alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c57abeb2525c3209c327c8e/keterampilan-dasar-seorang-bikers
Lapor Hansip
04-02-2019 10:05
Keterampilan Dasar Seorang Bikers
Past Hot Thread
Keterampilan Dasar Seorang Bikers

Quote:
Anda mengaku seorang bikers? Yakin? Bisa tidak melakukan perawatan ringan pada kendaraan anda? Ngga lucu dong, saat anda memboncengkan cewe, tiba-tiba kendaraan mati dan anda tidak bisa melakukan apa-apa, karena memang tidak pernah belajar apa-apa tentang perawatan kendaraan anda.


Seorang bikers yang baik, harus mengenal kendaraannya. OK, sekarang memang ada mekanik yang siap membantu perawatan kendaraan anda. Tapi tidak ada salahnya jika seorang bikers bisa melakukan perawatan ringan pada kendaraannya. Selain untuk jaga-jaga jika suatu saat ada kendala di jalan, juga untuk lebih mengenal kendaraan yang ditungganginya. Berikut daftar keterampilan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang bikers. Cekidot gan!

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Pertama, bisa melepas, memasang dan mengecek kondisi busi kendaraan. Keterampilan ini sangat berguna saat motor mengalami trouble di jalan. Hal pertama yang dicek adalah kondisi busi. Apakah masih layak dan bagus dalam melakukan pembakaran atau tidak. jika dicek "percikan apinya lemah" bisa dipastikan busi bermasalah.

Pengetahuan soal warna busi juga penting untuk mengetahui pembakaran di motor sudah ideal atau belum. Lihat saja kepala busi yang tertanam dalam blok silinder. Warna ideal yang menandakan pembakaran sempurna adalah merah bata. Jika terlalu basah dan agak kehitaman, setting BBM terlalu boros. Jika kering, keputih-putihan, artinya BBM nya terlalu sedikit yang masuk ruang bakar. Menyebabkan panas mesin meningkat.

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Kedua, bisa mengganti oli mesin sendiri. Saya kira ini keterampilan paling mudah, tapi banyak juga yang salah dan tidak paham. Dengan mengganti oli sendiri, kita bisa lebih yakin pelumas yang masuk motor kita terkontrol dengan baik. Jangan pakai alasan tidak punya kuncinya. Beli kan bisa. Smartphone jutaan kebeli, masak kunci ring untuk buka oli yang harganya paling puluhan ribu tidak terbeli?

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Ketiga, bisa memasang kampu. Baik depan, belakang, sign kanan-kiri. Keterampilan ini juga harus diimbangi dengan ketelatenan dan kesabaran dalam membuka-pasang body motor. Keterampilan ini berguna saat kita jalan jauh, tiba-tiba lampu mati dan jauh dari bengkel. Asal kita punya cadangan lampu, bisa kita pasang sendiri. Ingat, jalan di malam hari tidak pakai lampu itu bahaya. Salah-salah nyawa taruhannya.

Jalan siang hari pun rawan kena tilang, karena melanggar aturan lights on dari Pak Polisi. Tidak sulit untuk menguasai keterampilan ini. Hanya butuh kesabaran dan latihan saja.

Keterampilan Dasar Seorang Bikers

Terakhir, bisa mengenali suara-suara "aneh" dari mesin. Sepeda motor tidak selalu ada dalam kondisi prima. Bikers yang baik, harus tanggap dengan perubahan suara yang keluar dari mesin. Jangan suara mesin sudah seperti gilingan padi, masih di gass saja. Ingat, komponen dalam mesin apabila ada yang "kena" dan tidak segera ditangani akan merembet ke komponen lain.

Misal, ring piston yang aus akan menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran. Selain mengeluarkan asap putih seperti fogging, kinerja piston juga menjadi berat karena pembakaran tidak sempuna. Lha ada oli yang seharusnya tidak ada di ruang bakar kok. Kalau piston kerja keras terus menerus, masa pakainya tentu semakin singkat, ganti juga kan?

Keterampilan Dasar Seorang Bikers


Well, bagaimana cara kita agar bisa menguasai keterampilan dasar di atas? Beli alatnya, tidak takut mencoba dan yang paling penting, saat anda berkunjung ke bengkel, coba perhatikan cara kerja mekanik. Jika anda tidak tahu dan ingin tahu apa yang mekanik kerjakan, silahkan tanya. Mekanik yang baik, tidak akan pelit untuk berbagi ilmu. Bagaimana? Sudahkan anda punya keterampilan di atas? Atau anda tipe bikers yang tahunya gass, tanpa paham kendaraan anda sama sekali? Salam Damai.


Merdeka!


Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini, sini
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Lapor Hansip
04-02-2019 10:26
tread mantab

kebanyakan masih berfikiran gini om "sek penting nggelir" emoticon-Hammer2
3
profile picture
Lapor Hansip
04-02-2019 10:29
Quote:Original Posted By uripsentosa
tread mantab

kebanyakan masih berfikiran gini om "sek penting nggelir" emoticon-Hammer2

Nanti kalau trouble baru misuh-misuh ya om... emoticon-Big Grin
1
Lapor Hansip
04-02-2019 10:33
Quote:Original Posted By londo.046
Nanti kalau trouble baru misuh-misuh ya om... emoticon-Big Grin


Yang disalahin motor nya om, ga mau nurut ama empunya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Yg paling riskan sih menurut ku oli mesin om, pernah alami sih, gas pol habis traffic light ringroad Maguwo tiba" seker nya macet emoticon-Malu
3
Lapor Hansip
04-02-2019 10:45
Quote:Original Posted By uripsentosa


Yang disalahin motor nya om, ga mau nurut ama empunya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Yg paling riskan sih menurut ku oli mesin om, pernah alami sih, gas pol habis traffic light ringroad Maguwo tiba" seker nya macet emoticon-Malu

Padahal motor kan mengikuti apa maunya yang mengendarai ya om??? emoticon-Big Grin Lha kalau seher macet nopo mboten kejengking jenengan om??? Kalau motor manual masih bisa pegang kopling kayaknya... emoticon-Big Grin
1
Lapor Hansip
04-02-2019 10:57
Quote:Original Posted By londo.046
Padahal motor kan mengikuti apa maunya yang mengendarai ya om??? emoticon-Big Grin Lha kalau seher macet nopo mboten kejengking jenengan om??? Kalau motor manual masih bisa pegang kopling kayaknya... emoticon-Big Grin


Kalo motor nya terawat mungkin ya gitu om emoticon-Big Grin

Nyaris, soalnya langsung tarik kopling manual, sein kiri auto mlipir emoticon-Big Grin
Pernah sih kejengking om, masalah nya ada di rantai roda belakang lompat masuk ke antara lengan ayun sama gear belakang, jadi auto ngesot gitu lah om emoticon-Hammer2
1
Lapor Hansip
04-02-2019 11:13
Quote:Original Posted By uripsentosa


Kalo motor nya terawat mungkin ya gitu om emoticon-Big Grin

Nyaris, soalnya langsung tarik kopling manual, sein kiri auto mlipir emoticon-Big Grin
Pernah sih kejengking om, masalah nya ada di rantai roda belakang lompat masuk ke antara lengan ayun sama gear belakang, jadi auto ngesot gitu lah om emoticon-Hammer2

Pembalap kih, refleksnya OK punya emoticon-2 Jempol Nah kalau rantai sudah lepas dari orbitnya yo ming iso pasrah om, ga ono solusi selain njengking koyone... emoticon-Hammer2
1
Lapor Hansip
04-02-2019 14:37
Bisa naik dong
1
Lapor Hansip
04-02-2019 15:37
kuras oli rem jugaa
1
Lapor Hansip
05-02-2019 07:50
Quote:Original Posted By arizal212
kuras oli rem jugaa

Nah ini penting, pernah ketemu rider cewe yang remnya macet karena kehabisan minyak rem... emoticon-Big Grin
1
Lapor Hansip
05-02-2019 08:41
Quote:Original Posted By londo.046
Pembalap kih, refleksnya OK punya emoticon-2 Jempol Nah kalau rantai sudah lepas dari orbitnya yo ming iso pasrah om, ga ono solusi selain njengking koyone... emoticon-Hammer2


Sembalap karung om emoticon-Ngakak
Nah Yo iku om, semenjak kejadian iku setiap mau pake motor selalu cek kekencangan rantai dulu emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
05-02-2019 10:06
Quote:Original Posted By uripsentosa
Sembalap karung om emoticon-Ngakak
Nah Yo iku om, semenjak kejadian iku setiap mau pake motor selalu cek kekencangan rantai dulu emoticon-Big Grin

Leg jaman matic ngene perlu dicek vanbelt e om... Soale leg pedot, mumet ndase... emoticon-Hammer2
1
Lapor Hansip
05-02-2019 13:10
Jaman dulu pake bebek bore up, tiap pagi sebelum sekolah, selalu cek busi dan oli... Sekarang pake 250 malas cek nya om, ribet emoticon-Ngakak

Btw om ndo gaada niat nambah ducati V4 om? Buat ngasepin mbah dukun emoticon-Leh Uga
1
Lapor Hansip
05-02-2019 17:44
Quote:Original Posted By dhidiew
Jaman dulu pake bebek bore up, tiap pagi sebelum sekolah, selalu cek busi dan oli... Sekarang pake 250 malas cek nya om, ribet emoticon-Ngakak

Btw om ndo gaada niat nambah ducati V4 om? Buat ngasepin mbah dukun emoticon-Leh Uga

Kalau pakai fairing ya emang ribet lah om... Kalau naked macam MT-25, nah ini rada enak... emoticon-Big Grin

Belum minat om, motor Italy itu cuma sedap dipandang, tapi ga sedap di biji... emoticon-Hammer2
1
Lapor Hansip
05-02-2019 18:03
Quote:Original Posted By londo.046

Kalau pakai fairing ya emang ribet lah om... Kalau naked macam MT-25, nah ini rada enak... emoticon-Big Grin

Belum minat om, motor Italy itu cuma sedap dipandang, tapi ga sedap di biji... emoticon-Hammer2


Iya om. Ribet bener... Makanya kemana2 ane bawa 2 busi cadangan om emoticon-Hammer2
Untung busi R25 murah pol emoticon-Leh Uga

Iya sih om, ane test ride 1199 punya temen, ga sampe 10km panasnya dh gilaaaaa

2
Lapor Hansip
05-02-2019 19:00
Apalagi musim hujan gini Om, kunci busi dan pendukung harus siap di jok motor,
0
Lapor Hansip
05-02-2019 19:48
Quote:Original Posted By dhidiew
Iya om. Ribet bener... Makanya kemana2 ane bawa 2 busi cadangan om emoticon-Hammer2
Untung busi R25 murah pol emoticon-Leh Uga

Iya sih om, ane test ride 1199 punya temen, ga sampe 10km panasnya dh gilaaaaa

Semurah-murahnya, pasti lebih mahal dari busi bebek om... Selain panas, perawatannya itu lho om yang bikin mikir berkali-kali... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bandono261194
Apalagi musim hujan gini Om, kunci busi dan pendukung harus siap di jok motor,

Kalau itu sih, siap setiap saat om, ga cuma pas musim hujan... emoticon-Big Grin
1
Lapor Hansip
06-02-2019 01:54
Quote:Original Posted By londo.046

Semurah-murahnya, pasti lebih mahal dari busi bebek om... Selain panas, perawatannya itu lho om yang bikin mikir berkali-kali... emoticon-Big Grin


Busi standar R25 cuma 13rb lho om perbiji nya emoticon-Big Grin
Makanya tmn2 ane yg pake ninja & cbr, larinya ke busi R25 semua. Murah, awet (promosi)

Om Ndo tempo hari kalo ga salah mau ambil 250 ya om? Jadinya ambil apa nih om? emoticon-Big Grin
1
Lapor Hansip
06-02-2019 06:30
Quote:Original Posted By dhidiew
Busi standar R25 cuma 13rb lho om perbiji nya emoticon-Big Grin
Makanya tmn2 ane yg pake ninja & cbr, larinya ke busi R25 semua. Murah, awet (promosi)

Om Ndo tempo hari kalo ga salah mau ambil 250 ya om? Jadinya ambil apa nih om? emoticon-Big Grin

Lho iya tha??? Baru tahu om... emoticon-Big Grin Ambil Inazuma 2nd on jadinya... Yang paling gampang perawatannya... emoticon-Big Grin
2
Lapor Hansip
06-02-2019 08:16
Quote:Original Posted By londo.046
Leg jaman matic ngene perlu dicek vanbelt e om... Soale leg pedot, mumet ndase... emoticon-Hammer2


Ga due motor matic om emoticon-Cool

Dadi kelingan om naliko matic e koncoku pedhot cvtbelt e pas bulan puasa, tak rewangi nyetep Alhamdulillah diampirne buko Karo mie ayam sak baksone emoticon-Big Grin
Sori ott om emoticon-Shakehand2
0
Lapor Hansip
06-02-2019 08:58
Quote:Original Posted By uripsentosa


Ga due motor matic om emoticon-Cool

Dadi kelingan om naliko matic e koncoku pedhot cvtbelt e pas bulan puasa, tak rewangi nyetep Alhamdulillah diampirne buko Karo mie ayam sak baksone emoticon-Big Grin
Sori ott om emoticon-Shakehand2

Sopo ngerti bojone njenengan suk cekelan matic om... Kan paham menangani kalau ada apa-apa... emoticon-Big Grin
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.