alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c52c0736df231285d39277e/inilah-sejarah-panjang-mengapa-burung-bisa-terbang
Lapor Hansip
31-01-2019 16:31
Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang
Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang

Kalo disuruh milih punya kekuatan super power ente bakalan milih apa gan? Ngilang, pukulan super, bisa terbang, atau bisa ngeluarin roti dari balik baju (lho) ?

Kalo ane sendiri sih pengen punya kekuatan terbang. Alasannya sih gak muluk-muluk, ane gamau kejebak macetnya ibukota tiap hari. Hemat ongkos perjalanan, gak kena macet + bisa kabur kalo ketauan nyopet di Tanah Abang emoticon-Ngakak

Burung adalah salah satu hewan yang bisa terbang selain serangga dan juga kelelawar. Tapi ente kadang penasaran gak sih kenapa burung bisa terbang dan awal sejarah burung bisa terbang? Nih ane kasih penjelasannya di bawahemoticon-Traveller

Quote:
Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang

Ilustrasi Anchiornis huxleyi | Matt Martyniuk

Lama dipercayai bahwa bulu burung adalah warisan dari zaman dinosaurus. Masih belum jelas mengenai bagaimana dan kapan dinosaurus berbulu--yang menjadi nenek moyang burung masa kini--mulai terbang. Sekarang, sekelompok ilmuwan ingin mempelajari asal usul bulu yang sebenarnya. Mereka pun melakukan analisis terhadap fosil bulu burung.

Studi yang diterbitkan dalam Proceeding National Academy of Sciences (PNAS) menyoroti bagaimana bulu mungkin telah berevolusi sejak zaman dinosaurus.

Para ilmuwan melakukan penelitian berdasarkan fosil dari dinosaurus kecil bersayap empat yang dikenal secara ilmiah sebagai Anchiornis huxleyi. Mereka percaya makhluk purba itu hidup sebelum Archaeopteryx, sebuah spesies burung pertama yang diakui oleh para ilmuwan. Dinosaurus Anchiornis seukuran gagak ini hidup di wilayah Tiongkok 10 juta tahun sebelum Archaeopteryx.

Penelitian ini dikerjakan oleh tim ilmuwan internasional dari Nanjing Institute of Geology and Paleontology di Tiongkok, North Carolina State University dan University of South Carolina di Amerika Serikat.

“Bulu burung modern utamanya terdiri dari beta-keratin (β-keratin), protein yang juga ditemukan pada kulit, cakar, dan paruh reptil dan burung. Bulu berbeda dari jaringan yang mengandung β-keratin lainnya, karena protein bulu dimodifikasi dengan cara yang membuatnya lebih fleksibel,” kata penulis studi, Mary Schweitzer, dari North Carolina State University dan North Carolina Museum of Natural Sciences, dalam sebuah pernyataan.

“Pada beberapa titik selama evolusi bulu, salah satu gen β-keratin mengalami peristiwa penghapusan, membuat protein yang dihasilkan sedikit lebih kecil. Penghapusan ini mengubah biofisika bulu menjadi sesuatu yang lebih fleksibel—sebuah persyaratan untuk kemampuan terbang,” tambahnya.

“Jika kita dapat menentukan kapan, dan pada organisme apa, peristiwa penghapusan itu terjadi, kita akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kapan penerbangan berkembang selama transisi dari dinosaurus ke burung."

Yanhong Pan, salah satu rekan penulis dari Nanjing Institute of Geology, memeriksa bulu Anchiornis menggunakan mikroskop elektron resolusi tinggi, serta teknik kimia dan imunologi (ilmu yang mempelajari tentang antigen, antibodi, dan fungsi pertahanan tubuh inang yang diperantarai oleh sel).

Para peneliti mengamati lebih dekat bulu-bulu Anchiornis yang menjadi fosil dan membandingkannya dengan bulu-bulu burung yang berumur lebih muda dan burung modern di tingkat molekuler.

Mereka menggunakan teknik yang sama untuk mempelajari bulu-bulu purba dari periode Mesozoikum--sekitar 252 ke 66 juta tahun yang lalu--dan Kenozoikum--65 juta tahun lalu hingga sekarang.

Analisis mereka menemukan bulu memiliki β-keratin dan alpha-keratin, yang merupakan protein yang dimiliki semua vertebrata di Bumi, termasuk mamalia.

Penemuan ini mengejutkan para ilmuwan, mengingat bahwa alpha-keratin hanya dapat ditemukan dalam jumlah kecil di bulu modern. Menariknya, tim menemukan bahwa bulu-bulu yang memfosil mengindikasikan bahwa sayap-sayap itu telah melalui “proses penghapusan”, yang memisahkan bulu-bulu dari jaringan lain.

Temuan menunjukkan selama transisi ke kemampuan terbang, gen β-keratin telah digandakan berkali-kali dalam genom sejumlah dinosaurus. Ketika hewan-hewan ini berevolusi, sejumlah salinan tambahan bermutasi menjadi bentuk terpotong yang memungkinkan penerbangan.

Ini memungkinkan dinosaurus berbulu seperti Archaeopteryx memiliki kemampuan terbang sekitar 150 juta tahun yang lalu dan memunculkan burung-burung modern.

Kemampuan terbang adalah kemampuan "mahal" kata Schweitzer. Harus ada banyak "alasan evolusi" untuk mengonfirmasinya. Sehingga penemuan dinosaurus berbulu tidak secara otomatis menunjukkan bahwa spesies tersebut dapat terbang.

Para peneliti mengatakan bulu Anchiornis termasuk yang tidak cocok untuk terbang karena terlalu pendek. Tetapi merupakan tahap peralihan dalam evolusi menuju bulu untuk terbang.

"Jam molekuler, yang digunakan para ilmuwan sebagai tolok ukur untuk evolusi dan divergensi genetik, memprediksi bahwa penghapusan, dan dengan demikian bulu penerbangan fungsional, berevolusi sekitar 145 juta tahun yang lalu," tambahnya.

Jam molekuler adalah cara dalam evolusi molekul yang menggunakan pembatasan dan perbandingan perkembangan fosil akan perubahan molekul untuk menyimpulkan waktu sejarah geologis, terhadap penyimpangan antara kedua spesies atau takson lain.

Schweitzer menambahkan Anchiornis jutaan tahun lebih tua, namun memiliki bentuk protein yang lebih pendek.

Studi ini menunjukkan penanggalan data fosil dapat meningkatkan penemuan jam molekuler dan membuat penemuan lebih akurat. Memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan waktu pada peristiwa genetik dalam transisi dinosaurus ke burung.


Nah itu dia sejaraaaaaaaaaaaaaaaaaah panjang tentang mengapa burung bisa terbang. Mereka punya fase panjang sebelum kayak sekarang, tadinya ane kira burung itu nenek moyangnya ya, Pteranodon atau Pterodactyl gitu gan.

Semoga bermanfaat emoticon-I Love Indonesia

Quote:emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat di siniemoticon-Motret

Jangan lupa rate bintang 5emoticon-Rate 5 Startinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik dehemoticon-Cendol Gan

SUMUR :
Beritagar.id


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain ganemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Quote:Ragam hewan pemangsa jentik nyamuk
Batu tertua Bumi ada di Bulan
PUBG Lite versi gratis tersedia dalam open beta 
5 Pekerjaan unik dengan gaji besar, ente tertarik mencoba? 
Benarkah kehujanan bisa bikin agan sakit?
Sejarah panjang terasi si penyedap alami
Peneliti buktikan bunga juga bisa mendengar
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)

Akhirnya, terungkap berapa lama satu hari di Saturnus 
Kenapa warna hitam bisa bikin kita keliatan lebih kurus? 


Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang





1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
31-01-2019 16:49
Jadi ada kaitannya antara dinosaurus dengan burung ya kang...
Mereka berevolusi.
Jadi gimana kalo dengan burung yang ngak bisa terbang, apakah mereka kembali ingin jadi dinosaurus??? emoticon-Big Grin

Nice trit kang emoticon-Cendol Gan
0
31-01-2019 16:53
Quote:Original Posted By .indra.alwi
Jadi ada kaitannya antara dinosaurus dengan burung ya kang...
Mereka berevolusi.
Jadi gimana kalo dengan burung yang ngak bisa terbang, apakah mereka kembali ingin jadi dinosaurus??? emoticon-Big Grin

Nice trit kang emoticon-Cendol Gan


penguin?
0
31-01-2019 18:14
sudah dari sana nya
0
31-01-2019 18:54
Bawah ane burungnya kicep emoticon-Shutup

Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang

Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang
0
31-01-2019 19:50
Quote:Original Posted By iskrim
Bawah ane burungnya kicep emoticon-Shutup

Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang

Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang


Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang

Kok tau sih, gan...
0
31-01-2019 20:58
Quote:Original Posted By eedepe15
Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang

Kok tau sih, gan...


Dia dukun gan
1
31-01-2019 21:10
Quote:Original Posted By pabloo


Dia dukun gan


Oooo, Dukun toh...

Ampun Mbah, ane ga tau...

Inilah sejarah panjang mengapa burung bisa terbang
1
01-02-2019 10:31
punya sayap belum tentu bisa terbang.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.