleh pemerintah sendiri, jadi asetnya tetap milik pemerintah.

Lalu apakah tarif jalan tol yang masuk dalam infrastuktur yang gencar dibangun ini mahal? Apakah pihak swasta sengaja meraup keuntungan banyak dengan memanfaatkan tarif jalan tol?
Mahal atau tidak itu relatif ya. Tapi duduk perkara yang jelas adalah pihak yang menentukan tarif jalan tol adalah pemerintah yang dalam hal ini dilakukan oleh Kementerian PUPR. Jadi apa mungkin pihak swasta sengaja meraup keuntungan dengan memanfaatkan tarif jalan tol padahal pemegang konsesi bukan di tangan mereka? Penetapan tarif jalan tol sendiri harus memerhatikan ongkos investasi dan inflasi. Tidak semudah itu Ferguso.emoticon-Big Grin #MakanTuhJalanTol

Banyak sekali keluhan dari masyarakat mengenai tarif jalan tol ini. Terlebih untuk tarif kendaraan golongan lima yang dinilai sangat mahal. Karena hal itu banyak sopir truk yang enggan melewati jalan tol padahal secara nyata jalan tol dapat memangkas waktu tempuh perjalanan. Menggunakan jalan tol juga dapat memperjelas biaya transportasi yang diperlukan. Jika mempertimbangkan efisiensi waktu, maka jalan tol seharusnya menjadi pilihan yang terbaik.
Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : google


Jika jalan tol kurang diminati oleh masyarakat, maka goals yang telah dirancang oleh pemerintah tidak tecapai. Infrastruktur yang dibangun untuk kebutuhan masyarakat tidak berfungsi jika tidak ada yang mau memanfaatkan. Pemerintah seharusnya gercep untuk menangani hal ini.

Mengulik Polemik Jalan Tol Indonesia
credit : katadata.co.id

Tapi balik lagi pada permasalahan tarif, pengaturan tarif ini ditetapkan dengan perhitungan yang memerlukan banyak pertimbangan. Jika masih dianggap mahal maka pemerintah bisa mengadakan subsidi. Tapi apakah subsidi ini perlu? Bagaimana pertimbangannya?

Segitu aja ya, semoga thread ini bermanfaat. Semoga minat untuk lewat jalan tol meningkat. Biar bisa jadi alternatif yang recomended gitu. Enggak dipolitisasi terus.
Makasih udah mampir. emoticon-Big Kiss

Referensi
DJKN
detik
katadata
Diubah oleh karencita
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 5
11-02-2019 21:49
bagus jg gan...
biar merata pembangunan dan transport
0
11-02-2019 22:06
Prinsipnya menurut gua simple, connecting the line and make the volume bigger. Semua ini sebenarnya tergantung pilihan. Pemerintah yang memberi pilihan, rakyat yang memilih. Di sini rakyat diberi kewenangan untuk menetukan jalannya sendiri. Kalau memang dirasa jalan tol cukup mahal, ya silahkan menggunakan jalan sesak yang menyita waktu. Kalau anda sedang berpacu dengan waktu, lalu kenapa anda membiarkan hidup anda dalam sebuah dilema yang tak perlu?. Kita ini sudah tertinggal cukup jauh dari negara-negara lainnya. Lalu sampai kapan hidup ini harus terus mengeluh dan berharap belas kasih subsidi pemerintah?

Mungkin sebagian besar dari agan sudah pernah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan mungkin tahu juga salah satu moda transportasi "Aeromovel" di sana. Pada tahun 1975 TMII diresmikan, tapi kenapa baru pada tahun 2016 pembangunan LRT dan MRT dilakukan sebagai trasnportasi publik? 41 tahun gan. Bayangkan. Apa saja yang sudah kita dapat hari ini, apabila 41 tahun terdahulu segala macam pembangunan tidak disia-siakan???

Negara ini pernah dielu-elukan pada masanya sebagai pioner/pelopor negara yang merdeka dan berdaulat. Rakyatnya bersatu-padu memeras keringat tanpa kenal lelah demi kesejahteraan bersama. Sampai tiba saat dimana kita sebagai bangsa Indonesia, dirasa berkecukupan dengan segalanya. Dengan segala suapan dan uluran tangan yang ada, membuat kita berpangku tangan. Dan pada akhirnya sang pioner menjadi yang terbelakang. Ironi.
2
Lapor Hansip
12-02-2019 00:06
Balasan post merseysidered
Tergantung sudut pandang nya gan

Kalo sudut pandang cebong ya jalan tol bikin distribusi jd murah
Kalo kampret ya mikir cuma untungin asing dan aseng.
0
12-02-2019 08:29
sekarang ane gak butuh jalan tol
yg ane butuhkan sekarang adalah sayur kol
maklum blm sarapan
emoticon-Ngacir
0
12-02-2019 10:43
kalo ikon-tol gimana tuh :3
0
12-02-2019 10:55
jajaja, syukur d t4 ane blm ada jalan tol...
0
12-02-2019 13:05
Quote:Original Posted By seringboering
iya bagus...tapi jalan antar kampung ke kampung jadi muter jauh...intinya membuat yg jauh jadi dekat..yg dekat jadi jauh..emoticon-Big Grin


Yang penting hati mu dan hatinya tetap dekat ya gan emoticon-Wowcantik

Quote:Original Posted By aretralala
Kenapa cuma jakarta yg banyak jalan tolny yak emoticon-Big Grin


Jakarta kan superbpadat dan super macet

Quote:Original Posted By sk1v3r
nyimak dulu gan


Sok atuh
1
12-02-2019 13:10
Quote:Original Posted By ocp yosep
klo bisa seh jgn terlalu mahal tarif nya untuk golongan 2, 3, 4, dan 5. soalnya klo mahal ya harga barang jg ikut mahal.


Dengan adanya tol harusnya harga barang lebih murah karna efisiensi transport.

Quote:Original Posted By telehole
Jaman dulu, pembangunan cuman difokusin di ibu kota terutama jakarta. Baru saat2 ini aja, pembangunan nyampe pelosok. Jadi wajar kalo tol di pelosok lebih sedikit dari jakarta.


Nah ini semoga luar jawa juga bisa sama kek di jawa.

Quote:Original Posted By wartegnikirasa
Semoga jalan tol di jabodetabek cepat selesai di bangunnya,
Waktu saya habis d jalan karena pembangunannya


Iya semoga cepet jadi. Macet parah banget si.

Quote:Original Posted By didit.d
kan tol nya punya swasta bukan punya negara, jokowi mah cm resmiin doang sm kasih kebijakan, jangan heran harga tol mahal karna pengelola mau dpt cuan dr tol yg baru di bangun, solusi nya ya bisa lwt jalan biasa kalau tol dianggap terlalu mahal

so simple


Nice
0
12-02-2019 16:20
sepeda adalah solusi..... solusi kehujanan di musim hujan emoticon-Angkat Beer
0
12-02-2019 20:48


Quote:Original Posted By hawk
Tiap taun naik emoticon-Mad


Gausah di quote bosku yg kampungan
-1
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.