alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c57f42f5cf6c4713703c7cf/beberapa-pantangan-ketika-tahun-baru-imlek-yang-mungkin-belum-ente-tau
Lapor Hansip
04-02-2019 15:13
Beberapa pantangan ketika tahun baru Imlek yang mungkin belum ente tau
Beberapa pantangan ketika tahun baru Imlek yang mungkin belum ente tau

Selamat tahun baru Imlek buat yang merayakan emoticon-Angpau

Gong Xi Fat Cai emoticon-Angpau

Walopun ane sendiri gak ngerayain imlek, tapi cukup terbantu sekali karena menambah hari libur saya di bulan Februari emoticon-Ngakak

Yang biasanya ditunggu pas imlek apa sih gan? Angpao? Perayaan dengan Barongsai di little Shanghai alias Glodok? Atau kue bulan?
 
Nah tapi ente tau nga si kalo pas imlek juga punya beberapa kegiatan yang gaboleh dilakukan? Apa aja ya kira-kira? emoticon-Traveller

Quote:
Beberapa pantangan ketika tahun baru Imlek yang mungkin belum ente tau

Ilustrasi : Dekorasi Imlek di Vihara Bon Tek Bio, Tanggerang. | Juan Herbert Girsang


Sejak hari pertama dalam penanggalan Tionghoa, Imlek sudah dirayakan.

Perayaan tahun baru Imlek biasanya akan diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh pada tanggal ke lima belas atau saat bulan purnama pertama di tahun yang baru.

Umumnya, masyarakat Tionghoa menganggap hari pertama tahun baru Imlek merupakan awal mulanya nasib dan keberuntungan sepanjang tahun tersebut.

Suasana penuh suka cita, tak berarti tidak ada pantangan. Mereka yang merayakan Imlek harus mematuhi hal-hal yang dianggap tabu atau tidak boleh dilakukan saat perayaan.

Salah satu contoh adalah saat Imlek tidak dianjurkan untuk membersihkan rumah.

Menyapu lantai dan membuang sampah sebaiknya jangan dilakukan karena diyakini jika melakukannya pada hari pertama Imlek, si pemilik rumah akan tertimpa kesialan.

Ada pula yang memercayai, bila membersihkan rumah ketika Imlek, sama saja dengan membersihkan rezeki dari anggota keluarga.

Jadi, dianjurkan untuk melakukan bersih-bersih rumah sehari jelang Imlek atau minimal rumah sudah dalam kondisi bersih sebelum tengah malam.

Bahkan, semua alat pembersih rumah pun harus disingkirkan dan disembunyikan sebelum malam Tahun Baru. Sebab, meletakkan alat pembersih dalam rumah dipercaya bisa mengurangi keberuntungan seseorang.

Hal paling buruk ketika melanggar, menurut kepercayaan Tionghoa, akan membawa kematian pada salah seorang anggota keluarga.

Namun, menurut astrolog Edgar Lok Tin, seperti dilansir Viva.co.id, ada banyak perbedaan antara apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Imlek, tergantung ada di Utara atau Selatan Cina.

Berikut ini hal yang dianggap tabu dan sebaiknya jangan dilalukan saat Imlek, seperti dinukil Chinahighlights.com.

Jangan mencuci pakaian dan rambut

Anda tidak boleh mencuci rambut saat hari pertama dan kedua tahun baru Imlek. Alasannya, karena dua hari ini dirayakan sebagai hari kelahiran Shuishen atau Dewa Air.

Namun, dari sisi budaya mencuci rambut dilarang ketika Imlek karena orang Tionghoa tidak ingin membuang keberuntungan mereka.

Dalam bahasa Tionghoa, rambut memiliki pengucapan yang sama seperti fa dengan facai, yang berarti menjadi kaya. Oleh karena itu, tidak baik untuk membersihkan keberuntungan seseorang pada awal Tahun Baru.

Sementara dari sisi tradisional, Imlek jatuh di musim dingin, jadi jika mencuci rambut dan tidak memiliki pengering rambut akan membuat Anda mudah jatuh sakit.

Sakit di hari pertama Imlek artinya akan memiliki kesialan sepanjang tahun.

Namun, bila Anda sangat terganggu karena rambut yang kotor dan merasa gatal, trik ini bisa dilakukan.

Tak boleh meminjam uang

Jangan meminjam uang mendekati hari perayaan tahun baru Imlek. Sebab, berdasarkan keyakinan bisa membuat Anda kehilangan harta.

Keberuntungan atau hoki bisa hilang baik bagi penagih utang maupun peminjam.

Bahkan, menurut kepercayaan, memperbolehkan orang lain meminjam atau meminta uang diasosiasikan dengan kehilangan atau direbutnya harta dan rezeki oleh orang lain.

Tidak hanya uang, Anda juga dilarang memberi hadiah dalam bentuk barang, misal, jam, payung, cermin, dan sepatu.

Sebab, jam menandakan habisnya waktu. Kata jam juga pengucapannya sama dengan kata untuk mengunjungi pemakaman sehingga kado jam identik dengan kesialan dan kematian.

Sedangkan payung diasosiasikan dengan perpisahan. Dalam bahasa mandarin, kata payung punya pengucapan yang sama dengan san, artinya putus hubungan.

Cermin diyakini memiliki kekuatan untuk menarik roh-roh jahat dan sepatu memiliki konotasi negatif.

Oleh karena itu, daripada memberi hadiah berupa barang-barang tersebut, memberi hadiah berupa amplop merah yang berisi uang akan lebih diapresiasi dan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi penerimanya.

Seperti dikatakan Budayawan, Budi Santosa Tanuwibawa, kepada Kompas.com, angpao memiliki makna filosofi transfer kesejahteraan atau energi.

Anak perempuan menikah dilarang mengunjungi orangtua

Secara tradisional, anak perempuan yang sudah menikah biasanya baru mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua tahun baru Imlek.

Seorang anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan untuk mengunjungi rumah orang tuanya pada hari pertama Imlek.

Kedatangan anak perempuan yang sudah bersuami diyakini membawa kesialan kepada orang tua dan menyebabkan kesulitan ekonomi untuk seluruh keluarga.

Tak boleh mengenakan baju dengan warna hitam putih

Hitam dan putih adalah dua warna tabu saat Imlek karena biasa digunakan saat pemakaman. Tidak hanya itu, membungkus kado dengan kertas warna hitam dan putih termasuk pantangan.


Itulah beberapa pantangan yang gaboleh ente lakukan pas imlek gan. Simpel sih tapi kalo orang obsessive compulsive disorder (OCD) mah keknya gakan bisa tahan kalo nga bebersih sehari aja emoticon-Ngakak

Buat ente yang ngerayain dan mau berbagai rejeki, ane siap kok nampung angpao angpao nya, kirim bae ya gan emoticon-I Love Indonesia

Quote:emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat di siniemoticon-Motret

Jangan lupa rate bintang 5 emoticon-Rate 5 Startinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik dehemoticon-Cendol Gan

SUMUR :
Beritagar.id


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain ganemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Quote:Penyebab Kenapa Orang Pada Selingkuh
Ente mau panjang umur? Inilah yang harus dilakukan ketika muda
Gak cuman hidung yang bisa kena flu, ternyata perut juga bisa. Yuk kenali kondisinya 
Terungkap, lanskap Arktika di balik es 40 ribu tahun
Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang
Ragam hewan pemangsa jentik nyamuk 
Batu tertua Bumi ada di Bulan
PUBG Lite versi gratis tersedia dalam open beta 
5 Pekerjaan unik dengan gaji besar, ente tertarik mencoba? 
Benarkah kehujanan bisa bikin agan sakit?


Beberapa pantangan ketika tahun baru Imlek yang mungkin belum ente tau
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
04-02-2019 16:17
Kalau dipikir2 pake logika konyol juga.
0
04-02-2019 18:20
ya baru tau
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.