Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5068a782d49531cf263b2e/becak-antara-transportasi-dan-kultur-kebudayaan-bangsa
Becak Mungkin jika mendengar kata tersebut, sebagian dari kita akan menerawang dan membayangkan sebuah alat moda transportasi tradisional dengan cara dikayuh ya gan Ya, becak bukan hanya sekedar moda transportasi semata, namun becak adalah perwujudan budaya dan sudah menjadi semacam kultur kesederhanaan dan bagian dari alat transportasi tradis
Lapor Hansip
29-01-2019 21:52

Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
Sumber Gambar

KU KAYUH BECAKKU
KU RENTANG NASIBKU


Becak
Mungkin jika mendengar kata tersebut, sebagian dari kita akan menerawang dan membayangkan sebuah alat moda transportasi tradisional dengan cara dikayuh ya gan

Ya, becak bukan hanya sekedar moda transportasi semata, namun becak adalah perwujudan budaya dan sudah menjadi semacam kultur kesederhanaan dan bagian dari alat transportasi tradisional yang mempunyai nilai sejarah tersendiri

Mungkin semakin hari keberadaan becak semakin tersisih oleh alat transportasi yang lebih modern, namun eksistensi becak hingga saat ini masih bisa tetap bertahan ditengah kemajuan transportasi yang kian berkembang dan ini membuktikan bahwa becak masih menjadi ikon ditengah-tengah perbadaban yang mengiming-imingi tentang kemewahan

Berbicara soal transportasi tradisional, Indonesia memang memiliki alat transportasi tradisional yang bisa dibilang cukup banyak, salah satunya adalah becak itu sendiri
Namun ternyata setiap daerah memiliki jenis atau model becak yang berbeda gan, mulai dari tampilan, bentuk dan gayanya

Kira-kira gimana ya bentuk-bentuk becak dari berbagai daerah di Indonesia?


Quote:
"BECAK MAKASSAR"

Quote:
Quote:
Seperti kebanyakan becak pada umumnya yang tidak memakai mesin, Becak Makassar tergolong cukup unik, dengan dua roda didepan dan satu roda dibelakang
Sedangkan pada bagian depan terdapat semacam pagar pembatas untuk melindungi penumpang sekaligus sebagai "pagar" pintu masuknya

Ukuran becak yang tidak terlalu tinggi membuat para penumpang mudah untuk menaikinya, rata-rata becak ini bisa ditumpangi oleh dua penumpang sekaligus

Diawal kemunculannya sekitar tahun 1930-an becak ini pernah menjadi primadona sebagai moda transportasi yang sangat digemari, namun sayang kemajuan alat transportasi yang semakin maju mau tidak mau becak ini harus sabar menghadapi perubahan zaman
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa


Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa


Quote:
"BECAK JAWA"

Quote:
Quote:
Seperti Becak Makassar, Becak Jawa memiliki bentuk yang bisa dibilang cukup mirip dan tidak terlalu berbeda , namun jika kita amati pada bagian samping bentuk becak Jawa tidak rata namun menggembung dan disertai dengan lukisan-lukisan serta tulisan sehingga membuat becak ini terlihat cukup indah

Mungkin jika kita mengunjungi Jawa, seperti kota Yogyakarta atau Kota Solo, kita akan dengan mudah untuk menjumpai becak ini ya gan karena banyak para wisatawan memanfaatkan transportasi yang satu ini untuk berkeliling
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa


Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa


Quote:
"BECAK DAYUNG MEDAN"

Quote:
Quote:
Jika kita amati , Becak Dayung ini berbeda dari Becak Makassar dan Becak Jawa ya gan
Jika Becak Makassar dan Becak Jawa sang pengemudi berada di belakang penumpang, namun jika becak Dayung sang pengemudi berada disamping dan untuk pengemudinya menggunakan sepeda ontel yang dikayuh

Dalam keseharian Becak Dayung tidak hanya untuk mengangkut penumpang semata, namun terkadang Becak Dayung dimanfaatkan untuk membawa barang
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa


Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa


Quote:
"BECAK SIANTAR"

Quote:
Quote:
Becak Siantar ini tergolong unik dan nyentrik ya gan, karena becak ini tidak dikayuh
Seperti pada Becak Dayung, pengemudi Becak Siantar juga berada disamping penumpang, serta disamping pengemudi terdapat ruangan untuk penumpang yang tertutup rapat sehingga ini membuat para penumpang menjadi nyaman ya gan dan yang membuat becak ini terlihat nyentrik adalah karena untuk menjalankannya adalah dengan bantuan sepeda motor
Namun yang dipakai adalah sepeda motor jadul dan tentu sepeda motor seperti ini semakin hari semakin langka karena sudah tidak diproduksi lagi

Quote:
BSA (Birmingham Small Arm) adalah motor yang dulunya dipakai sebagai kendaraan perang
Dibuat di Inggris kisaran tahun 1940, becak-becak ini sudah hampir punah dan langka
Pada awalnya , becak-becak ini datang bersamaan dengan sekutu di kota Siantar pasca pendudukan bangsa Jepang di masa PD II
Pasca perang, para tentara inggris meninggalkan motor-motor ini begitu saja
Sebagian pengusaha Hindia-Belanda yang mempunya BSA dan motor ber-cc 500 lainnya juga sukarela memberikan motor-motor ini kepada warga setempat. Namun banyak dari motor-motor ini dibiarkan begitu saja oleh masyarakat, sehingga menjadi rusak dan tidak terpakai
Pada tahun 1950-an beberapa orang, yang diantaranya adalah pejuang veteran kemerdekaan, mencoba bagaimana cara untuk menjadikan BSA sebagai alat transportasi yang berguna
Sampai pada akhirnya motor-motor ini mulai beroprasi pada tahun 1958 sebagai alat transportasi becak hingga saat ini
Seiring perkembangannya, selain sebagai alat transportasi becak ternyata telah bertambah fungsi sebagai ikon Kota Pematang Siantar

Sumber Referensi
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa



THANKS FOR READING™
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa



Quote:
Diubah oleh a.w.a.w.a.w
profile-picture
lisa.bachtiar memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
29-01-2019 21:52
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
Diubah oleh a.w.a.w.a.w
2 0
2
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
29-01-2019 22:08
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
5 0
5
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
29-01-2019 22:21
Angler kalo naik becak
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
29-01-2019 23:56
udah jarang naik becak
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
30-01-2019 01:42
Agama dan kebudayaan itu dinamis tdk kaku statis.
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
30-01-2019 01:48
Quote:Original Posted By edsixteen
udah jarang naik becak


Becaknya juga udh dimodif jd odong2 om
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:44
dikota ane, martapura kalsel masih ada beca ., tapi sayangnya udah dikitttt banget, kadang kangen naik becak ingat masa kecil, mana ada dulu gojek emoticon-Wakaka
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:47
Quote:Original Posted By edsixteen
udah jarang naik becak


Becaknya udah dimodif jualan roti
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:48
Dulu becak di jaman belanda tukangnya banyak banget, sampai dipecah jadi dua sif, pagi sama malam
Sekarang sudah tinggal sedikit, sayang juga. Padahal ramah lingkungan, lho emoticon-Big Grin
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:50
Bentor (becak motor) di Medan mahal banget. Jadi udah mulai ditinggalin walaupun kang bentor masih banyak, apalagi sekarang udah ada ojolemoticon-Cape deeehh
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:50
perbudakan gaya modern,ada baiknya ada inovasi agar para tukang becak lebih mudah dalam bekerja,selain karena pembatasan wilayah operasi ....siapa yg nggak miris bapak bapak tua mengayuh becak dengan penumpang besar besar...
0 1
-1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:50
lama kagak naik becak
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:52
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
2 0
2
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:54
d daerah sekitaran rumah ane masih ada tuh gan... cuman skrg makin sedikit
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:57
becak becak tolong antar saya~
emoticon-Kaskus Radio
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 20:59
jadi pengen numpak.becak gan emoticon-Angel
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 21:02
Teringatnya dulu ane sering denger kencengnya suara mesin becak siantar emoticon-Big Grin
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 21:04
Kalo ane naik becak yang dikayuh kadang suka kasihan sama tukang becaknya ganemoticon-Sorry Apalagi pas jalanan nanjak, dia ngedorong tuh becakemoticon-Turut Berduka Ane sih mending becak motor ganemoticon-thumbsup yang bisa agak cepet sama kuat nanjakemoticon-Jempol Enak gitu rasanya di depan sendiri tapi gak ngendarainemoticon-Big Grin Salut buat tukang becak!emoticon-Matabelo emoticon-2 Jempol
Diubah oleh malset
2 0
2
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 21:04
Klo pengen menikmati suasana sekitar dengan naik becak, mantul gan,,, emoticon-Shakehand2
1 0
1
Becak, Antara Transportasi dan Kultur Kebudayaan Bangsa
04-02-2019 21:08
Numpang sepost ya bre :goyang
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia