News
Batal
KATEGORI
link has been copied
12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c4a61824601cf4ef8410040/bnpt-sebut-abu-bakar-baasyir-napi-terorisme-hardcore
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Suhardi Alius mengungkap upaya deradikalisasi terhadap terpidana terorisme. Salah satunya adalah Abu Bakar Baasyir. Baasyir diketahui sebagai pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid yang sering dikaitkan dengan aksi-aksi terorisme di Indonesia. Suhardi mengatakan Abu Bakar Baasyir tak mau mengikuti program deradikalisasi oleh BNPT. A
Lapor Hansip
25-01-2019 08:08

BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Suhardi Alius mengungkap upaya deradikalisasi terhadap terpidana terorisme. Salah satunya adalah Abu Bakar Baasyir.
Baasyir diketahui sebagai pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid yang sering dikaitkan dengan aksi-aksi terorisme di Indonesia.
Suhardi mengatakan Abu Bakar Baasyir tak mau mengikuti program deradikalisasi oleh BNPT. Alasannya, kata Suhardi, Baasyir termasuk dalam kategori napi terorisme hardcore (garis keras).
"Hardcore, sama sekali nggak mau, karena kan bertentangan," kata Suhardi di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.

BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore


Untuk setiap pembebasan-pembebasan napi terorisme, Suhardi mengatakan, BNPT merupakan salah satu dari tim assessment (penilaian) yang terdiri dari Lapas, Kejaksaan Agung, dan Densus 88. Ia menuturkan tim assessment itu juga bertugas untuk melakukan monitoring mindset sang narapidana.

"Kita monitoring orang ini, bagaimana mindset ideologinya, dan kadang-kadang kami turunkan tim Psikolog. Kan Psikolog itu bisa tahu nih orang berbohong atau enggak," ujar dia. "Itu periodik kami lakukan, apalagi kalau mau mengajukan pembebasan bersyarat."



Meskipun demikian, Suhardi mengatakan beberapa napi terorisme masih banyak yang bersedia mengikuti program deradikalisasi. Untuk treatment deradikalisasi itu sendiri, ia menuturkan BNPT menggunakan Ulama untuk berdiskusi dengan para napi terorisme.

"Kami menggunakan Ulama untuk mengajak diskusi para napi terorisme agar bisa menyadarkan bahwa 'eh ajaran kamu sebenarnya begini menurut agama'," ujar dia. "Kami kirim Ulama yang lebih tinggi ilmunya, jangan yang di bawah, nanti malah diajarin."
Sebelumnya, munculnya tawaran bebas tanpa syarat kepada Abu Bakar Baasyir disampaikan oleh Advokat Capres 01 Yusril Ihza Mahendra saat mengunjungi Abu Bakar Baasyir Jumat pekan lalu. Saat itu Yusril mengutarakan jika Presiden Jokowi akan mengeluarkan kebijakan agar Abu Bakar Baasyir bisa bebas tanpa sarat.


BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Suhardi Alius di Auditorium Universitas Andalas, Padang, 8 Agustus 2018. Istimewa



Abu Bakar Baasyir berhak mengajukan bebas bersyarat pada Desember lalu setelah menjalani dua pertiga masa hukuman, yaitu 9 tahun dari vonis 15 tahun. Akan tetapi Abu Bakar Baasyir enggan mengajukan bebas bersyarat tersebut karena harus menandatangani ikrar setia NKRI dan Pancasila.

Namun rencana pembebasan tanpa sarat tersebut batal. Menurut Kantor Staf Presiden, Moeldoko, pemerintah tidak akan membebaskan Abu Bakar Baasyir, selama ia tak memenuhi persyaratan yang berlaku yakni harus menyatakan kesetiaannya kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. Ia berujar 'bola' pembebasan Baasyir saat ini bukan di sisi pemerintah, melainkan di pihak terpidana. “Karena itu persyaratan yang tidak boleh dinegosiasikan," kata Moeldoko.



BNPT
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:08
Hardcore ...... wow
2 0
2
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:10
hardcore garis keras??
2 0
2
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:11
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
3 0
3
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:15
Bagaimana tanggapan natalius pigai soal kasus ini emoticon-Smilie
3 0
3
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:16
Luar biasa, biasanya itu hardcore ahli dalam segala style dan galak emoticon-Takut
2 0
2
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:24
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
4 0
4
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:31
begitulah penjelasan Kepala BNPT
2 0
2
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:33
Buat aksi penistaan aja depan matanya, pengen tau yg sok hardcore gitu bisa apa. Klo dia marah yah tinggal gaplok palanya trus jejelin tai ke mulut. Gampang
1 0
1
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 08:36
gak sekalian diangkat pahlawan nasional aja ntar?
2 0
2
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 09:10
abu bakar, bakar kapal?

apa emang ga punya kapal?

apa kapalnya emang ga pernah ada?


apa abu nya tak pernah ada?
2 0
2
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 09:18
Udah Tua, diemin aja, nanti juga mati sendiri
emoticon-Hansip
4 0
4
BNPT Sebut Abu Bakar Baasyir Napi Terorisme Hardcore
25-01-2019 10:26
hardcore kyk aliran musik...
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia